Oktober 23, 2020

[TUTORIAL] Cara Membuat kode HTML (/br) Saat Membuat Postingan Blog

cara membuat kode br blogger, blogger update br p, blogger cara membuat line break, paragraf

Setelah Blogger melakukan update pada bulan September 2020, kita mendapatkan beberapa perubahan yang cukup berarti. Salah satunya adalah perubahan kode HTML saat kita menekan tombol "Enter". Walaupun sekilas fungsi tombol Enter tidak berubah, yaitu memberikan jarak garis ataupun membuat paragraf baru saat membuat postingan blog.


Pada awalnya tombol Enter akan membuat kode HTML "</br>" yang merupakan kode untuk Line Break. Tetapi setelah update, tombol Enter akan membuat kode HTML "<p> ... </p>" yang merupakan kode untuk Paragraf.



Walaupun tidak ada perubahan pada tampilan setelah postingan di publish, tetapi ada sedikit perbedaan tampilan pada post editor di mode Compose. Dimana kode <p> akan memberikan tampilan jarak (spacing) yang lebih jauh antar paragrafnya.


Perubahan kode HTML dari </br> ke <p> juga akan merubah workflow bagi para blogger yang sering melakukan editing post pada mode HTML. Dimana kode </br> dinilai lebih simpel dalam penggunaannya.


Walaupun demikian, kode HTML <p> sebagai pengganti </br> juga memiliki kelebihan dalam fungsi. Yaitu menjadikan sebuah postingan menjadi lebih rapih dari segi susunan kode HTML (bukan dari tampilan langsung). Salah satu manfaatnya, misalnya saja untuk pemaksimalan Auto ads dari Google Adsense, dimana Adsense akan memetakan sususan dari sebuah postingan blog dan menyematkan iklan secara otomatis pada lokasi-lokasi yang dinilai tepat.



Cara Membuat Kode </br> Saat Membuat Postingan Blog

Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu :

  1. Menekan Tombol Shift+Enter
    Kombinasi tombol ini, merupakan tombol shortcut keyboard untuk membuat Line Break. Dan hal ini akan ditampilkan dengan kode </br> pada mode HTML.

  2. Input Manual pada mode HTML
    Cara lain yang sedikit agak ribet adalah dengan menyematkan secara manual kode </br> dengan cara copy paste ataupun diketik pada mode HTML.

Line Break (Shift+Enter) juga bisa kamu manfaatkan untuk memberi jarak atau membuat paragraf baru dipertengahan numbered list ataupun bulleted list. Dimana, jika kamu menekan hanya tombol Enter saja, maka kamu akan membuat nomer atau poin baru.



PENUTUP

Yap! Memang tutorial ini cukup singkat. Tapi, semoga penjelasan dari Akira sebelumnya tentang perubahan kode HTML dari </br> ke <p> akan memberikan sedikit informasi tentang update yang dilakukan oleh pihak Blogger

 

Jangan lupa tinggalkan komentar ya.. Temukan juga artikel-artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia game & teknologi di weakwings.blogspot.com. Sankyu...


Baca juga :

author: Akira Asayami