Februari 25, 2019

Cara Mudah Ganti Paket Indihome (Downgrage ataupun Upgrade)

cara menurunkan speed internet indihome, cara ganti paket indihome, downgrade speed indihome, downgrage, upgrade, 2p, 1p, 3p

Saat kamu mulai berlangganan internet provider Indihome, pastinya kamu memilih paket yang pas untuk digunakan pada waktu kamu mendaftar. Tapi pilihan paket ini tidaklah permanen. Sewaktu-waktu kamu dapat mengubahnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan di waktu yang akan datang. Misalnya saja untuk menurukan speed, karena pengguna yang sedikit. Ataupun meningkatkan speed, karena pengguna internet yang bertambah di rumahmu.


Di sini Akira akan menjelaskan cara untuk mengganti paket Indihome berdasarkan pengalaman pribadi. Ada 2 pilihan cara yang dapat dilakukan, yaitu :
  1. Datang secara langsung ke Plaza Telkom
    Ini adalah cara tercepat yang dapat kamu lakukan. Akira sendiri tinggal di Bekasi. Plaza Telkom yang Akira datangi adalah yang bertempat di Summarecon.
  2. Dengan menghubungi 147
    Cara ini terbilang lambat dan agak repot. Customer sercive-nya sendiri mengatakan kepada Akira, bahwa lebih baik untuk datang langsung ke Plaza Telkom terdekat, karena di sana pelayanan dan prosesnya lebih cepat.
Saat itu, Akira ingin mengganti paket dari speed 20Mbps ke 10Mbps, karena pemanfaatannya yang kurang maksimal. Akira lebih memilih untuk datang langsung ke Plaza Telkom. Penjelasan lebih lanjutnya dapat dibaca di bawah.



Cara Mudah Ganti Paket Indihome Dengan Mendatangi Plaza Telkom

# Apa yang perlu dipersiapkan atau dibawa?
Lebih baik yang datang adalah orang yang dulu mendaftar. Akira tidak tahu bagaimana kalau orang lain yang datang sebagai wakil. Kamu harus membawa KTP atau fotocopy KTP dari orang yang dulu mendaftar. Artinya di sini, KTP milik Akira sendiri. Kamu juga butuh metarai 6000. Materai bisa kamu bawa sendiri ataupun beli di tempat.

1. Datang ke Plaza Telkom
Karena Akira berlokasi di Bekasi, maka Akira datang ke Plaza Telkom yang ada di Summarecon. Jika datang dari arah jembatan Summarecon, maka setelah terlihat piramid terbalik, belok ke kiri. Bisa terlihat jelas, Plaza Telkom berada di ruko-ruko sebelah kiri jalan. Tempatnya bersih, nyaman, dan tidak ramai. Tempatnya tidak seperti bank yang penuh dengan antrian.

2. Beri tahu urusanmu pada security di pintu masuk
Sebelum kamu masuk, maka security akan menanyakan urusanmu. Beritahukan bahwa kamu ingin merubah paket internet. Katakan saja kamu ingin upgrade speed atau downgrade speed, agar lebih mudah dipahami oleh pak security.


3. Ambil tiket nomor antrian
Security akan mengarahkan kamu untuk mengambil tiket nomor antrian pada komputer yang disediakan. Akan ada yang membantu untuk memproses tiket antrian. Kamu akan ditanya urusanmu datang ke sana. Kemudian kamu akan di foto menggunakan webcam yang ada. Ambil tiket yang telah diprint, dan tunggu di tempat duduk yang sediakan. Tempatnya duduknya nyaman lho... Seperti di Cafe.

4. Tunggu di tempat duduk yang disediakan
Uniknya di sini, kamu yang akan didatangi oleh customer service, dan bukannya kamu yang mendatangi tempat customer service. Ketika nomor antrianmu tiba, maka customer service akan mendatangimu secara langsung. Kok mereka bisa tahu? Jelas mereka tahu dari foto yang diambil sebelumnya.

5. Selesaikan urusanmu dengan dibantu oleh customer service yang ada
Selesaikan urusanmu untuk merubah paket Indihome dengan dibantu oleh customer service yang mendatangimu. Tanya hal-hal yang ingin kamu ketahui. Setelah yakin untuk lanjut, kamu perlu memberikan KTP atau fotocopy KTP untuk didata. Setelah selesai didata, maka customer service akan memberimu surat persetujuan yang perlu ditanda tangani menggunakan materai 6000. Kamu bisa membeli materai di tempat secara langsung.

6. Selesai!
Selamat! Proses penggantian paket selesai. Paket tidak berubah secara instant. Dibutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk transisi paket. Tidak perlu juga ada teknisi yang datang ke tempatmu.

Artikel ini informatif? Baca artikel informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga :
author: Akira Asayami

111 Comments

  1. Terima kasih sangat membantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh. Sama-sama, gan. Baca artikel lainnya juga ya.. hhehe..

      Hapus
  2. iya betul, kalo nelp 147 kemungkinan diproses kecil. tapi saya proses ganti paket ke yang tanpa tv dengan upgrade keceptan internet sudah 3 hari belum selesai, padahal tv box nya udah diambil sama teknisi, tapi paket belum berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gan. Ane tanya sendiri ke cs yg di plaza telkom. Katanya proses melalui telfon sangat berbelit bagi cs yang memprosesnya. Katanya juga, prosesnya lama dan bisa-bisa putus di tengah jalan. Maksudnya prosesnya ga jalan sama sekali. Jadi mending datang langsung di plaza telkom. Prosesnya sangat singkat.

      Hapus
    2. Halo gan mau tanya..saya kan beli tv android nah sebelumnya kan saya langganan indihome 20mbps plus tv..kalo memakai android tv apakah masih perlu pake stb untuk akses useetv nya..makasih...atau lebih baik saya upgrade kecepatan jd 30mbps tanpa tv ..thks gan

      Hapus
    3. Setahu saya, kalau agan mau akses useetv dan layanan tv berbayar lainnya dari indihome, agan tetap harus berlangganan paket yg menyertakan layanan "tv".

      Nah, kalau tv yg agan gunakan sudah tv android, mungkin agan bisa memilih antara menggunakan stb yg diberikan atau tidak menggunakannya (langsung dihubungkan ke tv).

      Tanpa berlangganan paket yg ada layanan tv berbayarnya, tv android agan hanya bisa melakukan browsing atau streaming2 biasa (menggunakan internet).

      Hapus
  3. Kalo di daerah saya ga berlaku kayaknya,soalnya saya sudah datang ke plaza telkom.malah udah 2 bulan belom berubah jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah mana, gan? Kalau saya sendiri mencoba, waktu tunggunya cuma 1 hari. Jadi, dipembayaran bulan berikutnya, tagihan sudah berkurang.

      Yang penting saat di plaza telkom, agan sudah tanda tangan di atas materai. Kalau paket belum berubah juga, agan bisa datang lagi ke plaza telkom untuk membuat keluhan. Pasti data permintaan ubah paket sebelumnya, sudah tercatat di history sistem indihome.

      Hapus
  4. Thanks for the post ��
    Pengen downgrade karena perasaan 20MB terlalu kenceng ��

    BalasHapus
  5. Bayar paketnya pas saat diganti juga atau dibulan berikutnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar dibulan berikutnya seperti biasa, gan. Tapi biaya langsung dipotong pas paket sudah berubah.

      Jadi kalau agan ganti pas pertengahan bulan, kira2 tagihannya jadi "setengah harga paket lama" + "setengah harga paket baru". Kira2 gitu gambarannya.

      Hapus
  6. Tagihan bulan ini belum dibayar , mau downgrade bayar dulu berarti yg bulan ini ? Nanti tagihan bulan depan yg bakal berubah gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau misalnya yg bulan ini belum jatuh tempo, dan agan melakukan downgrade, maka tagihannya tetap menunggu tanggal jatuh tempo tagihan (tanggal 5). Jadi agan tidak perlu langsung bayar tagihan paket lama yg belum jatuh tempo.

      Nah, nanti tagihan yg akan datang harganya sudah berubah. Hitungannya per hari. Jadi kalau agan downgrade pertengahan bulan, total tagihannya kira2 jadi setengah harga paket lama + setengah harga paket baru. Karena terhitung pemakaian paket lama 15 hari + pemakaian paket baru 15 hari.

      Tagihan akan jadi satu. Dan akan jatuh tempo seperti biasa.

      Hapus
  7. Gan kalo misalnya downgrade itu ada minimal langganan nya nggak? Kalo yang ane tau minimal 2-3 bulan baru bisa ajuin downgrade... Nah downgrade yang ane maksud ke Internet Only dari dual play entah telpon atau TV... Soalnya kalo pasang langsung internet only gak bisa gan kata marketing nya... Mohon bantuannya gan... Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane kalau sekarang pilihan paket cuma ada dual sama triple play aja. Untuk internet only sepertinya sudah tidak ada CMIIW

      Setahu ane juga, tidak ada minimal pemakaian untuk downgrade, upgrade, ataupun memutus langganan.

      Nah, disini si marketing tempat agan daftar/berlangganan akan bertanggung jawab atas kondisi agan selama 3 bulan pertama. Jadi jika agan kebetulan bertemu dengan orang yg tidak mau repot, pasti orang ini akan berusaha agar 3 bulan pertama, agan tidak mendowngrade atau memutus langganan sampai agan lepas dari tanggung jawabnya.

      Akira sedikit mengintrogasi (hhehe..) si sales marketing saat pertama mendaftar. Untungnya orangnya jujur. Katanya dia akan dapat teguran dari kantor jika pelanggan barunya mendowngrade paket atau memutus langganan pada 3 bulan pertama, yg itu masih tanggung jawab sales marketing.

      Hapus
  8. Gan ini kan saya upgrade dri 1 mb ke 10 mb, nah kira” nunggu sampe berapa hari gan biar perfect 10 mb nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya 1 hari setelah selesainya proses administrasi penggantian paket, speed akan/sudah berubah.

      Hapus
    2. Ini malah lebih dari 1 hari kecepatannya malah cuma nambah 2 mb gan gimana ini kok aneh

      Hapus
    3. Emangnya ganti dari paket harga berapa ke berapa, gan? Takutnya agan belum paham perbedaan MB (megabyte) dan Mb (megabit).

      1MB itu 8Mb. Jadi kalo speed indihome 10Mb maka agan akan dapat speed 1,25MB (dalam byte). Bisa lebih bisa kurang tergantung jaringan. Tapi umumnya akan lebih. Jarang turun, kecuali ada gangguan.

      Hapus
    4. Udh paham gan, kan kemaren saya ke telkom untuk ganti 1 mb ke 10 mb, nah katanya suruh nunggu estimasinya sampe 3 hari terus kalo udah 3 hari suruh ngerestart router nya bbrpa menit, nah baru deh katanya jaringan nya udh ke 10 mbps, tapi kok pas hari kedua itu udah nambah 2 mb doang, trs saya tunggu sampe 3 hari kok masih 2 mb blom ganti 10 mbps gituuu, maaf merepotkan min wkwk

      Hapus
    5. Agan gantinya dari paket apa ke paket apa? Soalnya setahu ane ga ada paket 1Mbps. Speed paling lambat setahu ane 10Mbps. Paket diatasnya 20Mbps, 30Mbps dan seterusnya.

      Ane sendiri pakai paket yg 10Mbps dual play. Dan speed rata2 dan untuk download memang rata-rata 1 sampai 2 MBps (dalam byte)

      Hapus
    6. Ada ig min? Boleh saya kirim fotonya?

      Hapus
    7. belum buat ig hhaha.. biar cepet, solusi terbaiknya; langsung hubungi customer care dan buat keluhan, gan. Bisa lewat telfon 147 atau bisa juga dari app MyIndihome.

      Akira sendiri menemukan kendala saat pertama merubah paket. Yaitu harga yang malah naik setelah paket di-downgrade. Akira membuat keluhan dari app MyIndihome. Mungkin butuh waktu 1 atau 2 hari untuk mendapatkan respon. Terbilang cepat kok prosesnya.

      Hapus
    8. Yudh gpp min, makasih infonya 🙏🏻

      Hapus
    9. Paket 1Mbps itu Ada kok... Tapi itu untuk orang yang berlangganan sudah lama sekali sebelum paket 10Mbps itu jadi minimal

      Hapus
    10. Ane sendiri kurang tau info paket lama. Mungkin saja paket lama tertera 1 MBps (dalam byte). Sedangkan yg baru 10Mbps (dalam bit), jika dikonversi akan menjadi 1,25MBps. Artinya kedua paket ini ga beda jauh speednya. Cuma paket baru ini 0,25MBps lebih cepat. Dan untuk paket 10Mbps yang baru ini adalah paket termurah dan paling lambat dibanding paket lain.

      Agan browsing pake paket lama biasanya speed berapa? Kalo masih sekitar 1 MBps kurang lebih, artinya perkiraan ane bener. Soalnya kalo agan bilang speed paket lama 1Mbps (dalam bit, soalnya "b" kecil), maka harusnya agan mendapat speed 0,125MBps (dalam byte, "B" besar). Atau mudahnya 125KBps.

      Hapus
    11. Kesimpulannya dengan paket 10Mbps agan memang hanya akan mendapat speed 1,25MBps. Bisa kurang, bisa lebih. Mungkin bisa mencapai 2MBps atau kadang 3MBps. Jika perkiraan ane benar tentang paket lama.

      Hapus
  9. gan apa ada cara downgrade melalui aplikasi indihome-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa, gan. Minimal lewat telfon. Itu pun berbelit pasti.

      Mending dateng langsung ke plaza telkom aja. Soalnya butuh tanda tangan di atas materai. Proses juga lebih cepat & mudah dari pada lewat telfon.

      Hapus
    2. Maaf berbelit gmn maksudnya? Saya kurang paham...

      Hapus
    3. Intinya ga bisa downgrade paket melalui app myindihome. Untuk downgrade paket, agan perlu datang ke plaza telkom.

      Hapus
  10. Tagihan indihome saya naik bulan ini, saya cek di app my indihome tiba-tiba speed nya berubah jadi 20mbps, sudah laporan ke CS telkom katanya permintaan upgrade speed dilakukan oleh witel dengan mengkonfirmasi ke no hape saya. Padahal saya sama sekali tidak pernah request untuk upgrade speed dan tidak pernah ada persetujuan dan pemberitahuan dari pihak telkom. Mereka naikin speed secara sepihak dan dan merug konsumen. Indihome bikin kecewa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika betul kejadiannya demikian, komplain aja, gan. kalau komplain pertama ga digubris atau ga dikasih solusi, buat komplainan kedua dan seterusnya sampai komplain agan diatasi. Jika dianggap merugikan, agan ancam saja untuk putus langganan atau sampai benar-benar putus langganan. Panik pasti mereka, karena histori terakhirnya adalah pelayanan yg tidak baik menurut konsumen.

      Ane sendiri saat downgrade paket, malah mendapati kenaikan pembayaran (bukannya turun). Padahal sudah dikonfirmasi di plaxa telkom untuk nominal harga yang pastinya lebih murah. Ane buat komplain sampai 3 kali, baru harga tagihan perbaiki.

      Hapus
    2. Buat komplainnya itu dengan cara apa ya gan ?

      Hapus
    3. Bisa telfon langsung atau melalui app myindihome

      Hapus
    4. Mashallah ... Ini kejadiannya sama kaya ane sekarang ini. Tiba2 di bulan ketiga ini tagihan jadi naik dari yang tadinya Rp 304.792 jadi Rp 333.000 (dari paket 10 Mbps menjadi 20 Mbps). Padahal saya ngga merasa meminta upgrade paket 😓😓😓

      Hapus
    5. 3 bulan itu termasuk baru berlangganan. Coba langsung kontak marketing tempat agan daftar aja (kan pas daftar dikasih nomor kontaknya tuh). Biasanya kalau dibantu pihak marketing, bisa lebih cepat ditindak lanjuti. Semoga teratasi masalahnya, gan..

      Hapus
  11. Saya justru ingin upgrade ke 20 Mbps,kalau upgrade via app indihome bisa gak ya. Trims post nya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane, upgrade bisa lewat app. Cuma untuk downgrade memang agak dipersulit. Sama halnya dengan menambah channel tv kabel. Mudah menambahkan, tapi sulit untuk menguranginya. Sepertinya memang sengaja dibuat demikian, gan. Teknik marketing

      Hapus
  12. Gan klo saya paketnya Dual Internet sama Telpon 20mbps klo Telponnya diganti paket TV kabel bisa ngga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama pilihan paketnya ada, bisa kok, gan. Status agan nanti adalah ubah paket. Serupa juga dengan updrade ataupun downgrade speed internet. Caranya juga sama.

      Hapus
  13. nomor telp/indihomenya ganti gak Akira?

    BalasHapus
  14. Kalo mau downgrade dari 3p ke 1p masih bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga salah inget, 1p udah ga ada, gan. Paling bawah 2p kayaknya

      Hapus
  15. Sebenarnya untuk paket internet saja ada apa ga ya? Saat ini sy paket 10 mbps+TV kabel. Mau internet nya aja. Mohon dibantu jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu ada, gan. Sekarang sudah tidak ada lagi. Paling murah saat ini paket 2 play. Internet+tv kabel, atau internet+telfon. Antara 2 itu pilihannya yg paling murah.

      Hapus
    2. Ditempat saya msh ada paket yg internet doang tanpa tv kabel. Hanya saja, paketnya 20MBps. Yg 10 sdh tdk ada, kata salesnya. Apa ini berarti setiap wilayah punya paket tersendiri ya, gan?

      Hapus
    3. Kayaknya sih bukan per daerah. Tapi pilihan dan ketentuan paket memang sering berubah-ubah.

      Tapi, untuk paket yg sudah dipilih, tidak akan berubah/berganti walaupun paket tersebut sudah ditiadakan oleh indihome dan tidak bisa dibeli lagi oleh pelanggan lain.

      Sebenarnya cukup banyak pelanggan baru yg iri dengan pelanggan lama. Karena paket lama rata2 lebih murah, dan dijual tidak dengan banyak embel-embel. Tapi sayangnya, paket2 itu sudah tidak bisa pilih lagi. Kecuali ada promo, atau pengadaan ulang.

      Hapus
  16. Terimakasih sangat membantu ����

    BalasHapus
  17. Nunggu berapa hari berubah paketnya ? saya kemarin pakai teknisi suruh ubah 10mbps ke 20 mbps sudah 1 hari belum naik speednya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai teknisi gimana, gan? Ane kurang paham.

      Kalo pengalaman ane ganti paket, tinggal datang ke plaza telkom, langsung urus di tempat. Tidak ada teknisi datang ke rumah. Transisi paket butuh waktu kurang lebih 24 jam.

      Ane waktu itu ganti paket di plaza telkom siang jam 11-an. Paket berubah besok sore, kalau tidak salah dekat waktu magrib. Mungkin durasinya berbeda-beda untuk pengguna lain

      Hapus
  18. klw mnurut sy, klw mau upgrade 10 Mbps to 20 Mbps atau mau migrasi dari 3P ke 2P, klw tdk bisa ke plaza telkom ya lebih baik lewat twitter telkom...itu saran sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk migrasi lewat twitter ane belum tahu persis prosesnya.

      Lewat telfon pun sebenarnya bisa. Cuma kalo langsung ke plaza telkom prosesnya jauh lebih cepat, karena kita langsung tanda tangan di atas materai.

      Situasional aja. Tergantung sempatnya yg mana. Bebas pilih

      Hapus
  19. Wah kayanya memang harus dateng ke plaza telkom nya ini.... saya minta downgrade 3p ke 2p via twitter udah dari tanggal 3 ga diproses juga... kalau dikomplen jawabnya berbelit, udah sampai berapa kali dibuatin tiket juga.... kacau deh ini pelayanan nya telkom, kenapa ga mereka lgs konfirmasi aja kalau via twitter / 147 lama -________-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gan. Ane share pengalaman, biar orang lain ga mengalami hal serupa (berbelitnya proses via telp). Kalau mau MUDAH & CEPAT, ane sangat merekomendasikan untuk langsung datang ke plaza telkom. Karena di situ kita langsung tanda tangan di atas materai.

      Hapus
  20. Mau tanya,saya pengguna baru indihome,baru sekitar 2 bulan,saya berlangganan paket 10mbps yg dua play(internet+tv) kalo saya mau downgrade paket dua play itu jadi single play apakah bisa?

    Jika bisa,bagaimana caranya,sebab STB nya sudah dipasang oleh pihak indihome,apakah saya yg harus memmbawa nya ke plasa telkom atau petugas indihome yg akan mencabutnya kerumah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane paket paling murah itu sekarang 2play. Yg single udah ga ada lagi. Jadi paket agan itu udah yg paling murah. 2play ada 2 pilihannya; Internet+tv dan intetnet+telfon

      Jadi misalnya saja agan ubah paket dari 2play internet+tv ke 2play internet+telpon. Setahu ane, nanti perangkat tv box-nya akan diambil oleh teknisi yg datang. Bukan kita yg antar sendiri.

      Hapus
    2. Soalnya beberapa bulan lalu pas ane mau downgrade dari 20Mbps ke 10Mbps, ane iseng2 tanya yg paket single play. Kalo ada, ane mau tuh. Karena cuma layanan internetnya aja tanpa tv dan telp, jadinya biaya lebih murah. Tapi kata cs di plaza telkom, paket single play udah ga ada lagi. Ane sendiri ga tau sekarang apa udah ada perubahan lagi atau belum

      Hapus
  21. numpang tanya juga min, kemaren tgl 1 oktober itu, saya pengajuan ubah paket yang tdnya 3Mb waktu namanya masih speedy, ke dualplay 10Mb, tp koq sampai sekarang belum berubah ya min.? kemaren tgl 1 itu termasuk pengajuan dan keluhan saya kedua min, soalnya sekitar 4 bln yg lalu saya sudah pernah pengajuan dan sudah sampai pemberkasan tidak ada respon, saya harus gmn min baiknya.? mending saya dateng lagi ke sana apa nunggu beberapa hari lagi min.? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ga sampai selama itu, gan. Mendingan agan putus langganan yg speedy, kemudian daftar baru yg sudah indihome. Pasti nanti ditanyain alasan putus langganan. Siapin aja alibinya, gan. Yg penting putus dulu. Jangan mau dijanjiin akan diproses transisi paketnya, kalau memang betul agan sudah nunggu selama itu.

      Hapus
  22. Selamat malam.. Maaf saya mau nnya jg.. Awalnya saya pake 10mbps,, tp 2 hr yg lalu d telp sama telkom pusat katanya dinaikan jadi 20mbps,, blgnya ada promo dan tambahan bayarnya cuma 20rb dr tagihan bulanan yg biasanya.. Trus saya tanya sama temen saya yg kerja d telkom d daerah saya, blgnya ga ada promo tsb, dan sdh temen saya cek ,ternyata bnr wifi saya sdh naik jd 20mbps,, trus saya langsung minta tolong d batalkan penaikan tersebut, tp blg temen saya ga ada respon dr telkom pusat.. Mhn selusinya, saya hrs kemana lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, mungkin itu promo per individu, bukan promo umum. Indihome sering melakukan penawaran promo yang berbeda pada setiap penggunannya. Promo ini ditawarkan memang melalui telefon. Setiap ada penawaran, pilihan agan cuma 2, "ambil" atau "tidak".

      Promo-promo ini sering menawarkan harga yang jauh lebih murah dari harga normal, dan tidak bisa didapatkan dengan cara lain. Ane sendiri sering tuh ditawarin macem-macem. Dari paket channel, upgrade speed, dll. Memang murah, tapi jika dirasa tidak terlalu bisa dimanfaatkan dengan maksimal, mending tidak usah diambil.

      Kedua, agan lumayan beruntung kalau dapat promo upgrade speed dari 10 ke 20 Mbps dengan tambahan biaya hanya 20ribu. Karena selisih harga normal dari 10 ke 20 Mbps sekitar 80ribu per bulan.

      Ketiga, jika agan udah "die hard" sama 10 Mbps, solusi dari ane, agan langsung proses downgrade paket ke plaza telkom terdekat. Lengkapnya, persis seperti isi artikel yang udah ane buat di atas. Semoga membantu ;)

      Hapus
    2. Sdh, tp jawaban mereka seperti ini, Untuk permintaan downgrade kecepatannya tidak dapat dilakukan dikarenakan untuk kecepatan 10Mbps sudah tidak tersedia ya. Terima kasih..
      Ya ampun, memang ga bisa berubah yah?

      Hapus
    3. Agan itu lewat telfon atau langsung ke plaza telkom? Ane baru cek paket yg tersedia saat ini lewat app myindihome. Paket 10Mbps masih ada untuk paket dual play internet+tv kabel harga 320ribu. Sedangkan dual play internet+telfon memang minimal 20Mbps harga 380ribu. Harga2 tersebut belum termasuk pajak.

      Hapus
    4. ini sama persis kaya saya, 2 bulan lalu di telfon untuk dapet promo naik ke 20 mbps dengan biaya 20 ribu dan tagihan saya flat jadi 320 ribu "KATANYA" dan benar 1 bulan berlalu tagihan keluar 317 Ribu, kemudian tagihan bulan ini menjadi 360 ribu, saya telfon ke 147 katanya ga ada promo tsb saya bingung lalu saya tanya untuk downgrade lg ke 10mbps katanya udah gabisa (yg setau saya bisa) terus saya coba telfon lagi dengan cs yg lain katanya bisa tp harus ke plaza telkom.. duh ribet yaa

      Hapus
    5. Mudahnya, agan memang harus langsung ke plaza telkom. Kalau melalui telfon memang ribet dan berbelit. Jarang diproses. Kalau ke plaza telkom, agan datang, langsung proses sampai selesai. Karena di sana agan langsung tanda tangan di atas materai.

      Hapus
  23. Selamat pagi gan, saya kan udah ngurus downgrade ke plaza Telkom, terus kendala saya waktu nunggu downgrade wifinya, apa emang sementara wifi nya gak bisa dipake kah sampai downgrade nya berhasil berubah sesuai yg kita sampaikan ke CSnya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditunggu aja max 1 hari. Kalo lewat dari itu masih ga bisa juga, baru agan buat laporan. Mungkin kebetulan ada gangguan atau maintenance.

      Hapus
  24. Asslm kak, sebelumnya sy pake 10 mbps,tp sebulan yg lalu sy ditlf cs harus ditambahin lg kapasitas nya jadi 20 mbps alasannya sebelum nya pemakaian internetan sy melebihi kapasitas ada 4 orang lebih yg pake internetan indihome, jadi mau tidak mau harus dinaikkan jd 20 mbps, awalnya sy nolak dan keberatan karna sy pikir tidak dipermasalahkan soal itu, kn bisa sy pake internetan hanya beberapa orang saja asal tidak dinaikkan 20 mbps tp cs nya tetap ngotot harus katanya. jadi mau tdk mau disetujui. Pertanyaan sy apa bisa sy bisa mengajukan di plasa telkom untuk mengurangi 20 mbpa jd 10 mbps karena saat ini sy dirumah pake internetan hanya 3-4 orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa, gan. Ane sendiri di rumah pakai yg 10Mbps. Kalo rame bisa sampe 5 orang lebih, ga masalah. Malah kadang ane pake kuota melebihi FUP. Pernah sebulan sampai lebih 400GB pemakaian.

      Mungkin waktu itu agan dapat penawaran. CS-nya bisa langsung melihat statistik pemakaian agan. Bisa jadi saat itu agan agak kepancing sama statistik pemakaian. Jadi si cs gampang neken.

      Harusnya kalau ga mau, agan tegas aja tolak. Kasih alasan. Penawaran lewat telfon semacam ini lumayan sering lho.

      Hapus
  25. Klu mau ganti paket bisa gak gan? Paket indihome saya kecepatan nya 10mbps+tv, dan harga nya 406rb, dan saya ingin ganti paket yg promo saat ini 20mbps+tv dgn harga 360rb termaksud pajak, karena dirumah saya yg make wifi 6 orang plus tv kadang yutub'an, apakah bisa diganti paket nya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun paketnya, bisa agan ganti dengan paket yg tersedia saat ini. Agan cuma butuh datang ke plaza telkom.

      Supaya lebih cepat dan mudah, lebih baik agan sudah ada pilihan paket yg agan mau. Tapi untuk info lebih lanjut, agan tetap bisa menanyakan pilihan paket yg tersedia yg mungkin agan mau pada cs di plaza telkom.

      Hapus
  26. Kalau lewat aplikasi indihome bisa tidak y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya agak ngambang, gan. Bisa, tapi kemungkinan besar tidak diproses. Jadi jawaban ane pribadi "TIDAK BISA". Lebih baik langsung ke plaza telkom. 1 hari saja prosesnya. Mungkin ditambah 1 hari kerja untuk proses migrasi paketnya.

      Hapus
  27. Selamat Siang,
    Numpang tanya, saat ini saya di paket 2P Internet & Telepon 10Mbps, pengen migrasi/downgrade ke 1P Internet Only 20Mbps, saya sudah ke Plasa Telkom Putri Hijau Medan, namun katanya ndak bisa, harus di copot dl ya paket terdahulu, lalu pasang baru yang 1P Internet Only 20Mbps.
    Mohon pencerahannya,
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg 1P internet only setahu saya sudah tidak tersedia untuk saat ini. Mungkin karena itu makanya tidak bisa, karena yg agan pilih tidak ada lagi.

      Seingat saya, paket yg tersedia untuk saat ini adalah 2P dan 3P saja.

      Bisa kok migrasi paket tanpa berhenti langganan terlebih dulu. Seandainya ada alat yg harus dicopot karena tidak dipakai lagi, nanti teknisinya sendiri yg datang mengambil atau menambah alat baru.

      Hapus
  28. Kalo yang punya nama udah gak ada gimana gan? Dulu temen yqng pasang sekarang yang pasang udah ngak bisa di hubungi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane belum tahu untuk hal yg ini. Tapi coba agan datang langsung ke plaza telkom bawa data lengkap yg kira2 diperlukan. Alamat, nama teman, no ktp teman, struk pembayaran (mungkin), dll. Nanti di sana agan jelaskan, dan minta solusinya.

      Hapus
  29. mau nanya akhir2 sy sering ditelpon 1500755, tp tdk pernah sy angkat dan pda akhirnya dihri ini sya angkat telponnya, ternyata nmr trsbt dari telkom dan menawarkan untuk upgrade kecepatan internet dari 20Mbps ke 50Mbps yg katanya hanya menambah 110rb (blm ppn) tiap bulannya, awalnya sya bilang tidak berkenan, tp dri pihak telkom terkesan sperti menjebak sya alih2 untuk memberikan prioritas internet tanpa putus2 krena internet yg sya pakai selalu melebihi batas dn akhirnya sya mengiyakan, nah pertanyaannya gmna ya cara cancel hal tsb krena sya khwatir tdk ssuai dg kenyataannya krena stlh baca2 diinternet tagihannya bisa mencapai 1 jutaan pdhl untuk saat ini tagihan dri telkom 600rbuan.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu cuma penawaran biasa yg rutin dilakukan. Memang biasanya dia dibekali data pemakaian kita. Tapi agan bisa menolaknya. Kalau dia agak "memaksa", agan tetap bisa menolaknya. Karena telfon tersebut terekam, dan jawaban final dari agan yg akan menentukan. "Setuju" atau "tidak setuju". Si CS mungkin agak memaksa, tapi tidak akan bisa macam2.

      Kalau sudah terlanjur setuju, agan tidak bisa menghentikan proses upgradenya. Tapi agan bisa datang ke plaza telkom untuk melakukan downgrade ke paket sebelumnya.

      Hapus
  30. Plaza telkom di daerah tangerang di mana aja gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane taunya yg di wilayah bekasi, gan. Coba agan cari aja "plaza telkom" di google map. Nanti muncul alamat plaza telkom yg lokasinya dekat dari posisi agan.

      Hapus
  31. saya mau downgrade dari 50 mbps ke 20 mbps, tapi plaza telkom gak ada di daereah saya, dan kalo denger penjelasannya kalo lewat telpon agak ribet ya,padahal dulu paket 10 mbps, dan bapak saya di telpon, katanya mau di upgrade eh bapak saya iya iya aja dong,, dan sekarang udah setahun belum di downgrade..

    BalasHapus
  32. kalau mau upgrade/downgrade tapi bukan a/n yg daftar dulu gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan. Tapi ane agak lupa detailnya. Kalo ga salah hanya butuh membawa ktp atau fotocopy ktp yg dulu mendaftar.

      Hapus
  33. Klo mau upgrade pket apa ada biaya lgi sperti biaya pasang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada lagi biaya pasang, gan. Teknisinya juga ga harus dateng lagi ke tempat agan. Setelah speed naik, biaya paket baru akan mulai dihitung dan ditagihkan pada bulan depannya.

      Hapus
  34. Oh, jadi gtuuuu akhirnya gw paham. Terimakasih buat kk yg udah pengalaman sangat membantu

    BalasHapus
  35. sangat membantu gan, makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama, gan :) subscribe ytube gw juga yak "Akira Nya" or follow ig "_AkiraNya_"

      Hapus
  36. Min saya pas daftar di web pilihnya yang tanpa tv, terus kalo pas petugas dateng saya bilang drngan tv bisa ga ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa. Soalnya teknisi hanya datang untuk pemasangan sesuai dengan surat perintahnya saja. Tapi setelah pemasangan walaupun hanya 1 hari, sista bisa langsung ganti2 paket kok.

      Upgrade paket itu gampang. Bisa request dari app, bisa lewat marketing yg di pinggir2 jalan, dll. Dan umumnya prosesnya sangat cepat. Kalo dowgrade, barulah agak ribet

      Hapus
  37. Setelah pemakain 3 bln kok sy byar mhal skli apa ad kslhan atau gmna ya ,,sy manggunkan paket 20mbps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada add-on yg tidak sengaja ditambahkan, atau agan pernah menerima penawaran promosi yg biasanya lewat telfon langsung dari indihomenya. Atau bisa jadi agan tidak sengaja membeli/membuka channel2 tv diluar dari paket bawaan.

      Agan bisa cek detail pembayaran lewat app myindihome. Di situ akan tampil detail pembagian biayanya

      Hapus
  38. Kak saya baru pasang Indihome yg paket 20 Mbps apakah bisa ganti untuk pemakaian di bulan ke 2 nya menjadi 10 mbps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Sebenarnya ga ada batas minimum penggunaan, untuk ganti paket. Dalam hitungan hari atau minggu pun bisa.

      Hapus
  39. kalau di tempat saya, 10 Mbps sudah cukup. tapi indihome menaikkan sepihak kecepatan jadi 20.. saya minta downgrade kembali jadi 10.. 2 bulan berikutnya dinaikkan lagi tanpa konfirnasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa agan mendaftar atas nama agan sendiri dan dengan kontak agan sendiri?

      Indihome sering melakukan penawaran ke nomor hape yg agan gunakan untuk mendaftar. Takutnya kalau bukan pakai nomor agan sendiri, seandainya ada penawaran dari indihome, bisa saja disetuji oleh pemilik nomor yg dihubungi.

      Hapus
  40. Balasan
    1. Dulu sih iya. Tapi untuk tahun 2021 ane ga tau gan, apa masih butuh materai atau tidak.

      Soalnya ane denger2 ada perubahan aturan tentang materai.

      Hapus
  41. Jadi gini kak saya mau pertama saya pakai kecepatan mbps ke 20mbps itu juga baru pasang 4 bulan kemarin nah tiba tiba saya dapat telepon tentang upgrade kecepatan ke 30mbps nah saya langsung setuju itu tapi setelah saya teliti ini sangat merugikan saya, baru udah terlanjut di upgrade lagi jadi saya cari solusi biar bisa di turuin atau downgrade mbps nah setelah saya ketemu ni situ yang mebahas tentang masalah yng saya hadapi,saya pun punya pertanyaan "apakah kalau downgrade ke semula yaitu 20mbps itu harus di kenakan biyaya yang melibihi uang tagihan bulanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi untuk downgrade adalah dengan cara mengubah ulang paket, dan memilih ke speed yang lebih kecil. Ini bisa agan lakukan secara langsung di plaza telkom terdekat. Mengubah paket tidak dikenakan biaya apapun. Kalaupun dikenakan biaya tambahan, agan bisa mengajukan komplain.

      Hapus
  42. Saya juga mau mengurangi dari 50 Mbps ke 30 mbps.tapi di daerah saya tidak ada kantornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lewat aplikasi myindihome. Atau kontak langsung customer servicenya lewat telfon, gan.

      Hapus
  43. downgrade ke 10 Mbps perbulanya bayar berapa gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga berubah terus, gan. Kalo list harga yg sekarang, gw ga tau. Tapi sekedar info aj sih ini, gw pake waktu itu 10mbps, kalo agan berlangganan untuk waktu yg lama, nanti speednya ditambahin sendiri tanpa naik harga. Semacam loyalty gitu. Gw sih udah naik 2x. Dari 10mbps ke 20mbps. Terus dari 20mbps ke 30mbps sampai sekarang.

      Hapus