November 04, 2018

Kelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?


, mana yang lebih baik, lebih murah, terbaik, gangguan, internet, untuk game
IndiHome, First Media, atau MyRepublic? Diantara tiga provider internet ini, manakah yang terbaik? Akira akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan diantara 3 internet provider ini sebagai referensi untuk kamu yang baru mau memasang internet kabel, ataupun untuk kamu yang mau merubah layanan internet ke provider lain.

Sebenarnya selain 3 provider ini, terdapat juga pilihan provider internet lain seperti MNC Play, Biznet, GIG by indosat, dan CNB. Namun IndiHome, First Media, dan MyRepublic adalah provider yang termasuk top grossing dan banyak diminati oleh para pengguna maupun para calon penggunanya.

Jadi apa saja yang dapat dijadikan pertimbangan antara 3 provider internet ini? Baca selengkapnya di bawah! (sebagai catatan, artikel ini dibuat November 2018. Dan harga-harga yang dicantumkan masih berlaku di tanggal yang sama)


Kelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?, mana yang lebih baik, lebih murah, terbaik, gangguan, internet, untuk game, telkom

IndiHome

harga : 3.5/5
kualitas : 3.7/5
covearage area : 4.5/5

Paket termurah: Netizen I, 10Mbps + telfon 100 menit. Rp. 285.000,-

Kelebihan
  • Coverage area yang sangat luas, bahkan sampai ke pelosok.
  • Internet "sejuta umat". Sangat banyak penggunanya.
  • Banyak promosi menarik.
  • Pilihan layanan lebih variatif.
Kekurangan
  • Harga relatif mahal, jika dibandingkan dengan speed dan kualitas yang ditawarkan.
  • Tidak komitmen, dan suka mengubah-ubah kebijakan. Secara, dikelola pemerintah.
  • Respon CS yang lambat untuk menangani masalah yang terjadi.
  • Channel HD pada layanan TV kabel sering mengalami gangguan
  • Upload speed lambat. Sekitar 1/10 dari speed download.


IndiHome adalah penerus dari Speedy milik telkom. Provider ini dikelola oleh BUMN. Mungkin itu alasannya provider ini memiliki coverage area yang sangat luas di Indonesia. Bahkan beberapa daerah pedesaan pun sudah ter-cover dengan baik.

Namun karena bukan milik swasta, maka kebijakan dan harga yang ditawarkan sepertinya suka berubah-ubah sesuai mood pemerintah, yang menjadikan Indihome dicap tidak komitmen oleh para reviewer. Diluar itu semua, IndiHome tetap menduduki peringkat pertama, sebagai provider internet dengan pengguna terbanyak di Indonesia.


Kelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?, mana yang lebih baik, lebih murah, terbaik, gangguan, internet, untuk gameKelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?, mana yang lebih baik, lebih murah, terbaik, gangguan, internet, untuk game

First Media

harga : 3.4/5
kualitas : 4.0/5
coverage area : 3.5/5

Paket termurah: D'LITE HD, 12Mbps, TV cable (83HD, 83SD). Rp. 323.000,-

Kelebihan
  • Kualitas jaringan dan pelayanan, di atas Indihome.
  • Harga dan kebijakan lebih stabil. Mungkin karena swasta tuh.
  • Pelayanan CS lebih responsif, dengan penanganan masalah yang lebih cepat.
  • Layanan TV kabel sudah support Full-HD & 4K.
  • Layanan TV kabel memberikan channel lebih banyak.
Kekurangan
  • Harga relatif mahal. Sedikit lebih mahal dari IndiHome.
  • Area jangkauan masih terbatas. Umumnya hanya disekitar kota-kota besar.
  • Upload speed lambat. Sekitar 1/12 dari speed download.

First Media bisa menjadi alternatif dari IndiHome, dengan segala sesuatunya yang selangkah di depan. Yang mencolok adalah pelayanan CS-nya yang lebih baik dan cepat dibandingkan dengan IndiHome. Mungkin karena penggunanya tidak sebanyak IndiHome.

First Media memeliki kualitas jaringan yang dinilai sedikit lebih baik, namun harga yang dibandrol juga sedikit lebih tinggi. Antara IndiHome dan First Media sebenarnya sama-sama lemah dalam sisi upload speed. Bahkan info tentang upload speed-nya ini kerap tidak dicantumkan pada brosur ataupun website resminya. Daerah yang tercover umumnya berada disekitar kota-kota besar, ataupun wilayah yang cukup ramai. Perumahan kecil model cluster pun dapat tercover, jika daerahnya termasuk ramai.


Kelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?, mana yang lebih baik, lebih murah, terbaik, gangguan, internet, untuk game

MyRepublic

harga : 4/5
kualitas : 4.5/5
coverage area : 2.0/5

Paket termurah: FAST, up to 50Mbps, upload speed up to 25Mbps. Rp. 289.000,-

Kelebihan
  • Pilihan paket yang super duper ngebut.
  • Super murah.
  • Kualitas jaringan sangat baik.
  • Upload speed tinggi.
  • Ping rendah.
Kekurangan
  • Daerah yang ter-cover sangat amat minim.
  • Tambahan biaya Rp. 50.000 /bulan untuk menikmati layanan TV kabel.


Sampai saat ini, MyRepublic dapat dikatakan sebagai "The Mother of Internet Provider" di Indonesia. Jika kita membandingkan antara MyRepublic dengan IndiHome dan First Media, kita seakan-akan memandingkan antara bumi dan langit (wwkwk.. lebay yak?). Bayangkan speed 10Mbps milik IndiHome, dan speed 50Mbps milik MyRepublic ditawarkan dengan harga yang hampir sama. Dengan harga dan speed yang ditawarkan, dibarengi juga dengan kualitas jaringan yang baik dan minim gangguan.

Namun, yang menjadi kekurangan utamanya adalah coverage area yang sangat amat terbatas. Bahkan area perkotaan yang padat pun tidak menjadi jaminan. Sebenarnya sangat banyak peminat dari provider internet yang satu ini, namun karena kekurangannya tersebut menjadikan layanan provider ini seakan-akan menjadi sesuatu yang eksklusif dan hanya mampu dinikmati oleh beberapa orang saja. Bersyukurlah bagi yang areanya sudah tercover oleh MyRepublic.


KESIMPULAN

Akira dapat menyimpulkan bahwa sampai saat ini, MyRepublic adalah rekomendasi nomor satu untuk provider internet kabel yang dapat kamu pilih, jika dilihat dari harga, kualitas layanan, dan kecepatan internet. Namun harga paket FAST di atas, belum termasuk layanan tv kabel. MyRebublic sepertinya hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang saja. Karena coverage area-nya yang sangat terbatas.

Jika kamu berada di daerah yang "terpencil" atau tidak tercover provider lain, IndiHome sebenarnya masih sangat layak untuk kamu gunakan. Coverage area milik IndiHome sangat luas. Namun untuk memastikan terlebih dulu, kamu dapat menghubungi CS dari IndiHome atau mengunjungi website resmi IndiHome, untuk memastikan apa daerah mu sudah tercover atau belum. Harga di atas merupakan harga paket tanpa layanan tv kabel. Untuk paket internet 10Mbps ditambah dengan layanan tv kabel, IndiHome menediakan paket termurahnya dengan harga Rp. 315.000,- belum termasuk pajak.

Namun, jika kamu tinggal disekitar daerah perkotaan dan menginginkan layanan internet yang lebih baik dengan layanan tv kabel yang menyediakan banyak channel HD, maka First Media adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, kamu sudah mendapatkan layanan internet yang lebih baik, speed yang juga lebih cepat, dan layanan TV kabel dengan pilihan channel HD yang sangat beragam. Namun sekali lagi, kamu harus memastikan terlebih dulu, apa daerahmu sudah tercover atau belum. Tapi bisa dipastikan bahwa coverage area milik First Media termasuk cukup luas, terutama disekitar kota-kota besar.

Baca juga :
author: Akira Asayami
 

9 Comments

  1. Awalnya pakai first media, upload dan downloadnya sama sama 10 Mbps - krn mau naik ke 30 Mbps jadi beralih ke Indihome krn lebih murah sekitar 385ribu.. skrg rencana mau ganti ke myrepublic krn kebetulan di area sy ada layanan myrepublic.. 100 Mbps 466 ribu... harus bilang wooow woww gitu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw iri sama yg daerahnya udah ke-cover myrepublic huuuhuu..

      Hapus