April 20, 2018

Solusi Google Play Tidak Bisa Redeem code, error BM-RGCH-06

redem, play store, rcgh, tukar kode, topup, top-up, gift card, gagalMelakukan pembelian dan pengisian saldo Play Store sudah menjadi perkara mudah untuk saat ini. Tidak seperti dulu, sekarang kita sudah dapat melakukan pembelian menggunakan pulsa (operator tertentu), voucer di Indomaret atau Alfamart, Unipin, dan lain sebagainya. Bahkan kamu juga dapat mengisi saldo Play Store-mu melalui beberapa e-commerce yang ada saat ini, contohnya saja Tokopedia.

Namun, masalah gagalnya proses redeem pada Play Store adalah hal yang sangat umum terjadi. Biasanya kesalahan ini hanya terjadi pada akun yang belum pernah melakukan topup sebelumnya. Code yang kamu beli tidak dapat di-redeem di akun Play Store-mu. Pesan error pun mucul dengan code error BM-RGCH-06. Pasti pada awalnya kamu agak bingung, karena kenyataannya kamu sudah mengeluarkan uang, tapi code yang kamu dapat tidak bisa digunakan. Jangan khawatir, sebenarnya kamu hanya belum tahu cara kerja sistem pembelian di Play Store. Simak tutorial berikut!



Tentang Payment Profile
Di Google Play Store ada yang namanya payment profile. Payment profile ini akan kamu buat di dalam akun google milikmu. Fungsinya adalah sebagai legalitas untuk segala pembelian di Play Store (dari game, aplikasi, sampai in-game item). Satu akun google, dapat membuat banyak payment profile. Namun kamu hanya dapat membuat satu payment profile untuk satu pilihan negara saja. Jika kamu sudah membuat payment profile untuk negara Indonesia, maka kamu tidak bisa membuat payment profile Indonesia lainnya.

Saat melakukan transaksi, maka profile yang akan digunakan adalah profile yang pilihan negaranya sesuai dengan tempat pembelian produk. Misalnya, kamu membeli voucer Play Store di Indomaret. Maka pastinya kamu berlokasi di Indonesia. Dan kamu harus menggunakan payment profile yang bernegara Indonesia.

Payment profile yang dibuat akan seketika aktif. Namun kira-kira dalam waktu 24 jam, pihak google akan meminta kamu untuk melengkapi data berupa id negara milik kamu sesuai dengan negara yang sudah kamu pilih sebelumnya. Jika kamu pilih Indonesia, maka kamu diminta untuk mengirim foto ktp (secara digital). Pihak google akan menghubungi kamu melalui e-mail yang berisi beberapa keterangan dan formulir.

Jika data tidak dilengkapi maka pihak google akan menonaktifkan payment profile yang tadi sudah kamu buat, sampai kamu melengkapi data yang diperlukan. Hal ini tidak berpengaruh pada akun google milik kamu. Namun, kamu tidak dapat melakukan transaksi apapun melalui payment profile yang tadi kamu buat.

Kemungkinan besar, dahulu kamu pernah sengaja atau tidak sengaja membuat dan mengaktifkan payment profile. Dan karena data tidak kamu lengkapi, dan kamu juga tidak menganggap penting, maka google menonaktifkan payment profile tersebut. Setelah sekian lama, dan saat ini kamu baru saja ingin melakukan topup pertama, maka keluarlah pesan error BM-RGCH-06 akibat payment profile dalam kondisi non aktif (tapi masih ada).


Solusi Google Play Tidak Bisa Redeem code, error BM-RGCH-06
Solusi mudahnya adalah dengan menghapus payment profile sebelumnya, dan membuat lagi yang baru. Maka kamu dapat melakukan redeem code tanpa masalah. Tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Log in akun google milik kamu.

2. Buka link berikut https://payments.google.com

3. Klik icon gear untuk membuka menu setting.

4. Cari Payment profile status.

5. Klik close payment profile.

6. Klik continue untuk menghapus payment profile

7. Langsung masuk Play Store melalui smartphone android.

8. Lakukan redeem code.

9. Kamu akan diminta untuk membuat payment profile baru di sini.

10. Isi form yang ada. Dan untuk kamu saat ini, pastikan memilih negara Indonesia.

11. SUKSES! Selamat saldo kamu sudah bertambah..

author: Akira Asayami
 

173 Comments

  1. Tidak bisa melakukan penukaran kode voucher google play mohonbantuan
    nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan ikuti langkah2nya dengan benar, gan. Karena tutor ini dari pengalaman pribadi, & works (bukan copas).

      Hapus
    2. Gan numpang Tanya punya gw tadi mau masukin kode nya setelah gw masukin muncul tulisan merah"Ada masalah dengan kode tsb,coba kode lain atau pelajri SK"
      Lumayan gan gw dapat $50 tapi kok gini
      Mohon pencerahan nya

      Hapus
    3. Hadiah kah? Misalnya dapet bonus dari pembelian item kaya laptop gitu, atau semacamnya? Kalau iya, pastikan kode sudah diaktifasi atau belum expired.

      Karena kalau pesan yg muncul demikian, maka letak masalah ada di kodenya. Artinya kode akan tetap gagal walaupun di-redeem di akun lain.

      Jika agan memang dapat dari hadiah, agan bisa langsung tanya atau komplain dari tempat agan mendapatkannya. Mungkin agan bisa minta tukar kode atau solusi lainnya tergantung kebijakan yg ada.

      Hapus
    4. Oh iya, ane lupa ada satu kemungkinan lagi. Kalau agan dapat gift card dalam bentuk dollar, maka agan harus punya payment profile dollar. Kalau bentuknya rupiah, agan buat payment profile rupiah.

      Satu akun google bisa punya banyak payment profile kok (1 profile untuk masing2 jenis mata uang). Jadi, ga akan saling tindih.

      Hapus
    5. sangat terbantu, terima kasih,,,

      Hapus
  2. Bagi yg belum bisa, mungkin kamu salah mengartikan tahap nomor 5. Close payment profile di sini maksudnya memilih sebuah opsi untuk menutup payment profile ya.. Bukan menutup page yang sedang dibuka. Hope it works! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro saya sudah setting semua sesuai tapi masih ada kode tsb . Masalahnya dimana ya pakai pulsa tidak bisa pake kartu kerdit pun tidak bisa sudah saya tutup juga payment nya

      Hapus
    2. Kemungkinannya ada 2. Pertama, akun payment sudah ada namun statusnya nonaktif karena belum verifikasi data (foto ktp, sim, atau passport). Kedua, karena akun payment belum dibuat ulang setelah yang lama ditutup.

      Solusi 1, agan bisa menutup akun payment lama dan membuat yang baru.

      Solusi 2, jika agan takut kehilangan saldo yang ada, maka agan dapat memverifikasi data pada akun payment lama yang berstatus nonaktif. Nantinya google akan mengaktifkan lagi akun payment tersebut.

      Catatan: Akun payment yang baru dibuat akan aktif dalam waktu terbatas, jika pemiliknya tidak memverifikasi data diri.

      Hapus
  3. Apakah pembelian dari akun sebelumnya akan hilang jika di close payment?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, gan. pembelian tetap menempel pada akun milik agan. bukan di akun payment-nya

      Hapus
  4. Trima kasih banyak.. Berhasil.

    BalasHapus
  5. Bang cara aktifin kartu google playnya bagaimna bang. Soalnya aku bellinya sangat jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang maksudnya diaktifasi sebelum direedem, itu yang punya kuasa si penjualnya, gan.

      Hapus
  6. Klw kartu nya belum di aktifkan sama penjual solusi nya gmna min.
    Ada notif "kode tidak dapat ditukarkan" .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah pasti masalahnya karena kartu belum diaktifkan, agan bisa langsung menghubungi penjualnya untuk bantuan teknis. Pastikan juga kartu belum kadaluarsa atau salah ketik kode.

      Hapus
  7. masi error gan saya sudah mengikutin saran tersebut contoh error nya Terjadi error saat menukarkan kode. Kode Error: BM-RGCH-06

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari code error BM-RGCH-06, inti-nya kita harus membuat akun payment. Jika sudah punya akun payment namun tidak aktif, coba diaktifasi ulang. Atau mudahnya, buat akun payment baru.

      Hapus
    2. Kalau aktifasi akun sebelumnya, saldo ga akan hilang.

      Hapus
  8. Bikin yang baru masih ke gitu, padahal udah bener semua tapi masih eror, gimana. Min

    BalasHapus
    Balasan
    1. code BM-RGCH-06 pasti berkaitan dengan payment account, gan. kalau sudah mengikuti cara di atas, tapi masih nihil hasilnya, lebih baik langsung kontak pihak google-nya https://support.google.com di situ bisa dapat bantuan teknis dari pihak google secara langsung

      Hapus
  9. Setelah bikin baru malah ada tulisan an unexpected error OR-IEH-02 gimana tuh gan, mohon bantuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OR-IEH-02 itu code saat Google menilai ada potensi penipuan di saat pembayaran. Entah agan mau "coba-coba" atau memang pihak Google mengalami masalah penilaian. Cara terbaik, langsung kontak Google Play Service untuk bantuan teknis lebih lanjut, gan.

      Hapus
    2. kak, cara kontak GP Service itu gmn yaa ? saya agak kesulitan nih.. maaf

      Hapus
    3. saya sarankan untuk memverifikasi terlebih dulu akun payment google milik agan di "https://support.google.com/pay/contact/account_verification" setelah itu coba dicek ulang, apa masalah yg sama masih muncul. (butuh foto id card. ktp, passport atau sim. salah satu saja)

      Tapi kalau agan mau langsung kontak google play service, agan bisa akses di "https://support.google.com/googleplay/?hl=id" kemudian cari dan klik "Menghubungi dukungan Google Play"

      Hapus
  10. Yeaaayy makasih banyak ya kaakk. Artikelnya sangat membantu. Terima kasih banyaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh.. :) masama. Baca2 artikel lainnya juga ya..

      Hapus
  11. Balasan
    1. susah dimananya, gan? coba baca penjelasan yang di atas dulu biar paham kondisinya. Habis itu baru agan ikuti langkah2 selanjutnya..

      Hapus
  12. Udah close payment n buat baru malah muncul "terjadi kesalahan tak terduga.coba lagi nanti.[OR-IEH-02]

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diverifikasi dulu payment account barunya, gan.

      Hapus
  13. gan kalo dri pihak penjual sudah diaktfin,tpi ketika masukin kode voucher di hp keterangannya tidak valid.itu kenapa ya.mohon bantuannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut google support, kalau pesan "tidak valid" muncul, kemungkinannya ada 3.
      1. kartu belum diaktifasi. kartu fisik pada toko, baru akan diaktifasi saat pembelian dilakukan. hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian.
      2. salah ketik kode.
      3. gift card telah expired.

      solusinya langsung minta bantuan teknis dari tempat agan membelinya.

      Hapus
    2. Cara aktifasi kartu gimana ya soalnya tokonya jauh dari rumah

      Hapus
    3. Harus penjualnya. Soalnya butuh semacam code agen gitu. Tapi seandainya ada cara lain untuk aktifasi kartu, ane sendiri belum tau, gan.

      Hapus
  14. kak, sekarang di akun google play aku ada saldonya. terus sekarang mau nambah saldo, cuma gabisa katanya eror code BM-RGCH-06. kalau aku ngetutup profil pembayaran, bakalan hilang gak kak saldo aku sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bakal hilang kok. Saldo menempel pada akun google. Kalo akun payment fungsinya cuma buat transaksinya aja.

      Hapus
    2. ka, aku tutup profil pembayaran tapi saldo sebelumnya ilang kak. kode eror bm-rgch-06 juga masih ada. gimana cara balikkinnya y kak?

      Hapus
    3. Kemungkinannya, payment profile lama belum terhapus (mungkin tahapan menghapusnya ada yg kurang). Atau sudah terhapus tapi belum buat payment profile yg baru.

      Hapus
  15. Verifikasi akun paymentny gmn ya? Soalnya gk ada info diminta data lebih lanjut dan dapet error ORIEH02. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg mau verifikasi akun, silahkan di sini (bukan link aktif. copas ke address bar browser masing2)

      https://support.google.com/pay/contact/account_verification

      Hapus
  16. Kok masih gk bisa ya,padahal udh gw coba 2 kali masih gk bisa.Malah keluar error yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kode error yg keluar masih bm-rgch-06, pasti masalahnya juga masih sama, gan. Seputar payment account. Bisa jadi payment account lama sudah berstatus tidak aktif, ataupun belum mempunyai akun payment sama sekali.

      Hapus
    2. Pas gw ubah kode posnya baru bisa,tapi malah muncul error
      OR-IEH-02,soalnya gw belinya di kota rumah gw kabupaten

      Hapus
    3. Coba akun diverifikasi dulu, gan. Link verifikasi ada dikomen atas. Hope it works

      Hapus
  17. Kenapa kode voucher google saya tidak dapat di tukar kan ya min...
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gagal karena belum aktif, atau muncul pesan error? Kalau karena belum aktif, agan harus langsung ke tempat agan beli. Kalau muncul pesan error, agan bisa ikuti cara di atas.

      Hapus
  18. Udah dicoba gan masih ga bisa, gimana nih? Payment profil udah ditutup, bikin yg baru, tapi pesan error masih muncul ga bisa tukar saldo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo keluar kode error or-ieh-02 coba diverifikasi dulu akun google-nya, gan

      Hapus
  19. Anjir lu gan gw ada saldo di google play 27rb eh gw tutup google play pay nya malah saldo gw abis semua pas gw mau redem kode lagi

    BalasHapus
  20. Kalo di nonaktifkan, saldo sebelumnya ilang pa ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane prosesnya begini: Jadi pas payment account ditutup, semua saldo yang masih ada dan app yang sudah dibeli, untuk sementara tidak dapat diakses (bukannya hilang). Setelah payment account yang baru selesai dibuat, maka semua saldo dan game yang sudah dibeli akan dapat diakses kembali seperti biasa.

      Hapus
  21. Balasan
    1. Kalau ada saldonya, artinya agan kan pasti sudah pernah membuat account payment. Kalau code error di atas muncul dan agan gagal meredeem voucher, kemungkinan besar masalahnya karena account payment yg dinonaktifkan sementara oleh pihak google karena belum diverifikasi.

      Kalau agan takut saldo sebelumnya hilang, solusi terbaiknya adalah dengan mengaktifasi ulang account payment yg sudah ada. Masuk ke halaman verifikasi, kemudian masukan data yg diperlukan. Termasuk foto ktp atau passport atau sim (driver license).

      Hapus
  22. cara buat akun google pay yang gimana?

    BalasHapus
  23. Kalau di close payment profile maka saldo yg sudah ad akan hangus bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya metode menutup payment profile lebih ditujukan kepada pengguna yang sudah membuat payment profile secara tidak sengaja, tapi tidak pernah digunakan. Pada akhirnya payment profile di-nonaktifkan karena pengisian data yang belum lengkap.

      Jadi, untuk pengguna yang sudah membuat dan mempergunakan payment profile sebelumnya, dan kemudian di-nonaktifkan oleh google, cara untuk mengatasinya ada dengan memperlengkap data untuk re-aktifasi. Google akan meminta foto identitas. Foto ktp, passport, atau sim (salah satunya saja) untuk verifikasi.

      Hapus
  24. Kok saldo punya saya setelah dinonaktif in, hilang ya kak saldonya? Gmna cara balikinnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ditutup, langsung buat yang baru. Sudah dibahas sebelumnya, kalau saldonya masih ada, ada pilihan untuk mereaktifasi payment account dengan cara melengkapi data yang diperlukan.

      Hapus
    2. Akun payment yang baru sudah diverifikasi, trus masih blm muncul saldo yang lama nya

      Hapus
  25. Klo sdh diferivikasi, gmna lagi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau akun sudah diverifikasi dan diapprove oleh google, agan tinggal mengulang proses redeem. Karena harusnya payment account sudah aktif pada titik ini.

      Hapus
    2. Tapi kok saldo yang lama masih blm muncul? Gmna tu, apa haru me-reedem dulu baru saldo yang lama nya muncul, trus ditambah saldo yang direedem barusan

      Hapus
    3. coba kontak google support untuk bantuan lebih lanjut, gan. https://support.google.com/googleplay/

      Hapus
  26. Kak kenapa pas saya isi Payment profile baru pas sudah seleaas tapi masih ada tulisan eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lebih detail? diisi maksudnya ditopup kah? pesan error apa yang muncul

      Hapus
  27. Gan, kalo blm di aktifin kasir gabisa dipake ? Atau bisa ngaktifin sendiri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg aktifin harus sellernya. Mungkin untuk aktifasi, si seller butuh kode khusus gitu (mungkin). Jadi kita tidak bisa aktifasi sendiri. Pembeli tinggal mereedem kode saja.

      Hapus
  28. Kalo blm diaktifin kasir, gabisa aktifin sendiri di rmh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa, gan. Kebijakannya memang sudah begitu.

      Hapus
  29. Gan kasus gw begini..
    kemarin gw beli gpc us 100$ & 25$ dari online shop, yg 25$ bisa di redeem tanpa masalah, namun yg 100$ saat di redeem gak bisa, malah muncul tulisan "terjadi kesalahan saat menukarkan kode Kode error :BM-RGCH-06" . Oia btw akun gw beralamat USA.
    Saya sudah coba bikin akun baru region indonesia. Lalu saya ikuti petunjuk agan di atas. Hasilnya tetep sama.
    Mohon pencerahannya gan
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba data akun dilengkapi dan diverifikasi dengan meng-input foto id seperti ktp, sim atau passport (salah satu saja). Semoga membantu

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya dimana, gan? Soalnya account payment yg digunakan harus sesuai dengan lokasi pembelian. Kalau beli di indonesia, account paymentnya harus yg indonesia.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  31. Work, terimakasih banyak.
    Kalo masih muncul kode bm-rgch-06, verifikasi saja, di akun gpay.
    Nunggu 24 jam, verifikasi berhasil.

    Langsung bisa digunakan saldo gpay nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Verifikasi-nya manual, gan. Diproses manusia. Bukan mesin/komputer. Jadi, memang butuh waktu.

      Hapus
    4. Masuk gan ke email, rajin2 aja cek email dan acoount gpay nya

      Hapus
  32. Yg di maksud verifikasi KTP gimana gan?
    Dan dimanakah verifikasi nya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini link-nya. Inti-nya kita harus verifikasi menggunakan identitas diri yang terdaftar pada negara. Bisa dari ktp, sim, ataupun passport. Kita akan diminta untuk mengupload foto fisiknya (salah satunya saja).

      https://support.google.com/pay/contact/account_verification

      Hapus
  33. Gan, say ikutin tutor. Malh saldo GPC saya hilang. Apakah bakal balik lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut informasi yang Akira dapat dari pengguna lain, penutupan payment account memang akan menghilangkan saldo yang tersisa (jika ada saldonya). Tapi kalau tidak salah ingat, agan masih bisa mengaktifkan kembali payment account yang sudah ditutup dalam waktu kurang dari 60 hari, dengan cara mengkontak google service.

      Sudah dibahas sebelumnya, jika ada payment account sudah pernah digunakan dan ada saldonya, dari pada agan menghapusnya, agan bisa mengatasi reedem error dengan cara re-aktifasi payment account yang lama. Beberapa infonya bisa dibaca dikomen-komen sebelumnya.

      Hapus
    2. Itu verifikasi pake ktp ktp orang lain bisa kah ?

      Hapus
    3. Sepertinya nama id dari ktp, sim, atau passport harus sesuai dengan nama yg ada di account payment. Pas buat account payment kan input nama tuh. Kalau tidak sesuai, verifikasi bisa gagal. Kayaknya sih begitu. Coba aja, gan.

      Hapus
  34. Minya Link untuk verifikasi dengan ktp gan,yg diatas linknya cuma informasi doang,ngga ada link buat verifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan buka dari browser hape atau browser pc? Coba log in akun google dulu, kemudian buka lagi link-nya.

      Hapus
  35. Gan boleh tanya,kan saya udah di verifikasi google nya seperti kaya di atas awal mula BM rgch 06 sekarang sesudah di verifikasi dan hapus payment baru jadi muncul OR IEH 02, kenapa yah gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah di-verifikasi kok dihapus? Akun yg sudah ter-verifikasi seharusnya sudah tidak bermasalah lagi.

      Hapus
  36. Bang bantu gw😭
    Udh gw ikuti tpi ttp eror code mulu😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya itu verifikasi. Kalau sudah buat akun baru dan masih muncul kode error, maka verifikasi akunnya. Verifikasi butuh waktu sekitar 24 jam (kalau tidak salah). Atas nama dari akun payment harus sesuai dengan nama di foto id card yg nanti akan dilampirkan untuk verifikasi (ktp, sim, atau passport).

      Jadi nanti kalau pakai foto ktp atas nama "Akira" (contoh saja) maka akun paymentnya juga harus diisi atas nama "Akira". Jangan pakai nama alias atau menggunakan id card orang lain.

      Hapus
  37. langkah-langkah sudah sesuai,tapi setelah mengisi postal code & nomor hp,malah error ya? itu knp ? (dilakukan di android) dicoba disemua email gitu juga,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwkwk kok jadi ribet yak? error-nya gimana, gan? coba detailnya.

      Hapus
  38. Dulu sih uda pernah coba dan dan berhasil tanpa ada ada error.. :(
    Terakhir kali saya coba error.. :(
    Knp ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara kerjanya gini, gan. Kalo dulu error, artinya waktu itu akun belum diverifikasi sehingga dinonaktifkan. Pas agan buat baru, untuk sementara akun akan aktif. Tapi kalau tidak diverifikasi, maka akun juga akan dinonaktifkan.

      Untuk akun yg terakhir agan buat pun sebenarnya bisa kembali digunakan setelah agan verifikasi akun dengan koto identitas (ktp, sim, atau passport). Verifikasi juga membutuhkan waktu proses (tidak instant). Jadi agan nanti harus menunggu. Kalo ga salah 1 hari

      Hapus
  39. Bos. Udah pake langkahnya, udah bisa sih. Tapi saldo sebelumnya jadi hilang :(. 70rb lenyap. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwkwk.. udah ada pertanyaan yg sama di kolom komentar. Pada kasus saat agan gagal redeem, status payment profile agan sudah dinonaktifkan.

      Cara menghapus dan membuat ulang adalah cara tercepat dan termudah. Tapi kalo ada saldonya, agan bisa pakai cara ke-2, yaitu reaktifasi akun lama dengan memverifikasi akun payment lama.

      Cara verifikasinya adalah dengan mengupload foto identitas (ktp, sim, atau passport. Salah satu saja). Verifikasi juga membutuhkan waktu proses.

      Hapus
  40. Gan kalo gue sudah beli gpc dari Olshop di Indo yg notabene nilainya rupiah, dan saya mau kasih kode nya ke temen saya yg di Thailand yang mana playstore juga thailand apakah bisa langsung diredeem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisa. Syaratnya temen yg di thailand itu harus buat payment account indonesia.

      Hapus
    2. Caranya gimana gan? Maaf newbie

      Hapus
    3. Buat payment account seperti biasa. Waktu memilih negara, pilih Indonesia. Satu akun google bisa membuat lebih dari satu payment account, dengan syarat 1 payment account untuk 1 negara.

      Jadi kalau sudah punya payment account thailand, selanjutnya hanya perlu membuat payment account baru negara Indonesia. Tidak perlu merubah ataupun menghapus payment account thailand yang sudah ada sebelumnya.

      Hapus
    4. Cara buat payment account nya gimana gan? Apa harus buat akun baru lagi? Sorry gan ngrepoti hehe

      Hapus
    5. Yups. Gpp. Log in akun google di browser. Kemudian buka..

      https://payments.google.com

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Bukan diganti. Buat lagi akun payment yg baru di situ, tapi pilih negaranya Indonesia. Satu akun google bisa punya lebih dari satu akun payment.

      Hapus
    8. Udah gan makasih bgt ya hehehe

      Hapus
  41. Mau nanya.. Saya beli voucher google play yg 300k...
    Akan tetapi saat di masukan kodenya gagal.... Keterangan nya kode tidak bisa di gunakan,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Voucher fisik kah? kalo iya, pastikan voucher telah diaktivasi oleh si penjual ketika agan membelinya.

      Hapus
    2. iya sama kalau aktifasi manual ga bisa ya?

      Hapus
    3. Yg aktifasi harus penjualnya. Soalnya dia yg terdaftar

      Hapus
  42. Gan, saya beli product laptop secara online, dan mendapatkan hadiah kartu Google Play, nominal 300.000. Setelah saya gosok kode y belum aktif. Menurut kata teman saya kartu itu belum di bayarkan ke kasir. Tapi code y ada sama sy. Ini gmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan agan dapet gratis tuh, agan coba langsung tanya ke tempat agan membeli laptop. Kalo beli online kan lebih mudah untuk dihubungi melalui kontak. Bilang saja google gift card yg agan dapat, belum diaktifasi oleh penjual dan tidak bisa di-redeem. Nanti biar dia yg memproses. Kalau sudah diaktifasi, baru kode-nya bisa agan redeem.

      Hapus
  43. Gan ane kan udah tutup akun yg di nonaktifin,, trus buat payment baru atas nama M habibi trus pas verifikasi kok minta data yang akun payment lama ya ? Yang data nya masih asal² an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena nama yg terdaftar sama. Pastikan atas nama dari akun payment, menggunakan nama asli seperti yg tertulis di-ktp. Karena nanti nama ini akan dicocokan.

      Hapus
  44. Gan saya mau nanya saya udah nyoba berulang kali hasil tetap sama
    Tulisannya "ada masalah dengan.kode cba kode yang lain"
    Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak keluar kode BM-RGCH-06, artinya penyebab masalahnya lain.

      Hapus
  45. Saya sudah melakukan semua step diatas tapi masih ngk bisa di pake kodenya -_ ada saran lain gk buat bisa aktifin kodenya. Dan jga kartunya sudah aktif jadi seharusnya bisa di redeem tpi ini gk bisa. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode error/pesan apa yg keluar? Coba detailnya.

      Hapus
  46. Bang,kalo tulisanya "ada masalah dengan kode tersebut,coba kode lain" itu kenapa yaa? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba pastikan google gift card belum expired.

      2. Pastikan tidak ada salah ketik. Saat mengetik kode, tidak diperlukan spasi ataupun strip (garis).

      3. Pastikan google gift card sudah diaktifasi.

      4. Jika pesan error ini tetap keluar, coba bawa gift card langsung ke tempat agan membelinya. Atau jika agan dapat secara gratis dari promo produk tertentu, agan bisa membawa gift card secara langsung ke tempat agan mendapatkannya untuk mendapatkan bantuan teknis.

      Hapus
    2. Gan,saya jadi kemarin pada 1 juni saya beli gpc dialfa saya liat sikasir sepertinya sudah mengaktifkan gpc tersebut tetapi pada saat saya masukan kodenya munculah masalah seperti ada tulisan "ada masalah dengan kode tersebut, coba kode lain" mohon bantuannya

      Hapus
    3. saran ane biar cepet, langsung dateng ke alfa-nya, gan. minta tolong si kasirnya untuk proses redeem. kalo memang bermasalah, menurut kebijakan, uang-nya bisa direfund.

      Hapus
    4. Wduh saya keburu brgkt mudik, klo itu si gpc yg blum di pake ada masa expirednya ga?

      Hapus
    5. Ada, gan. Mirip voucher pulsa atau internet.

      Hapus
  47. gan kalo kode eror bm-bqb-01 itu gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane belum nemu informasi tentang kode error "bm-bqb-01", gan. Coba agan langsung tanya ke google support. Kalau sudah dapat solusinya, jangan lupa bagi informasinya yak hhehe..

      Hapus
  48. Proses verifikasi memang tidak instant. Butuh waktu umumnya sekitar satu hari setelah data di-upload.

    BalasHapus
  49. Mohon bantuan kk kemrin kode vocer google sya belum di aktifakan, pihak google langsung yg udah bilang katanya , untuk mengaktifkan nya harus pergi ke toko tempat sya membelinya, lalu sya sudah pergi ke toko temoat sya membeli untuk mebgaktufakan kide vocer nya, katanya sudah bisa di gunkan kembali, pas sya sya uduh coba masi metap ngak bisa. Mohon informasi nya kk , muda mudahan bisa membantu, trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending kayak gini aja, agan coba redeem langsung di depan penjualnya langsung biar dia bisa lihat. Atau agan minta si penjual yg me-redeem-kan. Seandainya kode sudah diredeem, pasti ada pemberitahuannya kalau kode sudah digunakan.

      Nah, kalau masih tidak bisa juga, agan minta tukar saja kode lain atau kembali uang. Atau solusi lainnya tergantung kesepakatan dengan si penjual.

      Hapus
  50. Kalo ane disuruh kami menginkan info lainnya tolong kirimkan pas aane klick itu langsung ke link kaya ada from yang di isi trus udah ngisi kayak suruh ngirim foto gitu via digital, tapi ini udah 2 hari belom di bales

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses verifikasi memang membutuhkan data lengkap dan asli, beserta bukti foto identitas (ktp, sim, atau passport). Dan memang ada waktu prosesnya. 2 hari masih wajar kok, gan. Coba ditunggu aja. Kalau data yang diisi sudah benar, pasti berhasil kok

      Hapus
  51. Balasan
    1. ane yakin kode error BM-RGCH-06 pasti ada kaitannya dengan payment account. coba pahami dulu cara kerja akun payment-nya, baru ikuti cara-cara yg ada di atas.

      Hapus
  52. Gan mau tanya kalau pas tukar kode ada keterangannya seperti ini kenapa ya gan... [ KAMI MEMERLUKAN INFO LAINNYA UNTUK MENUKARKAN KODE ANDA] trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane baru cari info tentang hal ini, gan. Ternyata ini akibat kebijakan baru, dimana google akan memblok aktifitas redeem dari akun yg berpotensi fraud.

      Solusi paling tepat yg bisa agan lakukan adalah menghubungi google support (pastikan yg sesuai dengan region akun agan ya). Buat keluhan, jelaskan detail masalah, lengkapi data yg diperlukan jika diminta agar akun punya agan ga dilabel sebagai akun bodong.

      Hapus
  53. kasus yg sama gan sama saya 3 hari lalu,tak dapat tukar kartu hadiah.balasan pesan "kami memerlukan info lain ".sudah 3 kali saya menghubungi pakar google tapi tidak ada kemajuan .hanya disuruh sabar dan menunggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yg mengalami masalah ini, gan. Ini karena kebijakan baru google. Akun agan dinilai berpotensi fraud. Solusinya langsung kontak google support indo untuk bantuan teknis. Good luck

      Hapus
    2. Km msh mending Aruf20, saya sudah 2 minggu lebih belom kelar2 itu kasus tdk bisa redeem, data2 sdh saya kasih ke pihak gugel, bahkan saya sempet tlpn nan 2x (selang beberapa minggu) tpi alhasil nihil, disuruh menunggu balas email dri pihak gugelnya, katanya msh di tindak lanjutin

      Kok aneh yah, itu gugel susah amat penyesesaiannya, ampe minggu2 ane nunggu

      Bilang aja kalo ga bisa, ga usah di ksh harapan sabar menunggu
      #MaafCurhat😅😅

      Hapus
  54. Kalo muncul tulisan .. kami memperlukan info lainya untuk menukarkan kartu hadiah anda

    Itu knaph ya?

    BalasHapus
  55. Gan mau tanya.. Saya kan dapat google play gift card dari temen saya.. Tapi gift card nya blm diaktifin sama dia.. Jadi ga bisa dipakai.. Itu gimana ya gan cara aktifin gift card nya.. Tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muncul tulisannya kode anda tidak dapat di tukarkan

      Hapus
    2. Kalau memang belum diaktifkan, terpaksa harus balik ke tempat beli gift card-nya. Toko penjualnya yg bisa mengaktifkan. Gw belum tau alternatif lain

      Hapus
  56. Gini gan gw jujur nih,temen gw kan habis nyolong kartu google play yang 50 rebu,tapi kaga bisa gan karna ntu ga di aktifin,cara aktifin nya gmne gan,datang ke indomaret kah?bilangnya gmna,soalnya barang curian nih gan kwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu dah wwkwk.. cuma si penjual yg bisa aktifin. Balik aj, trus bayarin. Win-Win solution

      Hapus
  57. Ka apakah bisa cek ke toko lain untuk lihat di aktifkan sudah beluknya? Dan apakah bisa melihat kadaluarsa nya? Kalo bisa dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau gw, yg bisa aktifin & cek, cuma ditoko tempat kamu beli. Dan umumnya voucher baru akan diaktifkan saat dibeli. Jadi, voucher2 yg dipajang itu belum diaktifasi

      Hapus
  58. Min, gimana ya solusinya beli voucher google play di laz*d* tapi pas mau reedem malah keterangan nya gak bisa digunakan kecuali dinega asal pembelian? Mana beli banyak lagi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah ngalamin. Tapi coba pakai aplikasi "fake gps" atau yg mirip2. Atau pakai vpn. Ditunggu hasilnya gan, apa berhasil atau tidak.

      Kalau ga bisa juga, agan bisa kontak langsung penjualnya untuk mencari solusi lebih lanjut.

      Hapus
  59. kalok voucher nya gk aktip gimana cara mengaktip kan nya

    BalasHapus
  60. "Kami memerlukan info lainnya untuk menukarkan kartu hadiah anda."
    Itu kenapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga gau, gan. Kalau itu gw belum pernah kejadian. Mungkin data akun googlenya kurang lengkap. Misalnya negara, nomor hape, tanggal lahir, dll. Mungkin saja ada yg belum diinput.

      Hapus
  61. Mau nanya kalau kode nya belum di verif sama alfa/Indomaret tetep bisa di aktifkan kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih ga bisa, gan. Harus diaktifkan dulu sama penjualnya supaya bisa dipakai.

      Hapus
  62. Transaksi Anda tidak dapat diselesaikan. Untuk melanjutkan, kirimkan dokumen yang diperlukan dengan mengisi formulir ini.

    Bang kalo gini gimana cara perbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gw liat screenshotnua dah.. kasih link screenshotnya

      Hapus
    2. Ini bang link gambarnya https://ibb.co/0hk4cNN

      disuruh ngisi dokumen ini https://support.google.com/googleplay/answer/9713661

      Hapus
    3. Udah gw cek. Bener itu, gan. Tinggal ikutin langkah2nya. Entah karena pakai vpn atau apa, akun agan itu mungkin terdeteksi bukan login untuk region indonesia. Jadinya agak bermasalah saat agan coba beli gift card di sini (Indonesia). Itu form lengkapin aj, gan. Biar dibantu verifikasinya sama team support dari google.

      Hapus
  63. saya sangat terbantu..Terima kasih

    BalasHapus
  64. akun googleplay saya, sudah dapat bertransaksi kembali..TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kembali, gan. Set dah.. banyak amat komennya wwkwk

      Hapus
  65. Mohon bantuan nyaadmin kenapa q setiap top up goggle play selalu error padahal saldo udah berhasil masuk tpi giliran.di confir.selalu error terus.terimakasih.admin

    BalasHapus