Januari 04, 2020

Berapa Harga Servis Laptop ASUS di Service Center? | TECH Info

harga service laptop asus, lenovo, canon, acer, asus service center, servis centre, harga spare part asus, harga hardware asus resmi, produk asus, jasa servis, asus service partner, datascrip service center, asus service partner resmi

Ini adalah daftar biaya servis produk ASUS di ASUS Service Partner resmi. Service Center yang Akira datangi adalah Datascrip Service Center yang secara resmi berpartner dengan ASUS untuk melakukan perbaikan produk-produknya. Lokasinya di Bekasi (di dekat pintu tol Bekasi Barat).

Sebagai pelengkap informasi, karena status Datascrip Service Center dengan ASUS hanyalah partner service (walaupun secara resmi), maka di luar itu, Datascrip Service Center juga menerima perbaikan produk dari beberapa brand lainnya, seperti; ACER, LENOVO, CANON, dan lain sebagainya.


Harga yang dicantumkan adalah harga yang masih berlaku pada bulan Desember 2019. Kedepannya harga bisa saja berubah.


harga service laptop asus, lenovo, canon, acer, asus service center, servis centre, harga spare part asus, harga hardware asus resmi, produk asus, jasa servis, asus service partner, datascrip service center, asus service partner resmi
Klik & Zoom untuk memperjelas gambar

FAQ (Frequently Asked Questions)

## Jadi, berapa biaya servis di ASUS Service Center?
Biaya service adalah Rp. 150,000. Biaya tersebut diluar dari biaya jika ada komponen yang harus diganti. Jika kamu melakukan request untuk cleaning, penggantian thermal pasta, dan lainnya yang bersifat maintenance atau perbaikan tanpa mengganti komponen (hardware), maka biaya yang dikenakan tetaplah Rp. 150,000 saja.

Harga tersebut Akira dapatkan dari ASUS Service Partner resmi (tepatnya Datascrip Service Center) di daerah Bekasi pada Desember 2019. Kedepannya harga bisa saja berubah.


## Bagaimana jika ada komponen hardware yang perlu diganti?
Kamu akan diberi info melalui kontak yang sudah kamu berikan (nomor telfon ataupun e-mail) tentang komponen apa-apa saja yang perlu diganti, berserta harganya.

Di sini kamu bisa "Setuju" untuk melanjutkan proses service, atau "Tidak Setuju" untuk melakukan pembatalan service jika dirasa harganya terlalu mahal, atau jika kamu pikir hardware masih layak untuk digunakan. Tahapan dari awal penyerahan unit sampai dengan konfirmasi harga dilakukan, adalah tahap pengecekan. Belum masuk ke proses servis atau pengerjaan.


## Apa yang terjadi jika kita membatalkan servis?
Kamu hanya dikenakan biaya Rp. 50,000 (biaya pengecekan) untuk pembatalan, tanpa membayar lagi biaya-biaya lainnya. Dan kamu secepatnya dapat mengambil kembali barang yang kamu servis (laptop, komputer, atau hardware lainnya) di hari yang sama. Jika mau melakukan pembatalan, baiknya kamu lakukan saat konfirmasi harga pertama, tepatnya setelah proses pengecekan.

Akira sendiri mengalami pengalaman unik yang bikin elus dada saat melakukan service laptop di ASUS Servis Partner resmi (Datascrip Servis Center). Cerita lengkapnya bisa kamu baca di sini...

Jika setelah konfirmasi harga dilakukan dan kamu menyetujuinya, kemudian telah lanjut ke proses service atau pengerjaan, jika kamu meminta pembatalan di saat ini, maka teknisi akan segera lepas tangan dari laptop, PC, ataupun hardware lainnya yang sedang dalam proses service apapun kondisinya.

Jadi kalau misalnya laptop sedang dibongkar mainboard-nya, maka saat kamu mengambil laptop-mu, kamu akan mendapati kondisi mainboard yang masih terbongkar, atau minimal tidak terpasang sempurna. Baiknya kamu lebih jeli dan memperhatikan kebijakan ini dengan seksama.


:: TIPS ::
Jika kamu berniat untuk membawa laptop ke ASUS Service Center, maka backup terlebih dulu data yang ada di dalam harddisk-nya. Memang tidak ada jaminan kalau harddisk akan diformat oleh teknisi, tapi Service Center juga tidak menjamin utuhnya data yang di dalam harddisk. Karena jika sewaktu-waktu teknisi butuh untuk memformat harddisk, maka hal ini akan dilakukan tanpa konfirmasi.

Sebelum kamu menyerahkan laptop-mu, ada persetujuan dan kebijakan dimana pemilik laptop tidak akan keberatan jika sewaktu-waktu seluruh data yang ada di dalam harddisk menghilang atau terhapus (diformat). Ingat! walaupun tidak pasti juga harddisk-mu akan difomat, lebih baik kamu tetap mem-backup terlebih dulu seluruh data yang kamu anggap penting, untuk berjaga-jaga.


Penutup
Demikan informasi harga servis laptop ASUS di Service Center yang bisa Akira berikan. Jika ada pertanyaan, bisa kamu cantumkan di kolom komentar. Akira akan coba bantu selama masih dalam lingkup wawasan Akira hhehe.. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com dan kunjungi juga channel youtube Akira Nya. Sankyu..

author: Akira Asayami

82 Comments

  1. Mau ganti led laptop asus A455l 14''40 pin berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry gan gw ga tau detail harganya. Tapi prediksi kasar gw, kalo sampe bongkar & main solder, tapi komponen yg diganti adalah yg murah2 aja, palingan 150ribu masih kembali lah. CMIIW

      Hapus
    2. Mau nanya bang servis hp asus juga bisa ya

      Hapus
    3. Service center ASUS bisa melayani perbaikan & garansi dari berbagai produk ASUS. Gak Cuma laptop. Ada hape/smartphone, motherboard (pc), GPU, power supply, dan masih banyak lagi.

      Hapus
  2. Gan aku punya laptop asus A456l core i5 gen 5 ram 4gb,mau tuker ke ram 8gb dan hardisk ke SSD yg 125gb,itu kira kira harga nya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry gan, gw belum update masalah harga. Jadi belum tau kisaran harganya.

      Kalo RAM, tinggal tambah 1 keping yg 4GB. Jadi totalnya udah 8GB. Palingan 200ribuan CMIIW

      Kalo tuker harddisk ke SSD gw belum tau tuh bisa apa ngak di laptop.

      Hapus
  3. Tanya bro, pengecekannya itu harus bayar dulu baru bisa lanjut ke servicenya atau bayarnya nanti saat dikabarin mengenai total biayanya ya? Punya saya sudah pengecekan selama seminggu tidak ada kabar hufftt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini, bro..
      1. Di-cek dulu
      2. Dikabarin estimasi biaya service
      3. Persetujuan lanjut atau tidak

      Kalau lanjut.. service akan dimulai, biaya dibayarkan saat pengambilan laptop. (pembatalan di tengah service, artinya setuju mengambil kembali laptop dalam keadaan masih terbongkar).

      Kalau tidak setuju lanjut service.. pemilik laptop dapat mengambil kembali laptopnya di service center dan akan dikenakan biaya pengecekan sebesar 50ribu rupiah.

      Kalau agan belum dihubungi, mungkin hari kerjanya belum genap 7 hari. Karena hari libur dan weekend tidak terhitung hari kerja. Agan bisa saja langsung menghubungi nomor kontak service center-nya untuk menanyakan status service laptop agan. Begitu, gan :)

      Hapus
  4. Ganti keyboard Asus x441u brp ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi ga up-to-date masalah harga hhehe.. sorry ga tau

      Hapus
  5. Biaya ganti keybor Asus x441 kira" nyampe berapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau, gan. Tapi yg jelas harga di service center resmi bisa lebih mahal.

      Hapus
  6. gan mw nanyak, klw nambah ram dari kita sendiri kena biaya berapa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa maksudnya beli sendiri pasang sendiri? Harganya beda2 tergantung model. Paling kalo perkiraan kasarnya, sekitar 200k atau 300k

      Hapus
  7. mau nanya kalau baikin keyboard pada asus x41UB berapa ya gan ?

    BalasHapus
  8. service vga yg gak muncul kira" hbis berpa gan ??

    BalasHapus
  9. bg kalo pasang ram sekalian bersihin laptop kira2 abis brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersihin+ganti thermal paste, palingan sekitar 80k, gan. Kalo ram, tergantung model. Perkiraan kasarnya palingan 200k

      Hapus
  10. Bg, aku ada asus gl553vd nah kalau mau ganti baterai baru bisa kah disitu? trus kira2 utk biaya nya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ganti baterai, pasti bisa. Nah untuk masalah harga, coba agan browsing2 sendiri hhehe.. soalnya lagi kurang update masalah harga

      Hapus
  11. Bang Kalau Biaya Cuma Pasang RAM yang kita bawa Kena Brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang update harga ram. Sorry kurang tau. Tapi yg jelas sesuai dengan model laptop & jenis ram yg digunakan. Perkiraan kasarnya sekitar 150k~300k bisa lebih bisa kurang.

      Hapus
  12. Min maaf mau tanya kira" kalo laptop yang kerusakannya di akibatkan konsleting listrik, kerusakan nya fatal gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gara2 listrik, kemungkinan kenanya motherboard atau harddisk. Tapi supaya pasti, mending agan bawa ke tempat servis dulu. Karena bisa jadi, yg dikira fatal, ternyata cuma kerusakan kecil yg sepele. Bawanya ke tempat servis non-resmi aja kalo ga mau ribet, ga mau lama, & ga mau mahal.

      Hapus
    2. Gan kira2 aman ga ya kalo ke tempat ga resmi? Karna laptop ane masi virgin ni dan takut diganti2 komponennya

      Hapus
    3. Kalo masih garansi, mendingan ke tempat resmi. Soalnya masih gratis. Tapi kalo udah gak garansi mendingan ke tempat non resmi. Soalnya harganya jauh lebih masuk akal.

      Gw sendiri sih dari dulu service di tempat non resmi gak pernah ada masalah.

      Hapus
  13. Min mau nanya laptop saya Asus m409d, layarnya ada garis horizontal merah, trus layarnya flickering misal ada gambar icon nanti jadi ada bayangan merahnya. Ke servisan deket rumah suruh ganti LCD harga 1,5 Cari yg lain harganya sama. Kalau ke servis resmi gimana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah garis horizontal merah, sama kayak kondisi laptop gw sekarang. Kalo gw kejadiannya pas laptop dalam kondisi mati, gw bersihin layarnya dari debu. Pastinya agak gw teken2 dong. Nah, pas gw nyalahin.. jengjeng.. ada garis horizontal merah. Secara, laptop gw si asus a451lb ini udah cukup berumur (pemakaian bertahun-tahun-tahun. udah lama dah pokoknya).

      Setelah gw browsing2, untuk masalah garis horizontal ini muncul akibat komponen semacam pita atau kabel yg longgar gitu. Kalo dibongkar pun, ga sampai ganti LCD. Biasanya cuma ditekan bagian yg longgar, atau di-lem, atau diganjal, atau ganti kabel. Nah, langsung hilang itu garis (gw liat dari video2 di youtube). Tapi untuk flickering-nya, gw sih belum tau ya...

      BTW laptop gw juga belum sempet gw servis nih wwkwk.. masih ada garis horizontal merahnya. Karena pas gw browsing2, katanya bukan masalah besar (ga harus ganti LCD), jadi gw agak tenang sih hhehe.. jadi ga panik & ga buru2 mau ke tempat servis. Kapan2 aja deh kalo sempet hhehe..

      Hapus
    2. Untuk tambahan. Masalah servis center resmi, kalau bukan karena claim garansi, pasti harganya ga ngotak. Tapi kalau agan penasaran mau coba, coba aja. Sebagai pertimbangan; proses pemeriksaannya agak lama lho. Tapi kalau mau sekedar tanya2 boleh kok datang ke service center.

      Untuk rekomendasi tempat service; kalo agan tinggal di sekitaran jakarta, coba datang ke harco mangga dua (bukan mall-nya ya.. tapi harconya yg pusat komputer itu). Kalo agan tinggal di bekasi, coba ke BCP tol barat. Di tempat2 ini umumnya pada jago2 & jujur2 orangnya (karena saingannya banyak wwkwk.. jadi, kalo bohong dikit, bisa rusak nama. Juga kalo merasa ga cocok, agan bisa langsung cek toko sebelah). Menurut pengalaman gw sendiri, kalo ada kerusakan yg masih bisa dibetulin dengan cara utak-atik, pasti cuma diutak-atik. Ga bakal sampai ganti komponen.

      Hapus
    3. Jadinya ganti layar di deket rumah, harganya dikurangi 100 soalnya dari distributor dapet mutah katanya. Ya udah min makasih infonya. Btw saya tinggalnya di jogja

      Hapus
    4. Mau tanya bang klo servis asus kira2 brp lama selesainya

      Hapus
    5. Kalo service center resmi, waktu pemeriksaannya saja butuh 5 hari. Itu belum waktu perngerjaan / perbaikan.

      Kalo yg non resmi tergantung toko dan kondisi. Kadang bisa ditunggu. Tergantung kadar kerusakan. Kesimpulannya, di tempat non resmi itu jauh lebih cepat.

      Hapus
    6. Mau tanya lagi bang klo udah selesai diservis itu ngambilnya gimna bang atau ada kabar dari dia lewat telpon sms

      Hapus
    7. Kan pemeriksaan 5 hari. Trus dikabarin lewat telp, wa atau sms, yg sekiranya perlu diganti beserta total harganya. Kalo kamu batalin, laptop bisa langsung kamu ambil dari saat itu juga. Tapi kamu harus bayar 50ribu biaya pemeriksaan.

      Tapi kalo kamu lanjut service, nanti kamu akan dikabarin lagi saat service-nya sudah selesai. Baru bisa diambil.

      Hapus
    8. Klo abis garansi biyayanya mahal ya bang

      Hapus
    9. Kalo sampai ada ganti komponen, harganya mahal banget (kalo service di tempat resmi). Bisa berkali-kali lipat dari harga di tempat service biasa.

      Hapus
  14. mau tanya, laptop gw sempet jatoh dankebetulan yang kena engselnya dan kemungkinan juga kayanya ada yang patah soalnya agak kebuka dikit, itu harus beli spare part juga atau perbaikan aja ya, thank you..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kondisi rusaknya. Karena gw ga bisa liat langsung, mendingan agan bawa aj ke tempat service. Kalau memang bisa diakalin, mungkin ga akan sampai ganti spare part.

      Hapus
  15. pak/bu
    kalo mau service engsel laptop asus ux303L berapa ya harganya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau engselnya saja (tidak ada kerusakan lain), biayanya bisa antara 100 ~ 200 ribu. Itu perkiraan kasar saja ya.

      Hapus
  16. Malam min mau tanya, kalo mau download ulang office di asus center kena biaya berapa yah? Soalnya office saya ilang pas waktu nyoba updte Microsoft sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran gw sih kalo cuma masalah software ga usah sampai ke service center. Tempat service biasa aja yang ada di mall. Itu juga sesuai kebutuhan. Perlu diketahui dulu :

      Kalo software office-nya versi gratisan yg fiturnya terbatas, agan bisa download sendiri gratis dari rumah. Tinggal cari aja di website Microsoft.

      Kalo software office-nya versi baj*kan, agan bisa download lagi atau beli kaset DVD-nya di sekitar tempat service di mall atau toko komputer.

      Kalo software office-nya original, gw juga ga tau sih. Belum pernah pake yg ori hhehe... mungkin aja bisa di download ulang pakai subscribtion yang sama. Atau kalo mau beli lagi yg original, di mall juga ada kok. Cari aja toko software di sekitar tempat service.

      Hapus
  17. Lebih worth it ganti battery sendiri atau dibawa ke service center gan? Buat asus a456u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo baterainya sudah yg tanam & agan bisa pasang sendiri, agan bisa beli baterainya secara online.

      Kalo ga bisa masangnya, bawa aja ke tempat service yg ada di mal. Harganya pasti lebih murah dari service center resmi. Baterai ori juga ada di tempat2 service biasa.

      Hapus
  18. Siang bang, laptop gw rusak di bagian chipset, info dari tukang servis chipsetnya kepanasan dan overheat. kalau menurut abang harus digimanain? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pertimbangannya sih. Kalo udah model lama & ada budget, mending ganti baru.

      Tapi kalo emang mau diservice, paling harus ganti motherboard/mainboard. Perkiraan kasar harganya mungkin sekitar 1/4 dari harga laptop.

      Hapus
    2. Itu kalo processor ga kena ya

      Hapus
  19. Sorry bang mau tanya kira2 kalau mau upgrade RAM sama SSD sama bersihin kipas laptopnya mendingan ke asus service center atau ke harco mangga dua aja ya ?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gw ga ragu2, mendingan ke harco. Kalo service center paling cuma untuk klaim garansi aj.

      Hapus
  20. izin nanya, kalo memperbaiki touchpad asus type X441U yang tiba-tiba hilang cursornya, kira-kira kenak brpa ya bang di Asus center?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran gw, bawa langsung aj ke tempat service yg ada di mall2. Sparepart ori pun mereka juga punya. Masalah harga ganti sparepart di service center resmi, pastinya jauh lebih mahal. Untuk touchpad sendiri, harga pastinya gw belum tau.

      Hapus
  21. izin nanya, kalo mau minta pasangin ram laptop (ram dari saya), itu kira2 estimasi selesai nya beberapa hari ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tempat service yg biasa (bukan resmi) bisa ditunggu. Sebentaran doang itu. Buka laptop, pasang, tutup lagi.

      Kalo di tempat yg resmi, biasanya ga ready stock. Jadi harus dipesan dulu sampai barangnya datang. Bisa berhari-hari.

      Hapus
  22. Mau tanya, kalau tombol keyboard banyak yg tidak bisa dipencet dan kursornya susah jalan kena berapa ya bang kalo di Asus center

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa ke tempat service non-resmi aj yg ada di mall2, gan. Kalau memang sampai ganti keyboard, mungkin hanya ratusan ribu saja.

      Kalau di service center asus resmi, kalau memang kasusnya sama kaya gw, ganti keyboard bisa jadi harganya 1 jutaan. Itu pun barangnya dia harus import dulu. Agak repot & mahal. Kecuali kalau agan masih ada garandi resminya.

      Hapus
  23. Bang laptop asus tuf gaming fx504 punya abngku pas di cas ga full, cma smpe 80%, trs pas dinyalain kek langsung overheat, bunyi kipasnya kenceng bgt padahal cma buat ngerjain proposal. Solusinya gimana bang mending bwa ke servis center atau msi bisa diatasin sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama perkiraan biaya servisnya berapa bang?

      Hapus
    2. Perkiraan gw sih kalo kayak begitu masalahnya udah di hardware. Kalo bisa bongkar sendiri ya silahkan..

      Kalo mau yg simpel, bawa ke tepat service biar diperiksa. Kalo belum pernah dibersihin dalemnya, sekalian minta bersihin & ganti thermal paste. Supaya adem lagi.

      Yg lain2nya sesuai hasil pemeriksaan nanti. Misalnya masalah baterai nanti. Apa memang harus / mau diganti atau tidak.

      Hapus
    3. Kalo pembersihan (ganti thermal paste, pelumas untuk kipas, pembersihan debu, dll) umumnya sekitar 100ribu. Untuk harga yg lain2, sesuai jenis kerusakan atau masalah yg ada nantinya.

      Hapus
    4. Thank u bang infonya♡

      Hapus
  24. di Bang Amin Gadget bisa loh service laptop, jual beli laptop sama hp juga, harganya pas, terus kalau pakai kode "ADP1" katanya bisa diskon sampai 10%, pelayanannyajuga di prioritaskan. cek aja di google pasti langsung muncul

    BalasHapus
  25. Bang kalo benerin CPU di servis center kena berapa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emang processor-nya yg kena & dibawa ke service center, bisa kena jutaan. Ke tempat service umum yg di-mal2 aj, gan. Seperti harco mangga dua, bekasi cyber park, dll. Pokoknya yg pusat2 komputer gitu. Spare part pun ada kok disitu.

      Hapus
  26. Gan mau tabya harga service laptop asus hardwere ny yg kena berapa ya?

    BalasHapus
  27. Bang kalau saya mau servis engsel yang retak di laptop asus tuff berapaan yah gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jelas saran gw sih langsung bawa ke tempat service biasa aj yg ada di mall2 (bukan yg official ya).

      Kalo mau tebakan sotoy gw.. ganti engsel itu agan bawa aj separah2nya 300k. Kayaknya sih masih dapet kembalian banyak. Gw belom pernah berurusan sama engsel rusak. Sry2 nih yak kalo perkiraan harganya meleset.

      Hapus
  28. gan kalo mendadak mati sendiri tiap dinyalain abis ketumpahan air gelembung bocah diservis apanya? berapaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi kena dibagian motherboard/mainboard-nya, gan. Karena air kalo udah masuk ke dalam sini, bisa fatal. Tapi untuk pastinya, perlu diperiksa lebih lanjut. Karena bisa juga kena ke ram atau processor.

      Untuk biaya service non-resmi, agan coba cari yg specialis reparasi motherboard dulu. Kalo masih bisa diservice, mungkin range biayanya antara 100ribu s/d 200ribu. Kalo harus ganti baru, bisa kena antara 350ribu s/d 600ribu. Itu perkiraan jika yg kena motherboard saja ya. Untuk laptop high-end, harga service dan ganti barunya pasti lebih mahal.

      Hapus
  29. Saya sudah ada ssd sama ram nya, kalau masang di asus service center nya kena berapa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masang doang, kayanya service center ga bakal mau deh. Bawa ke tempat service biasa aja. Paling sekitar 50ribu s/d 100ribuan.

      Hapus
  30. gan harga ganti layar asus zenbook ux305

    BalasHapus
  31. Mau tanya dong kalau service asus kena tumpahan cairan yang ada gulanya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa langsung nembak harga, gan. Palingan harus nginep dulu. Diperiksa letak rusaknya (jika ada). Harga akan sesuai dengan kerumitan pengerjaan & komponen yg rusak.

      Hapus
  32. Kak tolong di jawab untuk memperbaiki speaker yang sember di laptop rog di kenakan berapa yah Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau harganya, gan. Yg jelas kalau mau murah, mending di tempat service non-resmi. Tapi cari yg tempat servicenya besar, lengkap, kalau bisa juga yg ramai/terpercaya.

      Hapus
  33. Dan masa garansi laptop untuk speaker berapa tahun yah Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada durasi garansi khusus untuk speaker. Selama garansi laptopnya masih ada, speakernya juga sudah include dalam garansi. Jika waktu garansi sudah habis, agan bisa service sendiri di service center resmi (kena biaya jasa reparasi & pembelian spare part) atau non-resmi (kalau mau jauh lebih murah).

      Hapus