Oktober 20, 2019

Jadwal & Cara Pembayaran Google Adsense Lewat Bank Lokal? | Blogging Tips

cara pembayaran adsense, bank lokal adsense, tarik saldo adsense, transfer uang adsense, metode pembayaran adsense, payments, transactions

Selamat bagi kamu yang sudah hampir mendapatkan pembayaran pertama dari Google Adsense. Jika memang ini pembayaran pertama, maka akan sangat wajar kalau kamu kebingungan. Pasalnya, dulu memang pembayaran Adsense memiliki proses yang ribet. Umumnya, pengguna akan menggunakan Western Union ataupun PayPal.

Tapi tenang saja. Google rutin melakukan pembaruan kebijakan, sehingga proses pembayaran Adsense untuk saat menjadi jauh lebih mudah ketimbang dulu. Contohnya saja metode pembayaran yang dapat secara langsung ditransfer ke dalam rekening akun bank lokal di Indonesia. Waw!


Dari sini, Akira anggap saldo Adsense-mu sudah melewati threshold (ambang) untuk melakukan verifikasi alamat dan juga threshold untuk melakukan pemilihan metode pembayaran. Jika kamu masih belum tahu hal seputar verifikasi alamat, baca artikel berikut :

Pilih Metode Pembayaran Melalui Bank Lokal
  1. Log in akun Google Adsense.
  2. Klik Payments (Pembayaran)
  3. Pada bagian How you get paid klik Manage Payment Methods
  4. Klik Add payment method
  5. Isi data yang diperlukan. Pilih bank lokal yang tersedia, masukan data nama pemilik akun bank dan nomor rekening.
  6. Verifikasi akun bank.
    Google akan mengirim sedikit uang dengan nominal 1 sampai 3 digit. Proses transfernya butuh waktu beberapa hari. Setelah uang diterima, gunakan nominal yang kamu terima sebagai kode verifikasi pada halaman Adsense.
  7. Metode Pembayaran Siap!


Bagaimana cara menarik saldo Adsense?
Penarikan saldo Adsense tidak dapat dilakukan secara manual. Terdapat jadwal pentransferan saldo Adsense yang sudah diatur oleh pihak Google. Yaitu tanggal 21 sampai 26 pada setiap bulannya. Toleransi waktu di atas tanggal 21 umumnya digunakan jika tanggal 21 bertepatan dengan hari libur.


Kapan saldo Adsense mulai di kirim?
Saldo akan dikirim jika threshold (ambang) pembayaran sudah tercapai. Secara default (bawaan) threshold pembayaran untuk mata uang rupiah adalah Rp. 1.300.000. Nilai ini juga termasuk nilai terkecil threshold pembayaran rupiah yang bisa kamu atur.  Kamu bisa merubah sendiri nilai threshold pembayaran dengan nilai yang lebih besar.

Perlu diketahui, saldo Adsense akan masuk ke dalam akun setiap 1 bulan sekali. Umumnya pada tanggal 1 atau beberapa hari setelahnya. Walaupun kamu dapat mengecek pemasukan secara real-time setiap harinya, saldo tersebut belum masuk ke dalam akun Adsense sebelum awal bulan.


Contoh kasus pembayaran
Threshold pembayaran adalah Rp.1.300.000, dan saldo Akira pada tanggal 29 Januari adalah Rp.1.200.000. Jika pada tanggal terakhir bulan Januari, saldo belum mencapai threshold (ambang) pembayaran, maka pembayaran akan dilakukan pada tanggal 21 bulan Maret. Walaupun jika pada awal Februari Akira sudah mendapatkan tambahan Rp. 100.000 dan mencapai threshold Rp.1.300.000.

Kenapa? Karena Rp.100.000 yang Akira dapatkan di awal Februari belum masuk ke dalam akun Adsense sebelum awal bulan depan, yaitu Maret. Sehingga pembayaran akan menunggu tanggal 21 bulan Maret. Selain saldo Rp. 1.300.000 yang sudah Akira dapatkan di awal Februari, uang yang Akira dapatkan dari awal Februari sampai akhir Februari juga akan diakumulasi untuk pembayaran pada bulan Maret.


Sudah tanggal 21 lalu apa?
Tanggal 21 (atau beberapa hari ke depan, jika bertepatan dengan hari libur) Google Adsense akan secara otomatis mengirimkan saldo dari akun Adsense ke akun bank yang sudah didaftarkan. Jika saldo sudah dikirim, maka Adsense akan memberitahu kita melalui e-mail.

cara pembayaran adsense, bank lokal adsense, tarik saldo adsense, transfer uang adsense, metode pembayaran adsense, Jadwal & Cara Pembayaran Google Adsense Lewat Bank Lokal? | Blogging Tips
Halaman Pembayaran (Payments) Google Adsense

Kita juga dapat memantau proses pengiriman uang dari Adsense melalui halaman Adsense. Log in > Payments > Transactions. Tanggal pengiriman, nominal dan lainnya akan tertera di sana. Lamanya dana diterima adalah paling lambat 5 hari waktu kerja setelah tanggal pengiriman. Pengalaman Akira pribadi, dana masuk dalam waktu 3 hari setelah tanggal 21.

Arahan dari pihak Google, jika dana masih belum masuk dalam waktu 5 hari kerja (di luar hari libur), maka kita harus menanyakan status transfer secara langsung ke pihak bank.


Penutup
Semoga artikel ini membantumu memahami proses pembayaran Adsense. Kalian dapat menemukan juga artikel lain seputar tutoriral blog, info Adsense, info game, dan segala yang berkaitan dengan dunia teknologi, di weakwings.blogspot.com. Jangan lupa tinggalkan komen ya.. Sankyu...

author: Akira Asayami

Baca juga :