September 12, 2020

Kenapa Tagihan Bulanan IndiHome Naik? Ini Penyebab & Solusinya...

bayar indihome mahal, indihome harga terus naik, tagihan indihome jadi mahal, pembayaran indihome membengkak, harga bulanan indihome mahal, cara menurunkan harga indihome, mengurangi tagihan, supaya tagihan indihome murah, internet, provider internet telkom

Bingung dengan tagihan IndiHome yang terus naik dan semakin mahal? Mungkin penyebabnya adalah hal-hal yang akan Akira bahas di bawah ini. Akira juga menyertakan solusi yang bisa kamu lakukan untuk menekan kenaikan harga yang kamu dapati.

Akira juga merupakan pengguna IndiHome. Beberapa hal sudah pernah Akira alami selama berlangganan pada internet service provider ini. Dan masalah kenaikan harga memang menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu. Terutama mengganggu ketenangan isi dompet hhehe.. Cukup basa-basinya, di bawah ini adalah beberapa penyebab kenaikan tagihan bulanan IndiHome dan solusi untuk menguranginya. Check this out!


1. Kenaikan Wajar
Kenaikan wajar adalah kenaikan harga yang rutin terjadi setiap beberapa bulan sekali. Kenaikan ini sama seperti inflasi harga yang terus naik. Tapi, kenaikan ini umumnya sangat kecil. Biasanya hanya beberapa ribu rupiah (mungkin di bawah Rp. 10.000). Dan, seperti yang Akira katakan sebelumnya, kenaikan ini jarang terjadi.

Untuk kenaikan ini, sayangnya kamu tidak bisa melakukan apapun untuk menolaknya. Kecuali, hanya melakukan kritik & saran masalah harga.


2. Pembelian Add-On
Sengaja atau tidak sengaja, pembelian add-ons pasti akan menaikan tagihan bulanan. Ada 2 jenis add-ons menurut perbedaan masa aktifnya, yaitu :

Pertama, add-ons berjangka waktu (sementara). Contohnya adalah add-on speed on demand, yang hanya aktif beberapa hari saja (sesuai pilihan) untuk menaikan speed internet, dan akan otomatis nonaktif setelah lewat dari jumlah hari yang ditentukan. Kemudian, biaya akan dimasukan ke tagihan bulanan.

Kedua, add-ons yang terus aktif secara continue. Misalnya upgrade speed internet dan pack channel TV. Add-on ini akan terus aktif ke depannya, dengan biaya yang akan ditotalkan ke setiap tagihan bulanan IndiHome-mu. Setidaknya, sampai kamu melakukan permintaan untuk menonaktifkannya.

Untuk perihal add-ons, semua bisa kamu atur melalui app MyIndiHome dari smartphone-mu masing-masing.


3. Menerima Penawaran
Konsumen yang selalu melakukan pembayaran tepat waktu, akan sering mendapatkan penawaran melalui telfon langsung dari pihak IndiHome. Nomor yang akan dihubungi adalah nomor yang kamu gunakan untuk mendaftar IndiHome sebelumnya. Penawaran yang sering ditawarkan adalah seputar upgrade speed internet dan penambahan channel TV.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang lebih murah ketimbang harga normal, tetap saja hal ini akan menaikan tagihan pembayaran setiap bulannya. Misalnya, tagihan-mu Rp. 370.000/bulan dan kamu mengambil penawaran penambahan channel dengan harga Rp. 50.000/bulan. Maka total tagihanmu akan menjadi Rp. 420.000/bulan. Lumayankan? Coba ingat-ingat! Berapa banyak penawaran yang sudah kamu ambil? Jika kamu tidak membatasinya (menolak penawaran), bisa-bisa tagihan-mu naik sampai ratusan ribu rupiah per bulannya.

Solusinya, coba lakukan pembatalan (non-aktifasi) layanan tambahan tersebut melalui app MyIndihome dari smartphone. Jika tidak bisa melalui app, atau prosesnya terlalu lama, kamu bisa secara langsung datang ke Plaza Telkom terdekat. Jangan lupa bawa fotocopy KTP dari orang yang melakukan pendaftaran IndiHome.


4. Membuka Channel TV
Hati-hati! Jangan tinggalkan remote dari TV box kepada anak-anak. Karena membuka/membeli channel TV itu sangat mudah dilakukan hanya melalui remote saat kita sedang menonton TV. Bisa-bisa secara tidak sengaja, kita membuka/membeli channel TV saat sedang memencet-mencet tombol remote. Biaya normal untuk membuka 1 channel TV secara langsung itu relatif mahal. Jika kamu memang mau membuka/membeli channel, lebih baik menunggu promo atau penawaran, karena harganya bisa jauh lebih murah.

Solusinya, tutup channel tambahan melalui app MyIndiHome. Jika dirasa sulit atau lama prosesnya, kamu bisa langsung datang ke Plaza Telkom terdekat. Jika datang ke Plaza Telkom, selalu bawa fotocopy KTP dari orang yang dulu mendaftarkan IndiHome. Karena hal ini umum menjadi syarat. Supaya kamu tidak bulak-balik datang ke Plaza Telkom.


5. Sanksi Telat Bayar
Yup. Provider internet yang satu ini menerapkan sanksi berupa kenaikan tagihan bila kamu telat melakukan pembayaran. Kenaikan 5% untuk keterlambatan pembayaran di bulan pertama. Dan, kenaikan tagihan 10% jika kamu sampai menunggak selama 2 bulan. Untuk detail sanksi telat bayar IndiHome bisa kamu baca di artikel ini Apa Sanksi IndiHome Jika Kamu Telat Bayar Tagihan? | Denda & Putus Jaringan?

Kamu tidak bisa melakukan komplain untuk kenaikan akibat sanksi ini, karena kamu telah melanggar ketentuan yang berlaku prihal batas waktu pembayaran. Yang bisa kamu lakukan hanyalah membayar segala tunggakan beserta tambahan biaya dari sanksi yang kamu dapat. Maka kedepannya, tagihanmu akan kembali normal.


6. Kesalahan Pihak Provider
Tidak menutup kemungkinan akan adanya kesalahan dari pihak IndiHome selaku provider internet. Jika saja kamu mendapati kenaikan tagihan bulanan yang tidak wajar padahal kamu tidak melakukan penambahan add-on atau upgrade apapun, maka kamu patut untuk curiga dan kritis.

Jangan bayar tagihan yang naik secara tidak wajar. Coba kamu tanyakan dulu detail tagihan dan penyebab kenaikan kepada customer service IndiHome. Bisa melalui app MyIndiHome atau melalui telfon langsung ke contact center IndiHome di nomor 147.

Jika kamu yang melakukan kesalahan yang menyebabkan kenaikan tagihan, kamu terpaksa harus membayarnya. Tapi kedepannya, kamu bisa mengatur layanan IndiHome-mu agar kembali ke tagihan normal. Misalnya dengan cara me-nonaktifkan add-on yang tidak perlu. Tapi, jika kesalahan berasal dari pihak IndiHome, komplain kamu pasti akan didengar dan tagihanmu akan direvisi.

Akira pernah mengalami kenaikan yang tidak wajar ini. Setelah melayangkan komplain, butuh beberapa hari sampai akhirnya tagihan direvisi. Tapi jika kamu rasa prosesnya terlalu lama atau bahkan stuck, kamu bisa "menggertak" untuk memutus kontrak layanan IndiHome dengan ketidakpuasan.


PENUTUP
Jika setelah melakukan upaya di atas, namun tagihan-mu masih tetap mahal dan dirasa memberatkan, kamu bisa mengambil jalan alternatif lain, seperti; downgrade ke paket yang lebih murah atau mengganti internet service provider-mu.

Sampai juga dibagian akhir. Semoga artikel ini membantu kamu yang mengalami masalah tagihan IndiHome yang membengkak dan semakin mahal. Semoga solusi-solusi yang disertakan akan efektif menekan harga tagihan bulanan-mu.

Temukan juga artikel informatif lainnya seputar dunia game & teknologi di weakwings.blogspot.com. Budayakan juga untuk meninggalkan komentar ya.. hhehe.. sankyu...

BACA JUGA :
author: Akira Asayami

79 Comments

  1. Saya mau bayar indhome bulan ini pas saya cek tagihan bln nich kok jadi mahal..saya tdk tambah chanel tv atau beli..waktu pasangan indhome saya di tawarin murah sbesar 260 kok saya bayar di bulan kedua ama ketiga kok tagihan tdk sesuai dengan paket nya...klau bigini jadi nya saya mau putus kontrak aj...waktu saya pasang cuma cari paket murah buat ank2 saya beljar di rmh dn kemampuan saya byar...tpi sudah 2 kali tagihan mahal saya putusin putus kontrak no langgan saya 122101263112...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang benar tagihan bulan kedua dan ketiga tidak sesuai dengan harga yg janjikan, lebih baik agan komplain ke pihak indihome.

      Karena masih termasuk baru mendaftar, agan bisa komplain langsung ke pihak marketing alias tempat agan mendaftar (kan biasanya dikasih kontaknya tuh). Dengan cara ini, umumnya lebih mudah dan cepat teratasi solusinya.

      Tapi, kalau agan mau langsung kontak customer service indiome secara langsung, agan bisa langsung pm (private message) ke akun official indihome di bawah ini (ini akun yg di platform facebook)...
      https://www.facebook.com/IndiHome/

      Hapus
    2. kak saya mau bertanya apakah pengunaan wifi yg berlebih seperti mendownload file-file yg berukuran besar dapat mempengaruhi kenaikan harga?

      Hapus
    3. Ga ngaruh di harga kok. Setiap paket itu ada fup alias kuotanya. Misalnya aj gw yg pake paket 10Mbps itu fup/kuota-nya 400GB. Maka saat kuota sudah tercapai, speed akan turun. Itu aj sih.

      Nah, tapi ada pilihan untuk menambah kuota disaat kuota-mu habis, agar supaya speed kembali normal. Jika kamu membeli kuota tambahan ini, maka tagihan-mu pada bulan tersebut akan bertambah. Kalo ga beli, ya paling speed aj yg turun.

      Hapus
  2. aku beli paket indihome yang 20mbps tapi lama lama harganya naik terus yang awalnya 285k jadi 300k keatas udah pernah komplain, pas komplain harganya murah lagi tapi beberapa bulan kedepan naik lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikompalin lagi aja, gan. Kalo alasan dari pihak indihomenya "nyeleneh", dan agan tidak setuju dengan hal tersebut, maka agan bisa mengajukan pemutusan kontrak.

      Hapus
  3. Saya bayar Awwal pemasangan 20 Mbps +TV Rp.360 Rb.
    Dan untuk Tagihan Bulanan pertama, naik jadi 450 Rb.

    Kurang mengerti saya penyebab nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detailnya, agan pilih yg harga paket berapa?

      Soalnya kalau cuma perbandingan tagihan bulan pertama (awal pesangan) dan bulan kedua, bisa jadi tagihan bulan pertama lebih murah karena tagihan tidak full pemakaian 1 bulan penuh.

      Agan bisa komplain, jika saja tagihan bulanan yg agan terima, jauh di atas harga paket yg sudah agan pilih sebelumnya.

      Hapus
    2. Coba di-cek juga. Mungkin agan membeli add-on atau menambah channel tv secara tidak sengaja

      Hapus
    3. Saya pusing ,WiFi dirmh yg daftarin dlu nya yg punya rumah, bulan pertama kami cuma bayar dibawah 300rb, bulan ke 2 jadi 409.000 itu gmna kak?

      Hapus
    4. Lihat detail tagihan buat tau selisih harga tagihan. Kalo gw sendiri sih mending pasang baru daripada lanjutin punya orang lain.

      Soalnya kalau ada promo, yg dikontak pasti si pemilik lama. Takutnya g sengaja ambil promo, nanti tagihan kita tau2 nambah

      Hapus
  4. Kalo nonton youtube dg tv indihome, bisa naik juga ga biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga naik kok. Streaming youtube itu cuma pakai kuota saja. Sedangkan kalau nonton channel tv, ga pakai kuota sama sekali.

      Hapus
  5. apakah penggunaan data yg berlebihan bisa meningkatkan biaya indihome
    soal nya aku beli paket indihome seharga 240 ribu jadi naik mnjadi 340 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada batas kuota alisa FUP disemua jenis paket indihome. Misalnya paket yg gw pake, 10 mbps dengan FUP 350GB per bulan. Kalau pemakaian melebihi 350GB dalam 1 bulan, speed akan turun. Kalo gw sih, speed sampai turun kira2 setengah dari speed awal.

      Sebenarnya tidak ada kenaikan harga. Kecuali, saat FUP sudah habis, nah agan beli kuota tambahan dari app myindihome (supaya speed kembali normal). Atau agan membeli upgrade speed sementara yg aktif dalam beberapa hari saja. Itu hal yg mungkin menaikan tagihan bulanan.

      Hapus
  6. Mw tanya kalo banyak yg pake bisa mempengaruhi tagihan ga ya soalnya saya pas pertama bayar 280 dan ya ke 2 dan 3 bayarnya 345

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gak naik. Paling cuma fup/kuota-nya cepat habis, kemudian speednya turun.

      Kalau tagihannya naik, pasti dari hal lain

      Hapus
  7. Saya beli paket yang 20mbps dengan harga 290 ribu saat daftar, di bulan pertama bayar 400ribuan karna biaya pemasangan, nah pas dibulan berikutnya saya malah kena biaya 325rb nih kak, saya bingung itu kira kira gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya karena biaya yg 290 ribu-nya belum terhitung pajak. Paling sering sih karena hal ini.

      Coba saja 290+10%+biaya materai. Pas hasilnya. kurang lebih 325

      Hapus
  8. Kalau saya beli paket 20mbps di awal bulan bayar 305rb terus tiba tiba naik jadi 340rb, itu bermasalah atau normal kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di aplikasi myindihome melalui smartphone. Lihat detail tagihan. Di situ akan terlihat jelas detail pembagian pembayaran (seperti biaya internet, sewa modem, PPN, addon, dll). Coba bandingkan dengan bulan sebelumnya untuk mengetahui letak perbedaan selisih harga

      Hapus
  9. Saya make indihome dan tv cable yg emang seharusnya 600an sebulan kenapa td tagihannya sampe 750 lebih ,baru bulan pertama ga masuk akal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga 600 ribuan itu mungkin saja belum termasuk pajak. Kalau kamu ada keluhan dalam 3 bulan pertama, kamu bisa komplain ke bagian marketing tempat kamu mendaftar

      Hapus
    2. Oh iya, ada juga biaya pemasangan sekitar 100 atau 150 ribu yg akan dikenakan pada pembayaran bulan pertama. Bisa jadi itu penyebabnya

      Hapus
  10. sy pake paket yang 10mbps untuk belajar dirumah saja, biasanya sebulan ga lebihdari 250rb bayarnya. namun baru bulan ini, sy cek tagihan sy tbtb menjadi 870rb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja agan ga sengaja beli addon, upgrade speed, menerima penawaran promo, atau membuka akses channel tv.

      Kenaikan segitu, udah ga wajar. Coba agan cek detail tagihan dari app myindihome untuk mengetahui penyebab kenaikannya. Agan juga bisa kontak langsung customer service indihome untuk meminta solusi

      Hapus
  11. Saya pengguna indihome sejak lama. Dan menggunakan 2Play (telpon + Internet 20 Mbps) biaya berlangganan tidak pernah 200 ribu tapi selalu diatas 400 ribu tiap bulannya walau telpon tidak dipakai. Sementara provider lain dengan internet 20 mbps hanya 200 ribuan murni dan flat. Kenapa indihome mahal dan biaya tidak pernah flat? Mihon indihome memikirkan hal ini karena akan semakin banyak yang berpaling ke provider yang lebih murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama-tama, saya minta maaf dulu nih, gan. Ini bukan page resmi indihome. Jadi, kalo mau kasih kritik & saran, lebih baik melalui app myindihome.

      Untuk biaya 2play yg sampai 400k, agan bisa cek detail tagihan untuk mengetahui sumber kenaikan harga. Bisa jadi karena addon, atau yg lainnya.

      Untuk masalah harga, indihome memang termasuk mahal, gan. Kalo saya lebih baik pakai myrepublic. Sayangnya, provider2 murah punya lingkup daerah yg kecil dan terbatas. Sedangkan, indihome jangkauannya sangat luas. Bahkan bisa sampai masuk ke desa2.

      Hapus
  12. Klo stb indihome nya di root kan banyak canal tv nya... Apa itu juga bisa naik bayaran per bulan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. yg itu ane ga tau, gan. Mungkin ada pengguna lain yg sudah pernah coba

      Hapus
  13. Saya pengguna indihome paket 2p phoenix sudah 1 tahun, 20mbps perbulan Rp 382,500 nett dan ga pernah ngalamin naik harga gan. Tapi saya tertarik paket promo baru yg lebih murah 2p 30mbps tarif 315,000/bulan. Minta saran dong gan, baiknya migrasi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada plus minusnya. Umumnya hanya pengguna lama yg harganya flat. Kalau agan ganti paket, kemungkinan harga yg agan dapat tiap bulannya jadi fluktuatif (naik turun). Seperti pengguna2 baru.

      Pastikan juga harga paket yg ingin agan pilih (kalau mau ganti paket). Apa harga yg tercantum sudah termasuk ppn atau belum.

      Kalau agan mau ubah paket langsung ke plaza telkom, kemungkinan agan tidak dapat bonus2. Polosan aja gitu. Kan kalo marketing indihome pinggir jalan banyak bonus2nya tuh. (Biasanya bonus channel tv)

      Itu gan yg bisa jadi pertimbangan. Kalau memang harga jadi prioritas (untuk hemat) ya ga masalah sih. Toh gw juga dulu ganti paket ke yg lebih murah wwkwk

      Hapus
  14. Ini kenapa bisa naik gini wifi indihome saya pertama saya bayar 280rb kenapa sekarang jadi 500rb ...engga masuk akal sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua kemungkinan sudah dibahas di atas. Agan bisa cek detail tagihan bulanan untuk tau penyebab kenaikan harga. Atau langsung kontak customer service indihome

      Hapus
  15. Sy jga baru pake induhome yg 20mbps..awal psng 305rb trus 175rb tiba2 naik 350rb..itu gmana gan pdhl ga beli canel macem2..solysinya gmana kira2..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek detail tagihan bulanan lewat app myindihome. Penyebab kenaikan bisa terlihat disitu

      Hapus
  16. Apakah game online bisa jadi salah faktor wifi bisa naik harga? Soalnya awal saya pasang wifi yg harga 320rb
    Kesini-sini tagihannya naik jadi 370
    Padahal saya jarang nonton tv,saya juga kerja berangkat pagi pulang mlm. Tapi tagihannya naik terus? Minta solusinya.Thx🙏

    BalasHapus
  17. Pemakaian untuk game online tidak berpengaruh pada tagihan, gan. Coba cek detail tagihan bulanan. Di situ akan tertera detail pembagian pembayaran. Seandainya ada kenaikan, akan terlihat di situ

    BalasHapus
  18. upgrade ke 30mbps yang harga 315.000 dari 20mbps susah ga ya gan ? Apa aja yang harus di perhatiin pas mau upgrade ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk upgrade sangat gampang, gan. Bahkan bisa hanya dengan lewat app MyIndihome dari smartphone. Yang perlu diperhitungkan kalau menurut ane hanya proses downgrade yg sulit (perlu datang ke plasa telkom terdekat. Itu saja sih. Kecuali kalau sampai migrasi paket (ganti paket). Kalau migrasi paket, maka bonus yg akan agan dapat dari pendaftaran pertama akan hilang.

      Hapus
    2. Kalo yang 30mbps harga 315ribu itu maksudnya gimana ya gan ? Saya liat di list harga indihome internet only yqng 30mbps harganya 500ribuan gan. Ko bisa murah banget ya ? Takutnya abis 2 bulan pake harganya jadi 500rb dari 315rb

      Hapus
    3. Ane belum cek paketnya, gan. Tapi dari kata "Internet only" mungkin maksudnya fiturnya cuma modem untuk internet-an aja. Tidak ada telfon dan juga tv box (seperti pada paket 2p atau 3p).

      Gw sendiri pake paket 3p (karena dulu cuma ada 3p) harga 300ribuan itu dapet speed yg paling kecil alias 10Mbps.

      Hapus
  19. saya baru 3 blanan pake indihome, utk aktifin sy bayar 315rb, kenapa skrg jadi 385rb ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan bisa cek perubahan harga di detail tagihan. Agan juga bisa tanya langsung ke customer service melalui app myindihome atau telfon langsung.

      Hapus
  20. sayang sekali biyaya pasang IndiHome jadi mahal dan paket perbulan nya naik terus jadi saya mau pasang jadi mikir dua kali padahal kalo sistim kaya deposit dan harga paket nya lebih murah pasti banyak yang mau sekarang banyak yang lebih murah dari propeder lain banyak yang beralih dari IndiHome ke yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah harga, indihome memang lebih mahal. Cuma, kelebihannya indihome, jangkauannya sangat luas. Bahkan mau narik kabel sampau ke kampung2.

      Untuk pilihan harga yg lebih murah, ya mending provider lain. Misalnya saja myrepublic yg terkenal murah dan super ngebut. Tapi sayangnya jangkauannya sangat kecil. Daerah kota yg ramai pun belum tentu sudah tercover.

      Hapus
  21. Saya ambil paket yg 20mbps dengan tagihan 343500 per bulanny...yp knp bulsn ini tagihan naik jadi 409000

    BalasHapus
    Balasan
    1. 343500 itu apa sudah termasuk pajak (ppn)? Kalau belum, itu total setelah ditambahkan ppn-nya

      Hapus
    2. Kalo bayr tagihan 370rb dan pemakaian jarang sekali apakah tagihan bisa turun?

      Hapus
    3. Tagihan itu flat, gan. Mau dipakai sampai FUP habis ataupun tidak dipakai sama sekali, tagihan akan tetap sama.

      Hapus
  22. Bagaimana sih supaya kita tahu kalu ada pembelian app baru.
    Padahal tidak pernah membeli app baru tiba-tiba bayarannya naik, karena ada pembelian app baru. krn yang megang remot bukan 1 orang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di detail tagihan bulanan. Perincian biaya ada di situ semua

      Hapus
  23. Tagihan selalu naik padahal tifak memakai apa"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kenaikannya tidak wajar, agan bisa lihat detail rincian tagihan untuk memeriksa sumber kenaikan. Tapi, kalau memang kenaikan adalah sepihak dari pihak indihome, agan bisa komplain langsung lewat customer care indihome (bisa telp langsung atau lewat app myindihome)

      Hapus
  24. Malem kak.. saya mau nanya kak tolong penjelasannya kak...
    Saya pasang wifi sudah hampir 3tahun kak,pasangnya cuman bayar 200 terus bulanannya 340 kadang juga 360 itu setiap bulannya... Saya pikir itu dah biasa kak,tapi 2 bulan terakhir ini saya dikenakan biaya 2x lipat,sebesar 660 itu sebulan. Katanya mau ditambahin mbpsnya,tapi jaringannya malah putus"juga,dan katanya juga cuman 2 bulan doank ka.. tapi saya gak ngerti kok bisa sekali bayar 2xlipat dg biasanya. Gimana solusinya...terima kasih tolong jawabannya kak... Saya keberatan kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, liat rincian tagihan bulanan untuk tau asal kenaikan harga.

      Jika ada pembelian addon berjangka waktu, maka harus tunggu waktunya habis. Kemudian tagihan kembali normal. Jika ada pembelian addon permanen, maka harus dinonaktifkan melalui app atau terfon langsung customer service indihome.

      Kedua, jika ada kenaikan tagihan secara tidak wajar (bukan dari pembelian yg sengaja ataupun tidak sengaja) maka ajukan komplain melalui app myindihome tentang "tagihan". Atau dengan cara telfon langsung. Setelah teratasi, tagihan akan kembali normal.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  25. kak bisa gk ya kalo kita berlangganan indihome hya internet aja, tanpa tv soalnya tv gk oernh di tonton, biayasewa stb nya mahal nanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pilihan paket yg ada, gan. Pilihannya pun sering berubah-ubah. Dulu hanya ada paket internet+telfon+tv kabel. Lalu, berganti jadi ada paket 2P yg hanya menyediakan internet+telfon saja. Mungkin nanti akan ada yg internet saja. Agan tinggal cek aja update tentang paket2 yg ada.

      Indihome memang termasuk mahal, gan. Tapi kelebihannya, indihome mau memasangkan internet sampai ke pelosok (daerah kampung misalnya). Tapi jika agan tinggal di wilayah kota yg sudah ter-cover provider internet lain, mungkin agan bisa coba2 membandingkan indihome dengan provider lain yg biasanya lebih murah. Misalnya saja XL, MyRepublic, Firstmedia, dll.

      Hapus
  26. Saya binggung setiap bulan pembayaran saya naik, solusi untuk stabilkan pembayaran kembali bagaimna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, cek dulu detail tagihan bulanan. Ketahui dulu naik tagihan karena apa (biaya langganannya yg naik, tambahan addon, atau yg lainnya).

      Kalau sudah diketahui penyebab kenaikan, agan bisa langsung ajukan komplain lewat app myindihome. Buat yg dalam kategori pembayaran atau tagihan. Trus agan kasih tau disitu permasalahannya.

      Hapus
  27. Mengapa tiap bulan ko tagihan naik terus kira² apa penyebabnya awalnya bulan pertama setor 340.000 sekarang naik menjadi 596.000 kira²apa solusinya,mengakibatkan tidak simpati menggunakan WiFi mohon penjelasannya dari tim teknis terima kasih atas penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling mudahnya, agan langsung cek detail tagihan bulanan melalui app myindihome dari smartphone android / iphone agan. Nah disitu akan tertera secara detail perincian tagihan bulanan (dari biaya utama, pajak, sewa stb & modem, dll).

      Umumnya kenaikan harga itu akibat addon yang agan aktifkan, channel tv yg agan beli (unlock), atau karena agan menerima atau setuju untuk mengambil promo2 yang biasa ditawarkan oleh pihak indihome melalui telfon langsung.

      Hapus
  28. Izin bertanya kenapa ya awal pemasangan harga cm 300.000
    Sekarang kok harganya sampe 494.000/421
    000...
    Apa ya masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling umum sih biasanya karena membuka channel tv tambahan atau upgrade speed. Atau agan menerima (dan menyetujui) promo2 yg biasanya ditawarkan lewat telefon.

      Coba cek detail tagihan & speed internet yg digunakan lewat app myindihome dari hape. Lihat perincian tagihannya.

      Hapus
  29. Gan, saya mau nanyak donk. Kan gini, si A masang wifi, lalu tetangga B dan C termasuk saya sendiri juga numpang wifi nya si A. Tagihannya si A 300kan lebih perbulan, normalnya. Terus saya selama 3 bulan kan nonton netflix dan youtube serta amazon ditv, somehow tagiannya si A jadi 500kan, katanya karena saya nonton netflix dan youtube itu lah tagihannya ngebengkak? Benar engga sih gan? Saya kira cuman makan kuota doank, ternyata ngaruh ketagian bulanannya ya? Atau gimana sih yang benner? Maaf banget pertanyaan saya bodoh karena emang faktanya saya cuman ikut numpang ama wifi orang alias engga masang sendiri. Mohon pencerahannya donk gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Streaming itu cuma pakai kuota, gan. Misalnya aja FUP-nya 400GB per bulan. Kalau FUP-nya sudah sampai limit, palingan cuma speednya aja yg turun, gan. Ga ngaruh ketagihan. Kecuali yg masang internetnya nambah addon (kaya nambah speed, nambah channel tv, dll) barulah tagihan bisa naik.

      Hapus
  30. Indihome mahal ada biaya pajak nya juga 42 ribu aneh si

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indihome emang mahal, gan. Entah karena bumn atau apa. Padahal internet provider lain harganya bisa setengahnya indihome. Tapi biasanya coverage area-nya yg agak susah.

      Hapus
  31. Saya pasang wafi 20mbps tapi kenapa pajaknya bisa sampai 24ribu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gan. Pajaknya sekitar 11% (lebih kurannya) dari biaya paket per bulannya. Emang begitu. Kalo paketnya 300ribuan, pajaknya bisa 30ribuan.

      Hapus
  32. Bulan lalu saya masih bayar 310.000 sebulan masa ia bulan ini jadi 689.000 kesel aslinya masa ia naiknya 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek detail tagihannya. Mungkin ada pembelian addon (contohnya penambahan channel tv). Atau jika menggunakan paket telfon, penggunaan telfonnya sudah melewati limit yg diberikan sehingga kena biaya untuk kelebihannya. Kuncinya, cek detail tagihan.

      Hapus
  33. Mau nanya nih, jika kita mengunakan paket 30 mbps misal harganya 250/bln, tapi jika kita mengunakan wifi nya trlalu berlebihan apakah biaya nya bertambah per bulan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak bakal nambah biaya, gan. 30 mbps itu FUP-nya 700 GB (setau gw ya). Nah, kalau pemakaian lebih dari 700 GB per bulan, maka speednya akan turun tapi tetap bisa digunakan. Pemakaian lebih dari 700 GB pun ga masalah. Tagihannya akan tetap kok.

      Hapus
  34. hi kak,
    klo kita pas daftar ada promo misal 50mbps 299 exl tax, apakah setelah terdaftar dan masa promo tsb habis pembayaran tagihan bulanan kita akan mengikuti harga normalnya? atau tetap flat di harga promo tsb?
    thanks n sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan tidak. Jadi, harga paket promo itu akan berlaku seterusnya. Misalnya 299 tadi +pajak, total sekitar 330an. Nah, biasanya suka ada kenaikan2 wajar dengan selisih ribuan. Tapi belum tentu tiap bulan ada kenaikan. Nah, untuk harga yg benar2 flat, biasanya hanya didapatkan dengan cara tertentu.

      Hapus
  35. Di rumah biasa yg pke wifi sekitar 6 atau 7 orang, yg mau saya tanya misalnya ada banyak orang d luar dri 7 orang ini pke wifi bisa pengaruh k biaya kah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngaruh, gan. Kalo terlalu banyak pakai, speed-nya bisa turun karena terbagi-bagi kebanyak device. Dan juga kan ada kuotanya tuh (FUP), kalo banyak yg maniak tukang download dan FUP/kuota internetnya habis, speednya bisa drop drastis.

      Hapus
    2. Agan sebagai pemilik wifi bisa mengatur batas pengguna atau mengatur siapa2 saja yg bisa mengakses wifi yg agan punya menggunakan pengaturan white list atau black list dari pengaturan modem wifi.

      Hapus