September 16, 2020

Apa Sanksi IndiHome Jika Kamu Telat Bayar Tagihan? | Denda & Putus Jaringan?

tagihan indihome mahal, bayaran bulanan indihome, sanksi denda indihome, cara putus kontrak langganan indihome, sanksi putus jaringan indihome, telkom indonesia, internet service provider, tv kabel

Jika kamu pelanggan internet service provider IndiHome, setidaknya kamu harus mengetahui beberapa syarat dan ketentuan yang Akira yakin, secara tidak sadar sudah kamu setujui pada saat kamu mendaftar sebagai pelanggan. Salah satunya adalah masalah sanksi yang akan dikenakan jika kamu telat membayar tagihan bulanan.

Kamu benar, jika menebak kalau jaringan internet-mu akan diputus jika kamu menunggak. Tapi, mungkin kamu tidak tahu beberapa tahap sanksi yang akan dikenakan sebelum akhirnya pihak IndiHome melakukan pemutusan jaringan dan kontrak. Diantaranya; sanksi denda dan isolasi layanan IndiHome. Ingin tahu detailnya? Silahkan baca artikel di bawah ini. Check this out!


Fase 1 > Tanggal 21 Bulan ke-1
Lewat 1 hari dari batas pembayaran, yaitu tanggal 21 (dimana batas pembayarannya adalah tanggal 20), maka tagihan-mu akan naik sebesar 5%.

Sebenarnya kamu sudah diberi toleransi waktu selama 20 hari, itu pun tagihan untuk bulan sebelumnya. Jadi jangan mengeluh "kok baru lewat sehari, tagihannya sudah naik? ". Jika kamu terkena denda 5%, artinya kamu sudah melewati batas toleransi waktu selama 20 hari (dari tanggal 1 s/d 20 bulan ke-1). Bukan 1 hari. Begituuu, kawan-kawan hhehe.. lanjut!


Fase 2 > Tanggal 22 Bulan ke-1
2 hari setelah lewat tanggal batas pembayaran tagihan bulanan, seluruh layanan IndiHome-mu (internet, telfon, tv kabel, dan lain sebagainya) akan di-isolir, alias diputus secara sementara. Pada titik ini, kamu masih terdaftar sebagai pelanggan IndiHome. Karena "isolir" itu berbeda dengan "diputus permanen".


Fase 3 > Tanggal 1 Bulan ke-2 s/d Tanggal Terakhir Bulan ke-2
Pada bulan ke-2 ini, layanan IndiHome-mu kembali dibuka dan bisa digunakan (internet, telfon, tv kabel, dan lain sebagainya). Tapi, tagihan-mu akan naik sebanyak 10% dari seluruh total tagihan yang belum dibayarkan sebelumnya sampai dengan saat ini. Fase ini adalah KESEMPATAN TERAKHIR untuk membayar tagihan-mu. Paling lambatnya, tanggal terakhir bulan ke-2.

Isolir, alias pemutusan jaringan sementara, hanya berlaku sekitar 1 minggu, tepatnya pada minggu terakhir pada bulan ke-1. Jadi isolir ini hanya sebagai "gertakan" pengingat. Toh, pada bulan ke-2 seluruh layanan IndiHome sudah bisa digunakan lagi.


Fase AKHIR > Tanggal 1 Bulan ke-3
Jika kamu belum membayar tagihanmu sampai saat ini, artinya kamu sudah menunggak tagihan selama 2 bulan. Yaitu tagihan pembayaran bulan pertama dan bulan kedua.

Tepat tanggal 1 bulan-3 setelah kamu menunggak 2 bulan penuh, maka jaringan akan langsung diputus dan nama kamu akan masuk ke daftar blacklist (dari data KTP). Sehingga nama kamu tidak bisa digunakan lagi untuk mendaftar IndiHome. Setidaknya sampai kamu melunasi seluruh tagihan yang ada dan tercatat atas nama-mu. Kamu bisa memproses tunggakan ini secara langsung di Plaza Telkom terdekat.


Sedikit catatan : Lucunya, setelah nama kamu di-blacklist, keluarga-mu yang tinggal serumah tetap masih bisa mendaftar sebagai pelanggan baru IndiHome. Walaupun orang tersebut satu alamat dan satu KK dengan-mu. Tapi, mungkin kamu butuh memberi kepercayaan ekstra pada bagian marketing IndiHome tempat kamu mendaftar, bahwa kamu akan konsisten membayar seluruh tagihan baru kedepannya dan tidak akan mengulangi hal yang sama (menunggak pembayaran).

tagihan indihome mahal, bayaran bulanan indihome, sanksi denda indihome, cara putus kontrak langganan indihome, sanksi putus jaringan indihome, telkom indonesia, internet service provider, tv kabel, Apa Sanksi IndiHome Jika Kamu Telat Bayar Tagihan? | Denda & Putus Jaringan?
Tahapan sanksi IndiHome


PENUTUP
Bagaimana? Semoga kamu sudah paham dengan sanksi dari IndiHome selaku internet service provider, yang akan dikenakan kepada setiap penggunanya yang menunggak pembayaran.

Akira menyarankan, jika kamu rasa tagihan bulanan IndiHome menjadi terlalu mahal dan kamu mulai berat untuk membayarnya, maka lebih baik kamu mengajukan pemutusan kontrak langganan di Plaza Telkom terdekat. Hal ini lebih baik, dari pada kamu menunggak pembayaran sampai terkena sanksi pemutusan dari IndiHome. Karena segala tunggakan beserta denda sanksi yang belum dibayar, tetap akan tercatat dan terhitung sebagai hutang selama kamu belum membayarkannya (tidak dianggap lunas).

Menurutmu artikel ini informatif? Temukan juga artikel-artikel menarik & informatif lainnya seputar dunia teknologi & game di weakwings.blogspot.com. Budayakan juga untuk meninggalkan komentar supaya author lebih semangat ^^ hhehe... Sankyu...

BACA JUGA :
author: Akira Asayami

4 Comments

  1. Min, apakah dengan tidak membayar tagihan selama tiga bulan tersebut kemudian pihak indihome akan memprosesnya secara hukum min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun bisa, setau gw sih g bakal sampai hukum. Paling cuma di blacklist. Jadi agan ga bisa daftar indihome lagi ke depannya. Kecuali membayar dulu tagihan sebelumnya. Walaupun itu sudah lewat beberapa tahun.

      Hapus
  2. Kalu telatnya 5 hari apa internetnya gk bisa di pakek ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai tanggal 20, belum bayar tagihan bulanan, maka tanggal 21-nya internet tidak bisa dipakai (sampai agan melakukan pembayaran).

      Kalau cuma 5 hari, misalnya dari awal bulan tanggal 1 sampai tanggal 5, maka internet dan lain2nya akan normal saja seperti biasa.

      Hapus