September 23, 2020

[TUTORIAL] Bagaimana Cara Bermain Game AMONG US ? | BASIC Guide

bagaimana cara sobotage, bagaimana cara menang among us, cara main among us, cara bermain among us, cara main impostor, cara main crewmate

Game bernama Among Us ini menjadi trending karena gameplaynya yang seru dan berisi penghiatanan, kebohongan, kepercayaan, dan kerjasama kelompok. Tapi sayangnya game Among Us terlalu minimalis, sehingga banyak fitur penting dalam unsur game yang tidak dimuat di dalamnya. Misalnya saja fitur matchmaking. Dan yang tak kalah penting adalah tutorial. Dengan tidak adanya tutorial, banyak pemain baru yang kebingungan dengan detail cara bermain Among Us.


Sedikit menjelaskan tentang Among Us, game ini serupa dengan game find the wolf. Dimana para pemain akan dibagi menjadi 2, yaitu: Impostor (si srigala) dan Crewmate (para domba). Among Us bertema luar angkasa, yang menjadikan genre game jenis ini terlihat lebih fresh. Impostor di sini digambarkan sebagai seorang agen atau alien yang menyamar. Sedangkan Crewmate digambarkan sebagai sekelompok astronaut.



Gameplaynya, para Crewmate yang berjumlah lebih banyak, harus menemukan Impostor yang menyamar diantara mereka. Sedangkan Impostor bertugas membunuh para Crewmate 1 per 1 sambil menyamar, bahkan mengadu domba wwkwk..


Berbeda dengan game sejenis find the wolf yang merupakan game diskusi, Among Us tampil inovatif karena setiap pemain akan mempunyai masing-masing karakter yang bisa digerakan. Bukan hanya sekedar diskusi, para pemain juga bisa menjelajah lokasi di dalam permainan. Misi (task) berupa minigame juga menjadi salah unsur yang menjadikan Among Us lebih seru untuk dimainkan.


Sebagai info tambahan, Among Us hadir pada beberapa platform, yaitu; Android, iOS dan juga PC (Windows).




Cara Bermain Crewmate

bagaimana cara sobotage, bagaimana cara menang among us, cara main among us, cara bermain among us, cara main impostor, cara main crewmate, [TUTORIAL] Bagaimana Cara Bermain Game AMONG US ? | BASIC Guide


Crewmate adalah pemain yang lebih banyak mendapatkan tantangan. Karena selain harus menemukan Impostor yang menyusup dan membunuh mereka, para Crewmate juga harus berdiskusi dan berkonflik dengan sesama temannya untuk menemukan sang penyusup.


Impostor yang handal, akan menyebabkan perpecahan diantara para Crewmate, sehingga memungkinkan para Crewmate saling mengeksekusi dengan cara melakukan voting dan melemparkan temannya sendiri ke luar permainan. Maka dari itu, Crewmate dituntut untuk memiliki kerjasama team yang baik.



Crewmate Win Condition

Ada 2 cara untuk memenangkan game sebagai Crewmate, yaitu :

 

Cara 1 - Masing-masing Crewmate harus menyelesaikan setiap misi (berupa minigame) yang didapatkan untuk memperbaiki base/kapal angkasa.


Cara 2 - Temukan sang Impostor dan dapatkan suara voting mayoritas untuk melemparkan si penghianat ini ke luar.

 

bagaimana cara sobotage, bagaimana cara menang among us, cara main among us, cara bermain among us, cara main impostor, cara main crewmate, [TUTORIAL] Bagaimana Cara Bermain Game AMONG US ? | BASIC Guide
Swipe Card (minigame di ruang admin)


Apa saja hal yang bisa dilakukan oleh Crewmate

  1. (Crewmate only) Menyelesaikan minigame untuk memperbaiki base/kapal.
    Terdapat misi (task) berbentuk minigame. Masing-masing Crewmate memiliki misi-nya sendiri. Jika semua Crewmate menyelesaikan misi-nya, maka Crewmate memenangkan permainan. Lokasi misi ditandai dengan tanda seru pada map (icon map ada di pojok kanan atas).

  2. Menekan tombol Emergency

    Setiap Crewmate bisa menekan tombol Emergency kapan pun tanpa syarat. Tapi setiap pemain akan memiliki batas (limit) untuk menekan tombol tersebut. Jadi, jangan ditekan jika tidak ada hal penting yang perlu dibahas.

     

    Tombol Emergency sendiri adalah tombol yang berfungsi untuk mengumpulkan seluruh pemain (Crewmate & Impostor) untuk berdiskusi membahas sesuatu dan melakukan voting untuk menendang keluar pemain yang dicurigai sebagai Impostor.


    Untuk melakukan voting saat meeting, kamu hanya perlu melakukan tap kepada pemain yang kamu curigai. Atau kamu juga bisa melewati sesi voting dengan cara tap tombol Skip vote yang berada di pojok kiri bawah.

  3. Melakukan Report Saat Melihat Tubuh yang Tergeletak
    Tombol Report yang ada di kanan bawah layar hanya bisa aktif saat kamu melihat tubuh yang tergeletak. Fungsinya hampir sama dengan kamu menekan tombol Emergency. Semua pemain akan berkumpul untuk melakukan meeting dan voting.



Cara Bermain Impostor

bagaimana cara sobotage, bagaimana cara menang among us, cara main among us, cara bermain among us, cara main impostor, cara main crewmate, [TUTORIAL] Bagaimana Cara Bermain Game AMONG US ? | BASIC Guide

Impostor adalah si Penghianat diantara para Crewmate, karena bentuknya serupa tanpa perbedaan. Dalam jumlah yang jauh lebih sedikit (atau bahkan sendiri), Impostor harus membunuh para Crewmate dan menggagalkan misi mereka untuk memperbaiki base atau kapal angkasanya. Pastinya Impostor harus melakukan pembunuhan ini secara sembunyi-sembunyi tanpa terdeteksi oleh para Crewmate.


Impostor harus berlagak layaknya Crewmate agar tidak dicurigai. Hal penting lainnya, Impostor juga harus pandai berkelit, berdalih, dan berbohong di dalam sesi diskusi. Dengan ini, Impostor akan terhindar dari tuduhan, sehingga tidak dilempar keluar dari permainan. Lebih serunya lagi, mungkin para Crewmate malah akan berkelahi antar sesamanya dan melemparkan temannya sendiri keluar kapal. Ya bergitulah cara hidup seorang cepu :v hhahaha...


bagaimana cara sobotage, bagaimana cara menang among us, cara main among us, cara bermain among us, cara main impostor, cara main crewmate, [TUTORIAL] Bagaimana Cara Bermain Game AMONG US ? | BASIC Guide
Sabotage UI (saat bermain sebagai Impostor)

Impostor Win Condition

Ada 2 cara untuk memenangkan game sebagai Impostor, yaitu :


Cara 1 - Bunuh para Crewmate sampai (minimal) jumlahnya sama dengan jumlah Impostor. Dengan kata lain, sampai para Crewmate tidak bisa lagi melakukan voting karena jumlahnya 1 banding 1.

 

Cara 2 - Sabotase (sabotage) bagian vital dari kapal angkasa, seperti: Nuclear Reactor dan O2. Jika dalam kurun waktu tertentu tidak ada satu pun Crewmate yang datang untuk memperbaikinya, maka Impostor akan menang. Sabotase ini jarang menjadi penyebab kemenangan. Biasanya hanya dilakukan untuk memancing Crewmate agar berpindah ke posisi tertentu.




Apa saja hal yang bisa dilakukan Impostor 

  1.  (Impostor only) Membunuh Crewmate
    Untuk membunuh Crewmate, Impostor harus mendekati targetnya sampai jarak yang sangat dekat, dan menekan tombol "Kill" yang akan muncul di layar. Berusahalah supaya aksimu tidak terlihat oleh Crewmate lainnya.

  2. (Impostor only) Sabotage
    Sabotage (sabotase) adalah salah satu kemampuan yang dimiliki Impostor untuk mengacaukan sistem kapal/base. Cara menggunakan Sabotase adalah dengan tap icon Sabotage yang ada di pojok kanan bawah. Setelah gambar map terbuka, kamu bisa tap icon yang ada pada map untuk memilih bagian-bagian yang ingin kamu sabotase. Sabotase bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.

    Ada beberapa bagian yang bisa kamu sabotase, yaitu:

    Door (icon pintu). Saat tersabotase, maka pintu pada ruangan yang dipilih akan tertutup untuk beberapa detik atau harus dibuka secara manual (tergantung map). Sabotase pintu bisa dilakukan berkali-kali tapi memiliki cooldown.

    Power (icon listrik). Saat tersabotase, jarak pandang para Crewmate akan berkurang drastis. Untuk kembali normal, harus ada Crewmate yang datang memperbaikinya pada ruangan Power. Hanya bisa 1 kali penggunaan dalam 1 game.

    Nuclear Reactor (icon nuklir). Saat tersabotase, maka lampu merah akan berkedip, dan dalam hitungan waktu tertentu reaktor nuklir akan meledak dengan hasil kemenangan untuk Impostor. Crewmate bisa menggagalkan sabotase ini dengan datang ke ruangan Reaktor dan memperbaikinya.

    Comunication (icon signal). Saat tersabotase, maka seluruh Crewmate tidak dapat melihat daftar misi (task) yang harus mereka selesaikan. Akses ability seperi Security Camera, Vitals Sign Machine juga tidak bisa digunakan sampai ada Crewmate yang memperbaikinya.


    Semua jenis Sabotage kecuali sabotase pintu, akan menyebabkan tombol Emergency tidak dapat digunakan, sampai ada Crewmate yang memperbaikinya. Tapi Report (dead body) tetap bisa digunakan.


  3. (Impostor only) Masuk & berpindah tempat melalui vent
    Jika kamu melihat ada yang bisa memasuki lubang ventilasi, dia pasti Impostor. Yap, Impostor bisa masuk ke lubang ventilasi (vent) untuk bersembunyi dan berpindah-pindah ke ruangan yang ada disekitarnya. Untuk masuk ke vent, kamu hanya harus tap gambar vent yang ada di layar. Dan untuk pindah ke ruangan lain, kamu hanya perlu tap tanda panah yang akan muncul ketika kamu sudah berada di dalam vent.

  4. Menekan tombol Emergency
    Impostor pun bisa menekan tombol Emergency. Fungsinya hanya untuk berpura-pura dan beralibi seakan kamu menemukan bukti tentang keberadaan Impostor.

  5. Melakukan Report saat melihat tubuh yang tergeletak
    Sama seperti Crewmate, tombol Report juga dimiliki Impostor di bagian kanan bawah layar. Report bisa dilakukan oleh Impostor saat sedang melihat ada tubuh yang tergeletak. Walaupun itu adalah korbannya sendiri. Fungsinya juga hanya untuk beralibi, supaya seakan-akan kamu menemukan korban yang terbunuh.

 


ABILITY

Ability di game ini adalah istilah untuk beberapa bagian dari base/kapal angkasa yang bisa kamu fungsikan untuk membantu jalannya permainan. Umumnya berfungsi untuk mengawasi pergerakan para pemain. Contohnya saja kamera pengawas yang bisa diakses pada ruangan Security untuk memantau kejadian dibeberapa tempat tertentu.


Akses ini bisa digunakan oleh seluruh Crewmate bahkan juga Impostor. Tapi dilihat dari fungsinya, sepertinya yang paling diuntungkan adalah Crewmate. Untuk Impostor, akan lebih baik untuk mengetahui beberapa fungsi dari beberapa ability yang ada agar bisa beraksi lebih hati-hati dan tidak meninggalkan bukti kejahatannya.



Beberapa ability yang bisa digunakan di dalam permainan, diantaranya :

  • Admin pada ruangan Admin (lokasi map the Skeld, Mira HQ, Polus)
    Terdapat semacam meja yang berada di tengah-tengah ruang Admin. Jika kamu gunakan, meja ini akan menampilkan seluruh lokasi pemain yang ada di dalam permainan. Tapi yang ditampilkan hanyalah jumlah pemain pada setiap ruangan yang ada. Itu pun tidak menampilkan warna pemain.

  • Security Camera pada ruangan Security (lokasi map the Skeld & Polus)
    Ruangan Security hanya ada pada lokasi map the Skeld & Polus. Pada ruangan ini ada layar yang akan menampilkan gambar dari beberapa kamera pengawas yang ada.

    Untuk Crewmate, ability ini sangat berguna untuk mencari petunjuk dan bukti keberadaan Impostor. Dan untuk Impostor, penting untuk mengetahui tempat-tempat yang terdapat kamera pengawas dan berusaha untuk tidak beraksi di sana.

  • Doorlog pada ruangan Communications (lokasi map Mira HQ)
    Doorlog akan menampilkan log dari setiap pemain yang mengakses pintu (North sensor, South East sensor & South West sensor). Doorlog mempunyai cooldown selama 5 detik sebelum bisa merekam log baru.

  • Vitals di sebelah ruangan Office (lokasi map Polus)
    Polus yang menjadi map terluas untuk saat ini, memperkenalkan ability baru di dalamnya. Yaitu device bernama Vitals Sign Machine. Alat ini akan menampilkan kondisi seluruh pemain yang ada (status hidup atau mati).

    Akan mudah mendeteksi Impostor jika kamu melihat 2 pemain sedang berjalan bersama, dan tiba-tiba satu pemain terdeteksi telah mati pada alat ini. Kamu akan bisa menebak siapa Impostor-nya.


TIPS :  Jadi Hantu? Jangan Leave? Lanjut Main!


Di dalam game Among Us, setiap pemain yang terbunuh ataupun terlempar keluar permainan, akan berubah menjadi Ghost (hantu). Ini berlaku untuk semua pemain, baik Crewmate ataupun Impostor. Jika kamu sudah menjadi hantu, bukan artinya kamu tidak bisa melanjutkan permainan. Kamu masih bisa berkontribusi selama belum ada pemenang yang ditetapkan. Bahkan kamu juga masih bisa berdiskusi dalam sesi Meeting, walaupun yang bisa membaca pesanmu hanyalah sesama hantu.


Jika kamu bermain sebagai Crewmate, kemudian terbunuh ataupun terlempar keluar permainan akibat hasil vote, maka kamu bisa terus berkontribusi untuk team-mu yang masih hidup dengan cara menyelesaikan setiap misi (task) yang kamu dapatkan dan meningkatkan progressnya. Tidak ada lagi ancaman dari Impostor untukmu.


Dan sebagai Impostor, jika kamu bermain dengan jumlah Impostor lebih dari 1 pemain, maka kamu masih bisa melakukan Sabotage setelah kamu sudah menjadi hantu. Kamu masih bisa membantu teman Impostor-mu yang sedang berusaha mengeksekusi target-targetnya. Semua Sabotage (pintu, power, commonication, O2) masih bisa kamu lakukan.




PENUTUP

Sampai di sini dulu bahasan tutorial basic Among Us yang kita bahas. Semoga bisa membantu kamu yang belum tahu bagaimana cara untuk bermain game unik ini. Temukan juga artikel menarik & informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com. Jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar ya.. Sankyu...


Baca juga :

author: Akira Asayami