September 28, 2020

[Tech Info] Apa Penyebab Transfer File Flashdisk 3.0 Menjadi Lambat? | Harus Tau!

 

flashdisk 3.0 speed drop, transfer lama, copy paste lambat, copy file pc ke flashdisk 3.0 lama, speed rate, transfer data rate, usb flash drive 3.0, kenapa kecepatan copy lama flashdisk 3.0, 2.0, transfer file lama, copy lemot, flashdisk speed turun

Kenapa kecepatan transfer data dari Flashdisk 3.0 sering mengalami speed drop (kecepatan transfer data yang menurun drastis)? Hal ini cukup mengganggu, karena akan membuat proses peng-copy-an data menjadi melambat. Khususnya untuk file yang berukuran besar.


Padahal umumnya, setiap USB Flash Drive (Flashdisk) 3.0 digadang-gadang memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Tapi speed drop dalam proses transfer data tetap sering terjadi. Apa penyebabnya? Baca penjelasan dari Akira berikut ini!



Ketahui Perbedaan Transfer Speed & Writing Speed

Perlu diketahui bahwa transfer speed yang umumnya tertera pada kemasan Flashdisk 3.0 adalah berbeda dengan writing speed. Dan, writing speed ini malah sangat jarang dicantumkan pada kemasan Flashdisk 3.0.


Transfer speed adalah kecepatan transfer data yang diibaratkan seperti saluran penghubung antara Flashdisk dengan PC (atau perangkat lainnya). Jadi, saluran ini bisa digambarkan seperti irigasi. Semakin lebar irigasinya, maka semakin banyak debit air yang bisa mengalir dalam 1 waktu. Itu lah transfer speed.


Sedangkan writing speed adalah kecepatan menulis, yang diibaratkan seperti kecepatan dari seseorang dalam menyusun barang-barang yang baru saja masuk ke dalam gudang. Apa yang terjadi jika kecepatan barang masuk, lebih cepat daripada kecepatan orang tersebut dalam menyusun barang di gudang? Pasti kecepatan barang masuk akan disesuaikan pada kecepatan orang tersebut dalam menyusun barang. Sehingga setiap barang yang masuk akan tertata rapih dalam sekali jalan.


Contoh kejadian di atas sangat jelas menggambarkan masalah lambatnya kecepatan transfer Flashdisk 3.0 yang kita alami.



Flashdisk 3.0 Umumnya Memiliki Write Speed yang Lambat

Kecepatan penulisan data jarang dicantumkan & bahkan jarang dijadikan fitur unggulan dari produk Flashdisk (semua jenis, dari 2.0 & 3.0). Kenapa? Karena write speednya memang relatif lambat.


Apa efeknya? Efek write speed yang lambat jika bertemu dengan transfer speed yang cepat pada suatu storage device (dalam hal ini, flashdisk) akan menyebabkan kecepatan data yang masuk menjadi lambat. Hal ini karena transfer speed akan mengalah pada write speed. Jika penyusunan datanya lambat, maka kecepatan data masuk juga akan dikurangi, menyesuaikan dengan kecepatan menulis atau penyusunan data.



Write Speed Lambat, Jadi Apa Kelebihan Flashdisk 3.0 ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kelebihannya adalah transfer speed-nya. Hal ini akan terlihat jelas jika kamu melakukan 2 hal berbeda sebagai berikut.


Coba kamu copy file berukuran besar dari PC ke Flashdisk 3.0. Hampir setiap kali, pasti kamu akan menemukan speed drop (kecepatan yang menurun) saat proses transfer data. Hal ini karena transer speed akan menyesuaikan dengan write speed Flashdisk yang relatif lambat.


Tapi sebaliknya, coba kamu coba copy file berukuran besar dari Flashdisk 3.0 ke PC. Di sini lah kelebihan Flashdisk 3.0 akan terlihat jelas. Potensti transfer speed dari Flashdisk 3.0 yang bisa mencapai 625 MB/s akan bertemu dengan Hard Disk ataupun SSD yang memiliki write speed yang tinggi. Hard Disk antara 80 MB/s sampai 160 MB/s. SSD antara 200 MB/s sampai 550 MB/s.



KESIMPULAN

Kelebihan Flashdisk 3.0 adalah kecepatannya yang tinggi jika digunakan untuk meng-copy atau memindahkan data dari DALAM Flashdisk ke LUAR. Misalnya saja ke PC atau laptop. Dengan kata lain, memindahkan data dari Flashdisk 3.0 ke storage device lainnya yang memiliki write speed yang tinggi. Seperti pada Hard Disk atau SSD.


Jika kamu memerlukan storage device yang mobile namun memiliki transfer speed dan juga write speed yang tinggi, maka yang kamu butuhkan adalah Hard Disk External. Harganya memang lebih mahal. Tapi untuk kecepatan data masuk ataupun keluar, tidak perlu dipertanyakan lagi.



PENUTUP

Demikian info yang bisa Akira jelaskan tentang alasan Flashdisk 3.0 yang sering mengalami speed drop (kecepatan transfer melambat) saat digunakan untuk meng-copy file dari dari PC atau Laptop. Temukan juga artikel menarik lainnya seputar dunia game & teknologi di weakwings.blogspot.com. Jangan lupa untuk tinggalkan komen ya.. sankyu...


Baca juga :

author: Akira Asayami