November 19, 2017

Solusi SMS Kode OTP Tidak Terkirim Ke Handphone

Solusi SMS Kode OTP Tidak Terkirim Ke HandphoneKode OTP (One Time Password) adalah sebuah password dimanis yang akan dikirimkan oleh sebuah sistem keamanan langsung ke nomor handphone sang pengguna yang sudah di-registrasikan. Kode OTP adalah password yang dimanis, terus berubah sehingga tidak mungkin untuk dicatat, dan tentunya hal ini akan meningkatkan keamanan akun pengguna secara signifikan.

Kode OTP saat ini sudah umum digunakan dalam sistem perbankan (bank), sistem jual beli di e-commerce, bahkan akun portal game terbesar yaitu Steam juga menggunakan kode OTP sebagai pengaman.

Dengan jaminan keamanan yang kita dapatkan, tidak serta merta sistem OTP menyertakan kenyamanan para penggunanya. Banyak juga kasus dimana kode OTP ini malah mempersulit penggunanya.

Dari berbagai kasus, yang paling sering terjadi adalah kode OTP yang sudah kita request, tidak terkirim ke nomor handphone yang sudah kita registrasikan. Parahnya lagi, kita harus menunggu beberapa waktu sebelum kita bisa melakukan request ulang kode OTP. Lamanya bervariasi dari 1 menit hingga 1 jam, atau mungkin lebih. Hal ini lah yang sering membuat kita jengkel.



Bagaimana solusinya jika kode OTP tidak terkirim ke handphone kita? Simak di bawah ini!

Pertama yang kita perlu tahu:
  • Penyebab kegagalan kode OTP sangat beragam. Hingga solusi yang dibutuhkan juga beragam, sesuai dengan penyebabnya.

  • Kegagalan penerimaan kode OTP sangat sering terjadi pada pengguna Smartphone. Dan, Jarang terjadi pada pengguna handphone low-end yang memiliki OS lebih simpel (terutama handphone jadul non-android).

SOLUSI:
  • Jika kamu baru 1x melakukan request dan gagal, maka lakukan request ulang. Jika request ke-2 juga gagal, maka tidak perlu melakukan request ke-3, karena kemungkinan besar akan gagal juga. Dan kita pun akan butuh waktu yang lebih lama untuk melakukan request ulang jika kita gagal untuk yang ke-3 kalinya. Bisa 1 jam atau lebih.

  • Jika ada opsi lain selain mengirimkan kode OTP melalui nomor handphone, maka pilihlah opsi lain tersebut. Misalnya tokopedia yang memberikan opsi, pemberian kode OTP langsung melalui telepon (bukan SMS). Ada juga sistem yang memberikan pilihan pengiriman kode OTP melalui e-mail. Dari pada pengiriman kode OTP melalui SMS yang sering gagal, alternatif-alternatif pengiriman kode OTP seperti ini jarang mengalami kegagalan.

  • Jika kamu pengguna Smartphone, maka cara pertama coba ubah date & time di smartphone kamu. Coba ganti dari setting otomatis (menyamakan waktu dari yang didapatkan dari internet) ke manual atau sebaliknya. Dan pastikan juga tanggal & waktu sudah tepat dan sesuai dengan waktu dimana kamu berada saat ini. Kemudian lakukan request ulang kode OTP.

  • Jika masih gagal, coba untuk restart smartphone kamu sebelum melakukan request ulang kode OTP.

  • Jika kamu melakukan request code OTP melalui app (android), pastikan kamu telah mengizinkan app tersebut untuk membaca SMS. Kamu dapat melakukan pengaturan permission di app setting pada masing-masing smartphone kamu.

  • Cara ini terbilang ampuh dan sering berhasil. Kamu bisa melewati cara-cara sebelumnya dan lansung mencoba cara yang satu ini jika mau. Cabut kartu perdana dari smartphone (dalam kondisi menyala. lebih aman jika dalam Airplane Mode), kemudian matikan smartphone beberapa saat, dan hidupkan lagi (jangan langsung restart). Setelah kembali hidup, masukan lagi kartu perdana dan lakukan request kode OTP.

  • Cara ampuh ke-2 yang bisa kamu lansung coba untuk menghemat waktu adalah, cabut kartu perdana yang kamu pakai, kemudian untuk sementara kamu pindahkan ke handphone lain. Lalu, kamu lakukan request kode OTP melalui/ke nomor kamu di handphone tersebut. Cara ini cukup ampuh.

Cara-cara di atas Akira dapat dari pengalaman pribadi dan kesimpulan dari beberapa postingan tentang kode OTP. Perkiraan Akira pribadi (belum terbukti), kemungkinan penyebab gagalnya pengiriman kode OTP adalah dari Smartphone itu sendiri (entah dibagian mananya).

Jika kamu masih gagal dengan cara-cara di atas, mungkin penyebab kegagalan peneriman kode OTP-nya juga berbeda. Mungkin karena memang ada gangguan pada operator saat itu, atau kamu dulu pernah sengaja atau tidak sengaja mem-blok semua SMS yang berasal dari sistem komputer (untuk menghindari spam), atau penyebab lainnya. Yang pastinya solusinya juga akan berbeda.


:: INFO UPDATE ::
Kasus seringnya gagal otp masuk di smartphone milik Akira, ternyata disebabkan oleh salah satu pengaturan Avast (salah satu antivirus untuk android) yang memiliki fungsi untuk memblok setiap sms yang dianggap spam. Umumnya, setiap sms iklan promo dari operator yang cukup mengganggu, tidak akan lagi masuk ke smartphone. Hal ini sebenarnya cukup positif. Namun sayangnya, sms otp juga sering dianggap sebagai spam. Sehingga kode otp yang dikirim, tidak kunjung tiba pada smartphone karena diblok oleh antivirus.

Demikian info tambahan yang mungkin membantu. Mematikan antivirus sebelum me-request kode otp, mungkin menjadi salah satu solusi. Tapi, belum pasti juga setiap pengguna memiliki penyebab yang sama. Sehingga solusi-solusi yang sebelumnya sudah dibahas, mungkin dapat bekerja untuk kasus lain.

author: Akira Asayami

150 Comments

  1. Hp saya vivo v5 tp sampai skrg tdk bs trima sms otp. .Selalu d suruh priksa jaringan. Sdh saya periksa semua perizinan dan segala mcmx tp kok ttp gk bisa yh gan? Bsa d bntu kah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman pribadi, biasa itu ada fitur, app, atau antivirus yg nge-blok sms yg dianggap spam. Contohnya sms iklan. Sayangnya otp juga dianggap sms spam, sehingga diblokir.

      Cara paling mudah, sementara pindah aja kartunya ke hape lain. Kalo ga buru2, coba cek app atau settingan apa yg bisa nge-blok sms spam.

      Hapus
    2. Bos ngapa ya tiap kali krm sms otp slalu gk ada blsan,gmna cra ny ini

      Hapus
    3. Itu di artikelnya kan udah saya jelasin. Coba baca2 juga bagian komentar. Mungkin ada pertanyaan2 dari agan yg sudah ditanyakan orang lain, dan sudah terjawab. Semoga membantu

      Hapus
    4. Udah saya coba tpi ko tetep aja ya

      Hapus
    5. Kalau sudah dicoba semua cara, harusnya agan sudah sampai dengan meminta bantuan teknis dari customer service untuk mendapatkan kode otp atau mengganti nomor baru.

      Hapus
    6. Pngalamn sy prsis dg penanya..type hp jg sm..awalny stlh bc prtanyaan ny fix sy udh pasrah hp sy g bs nrima sms otp..tp iseng sy buka bagian message..ad bbrp sms yg prnh sy blokir sy hapus..tarraaa sms otp bs masuk dg segera..smoga pngalaman sy bs brmanfaat jg buat yg lain

      Hapus
    7. Iya, gan. Semoga membantu yg lain, yg mengalami masalah serupa.

      Hapus
  2. Seharusx pihak pytren cepat tanggap memberikan solusi atas permasalahan ini... Klu aplikasi lain lancar jaya aja tuh pengiriman kode konfirmasix... Nih sy sdh seharian penuh kode otp nya tdk masuk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kartu-nya dipindah ke hape lain, gan. Setelah itu request ulang otp. Kalo pengalaman saya, cara ini selalu works.

      Hapus
    2. info tambahan nih, gan. kalo kita sudah mencapai limit gagal request otp, sistem akan memblokir request kita ke depan dalam beberapa waktu. bisa cuma beberapa menit, beberapa jam. sampai 1 hari penuh. dalam masa ini, request pasti gagal terus. pasti ada pemberitahuannya. dan penggunanya memang diharuskan untuk menunggu.

      Hapus
    3. Kak saya tdi mencantumkan no untuk nerima kode otp smpe 3 kali gak ad masuk, akhrnya tidak valid krna udah 3x ,lalu gimana kak solusinya, mohon bantuannya

      Hapus
    4. Kalau gagal berkali-kali, maka akan ada waktu tunggu sebelum kamu bisa melakukan request otp lagi. Umumnya berjam-jam sampai 1 hari.

      Kalau mau cepat, langsung kontak bantuan dari customer service (cs)

      Hapus
  3. saya Tdk dapat Kode OTP melalui SMS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah aja kartunya ke hp lain, kemudian request lagi otp-nya. Tapi pastikan agan belum mencapai limit. Namun kalau memang sudah limit, maka agan harus menunggu beberapa waktu sebelum melakukan request ulang.

      Hapus
  4. Sudah sy coba semua, tdk bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa sekaligus, gan. Mungkin agan sudah mencapai limit request. Solusinya, tunggu sampai durasi limitnya habis. Kemudian coba kembali cara di atas

      Hapus
    2. Misalnya batas waktu tunggunya, 1 jam atau 1 hari untuk request ulang otp setelah limit. Maka dalam masa tunggu tersebut, agan tidak akan bisa merequest otp sama sekali dengan cara apapun. (Kecuali agan meminta bantuan langsung dari customer care terkait)

      Hapus
  5. hapeku juga gak bisa terima otp dari shopee. padahal di permission uda dicentang semua. app lain bisa2 aja, cuma shopee aja yg gak bisa. bingung jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trouble otp memang sangat mengganggu dan menghambat aktifitas elektronik. beberapa solusi di atas mungkin bisa membantu sista mengatasi masalah kode otp ini ^^

      Hapus
    2. Hi kak eny lestari, hp saya juga gakbisa menerima kode otp dari shopee. Saya sudah komplain dan ini udh 4x24 jam sejak komplain namun masih gakbisa. Kalo punya kakak harus menunggu berapa lama kak biar kode otp sampai?

      Hapus
    3. @Checha
      Yah masih mending 4x24 jam, punya ku malah sudah 1 bulan lebih gak bisa terima kode otp shopee(sim 3) alhasil belanja di bl sbg alternatif

      Hapus
    4. Saya juga sama tidak bisa untuk buka shopee pay, gimana ya solusinya? Agar bisa dapat sms shopee pay nya

      Hapus
    5. sama saya juga gak bisa.. kartunya 3 bukan? kata CS nya kalau 3 banyak yg ga dapat kode OTP

      Hapus
    6. Coba ganti nomor aja. Dulu Akira pakai tri yg nomornya banyak (contoh 0896-****-*****). Yg harusnya nomor paket internet 1 kali pakai. Dan memang sulit untuk menerima otp.

      Kemudian Akira beli kartu perdana tri untuk pemakaian normal (0896-****-****). Tidak ada lagi kendala untuk menerima kode otp.

      Hapus
    7. iya nih saya juga udh 3X24 jam CS Shopee nya ngmng restart hape blablabla padahal kalo ada alternatif lain kan lebih praktis. Masalahnya bikin duit stuck di shopeepay. Untuk mas akira saya pake perdana tri yg normal yg 12 angka tetap saja sudah 3 hari ga dapet OTP :(

      Hapus
    8. Memang banyak kritik negatif pada sistem otp shopee. Kalau memang prioritasnya shopee, coba ganti saja dengan nomor selain tri. Bisa jadi sistem otp shopee bermasalah dengan operator tri (mungkin).

      Soalnya tidak semua pengguna mengalami kendala otp. Mungkin untuk kasus shopee, masalahnya berada pada sistem pemberi kode otp yang entah bagaimana tidak support beberapa nomor pada operator tertentu. (Hanya spekulasi ya..)

      Hapus
  6. saya ganti hp dan tidak bisa login gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek di hp yg lama ataupun yg baru. Kemungkinan ada fitur app ataupun antivirus yg bisa memblokir sms spam. Kalau sudah ketemu, tinggal di-disable aja, gan.

      Hapus
    2. Kak KRtU sya 3 Kok tdak bisa mnerima kode otp pdhal sya udh brulanq2 COBA Msih Gxx Bsa Aja... GmNa CRA nya kak ??

      Hapus
    3. coba cara-cara di atas dulu. Kemungkinan pertama, masalah ada pada smartphone-nya. Tapi kalau tidak bisa juga, kemungkinan masalah ada pada nomor yang digunakan. Simpelnya agan bisa ganti kartu perdana tri. Tapi beli yg untuk pemakaian normal ya. Jangan yg kartu perdana tri paket internet sekali pakai.

      Hapus
    4. @unknown saya suka caramu menulis

      penuh dengan seni

      Hapus
  7. MB aku jg bermasalah gak bisa nerima kode otp, solusinya kata MB Akira suruh cabut no trus ganti ke hp yg lain ,, lh trus solusi untuk kalo ngktifin m_bnking hrus hp itu jg kan dan berada di sim 1 hp yg mau di pkek m_banking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalo m-banking agak beda nih. Kalau ada syarat harus menggunakan kartu sim dan device yang terdaftar, maka solusi "pindah kartu ke hp lain" jadi tidak bisa digunakan.

      Artinya sista harus menemukan dan mengatasi sumber masalah di dalam device/hape yang sista gunakan. Coba dicek, apa ada antivirus atau fitur app maupun bawaan smartphone, yang berfungsi untuk memblokir sms spam. Jika ada, maka matikan / disable.

      Hapus
  8. Kk sya ingin mengaktifkan kartu/rekening bank saya dishopee tpi tdk dpt sms kode verifikasi gimna solusinya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cara-cara di atas. Hope it works.. kalau masih bingung juga, agan bisa kok meminta bantuan lansung dari customer care terkait. Nanti tinggal ikutin instruksinya saja

      Hapus
  9. Beberapa bulan lalu saya mengalami masalah otp.saya terima otp ( pop up) ketika saya masukin kode otp ...prosesnya lama n expired. N akhirnya saya telp bank bersangkutan n rubah no hp. Anehnya no hp sudah dirubah. Namun kode otp masih saya terima di nomor lama( otp yg saya terima langsung ke inbox sms ) n trx berhasil. Namun hari saya mengalami kendala kembal( terima sms kode otp model pop up ) n ketika input sms kode tsb. Trx lama n fail.mohon advicenya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agan merequest otp melalui app smartphone (misalnya app mobile banking, app e-commerce, dll) coba pastikan pada app permissionnya, agan telah mengizinkan app tersebut untuk mengakses 'sms' dan 'phone'. Penting juga untuk memastikan tidak ada app atau fitur lain yg berfungsi untuk memblokir sms spam. Hal ini akan membantu otp model otomatis (bukan sms) untuk langsung terbaca oleh app.

      Hapus
    2. Saya trx di aplikasi n mengunakan cc bank a dan bank b. Ban A terima otp model pop up sementara bank b terima sms n berhasil. Satu aplikasi tapi dengan bank b tidak ada masalah.

      Hapus
    3. kalau bank A gagal, tapi bank B berhasil (dengan cacatan, di dalam device yang sama), mungkin ada masalah dengan app dari bank A. coba app nya diinstall ulang.

      apa 2 akun bank dan masing-masing app-nya terdaftar dengan nomor yang sama? Karena umumnya untuk melakukan request otp mobile banking, kita harus mengaktifkan paket data (internet) dari nomor/sim card yang terdaftar. Misalnya, bank A. Maka aktifkan paket data dari sim 1 (yang terdaftar untuk bank A). Untuk bank B, aktifkan paket data dari sim 2 (yang terdaftar untuk bank B).

      Hapus
    4. Jika nomer hp sudah ganti gmn??

      Hapus
    5. Kalau maksudnya nomor hp lama sudah diganti dengan nomor baru, dan agan sudah tidak punya akses nomor lama, maka solusinya agan langsung minta bantuan teknis dari customer service terkait untuk menghapus nomor lama & meregistrasikan nomor yg baru.

      Hapus
  10. Kak knp ya saya tidak menerima kode otp dari garena tapi kode otp dari apk atau yang lain bisa.
    Solusinya kak saya sudah gonta ganti hp masi sama tapi blm saya coba ke hp jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo otp dari app lain bisa masuk tanpa masalah, kemungkinan penyebabnya dari nomor yg terdaftar. Coba pastikan nomor yg terdaftar sama dengan nomor yg agan pakai sekarang.

      Kalau nomornya sudah sama tapi masih tidak bisa juga, agan coba kontak langsung customer care-nya. Kan otp dari app lain bisa masuk, berarti penyebab masalahnya kemungkinan besar bukan dari hp yg digunakan.

      Hapus
    2. Customer care nya shopee apa ya kak ?

      Hapus
    3. Bisa dari menu app PUSAT BANTUAN, atau CHAT DENGAN SHOPEE. Bisa juga call center 1500702. Atau bisa juga lewat e-mail dari website shopee

      Hapus
  11. sama nih shopee baru baruini susah banget dapet kode otp nya,sedangkan bukalapak dan tokopedia lancar jaya. sudah tanya ke costumer service hanya selalu menyarankan menunggu dari tim terkait. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin server milik shopee sedang down karena belum lama ini shopee melakukan promo "gila-gilaan" sehingga penggunanya meningkat drastis. Karena, kalo otp dari app lain bisa masuk dengan normal, harusnya otp shopee pun demikian. jadi kalau diambil kesimpulan sementara, sepertinya masalah berasal dari sistem/jaringan shopee-nya sendiri dan bukan dari device yang agan gunakan.

      Hapus
  12. kemungkinan dari provider tertentu(TRI), temen saya yang pakai AS lancar jaya. apakah kebanyakan disini yang tidak menerima OTP disini menggunakan provider TRI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri pakai tri ga ada masalah, gan. Otp dari bukalapak, tokopedia, facebook & steam masuk semua. Kalau dari pengalaman, ternyata dulu antivirus avast yg nge-blok otp masuk.

      Hapus
    2. hp saya hp biasa, gak pake ios atau android. otp dari e-commerce lain bisa masuuk inbox

      Hapus
    3. Kalau demikian, mungkin masalahnya ada dinomor yg terdaftar pada akun milik agan. Coba agan ganti saja dengan nomor tri yg baru.

      Pengalaman saya juga, dulu pernah saya pakai nomor tri yg harusnya untuk satu kali pakai (sim paket internet yg nomornya banyak, contoh: 089*-****-*****). Memang ga tau kenapa, otp relatif susah masuk ke situ. Akhirnya saya beli sim card tri baru yg normal (untuk pemakaian sehari-hari). Setelahnya tidak ada masalah seputar otp sampai sekarang.

      Hapus
    4. sama nih, saya juga pake tri, kode otp shopee ngga masuk2. udah restart HP, ganti HP, cabut kartu perdana, terus iseng cobain di HP yg sama tapi pake nomor lain (XL dan berhasil). jadi saya curiga ini trinya yg bermasalah :') ini saya cobanya untuk aktifin shopeepay yg versi baru, dulu sebelum ada shopeepay versi baru bisa padahal.

      Hapus
    5. gimana caranya ganti nomor kak, sedangkan kode gak bisa masuk ke nomer saya.. Saya juga pakai tri

      Hapus
    6. Kalau untuk masuknya juga perlu otp, maka agan bisa minta bantuan teknis secara langsung melalui customer service untuk menghapus atau mengubah nomor.

      Hapus
    7. Kak gimana cara ganti nomornya sedanagkan kalau ganti nomor juga pakai kode otp ya. Tolong dijawab ya kakk, soalnya mau buka shopee pay saya tdk bisaaa

      Hapus
    8. Hubungi customer service shopee. Buat keluhan tentang kesulitan mendapatkan kode otp, serta ajukan untuk merubah nomor handphone yang terdaftar.

      Hapus
  13. gan hp saya beli di black market buatan china asli jd bahasanya bahasa china. lalu sy kirim sms OTP mobile banking gak pernah bisa masuk dan selalu muncul masukkan sandi oppoku. udah sy masukan tp tetep ngulang gitu terus padahal password bener. tolong beri solusi bang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sandi oppoku diminta saat apa ya? karena umumnya setelah kita request otp, kemungkinannya cuma dua. otp masuk ataupun gagal masuk.

      Hapus
  14. kalo hpku skrg ini gabisa nerima otp dari garena :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pindah kartu ke hp lain, kemudian request otp. Atau coba cara-cara lain yang ada di atas, gan.

      Hapus
  15. Mengecewakan ribet amat proses nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon advice-nya jika agan punya solusi yang lebih simpel..

      Hapus
  16. Bgm jika no hp berubah/ganti?

    BalasHapus
  17. aku pake iphone. ga bisa nerima OTP dr Shopee juga Lazada. Tapi Gojek bisa (itu pun harus diulang kirim 2x). Gimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pastikan tidak ada fitur untuk memblok sms spam.

      2. Pastikan masih menggunakan nomor yg terdaftar.

      Jika masih belum berhasil, coba restart hp satu kali. Dan, jika masih gagal juga, coba pindah kartu ke hp lain untuk merequest otp.

      Hapus
  18. Hp saya vivo y71 pakai nomer tree
    Tidak bisa menerima kode otp shopee
    Bagaimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti cara2 di atas. Kalau masih tidak bisa juga, langsung hubungi customer service shopee untuk mendapatkan bantuan teknis lebih lanjut.

      Hapus
  19. Ka, aku pake iphone aku mau mertivikasi rekening bank di shopee tapi gabisa padahal udah aku download juga avast dan aku udah mindah kartuku ke hp lain malah keterangannya server salah gimana ya ka? Dijawab ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor yg dipakai apakah tri yg digit-nya banyak? Keterangan server salah muncul tepatnya saat apa ya?

      Hapus
  20. Saya sdh coba langkah2 diatas tapi masih tdk bs terima kode OTP untuk applikasi pembayaran pembelian tiket dr TIX ID melalui applikasi DANA, krn kode OTP melalui sms di nomor indosat saya tdk sya terima ..bagaimana solusi lainnya??saya merasa terganggu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemesanan tiket TIX ID sebenarnya saya pribadi belum pernah coba. jika bisa, coba kirim otp ke nomor lain (pinjam hp orang terdekat). jika harus melalui registrasi nomor, coba registrasikan nomor lain. jika ada cara lain untuk mendapatkan kode otp selain via sms, maka gunakan fitur itu. misalnya saja tokopedia yang bisa memberikan otp melalui hubungan telpon secara langsung.

      Hapus
  21. Kak, klo saya pakek 3 dengan nomor digit sedikit jg gk bisa nerima kode otp.. Sdh lma bgt aku gk bisa trima kode otp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya nomor 3 yg bermasalah adalah nomor dari kartu perdana internet yg harusnya dibuang setelah habis.

      Kalau sudah pakai kartu perdana 3 yang untuk pemakaian normal namun masih bermasalah untuk menerima otp, kemungkinan masalahnya ada di smartphone. Bisa karena pengaturan, pemblokiran sms spam, dll.

      Hapus
  22. saya pakai no indosat juga sangat kesusahan dalam menerima kode OTP dari Shopee untuk mengatur Shopee Pay dan Ganti Nomor :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada banyak keluhan dari sistem otp shopee. Mungkin karena servernya yg kepenuhan. Jika sudah mentok, langsung kontak saja customer service shopee untuk mendapatkan bantuan teknis, gan.

      Hapus
    2. Kalau dari kartunya sendiri bgmn ya gan? Nomor saya yang baru malahan sama sekali tidak bisa dikirimi kode OTP biarpun itu kodenya dari Operatornya. SMS yg bisa masuk hanya SMS Laporan pembelian pulsa, pengingat data mau habis, dan sebagainya yg seperti itu saja :( :( :(

      Hapus
    3. coba detailnya, gan. kartunya apa? agan merequest kode otp dari operator untuk apa?

      Hapus
  23. Shopee emang susaaahh dpt kode otp, kirain saya aja eh ternyata byk yg senasib disini.. Tokopedia n Bukalapak lancar2 aja pdhl, mo brp x jg tetep terkirim.. shopee ni emang rada2 songong, ni uda mo sebulan ga bisa masuk akun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut prihatin, gan. Langsung minta bantuan teknis dari customer service shopee-nya saja gan kalau sudah mentok.

      Hapus
  24. Kak kalau sy kasusnya dr bank nya, sy pengguna debit mandiri, VBV sdh sy aktifkan, ketika belanja mentok melulu di OTP yg ga nyampe2 ke Hp, komplain bolak balik jawabannya sama sistemnya baik semua...sampai ganti hp ga bs jg, sim card dikeluarin ga bs jg, keluarin simcard saat hp nyala sdh jg tp ttp ga bs2...hawanya pengen banting hp nya...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti nomor, gan. Mungkin memang nomornya yg bermasalah. Untuk ganti nomor yg diregistrasi, umumnya agan harus langsung datang ke bank atau dari mesin atm. CMIIW

      Hapus
  25. Kalau udah terima otp tapi pas kodenya dimasukan namun gagal terus bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. otp untuk apa, gan? umumnya jika kode otp salah input 3 kali, maka agan tidak bisa memasukan kode otp selama 1 jam kedepan. artinya, agan akan selalu menerima notif salah input selama 1 jam kedepan.

      Tapi jika kejadian di atas agan alami berturut-turut setelah menunggu waktu satu jam, maka umumnya agan diharuskan menunggu selama 1 hari, baru agan bisa menginput kode otp.

      Hapus
    2. Jadi saya kan ingin aktivasi shopeepay, setiap Saya masukan kode otp yg Saya terima selalu saja keluar notifikasi "maaf sesi sudah berakhir...." Padahal kode yg Saya masukan benar. Saya juga sudah logout,clear cache, bahkan clear data namun masalah yg sama terus terjadi :(

      Hapus
    3. Maaf gan, untuk yg satu ini beda kasusnya dengan otp yg tidak terkirim. Saya pribadi pun belum pernah mengalaminya. Tapi agan bisa coba login dan aktifkan shopeepay dari smartphone lain yg sudah terinstall shopee. Mungkin akan berhasil.

      Hapus
  26. Sama jg nii, br 3 hr ga bs login shopee krn ga dpt sms kode OTP.
    Td.y mau aktifin shopeepay untuk pengembalian uang trnsaksi, trus ga dpt2 (krtu tri). penasaran digantilah no hp, eh sistem.y nge logout, pas mau masuk pake no baru (kartu tri jg) sistem minta kode OTP, daaann smpe hri ini ga dapet2 kode.y meski udh ganti no ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senasib gan, selalu muncul "maaf sesi sudah berakhir" padahal saya udah pake no indosat buat bikin akun shopeepay.

      Hapus
    2. Sudah coba pindah kartunya ke hape lain belum, gan? tapi pastikan juga hape yang digunakan tidak ada sms spam blocker-nya.

      Hapus
  27. Kalau sudah ganti nomor 3, tp tidak dpapat kode otp juga kak, sudah berulang kali aku coba. Bagaimana ya solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shopee kah? Cara2 di atas sudah cara paling maksimal sepengetahuan saya. Kalau masalah tetap muncul, mungkin masalahnya ada pada sistem shopee-nya. Agan bisa langsung menghubungi cs-nya untuk membuat keluhan & memunta bantuan teknis.

      Hapus
  28. Saya selalu dapet kode otp nya, tapi setiap tak masukin kode ny muncul notif maaf, sesi telah berakhir. Silahkan coba beberapa saat lagi .. gitu.. saya coba pake hp lain pun sama .. gmn solusi ny gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba nanri Akira cari sumber masalah dan solusinya, sist. Di sini Akira baru fokus membahas secara umum tentang tidak masuknya sms kode otp.

      Hapus
  29. Sedihhh dan senasib, kak akira. Saya sdh 3hari tidak bisa masuk ke shopee, pdhl mau tarik dana gegara gk dpt kode OTP, pdhl udh ganti no 3 2x, ganti hp, restart, hubungi cs shopee ,dikasih solusi siih, tp tetep gk dpt kode OTP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah terpaksa banget, bisa dicoba juga untuk mengganti nomor dengan operator lain selain tri. Jika dalam prosesnya butuh otp, terpaksa harus kembali meminta bantuan teknis dari cs-nya lagi. Coba telkomsel

      Hapus
  30. Saya lgi dluar negri sya tidak bisa mngirim sms untuk konfirmasi OTP sya sdh dftar sms roaming tpi msh aj gagal trus...ad yg tau solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah yang satu ini ane masih belum tau solusinya, gan. Ane belum pernah ngalamin hhehe..

      Hapus
  31. Yg paling cepat dan tidak ada kendala itu dikirim lewat WA /WhatsApp kayak Tokopedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, gan. Alternatif pengiriman otp selain melalui sms, sangat jarang terkendala. Bisa WA, e-mail, telfon, dan lain sebagainya.

      Hapus
  32. Di BRILINK saya mau masukan kode otp kok ada tulisan no hp belum ada yg di daftar kan...
    Kenapa ya.padahal kemari2 bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu agan mau masukin kode otp yg sudah didapat, atau baru mau request kode otp?

      Hapus
  33. Gan minta bantuannya dong.
    Susah banget dapet kode OTP mau aktifasi Grab pakai nomor HP, bahkan masuk pake akun gogle juga ga bisa , padahal aku aktifasi aplikasi yang lain dapet sms OTP dan ga nunggu .
    Kenapa yaa gan , tolong bantuannya..5hx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin app permission untuk membaca sms, belum diberikan. Atau coba untuk restart smartphone. Kalau masih tidak bisa juga, coba untuk sementara pakai nomor yg lain.

      Hapus
  34. Masalah yang sama , bikin jengkel nunguin OTP, padahal saya pake M3 indosat. Biasanya pas login masuk seperti biasa. Tapi pas buka shopee pay .. gak ada.. sedih deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shopee memang masih tertinggal dalam fitur otp. Tidak seperti tokopedia yg sudah menyediakan alternatif pengiriman kode otp selain sms. Misalnya saja melalui telfon langsung atau lewat whatsapp. Bahkan app lain juga ada yg bisa mengirim otp via email.

      Otp melalui sms sering mengalami kendala akibat tidak sinkronnya provider dengan mesin pengirim kode otp.

      Hapus
  35. Akhirnya Cara Cabut Kartu Ampuh,hahaha Thx

    BalasHapus
  36. saya pake kartu indoosat buat login shopee pakai aplikasi android, ga terkirm otp nya, pakai cara lain lewat pc ,ttp sama otp nya ga muncul juga, bahkan cara kartu hp nya dipindah ke hp jadul ttp ga bisa juga, pdhl mo nyairin uang di shopee pay, ga tau sampe kapan & apakah bisa login lagi apa engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya bukan "request darimana", tetapi "kemana otp dikirim". kalau request dari pc tapi otp dikirim ke nomor yg sama, hasilkan akan sama saja. masalahnya shopee belum punya alternatif pengiriman otp selain dari sms yg (sering bermasalah). misalnya saja tokped yg bisa mengirim otp ke whatsapp atau telfon langsung.

      solusi akhir kalau sudah mentok adalah dengan minta bantuan teknis dari CS shopee. Nanti proses login atau yg lainnya (yg memerlkan otp) bisa diatasi untuk sementara waktu.

      Hapus
  37. Saya sudah melakukan hal hal diatas tp tetap gbs saya pengen membayar pakai dana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane ga tahu pasti apa agan sudah benar2 melakukan semua solusi yg dibahas di dalam artikel dan kolom komentar. Tapi jika memang semua sudah dilakukan dan masih juga tidak bisa, maka meminta bantuan dari customer service adalah solusi terakhir.

      Hapus
  38. Ngomen soal shopee, emang seharusnya shopee kasih alternatif pengiriman kode OTP-nya, misal via email, Go-send sameday, GrabExpress, JNE Express, atau TIKI SDS. Gw login shopee, lusa OTP-nya baru nyampe, bener-bener dah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Fitur otp shopee yg ada saat ini, menjadi salah satu kekurangan fatal yg sangat mengganggu penggunanya. Padahal untuk e-commerce ternama seperi shopee seharusnya sudah bisa dengan sangat mudah untuk melakukan perbaikan atau pembaruan.

      Hapus
  39. Saya daftar BRImo kode otp gak di kirim
    Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cara2 yang sudah dibahas di dalam arikel dan kolom komentar. kalau ada kesulitan, jelaskan detailnya.

      Hapus
  40. Saya sudah dapat kode otp tapi masih saja tetap tidak sah? Gimana solusi nya

    BalasHapus
  41. Kalo otp gopay saya g bisa dikirim karna ada event di game susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya? Karena ada event, otp jadi ga terkirim? Gagal paham ane

      Hapus
  42. Bni kurang pelayanan, masa slalu kena blok mpin/password aneh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat keluhan aja gan ke service care-nya. Agan bisa minta bantuan teknis langsung atau kasih kritik&saran

      Hapus
  43. saya ingin mendapat kan kode otp dari negara luar,. tetapi selalu gagal.. seperti kode otp coda shop di server myanmar.. ada kah cara yg benar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada, pakai alternatif pengiriman otp SELAIN melalui nomor hp, gan. Misalnya saja e-mail atau telfon langsung, kalau ada.

      Coba juga cara2 yg ada di atas, gan. Semoga membantu..

      Hapus
  44. Kok punya saya tidak dapat kode otp ya,selalu gagal terus?

    hp xiaomi redmi 6.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cara2 yg ada di artikel dan di kolom komentar, gan.

      Hapus
  45. No Hp saya yang lama sudah diBlokir simpati lalu saya tidak bisa menerima OTP dari Bukalapak,,,ada cara lain gak utk utk bisa login kebukalapak,,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau agan coba log in lewat browser, di situ ada tombol bantuan untuk pengguna yang tidak punya akses lagi ke nomor hp lama sebagai penerima kode otp.

      Pertama, lakukan proses log in seperti biasa dengan memasukan email dan password. Kemudian lakukan request otp (walaupun nomor agan sudah hilang). Setelah keluar tempat peng-input-an kode otp, di situ terdapat tombol bantuan bagi yang kehilangan akses nomor hp lama.

      Nanti agan akan diminta untuk foto ktp, buku tabungan, nomor hp baru yg ingin didaftarkan, dll. Informasi ini akan dicek langsung oleh admin bukalapak. Jadi akan membutuhkan waktu (tidak instant). Semoga membantu

      Hapus
  46. Aku pengguna 3 dan kartuku dulu emang dr kartu intrnet itu. ini aku mau dftr mbanking bni nggk bisa dpt otp. Kmren juga pas dftr app injekers juga nggak dpt otp nya. Sebelumnya aku daftar mbanking bri bisa dftr shopee bisa dan app selalu bisa klo minta kode otp.
    Memang saya pernah memblok sms spam tp sekarang udah kubuka lagi tp ttep aja kode otp nggak masuk. Gimana solusinya ya, klo ganti no itu kan no pribadi yang selalu terdaftr trus klo buka antivirus hp di bagian mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya mending ganti nomor (sim card) yg normal. Karena sistem pengiriman otp berbeda-beda. Mungkin ada yg support nomor jenis sekali pakai ada juga yg tidak.

      Kalau mau ganti nomor, persiapkan dulu dan ketahui app atau apa2 saja yg nantinya butuh untuk diubah data nomor hp-nya. Seperti e-mail, app e-commerse, akun bank e-banking, dll.

      Untuk antivirus, tergantung agan. Di hp agan terinsall atau tidak? Kalau terinstall, ya tinggal buka dan lihat pengaturannya. Biasanya antivirus ada fitur untuk memblok sms spam juga. Smoga membantu :)

      Hapus
  47. Redmi7a masa hp saya tidak terkirim kode OTP nya gimana nih cara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aj cara2 yg ada di dalam artikel & yg dibahas di kolom komentar, gan. Silahkan dicoba dulu. Semoga berhasil

      Hapus
  48. Thanks banggg work makasih banget tadinya gabisa bisa skrng jadi bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh.. Masama, gan :) senang bisa membantu..

      Hapus
  49. saya sudah masukan kode OTP, namun tidak masuk k halaman berikut nya sehingga saya meminta kodeOTP ulang sampai akhir ny mencapai batas pengiriman OTP.. jika seperti itu, saya harus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang sudah mencapai batas (limit) maka solusinya ada 2. Pertama, agan bisa menunggu sampai waktunya selesai dan mencobanya kembali. Kedua, agan bisa secara langsung menghubungi costumer service untuk mendapatkan bantuan teknis.

      Hapus
  50. Alhamdulilah setelah lihat ini jadi bisa. Terimakasih solusinya

    BalasHapus
  51. Tidak menerima kode otp. Sudah semua cara di lakukan. Pindah hp tetep ga bisa. Apa dari kartu nya. Tolong di jlskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ga kode otp-nya dikirim ke nomor yg agan pakai itu? Jangan2 pakainya malah nomor kartu lain.

      Tapi kalau memang sudah melakukan SEMUA cara dan masih tidak bisa juga, mungkin memang dari kartunya. Agan bisa minta tolong service center untuk mengganti nomor yg terdaftar

      Hapus
    2. coba di cek ada pulsa nya atau engga?
      punya saya juga begitu, setelah di isi pulsa bisa masuk kode OTP

      Hapus
    3. Saya sudah isi pulsa tapi tetep aja ga bisa, pahadal nomor nya aktif

      Hapus
    4. Artinya masalah bukan dari aktif atau tidaknya nomor. Sudah dijelaskan pada artikel, beberapa kemungkinan masalah yg terjadi beserta solusinya.

      Hapus
  52. Bos punya saya aneh banget, semua saya lakuin tapi tetep saja tidak bisa, apkah aplikasi dana eror?
    Tp sebelum itu saya coba di akun dana saya yg lain dan saya paksa ganti pintu nyatanya bisa tp ketika saya beralih akun ke akun dana yang satunya saya tidak bisa login karena salah pintu dan saya mencoba merubah nya melalui kode otp, tp kodenya tidak terkirim kirim, mohon penjelasan nya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mentok juga, opsi paling jitunya adalah minta bantuan customer service, gan.

      Hapus
  53. Saya keseringan buka otp...akhirnya sekarang akun ngga bisa lagi dengan alasan sering buka otp ..apa solusinya biarbisa buka akun sy lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya dengan langsung mengkontak customer service, gan. Silahkan dicoba. Semoga membantu mengatasi masalah yg agan alami.

      Hapus