Januari 09, 2020

[Share Pengalaman] Harga Laptop ASUS 6 Jutaan, Servisnya 12 Jutaan | EPIC!!!

pengalaman servis laptop asus di service center, centre, laptop asus, vivobook, ultrabook, laptop rusak, perbaikan, harga servis laptop, tempat servis laptop bekasi, a451lb, mouse rurak

Pernah service laptop di Service Center? Jika belum, maka kalian melewatkan pengalaman yang menarik. Karena ada 1 hal yang sangat umum dilakukan oleh hampir seluruh Service Center, yang akan membuat jengkel orang-orang awam yang belum mengetahui cara kerjanya. Apa itu? Nanti akan Akira jelaskan di bawah.

Di sisi Akira akan menceritakan pengalaman service laptop tipis merek Asus dengan model A451LB. Akira lupa laptop ini dibeli pada tahun berapa. Tapi yang jelas model A451LB ini masih menggunakan processor Intel gen 3, yaitu Haswell (varian yang Akira punya adalah i3). Untuk keluaran terbaru yang ada saat ini (2019), jenis processor Intel yang digunakan sudah sampai generasi 9. Artinya laptop yang Akira gunakan sudah cukup tertinggal. Huu.. hu..


Jika mau tahu lebih detail biaya service laptop Asus di Service Center atau Service Partner-nya, bisa kamu lihat di sini . . .

TROUBLESHOOT
Akira mendapati kursor (mouse) yang suka tersendat-sendat. Kira-kira 5 menit setelah laptop dinyalakan, kursor akan mulai macet-macet (connect disconnect). Parahnya, mouse bisa sampai tidak terbaca dengan pesan yang muncul (USB not recognized).

Akira cukup mengerti basic komputer karena lulusan TKJ hhehe.. Jadi Akira coba melakukan troubleshooting, dan akhirnya menyimpulkan kalau kerusakan bukan terjadi akibat driver yang korup, bukan virus, bukan bug OS, dan bukan juga port USB.

Bahkan Akira sampai menginstall ulang OS sebanyak 3x untuk mencari letak masalahnya. Dengan itu Akira menyimpulkan kalau kerusakan pasti ada pada hardware, dan langsung curiga ke mainboardnya.

Kenapa mainboard? Karena setelah mouse tidak terbaca, dan Akira merestart laptop, anehnya mouse akan kembali terbaca. Juga, setelah kabel mouse diperiksa (ditekuk-tekuk), tidak ada kerusakan di sana. BTW mouse yang Akira punya adalah merek Bloody dengan tipe V4MA.

pengalaman servis laptop asus di service center, centre, laptop asus, vivobook, ultrabook, laptop rusak, perbaikan, harga servis laptop, tempat servis laptop bekasi, a451lb, mouse rurak, mouse gaming murah
Bloody V4MA (mouse gaming)

Maka kesimpulan sementara dari Akira adalah, kerusakan ada pada mainboard. Dan karena sudah pasrah, maka Akira membawa laptop Asus A451LB ini ke Service Center.


SERVICE CENTER
Service center yang Akira datangi adalah Datascrip Service Center yang merupakan Service Partner resmi dari Asus. Lokasinya di Bekasi (dekat pintu tol Bekasi Barat).

Di sana Akira menjelaskan kepada CS tentang masalah kursor yang suka connect disconnect. Akira juga mengatakan kalau Akira sendiri curiga dengan mainboard-nya. Di luar itu, Akira juga meminta untuk penggantian baterai, karena kondisi baterai yang sudah drop, sehingga laptop tidak bisa digunakan tanpa listrik langsung dari kabel charger. Dan juga tombol Ctrl sebelah kiri dan Fn pada keyboard yang kadang tidak bisa difungsikan untuk tombol shortcut.


PROSES PENGECEKAN
Setelah menunggu waktu 5 hari kerja (kalau ditotal dengan hari libur, Akira menunggu selama 9 hari), akhirnya Akira mendapatkan kabar melalui e-mail, sebagai konfirmasi harga dan penggantian spare part.

Di dalam proses ini, Service Center akan memberikan pilihan untuk “Setuju” dengan harga yang diberikan dan lanjut ke proses service, ataupun “Tidak Setuju” dan mengambil kembali unit yang akan di-service. Kamu juga akan dikenakan biaya Rp. 50,000.

Jika service dibatalkan, maka harga yang dikenakan sebelumnya, akan gugur. Kamu hanya diharuskan biaya pengecekan sebesar Rp. 50,000 seperti yang sudah Akira sebut di atas.


HASIL PENGECEKAN
Agak lucu melihat hasil laporan kerusakan dan penggantian spare part yang direkomendasikan. Akira pernah mendengar dari seseorang, kalau Service Center resmi itu (apapun brand-nya) selalu menyelesaikan masalah dengan cara penggantian spare part (suku cadang). Dan hal ini benar-benar Akira alami sendiri.

Setiap komponen yang Akira keluhkan, langsung direkomendasikan untuk diganti dengan spare part yang baru. Seperti pada mainboard-nya, baterai (yang ini sih wajar), dan keyboard-nya. Dan lucunya lagi, total biaya penggantian spare part dan service-nya mencapai Rp. 12,000,000. Badum tss..

pengalaman servis laptop asus di service center, centre, laptop asus, vivobook, ultrabook, laptop rusak, perbaikan, harga servis laptop, tempat servis laptop bekasi, a451lb, mouse rurak
Total Harga Spare Part + Service (yang sungguh terlalu)

Akira sempat tidak percaya, dan langsung menanyakan kebenaran hal ini kepada CS dengan cara me-reply e-mail konfirmasi harga yang sudah Akira terima. Karena Akira mengira harga yang dicantumkan hanya typo saja (salah ketik). Mungkin saja angka nol-nya kelebihan gitu. Tapi ternyata total harganya adalah benar, sebesar Rp. 12,000,000. Tanpa basa basi, Akira langsung mengkonfirmasikan untuk tidak melanjutkan ke proses service.

Yah gile aje kale kalo sampe lanjut wwkwk... Secara, dulu Akira membeli laptop Asus A451LB dengan harga 6 jutaan. Masa servicenya sampai 12 juta. Mending beli ROG atau TUV sekalian, dari pada service laptop model lama dengan harga 12 juta.


PENGAMBILAN UNIT
Setelah CS menerima konfirmasi pembatalan, maka dikabarkan kalau unit bisa langsung diambil hari itu juga. Tapi karena ada urusan, maka Akira mengambil unit laptop tepat esok harinya.

Respon CS pun cukup santai (tidak kaku) dan keluar celetukan “kalau harga segitu, mending ganti baru ya? Hhehe..” Akira pun membalas “Iya. Kalau 12 juta, saya bisa beli keluaran baru yang lebih bagus”. CS juga menjelaskan kalau mereka tidak memiliki stock spare part. Jadi, spare part akan dipesan dan dikirim langsung dari Taiwan (import). Juga, harga yang diterapkan akan berdasarkan harga dollar. Hmm...

Syukurnya, laptop dalam kondisi yang sama (tidak dibongkar-bongkar). Karena memang masih sekedar diperiksa. Karena, kalau saja laptop sudah dalam proses pengerjaan, dan kita membatalkannya, maka kita akan mendapati kondisi laptop yang masih terbongkar, atau minimal, tidak terpasang sempurna. Ibarat pasien operasi yang ditinggal dokter karena dijemput "paksa" oleh keluarga sang pasien. Uhh.. ngeri..


ALTERNATIF
Maka dihari yang sama dengan waktu pengambilan unit, Akira langsung melipir ke BCP (Bekasi Cyber Park) untuk mencari tempat service laptop.

Singkatnya, tempat service laptop yang umum, malah sepertinya memiliki teknisi yang jauh lebih pro dan benar-benar melakukan perbaikan, ketimbang dengan teknisi di Service Center resmi yang sedikit-sedikit maunya mengganti baru. Atau mungkin itu sudah SOP-nya? Akira tidak tahu.

Di sana, akhirnya Akira hanya melakukan penggantian baterai yang hanya dikenakan biaya Rp. 500,000 saja. Akira juga me-request pembersihan atau maintenance bagian dalam laptop, seperti penggantian thermal pasta, pelumas kipas, dan juga membersihkan debu-debu yang ada di dalam laptop akibat sirkulasi udara yang sudah bertahun-tahun dari sistem cooler. Dan untuk itu, biayanya Rp. 150,000 saja. Jadi, totalnya cuma Rp. 650,000.


LETAK KERUSAKAN KURSOR YANG SERET2
Teknisi dari tempat service yang Akira datangi di BCP mengatakan tidak menemukan masalah di mainboard. Setelah laptop sudah Akira ambil, maka Akira kembali melakukan troubleshooting, dan menemukan ternyata kerusakan ada pada mouse Bloody tipe V4MA yang Akira punya. Wkkwkw... susah2.. ternyata...

Memang kerusakan tidak berada pada kabel, seperti yang sangat umum terjadi pada mouse. Kerusakan mouse yang Akira alami, terletak pada bagian dalam. Jadi agak sulit mendeteksi asal kerusakannya.

Kerusakan seperti ini bisa saja terjadi pada mouse gaming merek apapun. Dimana mouse gaming memiliki komponen yang lebih kompleks, seperti; tambahan tombol macro, sistem fire-rate control dan sejenisnya, bahkan memiliki memori untuk menyimpan pengaturan. Tidak seperti mouse lain (non-gaming) yang komponennya jauh lebih sedikit dan lebih simpel.


KESIMPULAN
Service Center (resmi) menjadi tempat terbaik untuk melakukan perbaikan jika unit/produk yang kamu punya masih memiliki GARANSI. Di luar garansi, lebih baik kamu ke tempat service yang umum saja. Karena proses pengecekan dan pengerjaan sampai selesai, akan lebih terjamin. Harga spare part dan biaya service yang ditawarkan juga normal dan jauh lebih masuk akal ketimbang di Service Center yang harus import barang dari luar.

Akira sendiri tidak tahu bagaimana untuk service produk lain di Service Center lainnya. Apakah akan sama seperti yang Akira alami atau tidak? Apakah mereka hanya memiliki stock spare part beberapa produk tertentu saja? Atau semua spare part dari berbagai produk memang harus import? Akira tidak tahu.

Sekian sedikit share pengalaman Akira tentang service laptop Asus A451LB seharga 6 jutaan, dengan biaya service yang mencapai 12 jutaan. Baca juga artikel menarik seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com. Temukan juga Akira di Youtube dengan channel Akira Nya. Sankyu...

author: Akira Asayami

46 Comments

  1. anjir mahal bgt servisnya... jiwa miskin ku bergejolak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending ke tempat servis biasa daripada ke service center :v

      Hapus
  2. Halo kak. Terima kasih informasinya. Boleh tahu tempat servis yang recommended di BCP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih sama aj kalo kata gw sih. Tapi kalo gw pribadi suka sama yg di pojok-pojok wwkwk.. biasanya di pojok itu opreker yg jago2

      Hapus
  3. Ane juga gan dapet kerusakan di mainboard. Emang g bs nyala. Dapet 12jt sekian. Mending beli keluaran terbaru harga segitu dpt laptop bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ngeleselinnya, padahal kerusakannya belum tentu di mainboard. Gw sih ga abis pikir sama cara pemeriksaan si teknisinya.

      Port kena sedikit, dikata kena mainboard. Baca data lama, langsung suruh ganti harddisk. Gw rasa sih emang ga ada service di situ. Apa2 masalahnya solusinya selalu ganti baru.

      Hapus
    2. Coba deh gan, bawa ke tempat service yg bagus. Di bcp, kalo di bekasi. Atau harco mangga 2, kalo di jakarta. Kalo emang bener ganti mainboard, paling kena 800ribuan (tergantung model laptopnya)

      Hapus
    3. Wadaw. Ane di sby gan wkwk. Gpp ntr ane nyari servisan lptop yg bagus. G semahal doi. Btw laptop ane rog gl552vw. Dan setau ane mb nya dijual sih 3jt an.

      Tp banyak yg saran mending iklasin aja. Toh vga sudh outdate. 4th kalo gasalah ni laptop

      Hapus
    4. Ohh.. iya sih. Kalo ada budget mending ganti. Kalo lagi mode hemat, service aj wwkwk.. good luck, gan :)

      Hapus
  4. Gan mau tanya, laptip sy kali dipake harus sambil di cas, kalo casannya di cabut pasti langsung mati tapi kalo bagian bawahnya di teken ga sambil di cas di tetep nyala, kira kira itu kenapa ya? Sy mau service tapi bingung takut di suruh ganti ini itu padahal bukan disitu rusaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo kayak gitu, ya sekitaran baterai pastinya. Bawa aja ke tempat service laptop yg ada di mall. Jangan yg official tapi. Kalo emang ga rusak tuh baterai, paling biaya service-nya sekitar 100ribu~200ribu.

      Kalo sampai ganti baterai, paling harganya sekitar 500ribu. Bisa lebih murah atau mahal, tergantung model. Browsing aja untuk harganya.

      Hapus
  5. Thanks infonya gan, saya baru mau niat ke Asus center-nya wkwk, Jadi mikir 2x, takutnya terjadi hal seperti yg dialamin sama lu.
    Btw saya di jkt.pusat Asus center-nya yg di Harco mangga dua itu, apakah rekomen ya gan?hehe, butuh pencerahan lebih ini,
    Laptop saya Asus x550z, usia pemakaian udah ada 5thn lebih.
    Kerusakan:
    1.laptop tidak mau menyala kalau tidak pake charge(harus dicolok listrik), dan di desktop tampilan batre di pojok kanan bawah No batery is detected
    2.laptop cepat panas dan pasti mati, untuk memutar video saja pasti mati nggak ada 10 menit. Wkwk

    Terimakasih sebelumnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nih gan ya
      1. Laptop ane pernah gt. Bs jd batre sudh rusak dn mmg harus gnt batre. Atau ada masalah di port charger nya di laptop. Tp kl dilepas lsg mati kmgknan besar sih batre krn g ada daya yg kesimpen di batre jd lsg mati.

      2.laptop cepat panas dan mati, itu kmgknan sudh lama juga (secara 5thn lbh) blm pernah dibersihkan dalemnya atau bahkan thermal paste nya belum pernah diganti. Itu bisa gan. Cb mgkn di bersihkan, dg cr dibuka lptopnya trs dibersihkan debu2 yg ada di mainboard ataupun di kipas nya. Trus ganti thermal paste nya.

      Kalau gabisa sndiri cb dibawa ke servis laptop yg g resmi. Bs jd mmbantu banget itu.

      Thks :)

      Hapus
    2. Kalo jawaban gw sih ga beda jauh hhehe..

      Masalah tidak bisa menyala tanpa charger & battery not detected. Pasti harus ganti baterai, karena memang sudah waktunya. Normal seperti itu, kalau sudah bertahun-tahun pemakaian.

      Masalah cepet panas. Kalau sudah lama tidak diservice juga wajar gitu. Kemungkinannya, thermal paste sudah kering, debu, kipas kurang pelumas. Kalo servis, bilang, minta bersihin debunya & ganti thermal paste. Palingan berapa puluh ribu.

      Kalo masih penasaran ke service center resmi Asus juga gapapa. Tapi, prediksi gw bakal begini, laptop bakal ditinggal semingguan. Terus, agan bakal kaget liat harga ganti sparepart wwwkwk.. pas ditanya, mau lanjut apa nga, pasti nolak. coba aj gan.. kalo gw sih ogah hhaha.. kali mau nambah2 pengalaman

      Hapus
    3. Gampangnya, agan dateng aj dah ke tempat service non-resmi tapi bagus. Di harco banyak tuh. Kasih tau aj keluhannya apa2 aj, terus bilang aj gini, sekalian periksain kira2 apa aj yg butuh diganti/diservice.

      Kan pasti ditinggal tuh buat diperiksa. Bilang juga, minta konfirmasi dulu buat apa2 aj yg akan diganti & total harganya. Jadi, nanti di-infokan dulu sebelum diproses. Supaya agan tau perkiraan harganya.

      Hapus
  6. sharing n infonya bermaanfaat bgt.. thx yah
    tanya donk... laptop asus ROG ku layarnya tiba2 flickering dan skrg jd di bagian atas layar nya ada grey area gt (sekitar 1/4 layar)...
    ini problem di mana yah kira2? mendingan bawa ke asus service centre ato gmn yah?
    mohon infonya.. makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih garansi, agan mending ke service center resmi.

      Kalo udah ga garansi, mending service di tempat yg unofficial karena hargannya jauh lebih masuk akal.

      Kalo daerah bekasi, agan ke BCP aja. Kalob jakarta, bisa ke Harco mangga 2. Kalau ada referensi tempat service lain juga oke

      Hapus
  7. thanks yah replynya.. ada rekomendasi toko mana di harco mangga 2? krn blon perna service di tempat lain cuma perna ke service centre resmi aja.. sayangnya laptop ku uda ga bergaransi... T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekomendasi toko dari gw sih ga ada, gan. Karena rata2 tempat service di situ top kualitasnya. Karena jarang2 gw ke harco, jadinya gw suka gonta ganti tempat service. Belum nemu yg mengecewakan.. Dan semoga ke depannya juga tidak akan nemu yg mengecewakan wwwkwk..

      Hapus
  8. Min mau tanya nih kenapa ya laptopku tiap udah aku matiin (shutdown) batreinya berkurang sendiri. Kadang kalo enggak dipakai selama seminggu batreinya yg awalnya 100% bisa berkurang jadi 15% (low bat). solusinya gmana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya kondisi baterai sudah drop. Saat pemakaian sudah di atas 2 atau 3 tahun, sangat wajar kondisi baterai sudah tidak prima lagi karena telah melewati ratusan kali siklus charge.

      Solusinya, ganti baterai baru. Dijamin beres.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Aneh bin ajaib wwkwk.. Pengalaman gw sih begitu. Ga tau kalau sekarang, cara kerjanya udah berubah atau belum.

      Hapus
  10. Gan laptop saya Asus vivobook tiba2 suka macet Gx bisa d gerakin, itu Knpa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macet gimana maksudnya? Lag kah? Atau sampai hang?

      Kalau suhu laptopnya panas gak wajar, kemungkinan karena belum pernah di servis (perawatan) sama sekali. Coba bawa ke tempat service untuk dibersihkan dan diperbarui thermal paste processor-nya.

      Bisa juga karena virus, atau OS yg sudah sangat lama dipakai tanpa tune-up. Simpel-nya, bisa di-install ulang.

      Kalau pakai windows 10, matikan saja auto-updatenya, karena sering bikin lag.

      Hapus
  11. Laptop gw Ac*er v3-471g VGA 2GB sudah 10 tahun gan keluhan hanya 2x ganti keyboard. Baterai masih kuat hidup 1 jam. Tiap hari hidup 6-8 jam colok listrik. Pakai dual monitor. Layar monitor mulus tidak bergaris. Berbeda jauh dengan As*us layar cepat bergaris,baterai drop,harddisk bunyi. Mungkin pengalaman orang beda-beda,tapi menurut gw Kualitas Ace*r masih lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah ketahanan, menurut gw lebih ke-penggunaannya. Gw sih ga terlalu menggunggulkan brand tertentu. Tapi kalau membandingkan laptop yg spec-nya setara dari berbagai merk, mungkin perbedaannya hanya 11:12

      Hapus
  12. wah bekasi sih. gw dilema, asus x452cp gw batrenya jebol, karena males ke asus yg samping grand metrolitan mall, gw beli online dengan embel2 katanya ori. tp blm ada setaun udh jeblok. jadi penasaran bgt harga baterai di asus itu sampe 700an kah? kalau masih 500an gw mau (yg gw beli 350rbuan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di bekaai, mending ke BCP aj. Ganti batere langsung di tempat. Kan enak tuh kalau ada apa2, bisa balik ke tempatnya.

      Gw punya model a451lb, ganti batere (tanam) di bcp, dapet harga sekitaran 500k. Kalo model lain gw kurang tau harganya, gan.

      Hapus
  13. Alhamdulillah laptop lenovo udah 7 tahun rusak di keyboard aja 1 kali ganti. Cuma sekarang mau ganti baterai, daerah jakarta dimana ya cari nya. Saya penghuni baru jakarta soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta kan? Easy. Di Harco Mangga Dua. Bukan di mall-nya ya. Tapi harco-nya. Itu pusat grosir komponen pc & berbagai barang elektronik. Dijamin murah2 dan banyak tempat service yg top

      Hapus
  14. Setuju gan sama kesimpulan tulisannya.
    Ngomong2 ternyata ada yang lebih miris dari saya ya...

    Laptop saya HP-cm0077au, baterainya drop.
    Saya coba tanya2 ke Service Center via WA berapa harga battery replacement nya. Beberapa jam kemudian, dapet email penawaran kalo harga baterai baru hampir 2.3 juta, padahal harga laptopnya aja cuma 7 jutaan 😰 Tanpa pikir panjang, akhirnya beralih beli batere sendiri di marketplace ijo yg kisaran harganya 450-600an ribu....

    Saya jadi bingung, kenapa service center atau vendornya gak nyetok part-nya aja yang banyak yang mungkin bikin harga ritel akhirnya jadi lebih murah, gak sedikit2 inden. Padahal banyak kasus ongkos perbaikan yang mahal kalo dibandingin harga beli produknya. Kalo kek gini, orang2 makin beralih ke KW atau yang ngaku2 OEM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aja konspirasi supaya ganti produk baru wwkwk... Tapi tetep aja kebanyakan konsumen bakal cari alternatif yg lebih murah

      Hapus
  15. Halo Akira,

    Laptop kita sama lho Asus A451LB.
    Kebetulan saya juga lagi mau ganti baterainya ke Asus service center, berarti kalau baterai disitu tertulis 1.140.000 ya.

    Kira-kira performa baterai dari Asus resmi vs baterai dari tempat service umum bakal beda jauh ga ya?

    Soalnya opini saya baterai dari asus resmi bakal lebih bagus kualitasnya.

    Keyboard juga agak mendem bagian tengahnya apa bisa dibetulin ya?

    Kalau secara performa sih ngga ada masalah. Cuma baterai drop dan keyboard sedikit mendem gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari kualitas baterai, dari asus resmi pasti lebih bagus. Karena baterai yg dijual pasti baru diproduksi (setelah ada yg pesan). Itu pun import. Makanya agak lama prosesnya & mahal harganya.

      Baterai yg baru diproduksi pasti lebih bagus dari baterai yg berumur tahunan, walaupun belum pernah digunakan.

      Kalo ga masalah dengan perbandingan harga yg berkali lipat, ya mongo2 aj sih hhehe.. tapi kalo pengalaman Akira pribadi, yg non-resmi pun ga mengecewakan kok. Kondisi laptop Akira sendiri saat ini dari sisi baterai, masih normal seperti sedia kala. Padahal sudah cukup lama ganti baterai (dengan yg non-resmi).

      Nah, kalo keyboard. Mending ganti di luar service center resmi. Kualitas sama aj. Harga jauh lebih murah.

      Karena kalo keyboard tidak seperti baterai. Mau produksi lama ataupun baru, selama masih dalam kemasan (terhindar dari debu) dan tidak pernah digunakan, pasti kondisinya masih sangat baik.

      Hapus
    2. Hai Akira,

      Ternyata saya salah, saya Asus S451LB. Baru aja ke Asus Service center dan katanya udah ngga produksi lagi baterainya, no solution.

      Terpaksa harus pakai baterai yang tidak ori. Huhuhu sedih.

      Hapus
    3. Oh.. S451LB itu kalau tidak salah, speknya sama dengan A451LB. Cuma itu yg varian touchscreennya (kalau tidak salah).

      Baterai non-resmi bukan berarti ga ori. Walaupun emang ada juga yg kw. Yg penting awet & ga ada trouble ;) Gpp.. hitung2 lebih hemat hhehe.. kalau ada budget, tinggal ganti laptop baru XD

      Hapus
  16. gan mau nanya,ini laptop gw merek Asus jga kondisi mati gtu..smpet mati mendadak galama hdup lgi..taunya bsok ya gw idupin bisa tpi lgsg mati..itu karna apa ya???trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baterainya drop mungkin. Coba dihidupkan sambil dicolok kabel chargernya

      Kalau parahnya sih bisa kena mainboard atau ram. Harus diperiksa dulu. Bawa aj langsung ke tempat service non resmi supaya diperiksa, gan.

      Hapus
  17. wihh thank u buat sharing nyaa. btw mau share pengalaman juga ah hehe, laptop ku juga kemaren abis kubawa ke service center karena pas di cas sering putus nyambung pas ngisi, pas nyoba adaptor punya temen ternyata bisa ke charger dan akhirnya menyimpulkan kalo letak masalahnya ada di charger. awalnya mau beli charger di ecommerce, tp setelah cari tau ternyata charger yg ori gadijual diluar asus.

    akhirnya dibawa ke service center, nunggu sekitar 4 harian krn sparepart nya kudu mesen dulu. alhamdulilah nya laptop ku masih dlm masa garansi, jadi biayanya gratis tis tis. tp yang agak nyesel tuh pas nyeritain keluhan lupa bilang kalo batre nya lumayan ckup boros, coba kalo bilang, mungkin bs sekalian diganti ya ga sih mumpung masi dlm masa garansi haha. aku kira tuh bakal dilakuin pengecekan keseluruhan, ternyata cuma ngecek berdasarkan keluhan nya doang.

    oke segitu dulu sharing nya haha, btw makasih kak akira!! seru baca pengalaman nya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh.. makasih sudah sudah berkunjung & sharing2 jugak :D

      Iya nih. Tanpa maksud menjelekan, ga tau kenapa pelayanan asus center sepertinya jauh dari kata maksimal. Padahal gw sendiri dari dulu pengguna brand asus sejati. Selain untuk klaim garansi, kayanya gw mending ngatasin masalah perangkat asus gw ke tempat lain.

      Hapus
  18. Asli koplak ni service partner
    Kayanya emang sering dimarkup y harganya, ato kalopun impor part ya tetep aja yg punya tau harga laptop, kalo mb aja seharga laptop ato malah lebih mahal ya mending beli baru
    Benar2 koplak
    Ini sih kaya diarahkan untuk dicancel aja buat nyari duit tanpa kerja
    Parah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar, gaan.. sabar.. gw juga ngalamin kok wwkwk..

      Kita yg udah ngalamin, cuma bisa sharing pengalaman aja. Supaya yg belum tau, bisa tau sebelum ngalamin sendiri.

      Kalo mau service yg bener (harga wajar) & cepet, bukan disini tempatnya. Di sini cuma buat claim garansi aja. (Kalo emang ga sayang duit juga boleh service disini ya..)

      Hapus
  19. Gan service yang bisa di tungguin di daerah jkt di mn ya?
    Permasalahan ane laptop mati total setelah batre abis trus di colok carger lampu indikator ga nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di harco mangga 2. Pusat komputer, hape & barang elektronik lainnya. Banyak tempat service juga di situ, gan.

      Hapus