Januari 20, 2020

[SOLVED] Solusi Photoshop CC 2018 tidak bisa terbuka "api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll missing"

[SOLVED] Solusi Photoshop CC 2018 tidak bisa terbuka api-ms-win-crt-runtime-1-1-0.dll missing, tidak terbuka, tidak berjalan, cannot open, can't run, adobe photoshop cc 2018, 2019, error api ms win crt runtime 1 1 0 dll missing

Jangan bingung jika kamu mendapati Adobe Photoshop CC 2018 (atau versi apapun) yang baru saja terinstall, tidak bisa terbuka dengan munculnya pesan error ; "The program can't start because api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix the problem."

Pada postingan kali ini, Akira akan membahas tutorial singkat untuk mengatasi masalah dari software desain legend, Adobe Photoshop, yang tidak bisa terbuka atau berjalan dengan munculnya pesan error di atas. Masalah "win crt runtime dll missing" ini umumnya akan muncul pada Adobe Photoshop CC 2018 yang baru saja terinstall menggunakan installer versi tertentu pada OS versi tertentu saja. Sehingga tidak semua pengguna akan mengalami hal ini.

cannot start, can't run api ms win crt runtime missing, error, photoshop cc 2018, 2019


Apa penyebabnya? Jawabannya cukup simpel. Adobe Photoshop tidak bisa berjalan hanya karena komputer atau laptop-mu belum terpasang Microsoft Visual C++ 2015. Yak. Perhatikan dengan seksama! Kamu butuh yang 2015.


Pastinya komputer atau laptop-mu akan butuh beberapa versi Microsoft Visual C++ secara bersamaan untuk menjalankan beberapa software (khususnya software grafis & game) secara baik. Misalnya saja versi 2005, 2008, 2010, 2012, 2018, sampai yang terbaru sekalipun. Kebutuhannya akan tergantung dari software-software yang terinstall. Ada yang butuh versi Visual C++ terbaru, ada juga yang butuh versi lama. Beberapa software juga biasanya menyertakan Microsoft Visual C++ yang dibutuhkan ke dalam folder installasinya, atau secara otomatis akan ikut terinstall saat melakukan installasi software tersebut.


Kembali ke Photoshop 2018 yang bermasalah. Jadi apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki error "runtime missing" seperti yang sudah dibahas sebelumnya?

1. Download Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable
Download sesuai OS yang digunakan. 32 bit atau 64 bit. Kamu bisa download secara langsung dari website Microsoft di sini > [Download] Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable Kalau tidak bisa digunakan, kamu bisa mendownload dari sumber lain. Tapi pastikan yang versi 2015.


2. Install atau Replace Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable
Install, jika memang belum terpasang. Atau replace Microsoft Visual C++ 2015 yang sudah ada sebelumnya dengan cara meng-uninstall terlebih dulu yang sudah ada. Karena bisa jadi yang dibutuhkan adalah yang versi updated.


3. Enjoy!
Sekarang kamu bisa menjalankan Adobe Photoshop CC 2018 secara normal tanpa pesan error "api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll missing".


Semoga tutorial singkat ini membantu :) Baca juga artikel dan tutorial lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com Temukan juga Akira di Youtube channel Akira Nya. Sankyu...

Baca juga :
author: Akira Asayami

1 Comment