Apa penyebab lampu los (merah) berkedip?
Lampu los (berwarna merah) pada modem yang berkedip adalah indikator dari modem yang menjelaskan kondisi dimana modem tidak terkoneksi dengan internet. Kemungkinan terbesar penyebabnya ada 2 hal, yaitu:
- Proses Maintenance
Tidak bisa dipungkiri, maintenance adalah salah satu proses rutin yang dilakukan oleh semua provider yang ada, untuk menjaga bahkan meningkatkan kualitas jaringan yang mereka tawarkan. Durasi maintenance umumnya tidak lama. Namun ada kalanya yang dilakukan adalah maintenance skala besar atau sejenisnya yang dapat memakan waktu berjam-jam.
Cara memastikan kejadian ini proses maintenance atau bukan, kamu dapat melakukan 2 hal. Pertama, tanya pengguna Indihome lain disekitar rumahmu. Jika mereka mengalami hal serupa, maka bisa dipastikan proses maintenance sedang berlangsung. Kedua, hubungi customer care Indihome dan tanya tentang status jaringan di daerahmu. - Kerusakan / masalah pada kabel jaringan
Jika kamu perhatikan, terdapat kabel jaringan yang terhubung dari modem Indihome sampai ke luar rumah. Nah, kabel ini lah yang sering menjadi penyebab lampu los (merah) pada modem berkedip, dan internet yang mati total.
Bisa jadi ada bagian kabel yang terputus (terbelah dua ataupun bagian dalamnya saja), atau bisa juga terjadi masalah pada ujung kabel (pada bagian konektor) yang terpasang pada internet box. Semacam kotak tempat menghubungkan kabel jaringan yang umumnya terpasang di atas tiang listrik.
Apa yang harus dilakukan jika lampu los berkedip dan internet mati total?
Pertama, cari informasi. Pastikan masalah ini akibat maintenance atau bukan. Tanya pengguna Indihome lain disekitar rumahmu. Jika mereka mengalami masalah serupa, maka bisa dipastikan sedang ada maintetance dari pihak Indihome. Kamu dapat menunggu beberapa saat sampai maintenance selesai. Kemudian semua akan kembali normal.
Jika pengguna lain tidak mengalami hal serupa, maka ada masalah yang terjadi dengan salah satu perangkat jaringan Indihome yang kamu gunakan. Umumnya masalah terletak pada kabel jaringan yang terpasang dari modem sampai ke internet box yang berada jauh di luar rumah. Jika sudah dipastikan hanya kamu yang mengalami masalah ini, maka hubungi customer care Indihome untuk mengajukan keluhan.
Jangan kamu utak-atik sendiri perangkat yang ada, jika kamu tidak mau dijadikan kambing hitam oleh sang teknisi (hhehe..). Jika terjadi masalah yang kira-kira fatal dan cukup parah, langsung minta bantuan teknis dari Indihome. Biarkan teknisi yang nantinya memeriksa dan memperbaiki masalah yang ada.
Bagaimana cara meminta bantuan teknis dari customer care Indihome?
Kamu dapat menghubunginya secara langsung dengan menelfon ke nomor 147. Kamu juga dapat dengan mudah meminta bantuan teknis dengan menggunakan fitur bantuan dari app myIndiHome yang dapat kamu install di smartphone-mu.
Cara meminta bantuan teknis melalui app myIndiHome
- Buka app myIndiHome yang terpasang di smartphone-mu.
- Jika belum log in, maka log-in terlebih dulu dengan akun-mu.
- Tap garis 3 yang berada di pojok kiri atas untuk membuka menu.
- Tap Pusat Bantuan.
- Terdapat beberapa jenis pilihan "kendala layanan" yang tampilkan. Pilihlah bagian "Internet".
- Kemudian, pilih "Buat Laporan terkait gangguan".
- Karena masalah lampu merah yang berkedip datang seiring internet yang mati, maka pilih "Tidak Bisa Koneksi ke Internet". Kemudian tap "Lanjutkan".
- Ikuti langkah-langkah berikutnya sampai selesai.
Kamu tidak dikenakan biaya apapun walaupun jika ada perangkat yang diganti. Tapi pastikan kamu tidak mengutak-atik sendiri perangkat jaringan yang disediakan Indihome. Karena kalau ternyata ada kerusakan yang terjadi akibat kesalahan penggunanya sendiri, mungkin ceritanya akan berbeda.
Setelah teknisi sudah datang dan memperbaiki masalah yang ada, jangan lupa untuk mengkonfirmasi laporan di dalam app myIndiHome. Laporkan bahwa masalah sudah teratasi. Feedback ini akan membantu pihak Indihome untuk secepatnya membuat history tentang masalah yang sudah terjadi.
Artikel ini informatif? Temukan juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar game dan dunia teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...
Baca juga:
- Kelebihan & Kekurangan Indihome, First Media, MyRepublic. Mana yang terbaik?
- Solusi Akun IndiHome Yang Terkunci Akibat Gagal Login
- Kenapa Tagihan Bulanan IndiHome Naik? Ini Penyebab & Solusinya...
Lampu indihome menyala merah jd ga konek
BalasHapusLangsung hubungi customer service aja, gan. Umumnya masalah ada pada kabel atau port internet box yg ada di luar. Biar teknisinya saja yg periksa & perbaiki.
HapusLampunya udah gak merah tapi, ga konek internetnya terus ada simbol tanda "!" di hp saya pas wifinya dinyalakan itu kenapa ya??
BalasHapusMungkin sedang ada gangguan atau maintenance. Untuk status jaringan bisa langsung agan tanyakan melalui app myindihome ataupun page-nya di fb, twitter, dll. Agan cuma perlu menyertakan nomor indihome milik agan.
Hapusmodem los berkedip merah.knp yah sudah 1 hari ini
BalasHapusPertama cek dulu dengan restart modem (matiin nyalain). Kalo masih belum bisa, prediksi ane kabel jaringan yg ke arah luar ada yg rusak atau putus. Langsung minta bantuan teknis indihome. Kalo ane biasanya melalui app myindihome. Tapi bisa juga lewat telfon 147
HapusWifi di kostan tdk bisa terkoneksi setelah mati lampu, knp yah?
BalasHapusCoba lebih spesifik, gan. Apa lampu los berkedip? Apa cuma internet yg tidak bisa? Gimana kondisi detailnya, gan?
HapusIndihom sy lagi ganti pasword terus kepencet setting terus g konek.. Kenapa ya
BalasHapuskasus seperti ini akan terjadi saat agan menganti password wifi (modem) menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi tersebut.
HapusSaat password wifi sudah diubah, maka otomatis modem akan memutus koneksi semua perangkat yang terhubung melalui jaringan wifi. Jika agan mau menggunakan kembali wifinya, agan hanya perlu login ulang ke jaringan wifi menggunakan password yang baru saja dibuat.
Hari ini gw kena, terpaksa nunggu besok teknisi datang karena cek kabel dan restart gagal
BalasHapusKeseringan masalahnya di kabel, gan. Emang butuh bantuan teknisinya langsung. Kalo ane pribadi udah pernah 2 kali masalah kaya begini.
HapusKlau ada teknisi ddteng ngasih jasa ga gan ke dia
HapusMungkin maksudnya "bayar atau ngak"? Secara aturan, itu gratis. Toh, teknisi sudah digaji lumayan oleh telkom.
HapusAda yg jelas2 nolak, ada juga yg ngarep2 dapet tip. Kalo agan ga tega-an, kasih aja 20ribu. Ga bayar pun ga masalah, karena memang gratis
Klo los nya mati total itu kenapa yah
BalasHapusMati gimana nih? Kalo internet mati, lampu los ga nyala, kemungkinan lagi ada gangguan atau maintenance.
HapusKabel colokan routernya belum dicolokin ke listrik jadi mati semua, kaga nyala tuh
HapusIya. Itu kalo semua lampu di modem mati, alias modemnya betul2 mati. Mungkin colokan listrik atau adaptornya bermasalah
HapusLos dan internet saya mati dan sudah di konfrim jika 4 hari lalu ada gangguan tapi sudah selesai semenjak 2 hari yg lalu, tetaplah nasib modem indihome nya gak bisa digunakan? Apa masalahnya yah
BalasHapusPertama, coba restart modem. Kadang cara ini berhasil jika kerusakan disebabkan oleh error kecil pada settingan modem. Tidak ada ruginya untuk dicoba.
BalasHapusKedua, jika lampu los tetap menyala setelah gangguan jaringan sudah lewat, maka saya kira ada masalah pada koneksi kabel (fiber) jaringan di luar. Bisa jadi ada bagian yg terputus (luar ataupun bagian dalam). Atau kabel terlepas dari portnya (pengalaman pribadi).
Mungkin waktu kerusakannya kebetulan berurutan setelah ada gangguan jaringan. Agan bisa meminta teknisi untuk datang dan memperbaikinya. Kontak bisa lewat app myindihome atau telfon. Buat keluhan tentang internet yang tidak bisa digunakan atau terputus.
Layanannya payah, hampir setiap bulan masalahnya jaringan, gk tau sebabnya apa,atau mungkin perangkat yg dikasi ke pelanggan jelek, soalnya gk cuma sekali dua kali, hampir tiap bulan jaringan bermasalah. Plis indihome, kami bayar, layani dengan baik dong
BalasHapusMaaf, gan. Di sini bukan forum resmi indihome. Jadi, kemungkinan keluhan agan tidak akan dibaca pihak indihome. Jika agan yakin ada alat/perangkat yg bermasalah, sebenarnya agan bisa minta untuk diganti baru.
HapusTapi agan minimal harus tahu bagian atau perangkat mana yg sering mengalami kerusakan. Apakah modem, kabel fiber optik, atau yg lainnya. Minta ganti perangkat saat agan membuat keluhan, agar perangkat baru disiapkan oleh teknisi yg akan datang.
Kalau lampu los nya menyala saat jam tertentu, itu gimana gan?
BalasHapusTrus gimana cara ganti password wifi?
Ane sih belum pernah lampu los berkedip pada jam tertentu saja. Mungkin ada maintenance, gan. Untuk pastinya, agan bisa tanya status jaringan dengan menghubungi 147 (call center indihome). Agan juga bisa sekalian buat keluhan jika ternyata ada potensi kerusakan (jika bukan maintenance).
HapusUntuk ganti password wifi, agan tinggal akses modem indihome melalui browser (bisa dari smartphone ataupun pc). Ketik 192.168.1.1 pada address bar. Saat halaman login terbuka, ketik "admin" untuk user, dan "admin" untuk password (jika dulu belum pernah diubah). Di situ agan bisa dengan mudah mencari pengaturan password wifi.
Thanks Akira. Best comment for my trouble.
BalasHapusI'm glad I could help :)
HapusJaringannya ada tapi tdk bisa konek.lampu merahnya menyala.mohon solusinya
BalasHapus1. Coca tunggu sesaat. mungkin ada gangguan.
Hapus2. Kalau belum bisa, coba restart modem 1x.
3. Kalau tidak bisa juga, langsung buat keluhan internet mati. Kemungkinan ada perangkat yg rusak. biar teknisi yg mengatasinya. gratis kok.
Kak.saya udah hubungi nomer 147 ganyambung terus , keluhan saya karena lampu los kedip kedip udh coba di restart dan di cek tetep aja.
BalasHapusLewat app myindihome aja, gan. Saya udah pernah nyoba 2x dan pelayanannya cepat kok. 1-2 hari langsung direspon, dan kirim teknisi ke tempat.
HapusSebelum 147 kasih nomer kode area nya kakak...
HapusMisal di tempatku (0321147)
Kalo hanya 147 saja tidak akan bisa nyambung kakak
Terimakasih sudah melengkapi..
Hapusmati atau kedip merah? kalau internet sampai tidak bisa digunakan, ada beberapa kemungkinan. pertama, ada ganggunan atau maintenance yang umumnya berdurasi singkat. Mungkin 15 menitan, atau berjam-jam jika saja ada maintenance besar.
BalasHapusKemungkinan kedua, ada kerusakan atau error. Coba restart modem 1 kali. Kalau tidak bisa, minta bantuan teknis dari indihome. Bisa melalui telefon atau app myindihome.
Ka Ko Lampu Los Wifinya Merah Terus, Pas Saya Cabut Kabel nya lagi lalu di pasangin lagi ko lampunya merah terus,
BalasHapusSolusinya ka??
Solusi cepat aja ya...
HapusPertama, restart modem 1x. Kalo fail next step.
Kedua, tunggu sesaat. Mungkin ada maintenance.
Ketiga, kalau udah lewat beberapa jam mending langsung minta bantuan teknis dari indihome. Umumnya ada masalah pada perangkat. Keseringan kabelnya.
tadiny normal wifiny, trus sya ganti posisi modemny, sya pasang lgi, tau2 los kedip2 merah, knpa yah
BalasHapusPerkiraan dari ane, kemungkinan masalah ada pada settingan modem atau kabel. Tapi ane lebih curiga sama kabelnya.
HapusMungkin kabel fibernya (yg hitam) itu tertekuk dan rusak bagian dalamnya.
Solusi dari ane, agan langsung minta bantuan teknis dari indihome. Bisa telfon atau melalui app myindihome.
Gan 147 kok gk bisa?
BalasHapuscoba depannya kasih 021
Hapusgan klo bner ada kendala di kabel terputus,jika kita panggil teknisi indihome,lalu teknisi nya menggantikan kabel yang baru apa kena biaya?
BalasHapusAne udah pernah beberapa kali, ga ada biaya apapun alias gratis. Seduhin aja kopi hhehe..
HapusKnp dgn indihome,udh 2 hari ini ga ada jaringan internet
BalasHapusAne masih normal2 aja. Deket rumah agan ada maintenance kabel ga? Tapi 2 hari juga sepertinya terlalu lama, gan. Coba buat keluhan aja, biar teknisinya datang memeriksa
HapusLampu los berkedip merah
BalasHapusWifi nyambung ke hp tapi gak bisa buat internetan kenapa ya kak?
Itu jawabannya di atas semua, gan. Mungkin ada maintenance atau ada kerusakan (umumnya pada kabel). Sebelum itu, coba restart modem dulu 1 kali
HapusTadi lampu LOS nya sempet merah brp jam..terus skrg udah ga kedip merah lagi n lampu internetnya juga mati tapi smpet idup sebentar terus mati lagi..gimana yaaa.udah saya coba restart tp ga konek juga ...info please
BalasHapusLangsung minta bantuan teknis dari indihome-nya, gan. Ane curiga kabelnya rusak atau tidak sempurna masuk ke port-nya.
HapusPunyaku LOS dari jam 1 siang, sampe malam kabel gak ada maslah
BalasHapusKabel yg bermasalah umumnya tidak bisa dicek langsung secara fisik, gan. Harus pakai alat. Si teknisi indihome pasti bawa alatnya.
HapusAgan langsung buat keluhan aja, biar teknisi yg tangani. Bisa jadi nanti kabel dipotong-sambung atau ganti baru. Gratis kok. Tanpa biaya apapun.
Kecuali kalau internet mati tanpa lampu los yg berkedip. Kejadian seperti ini umumnya akibat maintenance atau ada gangguan jaringan. Ditunggu aja. Nanti bisa sendiri. Waktunya bisa dari beberapa menit, belasan menit, sampai beberapa jam tergantung faktor yg ada.
HapusKlo panggil teknisi apa kita harus kasih uang tip juga ga ya, terkadang teknisinya kaya nunggu "sesuatu" setelah tugasnya beres, keluhannya karna LOS gitu..
BalasHapusSebenarnya gratis tis tis, gan. Teknisi kan kerjaannya banyak tuh. Abis dari tempat agan, pasti dia udah ada schedule ke beberapa tempat lain. Jadi biasanya abis selesai dia pasti istirahat dulu. Ga langsung jalan. Buatin aja kopi atau teh gitu..
HapusSebenarnya yg ini ga ane rekomendasi. Tapi kalo agan mau kasih uang biar ga tengsin, kasih aja. Jangan banyak2 tapi. 20ribu gitu sambil salaman trimakasih hhehe.. Itu supaya agan ga tengsin aja ya. Soalnya, tanpa tip pun gaji teknisi udah gede lho..
Kalau punya saya LOS berkedip merah sudah 2 hari dari jam 02:00 - 09an pagi setelah itu normal lagi, setelah lewat tengah malam terjadi LOS lagi itu kira kira kenapa ya?
BalasHapusMungkin ada yg rusak, tapi belum rusak total. Jadi kadang normal lagi.
HapusKalau saat ini sudah tidak los lagi, ga usah ambil tindakan, gan. Tapi kalau masih rada2, langsung buat laporan saja. Bisa dari app myindihome.
Semenjak ane suka download macam macam software indihome ane jadi lemot, ane banting aja modem nya ke kepala tetangga ane, malah nambah rusak ada yg tau/admin kenapa ya??
BalasHapusTau lah. Mungkin agan terlalu banyak download vok3p. Indihome ada FUP-nya. Kalau agan pakai yg paket 10Mbps, FUPnya sekitar 300GB. Kalau sudah lewat, speed akan turun jadi sekitar 300Kbps (kalau tidak salah ingat).
HapusApakah hujan juga memengaruhi jaringan pada WiFi dan menyebabkan indikator LOS menyala ?
BalasHapusHarusnya tidak pengaruh sama sekali walau deras sekalipun. Kecuali jika ada perangakat jaringan yg rusak. Misalnya saja kabel jaringan yg tertarik kuat oleh ranting pohon saat angin kencang. Atau ada yg tersambar petir. Dll
Hapusdi kotaku pelayanannya nggak bagus nih. sudah laporan seminggu yang lalu dan otomatis internet dah mati seminggu teknisinya belum datang juga. kasusnya LOS merah gitu, punya tetangga ok ok saja. mau diperbaiki sendiri ya ga tau caranya. mau nanya teknisinya ya ga ada koneksi
BalasHapusCoba buat keluhan lewat app myindihome khusus untuk yg internet mati. Mungkin agan salah pilih opsi dan hanya memberi format "masukan" atau saran saja. Coba sekali lagi agan buat keluhan atau laporan kerusakan yg khusus untuk internet mati.
HapusJika agan masih bingung juga, coba agan cari stand indihome terdekat yg biasa ada dipinggir jalan, dan minta tolong sama mereka. Biar mereka yg buatkan laporannya.
Gan kok modem indihome saya tidak menyala dan koneksi internet tidak ada jika sedang mati lampu? Itu kenapa ya gan?
BalasHapusCoba agan bakar modemnya. Pasti nyala. Semoga membantu :)
HapusSy 1th udah 4x panggil teknisi karna kedip merah terus,,sehari di benerin besoknya udah merah lg..sampe kesel sendiri..depan rumah sy adem ayem aja gak pernah ada keluhan..kenapa ya,,cuma rumahku aja yg bentar2 los dan sering panggil teknisi
BalasHapusCoba kalo lagi diperbaiki teknisi, ditanyakan bagian apanya yg sering ada trouble. Kalau pada kabel, coba minta diganti kabelnya. Kalau pada modem, minta diganti modemnya.
HapusSaat buat keluhan, jelaskan masalah agan yg sudah muncul berkali-kali ini. Dan minta solusi jangka panjang. Kalau tidak ada solusi, agan bisa ancam untuk putus langganan.
kalau lampu PON nyala hijau kedap kedip kenapa ya? tapi lampu internet mati jadi gabisa akses internet, terus tv juga gabisa udah 2 hari kayak gini udah laporan juga di app my indihome, twitter jg tapi blm ada tanggapan :(
BalasHapusKemungkinan kabel optic-nya yg bermasalah. Harus sama teknisinya itu, sis. Coba buat keluhan di-app-nya tentang internet mati. Atau coba lewat telfon langsung
Hapussaya barusan masang indihome sehari trobel internet gak aktf..sehari bisa sehari LoS ketip" merah..sampai sekarang teknisi belum datang 😭
BalasHapusKalo baru masang, agan bisa langsung kontak bagian marketingnya, tempat agan daftar. Biasanya kan yg dipinggir jalan atau apa. Lewat dia bisa lebih cepat penanganannya. Karena pada bulan2 pertama, dia yg tanggung jawab atas kepuasan agan.
HapusWafi lapu merah
BalasHapusKalo lampu wifi yg merah, mungkin settingan wifi/wlan-nya dimatikan. Coba buka settingan modemnya. Buka lewat browser komputer atau handphone. Ketik di address bar-nya "192.168.1.1"
HapusMau nanya, lampu losnya merah terus kedip2 dari sore... ada kemungkinan gak ya si tiang wifinya tu bermasalah karena benang layangan? Soalnya udah seminggu di genteng banyak benang layangan
BalasHapusTerima kasih
Sangat mungkin, gan. Kabel optic itu sensitif. Apa lagi kalau sampai nyangkut benang, trus ditarik-tarik. Langsung minta bantuan teknis aj lewat app atau telfon langsung
HapusBang, kalo lampu LOS nya malah mati itu kenapa bang ?
BalasHapusKalo lampu los-nya mati & internet tidak bisa dipakai, biasanya ada gangguan tapi tidak ada kerusakan perangkat. Cukup ditunggu saja.
HapusTapi kalau berkepanjangan, lu bisa buat laporan gangguan ke indihome atau sekedar menanyakan status jaringan.
kak mau tanya,kok lampu los merah kadap kedip,internet gk bisa dipakai udah 3 hari ini cara mengatasinya gimana ? terimakasih kak ��
BalasHapusKan udah dikasih penjelasan di atas. Kalo lampu los nyalah & internetnya mati, berarti ada komponen yg rusak.
HapusSolusinya, minta bantuan teknisi indihome dengan cara buat laporan internet mati. Bisa telfon langsung ke nomor customer care ataupun lewat app myindihome
Min mau nanya, lampu PON nya bisa tiba2 berwarna merah sendiri gk min ?
BalasHapusBisa aja, kalo ada yg bagian yg rusak atau tidak bekerja seperti yg seharusnya.
HapusKlo lampu PON hidup hijau, tp LOSnya mati..
BalasHapusItu gmn bang ?
Kemungkinan ada masalah dengan kabel fibernya. Langsung panggil teknisi indihome-nya aja. Bisa lewat telfon, app, atau datang langsung ke gerai atau kantor indihome terdekat. Kalo ada kenalan teknisi indihome, bisa juga tuh langsung dipanggil.
HapusWifi di warung saya dari tadi malam lampu merahnya nyala terus... Terus g bisa loding... Solusinya gmn donk
BalasHapusKalau sampai semalaman kondisinya ga berubah, kemungkinan ada masalah dengan kabel optiknya. Agan bisa langsung minta bantuan lewat app myindihome, telfon langsung, atau mendatangi kantor indihome terdekat.
Hapusklo tiangnya ditbrak trs dsruh bkin lporan brpa lama tuh para teknisi dtang mmperbaiki
BalasHapusKalo ini sih gw belum pernah ngalamin sendiri. Ga tau deh butuh waktu berapa lama sampai teknisinya datang memperbaiki.
HapusTapi kalau memang yg kena satu tiang, berarti kan banyak rumah tuh yg kena dampak, mungkin kalau agan membuat laporan bisa langsung datang saat itu juga. kurang lebih 1 jam mungkin.