Januari 28, 2019

Cara Membesarkan Ukuran Thumbnail Pada Postingan Facebook

memperbesar, lebar, gambar, url, link, short link, firebase, facebook page, gambar, lebar, share link

Tips ini sangat berguna bagi admin atau pemilik page Facebook. Pasalnya, pengelola page cukup sering membuat postingan dengan mencantumkan link yang mengarahkan pengunjung page secara langsung ke website atau blog yang berada di luar Facebook. Saat link disematkan, maka thumbnail akan dimunculkan di bagian bawah postingan sebagai preview image dari isi website atau blog yang akan dituju.


Thumbnail sendiri merupakan salah satu unsur penting yang dapat meningkatkan traffic dan jumlah klik dari setiap pengguna Facebook yang melihatnya. Saat link disematkan ke dalam postingan Facebook, secara default sistem Facebook akan menampilkan thumbnail yang di ambil dari gambar/image pertama yang muncul di dalam halaman web atau blog tersebut. Masalahnya, thumbnail sering ditampilkan dengan ukuran kecil, sehingga akan mengurangi ketertarikan dari pengguna Facebook lain untuk mengklik link yang ada. Padahal kalau kita lihat, rata-rata postingan dari page Facebook yang profesional memiliki ukuran thumbnail yang besar dan lebar, sehingga sangat menarik untuk dilihat.


Bagaimana agar thumbnail Facebook berukuran besar / lebar?
Facebook merekomendasikan image berukuran 1200x630 pixel agar gambar akan tampil baik pada layar device yang beresolusi tinggi. Sedangkan ukuran minimal untuk mendapatkan thumbnail berukuran besar adalah 600x315 pixel. Ketika gambar yang akan dijadikan thumbnail tidak cukup besar, maka sistem Facebook akan secara otomatis merender image keukuran 154x154 atau 90x90 pixel. Thumbnail akan terpotong ke dalam bentuk kotak kecil dan tampil di sisi kiri, dimana nama judul dari isi web atau blog yang dituju akan berada tepat disebelah kanan dari thumbnail. Perbedaan yang sangat signifikan. Ukuran thumbnail yang kecil seperti ini terbukti memiliki daya tarik yang rendah.

Jadi, jika kamu mau menggunakan thumbnail berukuran besar maka pastikan gambar yang pertama tampil pada halaman web atau blog yang dituju memiliki ukuran setidaknya 600x315 pixel. Kamu juga dapat menggunakan resolusi yang lebih besar. Sebagai catatan, ratio thumbnail yang tampilkan adalah 1 : 1,91.


Sudah menggunakan image berukuran 600x315 pixel tapi thumbnail masih kecil?
Perlu diketahui juga, ketika kita menggunakan image berukuran besar pada sebuah postingan blog, maka blog akan merender image tersebut ke dalam ukuran yang lebih kecil. Sehingga gambar tidak ditampilkan dengan resolusi atau ukuran aslinya. Jadi, saat kamu menggunakan gambar berukuran 600x315 pixel pada blog, maka kemungkinan besar blog akan menampilkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil. Hasilnya, ukuran minimum yang dibutuhkan untuk mendapatkan thumbnail besar di Facebook menjadi tidak terpenuhi.


Apa solusinya?
Solusinya adalah menggunakan custom link. Akira sendiri menggunakan fitur custom link dari Google, yaitu Firebase Dynamic Link. Dynamic link ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan pemendek link (link shortener) pada umumnya. Sehingga link akan tampil lebih menarik dan lebih pendek. Keuntungan lainnya yang sangat berguna adalah kemampuannya untuk menggunakan custom thumbnail. Sehingga kita dapat menggunakan gambar dari source lain yang memiliki resolusi lebih tinggi, diluar dari gambar yang ada di dalam web atau blog. Tutorial untuk membuat dynamic link menggunakan Firebase bisa kamu baca di sini:


Dimana kita dapat menggambil image beresolusi tinggi sebagai thumbnail?
Kamu harus mengupload dan menyalin URL gambar dari website yang melayani hosting file image. Syaratnya, image yang kamu upload harus dapat diakses dan disalin direct link-nya (contohnya dengan akhiran URL .jpg atau .png). Akira sendiri mengupload image yang dibutuhkan ke Imgur.com (https://imgur.com) . Setelah gambar diupload, Kemudian copy direct link dari gambar tersebut, dan paste pada kolom "Preview image URL" atau "Pratinjau URL gambar" (jika dalam bahasa Indonesia) saat membuat dynamic link menggunakan Firebase.

Jangan gunakan gambar dari Google drive ataupun Google photo. Kenapa? Karena kita tidak bisa mendapatkan direct link dari gambar yang kita telah kita upload di sana. Google hanya akan memberikan link yang aktif dalam waktu terbatas. Akibatnya gambar thumbnail hanya tampil untuk sementara waktu saja. Kemudian saat link sudah tidak aktif, maka thumbnail akan menghilang dan hanya akan meninggalkan tampilan blank.

Beberapa contoh penggunaan thumbnail berukuran besar pada postingan Facebook, dapat kalian lihat pada page milik akira sendiri di sini WeakGamer@facebook

Artikel ini informatif? Baca juga artikel informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

author: Akira Asayami

2 Comments