September 13, 2018

Cara Membuat Link Pendek Menggunakan Firebase Dynamic Links (FDL) dari Google

link, pemendek, pemangkas, pemotong, url pendek, memendekan, tautan, short, memotong link, address, googl
Setelah Google menutup layanan pemendek URL goo.gl, maka Google merekomendasikan para penggunanya untuk mulai beralih ke layanan baru yang telah dibuatnya, yaitu Firebase. Firebase sendiri masih merupakan bagian dari Google. Berbeda dengan goo.gl yang hanya berfungsi menyederhanakan URL, Firebase memiliki segudang fitur yang akan sangat berguna bagi penggunanya, terutama bagi para developer.

Lihat juga:
Firebase Dynamic Link adalah fitur yang digunakan sebagai alternatif shortener link biasa pada umumnya. Dynamic Link dinilai lebih fleksibel, nyaman bagi para pengguna, dan memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik ketimbang shortened link. Jadi, Bagaimana cara kita membuat Dynamic Link menggunakan Firebase ini? Simak tahap-tahapnya di bawah!


1. Buka  https://firebase.google.com/  dan log in menggunakan akun google.

2. Kemudian klik tombol GO TO CONSOLE yang berada di kanan atas.

3. Setelah halaman console terbuka, klik Add project.

4. Isi beberapa data yang diperlukan.

link, pemendek, pemangkas, pemotong, url pendek, memendekan, tautan, memotong link, address, googl
Add project
  • Project name: Bebas kamu isi. Misalnya blog, channel youtube, app, apapun itu.
  • Project ID: Penting. Akan digunakan sebagai url database dan subdomain. Lebih baik berkaitan dengan nama blog, channel, akun, atau nama akun apapun dari platform yang kamu gunakan. Contohnya contohcontoh-blog atau contohcontoh-channel
  • Location: Optional, tidak diharuskan untuk diisi. Namun jika mau, pilih sesuai kebutuhan. Misalnya, Indonesia.
5. Setelah semua terisi, klik Create project.

6. Buka project yang sudah kamu buat.

7. Scroll menu yang berada di kiri sampai kamu menemukan Dynamic Links, lalu klik.

8. Klik Add domain. Sangat direkomendasikan untuk diisi dengan brand yang kamu punya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung saat melihat link pendek yang kamu buat nanti.

9. Klik nama domain yang sudah kamu buat.

10. Klik New Dynamic Link.

11. Isi beberapa data yang diperlukan.

link, pemendek, pemangkas, pemotong, url pendek, memendekan, tautan, memotong link, address, googl
New Dynamic Link
  • Domain: Kamu hanya membuat ekornya saja. Secara default hanya huruf atau angka acak, namun kamu dapat merubahnya. Misalnya dengan keyword judul postingan atau yang lain sebagainya.
  • Deep link URL: Link asli yang akan dituju.
  • Dynamic Link name: Nama yang akan tampil di akun Firebase milikmu. Beri nama yang relevan agar mudah dibedakan dengan Dynamic Link lainnya yang nanti akan kamu buat.
  • Define link behavior for iOS: Pilih Open the deep link URL in a browser.
  • Define link behavior for Android: Pilih Open the deep link URL in a browser.
  • Campaign tracking, social tags..: Optional, tidak harus diisi. Namun bagian Add social meta tags lebih baik diisi.
12. Setelah selesai, klik Create. Dynamic Link sudah berhasil kamu buat, dan sekarang kamu dapat membaginya kepada orang lain.


Jika kamu ingin membuat Dynamic Link lainnya, kamu hanya butuh mengulang dari langkah nomor 10. Kecuali kamu ingin membuat Dynamic Link lain yang menuju ke platform atau website lain, lebih baik kamu membuat domain baru (langkah nomor 8) atau membuat project baru (sesuai kebutuhan).

Semua fitur Firebase yang ada tidak dapat kamu pelajari secara instan, karena memang layanan ini cukup kompleks, dengan Dynamic Link sebagai salah satu fiturnya. Dynamic Link sendiri memiliki fungsi lebih dari link biasa. Tidak hanya mengarahkan pengguna ke website, Dynamic Link juga dapat mengarahkan pengguna ke app (mobile app) tertentu jika dibuka melalu smartphone.

Demikian tutorial tentang cara membuat link pendek meggunakan Firebase. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya di weakwings.blogspot.com

author: Akira Asayami