September 12, 2018

Google Menutup Layanan URL Shortener goo.gl dan Beralih Ke Firebase Dynamic Links (FDL)

link, pemendek, short, pemangkas, pemotong, url pendek, memendekan, tautan, memotong link, address, googlGoogle telah memberi pengumuman pada tanggal 13 April 2018, siapapun yang belum pernah menggunakan layanan goo.gl sebelum tanggal 31 Maret 2018 maka tidak akan bisa lagi membuat link pendek menggunakan layanan ini. Namun, bagi pengguna yang sudah pernah menggunakannya, maka mereka tetap bisa mengakses layanan ini sampai tanggal 30 Maret 2019, sebelum layanan ini nanti akhirnya benar-benar ditutup.

Layanan pemendek link goo.gl yang diluncurkan pada tahun 2009 ini ditutup sebagai upaya Google untuk mengalihkan penggunanya untuk menggunakan Firebase Dynamic Links. FDL adalah smart link yang memungkinkan para developer mengalihkan para pengguna ke lokasi manapun dari halaman web ataupun app (aplikasi mobile). Google mendorong penggunanya yang ingin membuat link pendek untuk menggunakan layanan gratis dari Firebase Dynamic Links (FDL), atau jika mau, para pengguna juga dapat menggunakan beberapa alternatif layanan pemendek URL lain seperti Bitly atau Ow.ly.



Walaupun demikian, Google sangat merekomendasikan bagi para developer untuk menggunakan layanan FDL. Google mengatakan kepada para developer, tidak seperti link pendek (shortened url) yang ada sebelumnya, FDL akan secara otomatis mendeteksi platform yang sedang digunakan, dan secara otomatis mengarahkan pengguna ke sebuah halaman web ataupun app (aplikasi mobile) tergantung dari layanan yang paling cocok dengan platform yang sedang mereka gunakan saat itu. Google juga mengatakan bahwa FDL lebih mungkin bertahan di proses instalasi app dari pada link standar pada umumnya. Hal ini akan memudahkan para pengguna baru untuk menemukan konten yang mereka cari.

Keuntungan lain yang didapatkan dari menggunakan layanan FDL adalah keamanannya. Di tahun 2016, telah dilaporkan bahwa link pendek memiliki isu keamanan bagi para pengguna dibandingkan dengan link standar yang digunakan. Karena para pengguna tidak mendapatkan informasi apapun dari link yang dipersingkat sebelum akhirnya mereka membuka link tersebut.

link, pemendek, pemangkas, pemotong, url pendek, memendekan, tautan, memotong link, address, googl
Perbedaan Shortened Link (lama) dan Firebase Dynamic Links

Sebagai tambahan, fokus Google ke Firebase Dynamic Links, Google mengatakan keputusannya untuk menghentikan layanan goo.gl adalah karena berbedanya cara para pengguna disaat ini untuk menelusuri website. Google mengatakan, semenjak diluncurkan tahun 2009, mayoritas para pengguna menggunakan browser web melalui komputer dekstop untuk mengakses internet. Setelah lewat 9 tahun, saat ini mayoritas para pengguna menggunakan smartphone, apps, dan digital assistant untuk mengakses website.

Lihat juga:

source: www.digitaltrends.com
author & translator: Akira Asayami