September 11, 2018

Naik Apa Dari Bekasi ke Blok M atau Gelora Bung Karno (GBK)?

bis, jakarta bekasi, even, festifal, jepang, cosplay, matsuri
Banyak event yang diselenggarakan di blok m dan Gelora Bung Karno (Jakarta). Dari konser musik, festival Jepang, cosplay, pameran teknologi, kendaraan, dan lain sebagainya. Di sini Akira akan berbagi info kecil. Bagi yang berlokasi di Bekasi dan ingin pergi menuju blok m atau Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, namun tidak tahu arah, maka simak info di bawah.

Sebenarnya ada banyak kendaraan umum yang dapat kamu gunakan. Bus umum, bus transjabodetabek atau kereta. Namun yang paling simpel menurut Akira sendiri adalah dengan naik bus umum. Kamu dapat menggunakan bus patas Mayasari Bakti AC 05. Tanpa transit, tanpa jalan kaki jauh-jauh, sekali naik langsung sampai di depan blok m atau Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Dari arah Bekasi, bus patas AC 05 ini akan memulai perjalanan dari terminal Bekasi, lalu mengarah ke tol Bekasi Timur, Jalan Jendral Sudirman, Gelora Bung Karno, dan berhenti di terminal blok m. Sebenarnya ada beberapa jalan juga yang dilalui, seperti; Jalan Hasanuddin, jalan Patimura, jalan Semanggi, jalan tol Gatot Subroto, jalan tol Cawang / Bekasi, jalan tol Cikampek, dan beberapa lokasi lainnya. Tidak semua Akira cantumkan karena kita hanya fokus membahas arah blok m dan Gelora Bung Karno saja ya..

# Kenapa lebih baik memilih naik bus AC 05 dari tol Bekasi Timur?
Satu, karena lebih simpel. Satu kali naik, langsung sampai di tempat tujuan. Tanpa transit dan tanpa perlu repot jalan kaki jauh-jauh. Alasan dua, karena tol Bekasi Timur atau Bulak Kapal masih berada di sekitar pemukiman. Jadi daerah ini lebih sepi mobil dan lebih ramai motor. Dibanding tol Bekasi Barat yang memiliki jalan lebih besar, banyak mobil, truk, polisi stanby, dan jalan memutar yang jauh. Tol Bekasi Timur terbaiklah.

# Menunggu bus darimana?
Ada 2 spot favorit Akira. Pertama, kamu berkendara dengan motor ke tol Bekasi Timur, titip motor ditempat penitipan (umumnya Rp. 3000 satu motor), lalu tunggu bus di depan pintu masuk tol Bekasi Timur. Di sana akan ramai juga orang-orang yang menunggu bus datang. Pintu masuk ya, bukan pintu keluar tol.

Kedua, kamu naik motor ke arah Bulak Kapal. Tidak terlalu jauh, hanya butuh jalan lurus sedikit dari tol Bekasi Timur. Patokannya BTC. Diseberang gedung BTC, carilah parkiran motor yang tidak jauh dari sana (ada banyak). Titip motor kamu, lalu tunggu bus di sekitar gedung BTC. Jangan pas di depannya juga ya.. Jangan di halte trans juga. Tunggu saja di pinggir jalan. Ini adalah spot terbaik menurut Akira. Di sini biasanya bus masih dalam kondisi sepi. Kamu bebas memilih tempat duduk hhehe..


# Berapa biaya ongkos-nya?
Saat ini untuk sekali jalan ongkosnya adalah Rp. 10.000. Ditambah beberapa koin rupiah jika kamu mau menjadi orang yang dermawan. Karena pasti ada beberapa pengamen yang naik untuk mencari nafkah. Jadi total ongkos bolak-balik ditambah biaya penitipan motor adalah Rp. 23.000 (tidak termasuk sedekah).

# Dimana kamu turun?
Bus akan melintas tepat di seberang Gelora Bung Karno (BGK). Saat stadion terlihat, kamu bisa berdiri dari tempat duduk dan memberi tahu kernet untuk menghentikan bus. Untuk mudahnya lagi, turunlah di dekat jembatan penyeberangan agar kamu bisa langsung menyebarang jalan. Untuk tujuan blok m, kamu tidak perlu takut terlewat. Bus akan berhenti tepat di blok m yang juga terminal bus. Kamu bisa tidur sampai supir membangunkan kamu hhehe..

# Pulang naik apa?
Sama seperti kamu pergi. Kamu hanya perlu menunggu bus AC 05 di pinggir jalan. Pastikan naik yang ke arah Bekasi ya.. bukan yang masih terus ke arah blok m. Kemudian kamu turun di depan BTC atau pintu keluar tol Bekasi Timur. Sesuaikan lokasi turun dengan lokasi tempat kamu menitipkan motor.

# Berapa lama perjalanan dan waktu tunggunya?
Perjalanannya memakan waktu sekitar 1 jam. Kalau sepi umumnya tidak sampai 1 jam. Untuk waktu tunggunya sekitar 20 sampai 30 menit. Jadi kalau bisa jangan sampai bus terlewat, jika kamu tidak mau menunggu.

# Jam operasi?
Bus ini beroperasi dari jam 4.30 pagi sampai 9.00 malam. Jadi hati-hati bagi yang ingin menikmati event sampai lewat dari jam 9 malam. Bisa dipastikan kamu tidak bisa menjumpai bus AC 05 lagi sampai besok pagi. Jika kamu terlanjur tertinggal bus terakhir untuk hari itu, tenang saja. Masih banyak alternatif lainnya. Misalnya saja menggunakan transportasi online yang tidak kenal waktu.

Semoga info ini membantu kamu yang membutuhkan. Ingat, untuk tetap bertanya pada orang-orang disekitar jika kamu mulai kehilangan arah. Seperti pepatah mengatakan "Malu bertanya, sesat di jalan". Selamat menikmati event apapun yang ingin kamu datangi. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com

author: Akira Asayami
 

10 Comments

  1. Maaf mau nanya itu parkir motor 3 rb seharian atau perjam kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua tarif parkir, umumnya flat, walaupun harganya bisa beda2. Akira sendiri belum pernah nemu parkir dengan tarif per jam kecuali parkir di dalam mall.

      Hapus
  2. Klo turun di GBK kan nyebrang klo dari arah Bekasi , klo pulang nya berarti nunggu bus nya ga nyebrang ya ka ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Ga usah nyebrang lagi. Tapi harus sabar2 ya.. karena bis AC 05 sudah jarang lewatnya. Kalau kamu kelewatan 1 bis, mungkin kamu butuh menunggu lebih dari setengah jam.

      Hapus
  3. Dari bekasi kita nunggu bis yang arah blok m dari mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. AC 05 masih ada kok itu sampai sekarang. Masih relevan artikelnya :)

      Hapus
  4. Untuk Saat ini, apa anak2 boleh naik Buss juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya sih boleh2 aj. Tapi saat pandemi, saya belum pernah naik bus lagi. Jadi saya kurang tau aturannya gimana

      Hapus