Maret 01, 2018

Apa itu Parse HTML dan Penggunaannya Pada Adsense

Code, Google Adsense, Parse, Fungsi ParseProses parse sudah umum di ketahui oleh para blogger. Terutama yang sudah lumayan mahir bermain dengan script ataupun yang memiliki akun adsense aktif. Namun bagi para blogger awam, proses parse ini merupakan sesuatu yang sering didengar, namun jarang diketahui. Yang kita ketahui mungkin hanya meng-copy sebuah code, dan mendapatkan code baru. Jadi, sebenarnya apa itu parse?

Dalam bahasa Inggris, parse memiliki arti mengurai. Namun dalam lingkup ini, parse merupakan suatu proses merubah karakter-karakter tertentu di dalam suatu script menjadi kode unik (entities code). Contohnya saja karakter-karaker berikut:

  • <  menjadi  &lt;
  • >  menjadi  &gt;
  • &  menjadi  &amp;
  • '  menjadi  &#039;
  • "  menjadi  &quot;
  • dan lain sebagainya.
Apa fungsi parse pada kode html ? Parse akan mencegah tampilan error pada sebuah halaman html yang dibuka melalui beberapa browser tertentu (umumnya browser versi lama). Kode html yang sudah di-parse juga akan lebih SEO friendly dan valid html5, jika dibandingkan dengan yang belum di-parse. Proses parse sendiri tidaklah wajib, namun sering dibutuhkan.

Kenapa code adsense perlu di parse ? Jawabannya simple. Agar code script yang telah disediakan pihak google, dapat terbaca oleh berbagai template yang berbeda-beda dengan struktur yang beragam.

Kamu bisa melakukan parse di http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php


author: Akira Asayami
reference: searfind.blogspot.co.id