Februari 27, 2018

Cara Memasang Adsense Versi Mobile Di Bawah Judul Postingan

menampilkan, smartphone, handphone, hp, menempatkan
image source: marketingland.com
Bagaimana cara menampilkan adsense versi mobile di bawah judul postingan? Terjadi dibeberapa blog yang menggunakan template non-responsive, code adsense yang telah ditempatkan di bawah judul postingan tidak tampil di versi mobile (jika blog dibuka melalui handphone/smartphone). Namun adsense tetap tampil normal jika blog dibuka melalui versi desktop.

Di tutorial singkat ini Akira akan membahas bagaimana cara menampilkan adsense versi mobile, tepat bawah judul postingan. Khususnya untuk pengguna template non-responsive. Namun cara ini juga dapat digunakan bagi para pengguna template responsive.

Pertama yang perlu diketahui, cara ini hanya akan menampilkan adsense di bawah judul postingan versi mobile saja, sehingga cara ini tidak bertabrakan atau mengganggu peletakan adsense versi desktop. Caranya adalah sebagai berikut:


Pertama, buat Ads Unit baru dengan ukuran yang cocok berada di bawah judul postingan mobile
  1. Log in di halaman google adsense dengan akun milik kamu.
  2. Pilih tab My Ads. Kemudian pilih New Ads Unit, untuk menambah unit iklan baru.
  3. Pilih ukuran ads yang kamu kehendaki. Kamu juga bisa menggunakan ukuran responsive. Namun Akira sendiri menggunakan ukuran ads 320x100, ukuran ini termasuk kecil namun elegan, sehingga lebih nyaman di mata pembaca. Tips : Berikan juga nama pada Ads Unit ini, agar nantinya ads unit lebih mudah dicari, jika sewaktu-waktu kamu ingin mengubahnya.
  4. Lakukan Save and get code.
Seperti yang pernah kita lakukan sebelum-sebelumnya, parse terlebih dahulu code adsense yang akan kamu gunakan, sebelum kamu tempatkan di template blog. Kamu bisa melakukan parse di http://www.blogcrowds.com/

Apa itu proses parse? Baca di sini..


Penempatan code adsense pada template blog
  • Lakukan backup template, untuk berjaga-jaga seandainya terjadi kesalahan. Jika kamu anak didik Mad Dog, skip langkah ini!
  • Buka template blog dan temukan code...
<b:includable id='mobile-post' var='post'>
  • Scroll sedikit ke bawah untuk menemukan code...
<div class='post-body entry-content' expr:id='&quot;post-body-&quot; + data:post.id' itemprop='articleBody'>
  • Letakan code script adsense di bawahnya seara langsung.
  • Atau, supaya terlihat lebih rapih, kamu juga bisa menambahkan script berikut pada code adsense.
<br>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='toppostadmobile ' style='text-align:center;'>
CODE ADSENSE YANG TELAH DIPARSE DI SINI
</div>
</b:if>
</br>
  • Selesai :)

Untuk mengujinya secara langsung, kamu dapat melakukannya dari pc dengan menambahkan  ?m=1  tepat di belakang url postingan blog kamu masing-masing. Cara ini akan menampilkan postingan blog menjadi tampilan mobile. Good luck !

author: Akira Asayami