April 18, 2018

DSS Smart Key, Jadikan Sistem Kunci Motor Lebih Canggih, Bak Aerox 155VVA Dan PCX

smartkey, keyless, nmax, xmax, matic, matic, cara kerja, fungsi, fitur, varioBeberapa motor produksi terbaru di Indonesia seperti Honda PCX 150 dan Yamaha Aerox 155 VVA seri S, sudah mulai menggunakan fitur keyless system. Motor sudah tidak lagi memiliki lubang kunci. Sebagai gantinya, si pemilik hanya perlu menggunakan alat sejenis remote yang digunakan untuk menyalakan motor, sebagai immobilizer, maupun answer back.

Fitur yang biasa disebut juga Smart Key System atau Keyless Ignition System ini sebenarnya bukanlah teknologi baru. Tahun 2016, fitur canggih ini sudah digunakan pada Honda PCX 150 produksi Thailand, sebelum akhirnya keyless system ini mulai digunakan di beberapa motor produksi Indonesia. Jauh sebelumnya lagi, sebenarnya teknologi keyless ini sudah mulai digunakan pada mobil. Bahkan sebelum tahun 2000.

Selain terlihat lebih canggih, fitur keyless ini juga akan meningkatkan keamanan pada kendaraan secara signifikan. Motor yang menggunakan keyless system ini sudah tidak perlu khawatir lagi akan pencuri yang berbekal kunci T atau cairan setan. Karena motor sudah tidak memiliki lubang kunci lagi. Jika pencuri tetap berusaha mencongkel lubang kunci, maka alarm akan menyala melalui sensor getar.

Bahkan jika kamu menjadi korban begal, dan terpaksa menyerahkan motormu di tengah jalan, dalam jarak tertentu motor akan mati dengan sendirinya, dan secara otomatis akan mengaktifkan fitur alarm. Kamu dapat memastikan motormu akan dalam kondisi mati, tidak terlalu jauh dari tkp. Dan kamu dapat menghubungi pihak berwajib untuk membantu menemukan lokasi motor dan juga jejak pelaku begal.



DSS Smart Key Sebagai Pengganti Kunci Motor Konvensional
Untuk menikmati fitur keyless pada motor, kamu dapat mengganti sistem kunci pada motormu dengan produk DSS Smart Key. Pemasangannnya pun tidak lama dan tidak melakukan pemotongan kabel pada prosesnya. Sehingga garansi motor tidak akan hilang (jika masih garansi). Kamu dapat menggunakan produk ini pada motor NMAX, Vario, dan motor lain yang dasarnya tidak menggunakan teknologi keyless system ini. Harga produk sekitar 1 juta rupiah. Tentu harga akan berbeda tergantung si penjual. Biaya pemasangan tergantung kebijakan dari pihak penjual atau bengkel.

smartkey, keyless, nmax, xmax, matic, matic, cara kerja, fungsi, fitur, vario
img source: otomotifnet.com
Pertanyaan-pertanyaan seputar produk DSS Smart Key dan Fiturnya
(source: dsssmartkey.com)

# Pengalaman saya menggunakan alarm jenis lain menyebabkan aki tekor setelah 5 hari tidak dipakai sama sekali. Motor tidak bisa di starter. Bagaimana dengan DSS Smartkey?
DSS SmartKey membutuhkan daya yang sangat kecil sekali, sehingga tidak ada bedanya dipasang DSS SmartKey atau tidak. Jadi tidak akan menyebabkan aki tekor.

# Sepeda motor jenis apakah yang bisa dipasang DSS SmartKey?
Semua jenis sepeda motor yang memiliki Double Starter. Aki juga harus dalam kondisi prima.

# Untuk sepeda motor non-matic, apakah tetap perlu dipasang fungsi rem sebelum starter?
Disarankan untuk tetap memasang fungsi rem agar semua fitur dapat berrfungsi dengan baik.


# Setelah menggunakan DSS SmartKey, bagaimana bila terjadi kondisi aki soak / tekor sehingga tidak bisa starter?
Selama indikator lampu speedometer masih bisa menyala maka mesin dapat dihidupkan dengan cara Klik Starter. Sebaiknya jangan memaksakan dengan Double Starter, karena tegangan aki yang terlalu rendah dapat menyebabkan komputer dalam Base Modul menjadi hang.

# Apa yang harus dilakukan bisa Base Modul terlanjur hang (Sistem tidak ada respon sama sekali)?
Buka kotak sekring. Cabut sekring utama (Main Fuse) dan tunggu beberapa detik. Setelah itu pasang kembali. Tekan Starter 1x sampai indikator speedometer menyala setelah itu gunakan Klik Starter untuk menghidupkan mesin. Setelah itu segera Charge/Ganti aki dengan yang baru.

# Mengapa Aki menjadi cepat tekor? Apa disebabkan oleh pemasangan DSS SmartKey?
Tidak, kesalahan pengguna motor injeksi pada umumnya adalah pada saat starter mesin, tidak menunggu sampai lampu indikator injeksi mati. Sehingga menyebabkan aki terbeban lebih oleh dinamo starter dan pompa injeksi. Bila itu dilakukan terus menerus maka membuat aki cepat rusak

# Ketika menekan tombol Switch Starter, indikator tidak menyala dan alarm berbunyi?
Cek baterai! Bila baterai masih dalam kondisi bagus, kembalikan baterai ke posisi semla (jangan terbalik polaritasnya) dan coba ulangi menyalakan kontak kendaraan.

# Apa tanda-tanda bila baterai di SmartKey sudah lemah dan waktunya mengganti dengan yang baru?
Respon untuk menyalakan kontak menjadi lebih lambat dari biasanya (3-5 detik indikator di speedometer menyala).

# Dimana saya bisa membeli baterai tersebut?
Baterai tipe CR2032 adalah baterai yang umum dan mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

# Apakah saya bisa memasang bel alarm secara terpisah?
Sangat bisa dan disarankan untuk memasang bel tersendiri (penempatan terserah anda) agar lebih mengamankan kendaraan.

# Apakah dengan pemasangan alarm DSS SmartKey menghilangkan garansi motor?
Pemasangan alarm DSS Smart Key tidak memotong kabel motor sama sekali, sehingga tidak meghilangkan/membatalkan garansi motor.

# Bagaimana jika terjadi pembegalan atau perampasan di jalan raya?
DSS Smart Key dilengkapi dengan anti rampas/begal, apabila motor dirampas dan dibawa lari oleh pelaku maka dalam 30 detik menjauh dari kita motor akan mati dan klakson berbunyi (mesin tidak bisa dihidupkan lagi), mengapa setelah 30 detik baru mati ? estimasi dalam 30 detik pelaku sudah menjauh 100-150 meter. ini jarak aman bagi kita untuk mencari bantuan dan selanjutnya menjemput motor kita yang sudah ditinggalkan pelaku.

# Bagaimana jika kunci kontak motor kita dijebol pencuri ?
DSS Smart Key dilengkapi dengan anti maling dimana saat kunci kontak dijebol motor tetap tidak bisa hidup. Yang ada klakson akan berbunyi terus-menerus.

# Bagaimana jika sepeda motor diangkut ke mobil bak/box ?
Dengan adanya sensor getar, maka saat sepedamotor diangkat maka klakson akan bunyi terus-menerus jika terjadi goncangan.


Baca juga :
author: Akira Asayami
reference: dsssmartkey.com