April 16, 2018

Cara Restart Browser Tanpa Menutup Tab Yang Ada - Tutorial

how, merestart, close, tapi, tidak, setiap, reset
Bagaimana cara kita merestart browser tanpa menutup setiap tab yang sedang kita buka? Pasti pernah terjadi pada kita, disaat browser yang kita gunakan mendadak crash ataupun memerlukan restart dikarenakan kita baru saja mengupdate add-on atau plugin yang ada. Yang pastinya ini cukup mengganggu, jika kita sedang membuka beberapa situs penting secara bersamaan. Biasanya kita akan menetapkan pilihan antara; merestart browser dan mengorbankan setiap tab yang terbuka, atau tetap menggunakan browser namun tanpa add-on atau plugin yang bekerja. Jangan khawatir! Kita tetap bisa melakukan restart, dengan tetap mengingat setiap tab yang sedang kita buka saat itu. Simak caranya di bawah...


Cara Restart Mozilla Firefox Tanpa Menutup Tab Yang Ada
Pertama, kamu harus membuka console milik firefox dengan menekan tombol Shift+F2. Console akan muncul di baris terbawah dari window browser. Ketik restart. Kemudian tekan Enter. Maka firefox akan tertutup dan kembali terbuka. Tab yang sedang aktif sebelumnya juga akan kembali terbuka.

Fitur console pada Mozilla versi terbaru, sudah / sementara di-disable. Maka cara alternatifnya adalah dengan membuka halaman about:profiles pada address bar. Kemudian pada halaman yang terbuka, klik Restart normally...

Cara Restart Google Chrome Tanpa Menutup Tab Yang Ada
Buka menu setting, kemudian klik option. Pada tab Basic, klik Reopen the pages that were open last. Prosedur yang harus dilakukan jika kamu mau membuka kembali banyak tab setelah chrome tertutup dan terbuka kembali adalah, kamu diharuskan menutup chrome melalui menu exit dari browser. Bukan dengan mengklik tombol X pada window browser yang terletak di pojok kanan atas.

Cara alternatifnya adalah dengan memasukan chrome://restart pada address bar, kemudian tekan enter. Cara ini lebih mudah dari cara pertama. Namun jika kamu sudah mengubah pengaturan seperti pada cara pertama, kemudian kamu melakukan cara kedua, maka kamu akan menjumpai infinity loop. Dimana saat chrome terestart melalui chrome://restart, maka setelah chrome kembali terbuka, chrome akan kembali membuka tab chrome://restart, maka chrome juga akan kembali terestart. Dan hal ini akan terus berulang. Hati-hati!

Cara Restart Opera Tanpa Menutup Tab Yang Ada
Buka setting, dan klik Basic. Di sana akan ada menu On startup. Maka pilih Continue where I left off. Pengaturan akan tersimpan secara otomatis, dan kamu sudah boleh menutup tab setting. Setelah kamu menutup browser opera, maka opera akan menampilkan kembali setiap tab yang sebelumnya masih dalam kondisi terbuka.

Cara  Restart Internet Explorer Tanpa Menutup Tab Yang Ada
Klik setting, kemudian pilih Internet option. Setelah window terbuka, pada tab general terdapat menu startup. Maka pilih Start with tabs from last session. Kemudian klik Ok atau Apply. Cara ini serupa dengan cara yang dilakukan pada browser opera.


Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com

author: Akira Asayami
reference: techadvisor.co.uk