Februari 24, 2019

Cara Membuka Website Yang DiBLOKIR Tanpa VPN (2020)

situs diblokir, blokir, akses, vpn, free proxy, tahun 2019, browser desktop, mozilla

Terdapat banyak situs yang diblokir oleh Internet provider di Indonesia. Memang tujuannya positif. Tapi ada juga situs yang dinilai cukup bermanfaat oleh pengguna Internet, ikut diblokir dengan alasan memiliki potensi penyalahgunaan. Contohnya saja seperti forum diskusi reddit, dan imgur sebagai tempat untuk hosting image.


Kebanyakan dari kita akan menggunakan aplikasi VPN ataupun VPN berbentuk browser extension untuk mengakses beberapa situs yang diblokir. Namun sayangnya saat ini banyak VPN yang tidak berkualitas. Misalnya saja proxy yang jarang diperharui atau speed yang super lemot. Sebenarnya kita dapat secara langsung menggunakan proxy di dalam browser tanpa melalui software atau app VPN. Cara ini lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan mencari VPN gratis yang berkualitas.


Cara Membuka Website Yang DIBLOKIR Menggunakan Free Proxy Pada Browser (Mozilla)

Cara ini dapat diterapkan juga pada browser lain. Namun kali ini, sebagai contoh, Akira akan menerapkannya pada browser Mozilla Firefox.

1. Dapatkan IP address proxy gratis. Misalnya saja dari https://free-proxy-list.net

2. Cari negara terdekat untuk mendapatkan speed internet yang stabil.

Cara Membuka Website Yang DiBLOKIR Tanpa VPN (2019), situs diblokir, blokir, akses, vpn, free proxy, tahun 2019, browser desktop, mozilla

Singapura (Singapore) adalah pilihan terbaik. Negara lain seperti Thailand, India, dan beberapa negara lainnya yang letaknya berdekatan dengan Indonesia juga dapat kamu pilih.

3. Prioritaskan port 8080, 8888, 80, ataupun 8000. Port tersebut umumnya berfungsi dengan baik dan jarang bermasalah. Namun beberapa port lain juga dapat digunakan.

4. Copy IP address.

5. Pada browser Mozilla, buka Option dan cari Network Settings.

6. Ubah dari "Use system proxy settings" menjadi "Manual proxy configuration".

Cara Membuka Website Yang DiBLOKIR Tanpa VPN (2019), situs diblokir, blokir, akses, vpn, free proxy, tahun 2019, browser desktop, mozilla

7. Paste IP address pada kolom "HTTP Proxy".

8. Ketik port yang digunakan pada kolom "Port". Contohnya; 8080

9. Centang "Use this proxy server for all protocols".

10. Klik "Ok" untung menyimpan pengaturan.

11. Selesai!


Daftar proxy gratis pada free-proxy-list.net selalu berubah-ubah, dan tidak semua IP address yang ditampilkan dapat digunakan. Proxy yang bisa digunakan pun tidak selalu aktif. Ada masanya dimana proxy yang aktif menjadi tidak aktif dan hilang. Dan ada masanya juga dimana proxy-proxy baru, masuk dan muncul dalam daftar.

Maka saat mencari proxy yang aktif, kamu harus mencobanya satu per satu. Jika proxy yang bisa kamu gunakan menjadi tidak aktif, maka kamu harus menggantinya dengan IP address yang lain.


Masih bingung? Lihat langsung video tutorialnya...
(jangan lupa like & subscribe ya...)



Artikel ini informatif? Baca juga artikel informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga :
author: Akira Asayami

2 Comments

  1. Keren gan tulisannya. Sangat membantu. Ane juga pernah bikin artikel tentang cara membuka situs yang diblokir. Siapa tau bisa nambah-nambah ilmu, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, gan :) Dan maaf, tidak bisa kasih link aktif di sini ;)

      Hapus