Maret 10, 2018

Cara Disable Klik Kiri Pada Paragraf atau Bagian Tertentu Postingan Blog

klik kanan, right click, anti left click, anti copas, copy paste
Bagaimana cara mendisable klik kiri pada postingan blog? Namun pada bagian atau paragraf tertentu saja. Pasti pada awalnya kebanyakan blogger akan membuat postingan dengan tujuan berbagi informasi pada para pembaca. Postingan tentang teknologi, tutorial, game, novel dan lain sebagainya. Beberapa blogger berusaha mengumpulkan informasi dan referensi dari berbagai sumber, sebelum akhirnya mereka mengumpulkan bagian-bagian terpenting dan merangkumnya ke dalam satu postingan. Semakin banyak pembaca yang berdatangan, pasti akan membuat sang penulis semakin senang dan bersemangat. Apa lagi jika komentar-komentar positif juga turut serta.

Namun masalahnya, ada beberapa blogger nakal yang dengan mudahnya menduplikat postingan hasil karya orang lain, tanpa memikirkan usaha dan waktu yang dibutuhkan seorang penulis untuk menciptakan suatu postingan yang bermutu. Nah, di sini sebagai blogger, kita dapat melakukan usaha untuk memproteksi postingan yang sudah kita buat dengan susah payah. Salah satu caranya adalah mendisable klik kiri, untuk menghindari copas (copy-paste).

Sudah banyak para blogger yang membuat tutorial tentang cara mendisable klik kiri pada seluruh postingan blog. Namun bagaimana jika kita hanya ingin memproteksi bagian-bagian tertentu saja dari sebuah postingan, dan memberikan kebebasan padi para membaca untuk menggunakan sisanya? Contohnya saja postingan tentang tutorial blog yang menyematkan script yang secara bebas dapat di-copas untuk penggunaan orang banyak. Atau membuat postingan-postingan yang bebas di-copas, namun juga membuat beberapa postingan yang tidak bisa di-copas di dalam satu blog yang sama.


Cara Disable Klik Kiri  Pada Paragraf atau Bagian Tertentu Postingan Blog

Pertama, Akira akan menjelaskan cara kerjanya. Secara garis besar, urutan cara yang akan kita lakukan adalah menambahkan sebuah code CSS ke dalam template blog, yang kemudian dapat diaktifkan pada bagian-bagian tertentu dari sebuah postingan dengan cara menyisipkan code ke dalam postingan tersebut. Detailnya dapat kalian baca di bawah:

1. Log-in dan buka dashboard blog.
2. Klik Theme.
3. Kemudian klik Edit HTML.
4. Cari code   ]]><b:/skin>
5. Letakan code ini di atasnya:

.noclick {
  -webkit-user-select:none;
  -khtml-user-select:none;
  -moz-user-select:none;
  -ms-user-select:none;
  user-select:none;
}

6. Klik Save theme. Selesai!

Kita telah berhasil memasukan code CSS ke dalam template. Cara untuk menerapkannya ke dalam sebuah postingan adalah dengan meletakankan code berikut di dalam mode html sebuah postingan.

<div class="noclick">

BAGIAN YANG DIPROTEKSI

</div>


= = = Contoh = = =

Mode HTML


<b>Ini adalah paragraf satu. Contoh paragraf yang tidak diproteksi. Dan dapat dicopas oleh para pembaca lain.</b><br />
<br />
<div class="noclick">
<b>Ini adalah paragraf dua. Contoh paragraf yang diproteksi. Dan tidak dapat dicopas oleh para pembaca lain</b></div>


HASIL

Ini adalah paragraf satu. Contoh paragraf yang tidak diproteksi. Dan dapat dicopas oleh para pembaca lain.


Ini adalah paragraf dua. Contoh paragraf yang diproteksi. Dan tidak dapat dicopas oleh para pembaca lain

(coba klik kiri dan lakukan blocking pada paragraf satu dan paragraf dua)

= = = = = = = = = =

Cara ini tidak hanya berlaku pada teks saja. Gambar di dalam sebuah postingan pun dapat kamu proteksi dengan cara ini. Dan perlu diketahui juga, tidak ada suatu cara proteksi yang sempurna. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, tidak ada salahnya kita untuk berusaha. Semoga bermanfaat! CIAO ^^

author: Akira Asayami