Maret 12, 2018

Cara Memberi Jarak Kosong Menggunakan Code Script HTML - Tutorial Blog

garis kosong, tutorial, bagaimana cara, blogger
Di tutorial singkat ini, Akira akan memberi tahu bagaimana cara memberi jarak kosong antara elemen blog atau memberi jarak antar paragraf dengan menggunakan code HTML. Cara ini akan sangat membantu kamu untuk menata dengan rapih tampilan blog melalui edit template. Ataupun dalam membuat postingan yang memang dibutuhkan penataan melalui mode HTML.

Terdapat 2 code yang hampir serupa, yang menurut Akira sangat efektif untuk memberi jarak kosong. Seperti yang Akira katakan di atas, ini adalah tutorial singkat. Jadi, langsung saja dapatkan jawabannya di bawah hhehe..


  - Cara 1

code:
<br/>

Code <br/> adalah code HTML yang otomatis keluar jika kita menekan tombol Enter, di dalam mode compose (saat membuat postingan blog). Namun, sebenarnya penggunaannya lebih luas dari itu. Fungsinya adalah menciptakan suatu garis kosong, yang umumnya digunakan untuk memisahkan dua paragraf yang berbeda. Jarak yang akan diberikan adalah sebesar ukuran font yang aktif pada garis atau lokasi tersebut. Jika font berukuran 15px, maka satu code <br/> akan memberikan jarak kosong sekitar 15px.


  - Cara 2

code:
<br style="margin-bottom:200px;"/>

Cara ini adalah cara yang menurut Akira paling berguna, jika kamu sedang melakukan edit pada template blog. Hampir serupa dengan code <br/> namun dengan  tambahan margin bottom. Untuk memberi jarak lebih jauh, kamu tidak perlu repot meletakan banyak code <br/> secara beruntun seperti pada cara 1. Dengan hanya menggunakan satu code ini, kamu dapat menentukan sendiri berapa jauh jarak yang akan diberikan (dalam pixel). Bagian 200px di atas hanyalah contoh. Cara ini dapat kamu gunakan untuk memberi jarak antar widget, jarak antara judul dan isi postingan blog, dan lain sebagainya.


Cara ini Akira temukan di forum diskusi warriorforum.com. Cara kedua yang dibahas di atas, sangat membantu Akira untuk memberi jarak antara ads unit Adsense dengan isi postingan yang awalnya terlalu rapat, sehingga kurang nyaman dipandang. Yang dibutuhkan hanya menambah code br style antara ads dengan isi postingan di dalam template blog. Semoga cara ini bermanfaat dan membantu bagi kamu yang membutuhkan ^^

author: Akira Asayami