November 13, 2020

Perbedaan Fitur Aerox 155 VVA S-Version, R-Version & STD (standar) | OTO INFO

harga aerox, perbedaan aerox versi r, versi s, versi std standard, otomotif, motor matik, yamaha, scooter matic sporty, pilihan warna

Yamaha terlah merilis Aerox 155 VVA di Indonesia pada tahun 2016. Sporty matic scooter ini tampil gagah dengan body yang bongsor, desain x-shape ala moge, dan mesin yang bandel. Sebenarnya Aerox masih sekelas dengan NMAX dari segi harga maupun spesifikasi. Namun dari bentukannya, sangat jelas bahwa motor matik Aerox 155 VVA ini khusus diperuntukan untuk menggaet para konsumen yang berjiwa sporty.


Aerox memiliki 3 versi yang dibedakan berdasarkan fitur dan harga. Aerox STD (standar), Aerox R-Version, dan juga Aerox S-Version sebagai varian termahal. Detailnya bisa kamu baca di bawah. Check this out!



Perbedaan Fitur Aerox 155 VVA S-Version, R-Version & STD (standar) | OTO INFO, harga aerox, perbedaan aerox versi r, versi s, versi std standard, otomotif, motor matik, yamaha, scooter matic sporty, pilihan warna, black, red, gray

Aerox STD (standar)

Aerox STD Version (standar) adalah basis dari semua versi Aerox lainnya, dan juga versi paling murah. Karena seluruh spesifikasi utama pada Aerox standar, digunakan juga pada Aerox versi R dan Aerox versi S. Tetapi, untuk masing-masing versi R dan versi S, memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh versi standar.


Dengan body yang besar dan berat 116 KG, Aerox si scooter matic ini bersenjatakan mesin dengan kapasitas 155,1 cc bertenaga 14,95 dk / 8000 rpm dan torsi 13,8 Nm / 6250 rpm. Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) juga sudah tertanam pada mesinnya untuk meningkatkan performa pada segala putaran mesin (lambat maupun cepat). Dengan modal ini, tampilan Aerox yang sporty telah terbukti bukanlah gimmick belaka.


Penampilan sporty-nya tidak terbantahkan. Body besar dengan lekuk X-shape ala moge menjadi ciri utama Aerox sebagai motor matik. Panel instrumennya (speedometer) sudah full digital, dan sangat informatif. Lampu utama sudah menggunakan LED untuk konsumsi daya yang lebih hemat. Tangki bahan bakar 4,6 L diposisikan di tengah, sehingga membuat lega bagasi yang ada di bawah jok hingga kapasitas 25 L. Ban dengan ukuran ring 14 yang cukup besar, menambah mantap sensasi berbelok pada kecepatan tinggi.


Pilihan warna (2020) & Harga OTR Jakarta (November 2020)

  • Black, Red, Grey - Rp. 24.795.000,-



Perbedaan Fitur Aerox 155 VVA S-Version, R-Version & STD (standar) | OTO INFO, harga aerox, perbedaan aerox versi r, versi s, versi std standard, otomotif, motor matik, yamaha, scooter matic sporty, pilihan warna

Aerox R-Version

Tidak perlu panjang lebar dan diulang-ulang, segala spesifikasi yang di bahas di atas, yaitu pada Aerox versi standar, seluruhnya digunakan juga pada Aerox 155 VVA R-Version. Tetapi ada 2 fitur utama yang menjadi tambahan pada Aerox versi R sebagai pembeda dan bukti bahwa versi R ada 1 kelas di atas versi standar.


Pertama adalah twin sub-tank suspension (suspensi tabung) pada bagian belakang. Selain menambah ganteng penampilan si Aerox, subtank ini juga menambah kenyamanan berkendara dengan cara memperlambat naik turunnya suspensi. Buttoming / buttom out (shock-breaker yang terhentak habis) saat menghantam jalan rusak atau polisi tidur, juga dapat diredam.


Kedua adalah rem cakram berbentuk bunga pada bagian depan yang diklaim mampu menghentikan laju motor matik ini secara lebih baik.


Pilihan warna (2020) & Harga OTR Jakarta (November 2020)

  • Racing White (red white) - Rp. 26.135.000,-
  • Yamaha Monster Energy Edition - Rp. 26.645.000,-



Perbedaan Fitur Aerox 155 VVA S-Version, R-Version & STD (standar) | OTO INFO, harga aerox, perbedaan aerox versi r, versi s, versi std standard, otomotif, motor matik, yamaha, scooter matic sporty, pilihan warna

Aerox S-Version

Sekali lagi, seluruh spesifikasi utama dari Aerox versi standar juga terbawa pada Aerox S-Version. Tampilannya lebih eksklusif. Contohnya saja, tulisan "Aerox" pada body motor yang sudah menggunakan emblem timbul, bukan sticker seperti pada 2 versi lainnya. 3 fitur utama yang menjadikan versi S menjadi varian termahal, adalah:


Pertama adalah ABS (anti-lock braking system) pada rem depan. Teknologi ini akan mencegah ban motor supaya tidak terkunci sepenuhnya saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, yang hal ini menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya.


Kedua adalah SSS (stop & start system). Fitur ini dimaksudkan untuk menghemat konsumsi bahan bakar dengan cara mematikan mesin motor secara otomatis ketika motor dalam posisi berhenti (idle). Juga kembali menghidupkan mesin motor hanya dengan cara memutar handle gas.



Ketiga adalah Smart Key System. Aerox S-Version adalah satu-satunya varian yang sudah menggunakan teknologi keyless. Keamanan motor-mu menjadi lebih baik dengan kunci berbentuk remote ini. Pasalnya, motor tidak berjalan pada kondisi kunci yang menempel langsung pada motor. Dan motor akan mati secara otomatis ketika kuncinya berada terlalu jauh dari motor.


Yang disayangkan, fitur subtank suspension dan rem cakram berbentuk bunga yang ada pada Aerox R-Version malah tidak diadopsi oleh S-Version. Nanggung sekali ya... hhehe...


Tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu; Matter Black, Matter Red, dan Daxou Version. (tahun 2020)


Pilihan warna (2020) & Harga OTR Jakarta (November 2020)

  • Matter Black & Matte Red - Rp. 28.656.000,-
  • Doxou - Rp. 28.550.000,-



PENUTUP

Mau yang standar, lebih sporty dengan subtank suspension, atau lebih mewah dengan dengan bejibun fitur termasuk keyless? Semua bebas menentukan pilihan. Sebagai info juga, Aerox ini adalah motor yang sangat menarik untuk dimodifikasi lho.. Jadi, apapun pilihanmu, kedepannya modif tetap bisa dilakukan secara custom dan sesuai kehendak hati.

:: INFO TAMBAHAN :: Yamaha akan merilis All New Aerox 155 pada tahun 2021, dengan fitur-fitur baru yang lebih menarik. Mau tau perbedaan dan info harganya? Temukan pada artikel berikut...

Temukan juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com. Jangan lupa untuk komennya ya.. hhehe.. Sankyu...


Baca juga :

author: Akira Asayami