November 10, 2020

4 Perbedaan All New Aerox Connected (2021) ABS & Non-ABS (STD/Standar)

motor matik, motor matic, aerox 155 vva connected 2021, aerox 2020, 2019, 2018, 2017, 2016, skuter matik, perbandingan fitur baru, berita otomotif

Tahun 2021, Yamaha akan merilis All New Aerox 155 Connected yang akan hadir hanya dalam 2 varian; ABS-Version sebagai yang termahal, dan non-ABS (STD) sebagai versi standar. Dengan selisih harga kurang lebih Rp. 3.500.000,- maka, ada beberapa fitur yang sangat layak kamu jadikan pertimbangan sebelum kamu meminang si scooter matic berbody gambot ini. Apa saja perbedaan fitur All New Aerox 155 Connected versi ABS dan non-ABS (standar)?  Check this out!


Sebelum itu, perlu diketahui juga bahwa All New Aerox Connected adalah upgrade dari Aerox 155 VVA tahun 2016 sampai 2020. Dengan fitur utamanya, Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect), Untuk detail dan juga perbedaan All New Aerox (2021) dan Aerox 155 VVA model lama, bisa kamu baca pada artikel berikut :



1. ABS (Anti-lock Braking System)

ABS adalah teknologi pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mencegah penguncian rem secara total yang mengakibatkan ban motor berhenti berputar sepenuhnya pada kecepatan tertentu. Teknologi ABS sangat meminimalisir kecelakaan akibat ban yang tergelincir karena pengereman mendadak pada kecepatan tinggi.


Dari namanya saja sudah sangat jelas bahwa fitur ABS hanya dimiliki oleh All New Aerox Connected ABS-Version yang menjadi varian termahal diantara 2 varian yang ada. Sedangkan All New Aerox Connected non-ABS atau yang disebut juga versi Standard (STD), tidak memilikinya. Terlalu jelas untuk dijelaskan ya? hhaha..




4 Perbedaan All New Aerox Connected (2021) ABS & Non-ABS (STD/Standar), motor matik, motor matic, aerox 155 vva connected 2021, aerox 2020, 2019, 2018, 2017, 2016, skuter matik, sss, perbandingan fitur baru, berita otomotif

2. SSS (Stop & Start System)

SSS adalah fitur yang bertujuan untuk menghemat bahan bakar kendaraan dengan cara mematikan mesin secara otomatis disaat kendaraan dalam posisi benhenti berlajan (idle), juga menghidupkan kembali mesin motor hanya dengan memutar handle gas.

 

Ada beberapa kondisi untuk mengaktifkan fitur SSS, diantaranya; toggle sudah pada posisi aktif, motor yang sudah berjalan setidaknya pada kecepatan 10 km/jam, suhu mesin harus mencapai titik tertentu, dan sebagainya.



Terdapat 3 mode pada fitur SSS yang akan kita temukan pada Aerox, yaitu:

  • Non-aktif.
  • Mesin mati setelah idle selama 0 detik. Berguna saat motor harus berhenti untuk beberapa saat, seperti di lampu merah.
  • Mesin mati setelah idle selama (sekitar) 5 detik. Berguna untuk di jalan yang macet dan merayap, sehingga motor tidak mati secara langsung saat berhenti.

Fitur Stop & Start System hanya dimiliki oleh All New Aerox Connected ABS. Sedangkan versi non-ABS (standar) tidak memilikinya.




4 Perbedaan All New Aerox Connected (2021) ABS & Non-ABS (STD/Standar), motor matik, motor matic, aerox 155 vva connected 2021, aerox 2020, 2019, 2018, 2017, 2016, skuter matik, sss, perbandingan fitur baru, berita otomotif

3. Smart Key System / Keyless

Smart Key System yang tadinya disematkan pada Aerox 155 VVA S-Version (tahun 2016 sampai 2020) yang merupakan varian termahal, kembali diadopsi secara terbatas pada All New Aerox 155 Connected ABS yang juga termasuk varian termahal.


Sedangkan All New Aerox 155 Connected non-ABS (standar) belum bisa menikmati teknologi Kunci Pintar atau Keyless ini, dan masih harus menggunakan kunci motor konvensional yang sudah disertai dengan penutup magnet sebagai pengaman.




4 Perbedaan All New Aerox Connected (2021) ABS & Non-ABS (STD/Standar), motor matik, motor matic, aerox 155 vva connected 2021, aerox 2020, 2019, 2018, 2017, 2016, skuter matik, sss, perbandingan fitur baru, suspensi tabung, berita otomotif

4. Twin Sub-Tank Suspension

Sub-tank suspension atau suspensi tabung, berfungsi untuk menambah kenyamanan berkendara dengan cara memperlambat kecepatan naik turunnya suspensi. Buttoming/buttom out, yaitu masalah shock-breaker yang terpentok/tersentak habis ketika motor menghantam jalan rusak atau polisi tidur, juga teratasi dengan adanya sub-tank suspension ini.



Selain dari fungsinya, posisi subtank yang ada bagian belakang Aerox si scooter matic spotry berbody gambot ini, juga menambah ganteng penampilannya secara estetik. Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang jatuh hati pada Aerox karena tampilan belakangnya yang bold, disertai dengan pemandangan twin subtank-nya yang cukup kontras dengan body.


Tadinya, suspensi subtank hanya dimiliki Aerox 155 VVA R-Version, dan tidak dimiliki oleh varian termahalnya, S-Version. Tapi pada All New Aerox Connected (2021), fitur suspensi subtank ini sudah diterapkan pada varian termahalnya, ABS-Version. Tapi tidak dimiliki oleh versi non-ABS (standar).




Info Harga

Harga mungkin akan berbeda di setiap masing-masing daerah. Harga di bawah ini adalah harga OTR Jakarta. Update harga terakhir, November 2020.


All New Aerox Connected STD

Rp. 25,500,000

All New Aerox Connected ABS Version

Rp. 29,000,000



PENUTUP

Jika kamu menginginkan Aerox dengan segala performa terbaiknya, maka pilihan yang tepat adalah All New Aerox Connected ABS Version. Tapi sepertinya kamu harus merogoh kocek agak dalam. Karena harganya dibandrol hampir 30 juta rupiah. Apa harganya sepadan dengan fitur-fitur yang kamu dapatkan? Yap. Worth it!


Tapi jika kamu tidak terlalu memprioritaskan fitur-fitur tambahan dan hanya berfokus pada spefikasi scooter matic sport terbaru secara umum, maka dengan menghemat 3,5 juta rupiah, kamu bisa memilih All New Aerox Connected versi non-ABS (standar). Karena tidak ada perbedaan spesifikasi antara kedua versi Aerox ini, kecuali 4 hal di atas (ABS, SSS, Smart key System (keyless), Sub-tank Suspension). Dengan kata lain, performa motor matik sport yang bertenaga masih tetap kamu dapatkan. Terutama teknologi terbaru pada mesinnya.


Demikian pembahasan tentang 4 perbedaan fitur scooter matic sporty ala moge dari Yamaha, All New Aerox 155 Connected versi ABS dan non-ABS (standar). Temukan artikel-artikel menarik dan informatif lainnya di weakwings.blogspot.com. Jangan lupa juga komen-nya ya... sankyu...


Baca juga :

author: Akira Asayami