Setiap pengguna pasti memiliki brand/merek smartphone favoritnya masing-masing. Pilihan mereka bukanlah tanpa alasan. Pasti ada beberapa pertimbangan perihal kelebihan dan kekurangan dari brand smartphone yang mereka sukai.
Akira akan membahas 5 brand smartphone terbaik dan terpopuler yang laris terjual di Indonesia. Beberapa info seperti kesan brand secara umum, kelebihan dan kekurangan akan dibahas di sini.
Daftar brand smartphone yang akan dibahas di bawah, tidak dibuat secara urut dari yang terbaik ataupun sebaliknya. Karena penilaian melalui kesan brand sangatlah relatif.
1. Asus
- Kesan umum - Murah, spesifikasi di atas harga, smartphone gaming
- Pengguna kebanyakan - Orang yang paham smartphone, anak muda, pelajar, mahasiswa
Kekurangan dari Asus adalah kelangkaan produk-produk yang baru dirilisnya. Sampai-sampai beberapa reviewer menyebutnya "barang gaib". Asus juga beberapa kali tidak menepati janjinya. Misalnya saja tanggal update ataupun perilisan produk baru yang lewat dari tanggal yang sudah ditentukan.
2. Xiaomi
- Kesan umum - Murah, spesifikasi di atas harga, smartphone camera
- Pengguna kebanyakan - Kalangan menengah ke bawah, pengguna segala usia, penggila spec
Kekurangan dari Xiaomi adalah minimnya inovasi. Karena umumnya Xiaomi hanya menjual spec dengan membawa kembali fitur-fitur lama yang sudah ada sebelumnya. Bahkan untuk desain body pun smartphone Xiaomi bisa disebut "monotone".
3. Samsung
- Kesan umum - Agak mahal, kualitas tinggi, durable, inovatif
- Pengguna kebanyakan - Anak gaul (milenial), mahasiswa, masyarakat menengah ke atas
Kekurangan Samsung adalah produk andalannya yang kebanyakan adalah smartphone kelas high yang termasuk mahal. Untuk smartphone kelas low ataupun mid, sepertinya Samsung memberikan kualitas yang sangat-sangat standar. Bahkan (dengan harga yang sama) smartphone kelas mid Samsung akan kalah jika di-adu spec dan performanya, dengan smartphone kelas mid milik Asus ataupun Xiaomi.
4. Iphone
- Kesan umum - Overpriced (sangat mahal), smartphone orang tajir, OS lebih aman ketimbang android
- Pengguna kebanyakan - Orang kaya, sosialita, orang sok kaya (ups)
Kekurangan utama Iphone adalah harganya yang sangat mahal, dari smartphone sampai aksesorisnya. Mungkin karena smartphone ini menjual gengsi wwkwk.. Karena spec Iphone akan tertinggal jika di-compare dengan produk brand lain seperti Xiaomi, Samsung, dan Asus yang memiliki harga setara. Iphone juga memproduksi smartphone kelas mid, yang sayangnya tidak populer. Karena lagi-lagi harganya dinilai beberapa orang melampaui spec yang ditawarkan.
5. Oppo & Vivo
- Kesan umum - Smartphone selfie, pemasaran berlebih, ada dimana-mana
- Pengguna kebanyakan - Pengguna yang awam teknologi, anak muda, ibu-ibu
Oppo & Vivo sebenarnya dimiliki oleh satu induk perusahaan yang sama, jadi Akira akan membahasnya sekaligus. Kedua smartphone ini mempunyai pasar yang bagus di Indonesia, yang menjadikannya salah satu produk smartphone terlaris. Produk smartphone brand ini fokus pada hasil jepretan kamera, terutama kamera depan dengan berbagai filter-nya. Spesifikasi-nya relatif standar, dan produknya sangat-sangat mudah ditemukan di pasaran. Oppa & Vivo terkadang berinovasi "diluar nalar". Misalnya saja obsesinya pada selfie yang menghasilkan produk smartphone dengan kamera depan yang lebih baik dari kamera belakang.
Secara umum, brand ini menghasilkan produk dengan spesifikasi yang standar atau bahkan di bawah-nya. Oppo dan Vivo memang laris di Indonesia, tapi popularitasnya rendah di luar Indonesia. Oppo & Vivo juga melakukan iklan yang menurut sebagian orang, berlebihan. Seperti iklan televisi yang cukup sering, sponsor dari banyak acara televisi, bahkan menjadi sponsor konter-konter hape diberbagai tempat (baik di mall, sampai konter kecil). Jadi jangan heran jika penjaga konter menawarkan produk smartphone Oppo & Vivo kepada calon pembeli. Biasanya calon pembeli yang kurang paham perihal smartphone, akan cukup tergoda.
Bagaimana dengan brand lain?
Brand lain seperti Sony, Nokia, LG, Huawei, Motorola, Blackberry dan lain sebagainya, tetap masih memiliki peminat di Indonesia. Namun peminatnya sedikit (setidaknya untuk saat ini) akibat beberapa faktor yang mungkin terjadi. Bisa jadi pemasaran yang belum optimal, tidak menjadikan Indonesia sebagai target pasar, produk yang ketinggalan zaman, produk yang belum memuaskan pengguna secara umum, dan beberapa alasan lainnya.
Demikian beberapa pembahasan singkat tentang 5 brand smartphone terbaik dan terpopuler di Indonesia. Penilaian produk mana yang terbaik, sangatlah relatif. Tergantung dari segi apa brand ini dinilai. Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com
author: Akira Asayami