April 29, 2019

Review Update Android Pie Zenfone Max Pro M1 | Offical stable pertama

review update zenfone max pro m1 indo, indonesia, india, android p, update os, fota, ota

29 April 2019, Asus Indonesia masih belum mengeluarkan update OS Android Pie untuk Zenfone Max Pro M1. Pihak Asus memang sempat mengundur tanggal rilisnya, dan menjanjikan pertengahan bulan April sebagai deadline perilisan. Setelah lewat dari tanggal yang sudah dijanjikan, Asus masih belum merilis penuh update Android Pie untuk Zenfone Max Pro M1. Sementara ini, update melalui FOTA hanya didapatkan untuk pengguna Max Pro M1 di region India saja.

Sebenarnya kita bisa mendownloadnya secara manual tanpa melalui FOTA. Tapi sepertinya menunggu rilis versi official akan lebih baik dan menjanjikan, walaupun artinya menunggu sedikit lebih lama. Karena pengguna di Indonesia belum mendapatkan update Android Pie ini, maka Akira akan menampilkan salah satu review pengguna dari India, Ashwin Khartik, dari website androidpure.com mengenai update stable (bukan beta) Android Pie pada Zenfone Max Pro M1 yang sudah didapatkannya. Baca reviewnya di bawah!


Review Android Pie Zenfone Max Pro M1 | First Stable official release

Max Pro M1 Android Pie beta VS Android Pie stable
Jujur saja, update versi stable tidak jauh berbeda dengan versi beta. Faktanya, perbedaan yang saya lihat secara jelas adalah dukungan Camera2API yang sudah ter-enable kembali pada versi stable. Sedangkan versi beta tidak memilikinya.


Call Quality / Network Reception
Tidak ada masalah pada kualitas panggilan, juga tidak ada masalah jaringan (network) drop. Saya mencobanya pada operator Vodafone 4G LTE dan Jio 4G.


Audio Quality via Speakers
Saya sangat jarang menggunakan smartphone ini untuk memutar musik atau video menggunakan speaker. Tapi saat di-tes, suara yang dihasilkan cukup keras.


Face Unlock & Fingerprint Scanner
Tidak ada masalah di sini. Saya selalu mendapatkan respon yang cepat.


OS performance & RAM management
Di sini saya menemukan peningkatan yang cukup berarti. Setelah update, rasanya Pie meningkatkan kecepatan kinerja smartphone melebihi Oreo. Awalnya saya kira ini hanya efek sugesti, tapi bukan, memang kinerjanya menjadi lebih cepat. Pengelolaan RAM juga baik. Saya mendapatkan 1GB memory kosong saat penggunaan umum, pada varian RAM 3GB.


Display Brightness
Jika kamu belum pernah menggunakan Android Pie sebelumnya, saya jamin kamu akan terkejut dan mengatakan bahwa layarmu menjadi lebih redup, dan ini masalah bug. Sebenarnya tidak demikian. Android Pie mengenalkan brightness control yang lebih baik dari pada Oreo. Jadi, level brightness 25% pada Android Pie akan terlihat redup jika dibandingkan dengan 25% pada Oreo. Kamu hanya butuh meningkatnya kesekitar level 75% untuk mendapatkan layar yang cerah. Tidak ada yang salah dengan ini.

Update Android Pie pada Zenfone Max Pro M1 juga membawa fitur Adaptive Brightness yang dinamakan Auto Brightness (kenapa mengganti namanya, Asus?). Fitur ini juga berkerja dengan baik, tapi butuh waktu yang agak lama untuk menyesuaikan.


Pie Gestures
Salah satu fitur dari Android Pie yang mendapatkan banyak kritik adalah gesture control terbarunya. Entah kamu membencinya ataupun tidak, kamu akan tetap menjumpainya. Tapi perlu diketahui juga bahwa ini adalah fitur yang benar-benar optional (bisa digunakan, bisa tidak). Tetapi secara default (bawaan), nav bar (back, home, recent apps) akan dalam kondisi ter-enable.

Review Android Pie Zenfone Max Pro M1 | First Stable official release

Jika kamu mengaktifkan Pie Gestures, mungkin kamu akan mendapati icon home yang akan terus tampil pada lokasi nav bar di layar. Saya tidak tahu apa hal ini dijumpai oleh pengguna lain, tapi pada kondisi ini saya telah meng-uninstall Google app (karena saya bukan fan dari Google Now), mungkin saja hal ini jadi penyebabnya. Tapi jika kamu menjumpai hal ini, kamu dapat mengatasinya sementara dengan cara membuka Setting > Apps > Default Apps > Voice & Assist > pilih None. Ingat, cara ini hanya bersifat sementara saja. Kedepannya masalah ini bisa kembali muncul.

Masalah ini adalah salah satu bug yang juga ada pada Pie versi beta, dan saya sudah membuat laporan (report) kepada Asus. Tapi sepertinya bug ini masih belum di-fix dan masih muncul pada versi stable.


Battery life & Battery backup
Tidak ada komplain di sini. Max Pro M1 tetap layak menyandang predikat baterai monster, bahkan setelah mendapatkan update Android Pie. Biasanya saya mendapati 8 jam Screen On Time (SoT) dalam sehari, dan mampu tahan sampai 3 hari. Standby time lebih penting untuk saya pribadi. Saya sendiri tidak menemukan masalah idle drain (baterai yang berkurang cepat saat dalam kondisi idle). Mungkin baterai hanya berkurang sekitar 3-5%. Itupun bisa jadi akibat beberapa app yang tetap standby dan pengaruh dari network quality yang digunakan.

Fitur Adaptive Battery belum hadir di dalam update ini. Hal ini menambah daftar missing feature dari stock Android Pie pada Zenfone Max Pro M1. Tidak keren Asus.


Camera
Camera2API telah kembali, tetapi tidak aktif secara default (bawaan). Kamu harus mengaktifkannya secara manual menggunakan salah satu command pada Fastboot. Tetapi setelah kamu melakukannya, kamu dapat meng-install GCam mod terbaru (Google Camera mod) yang sangat luar biasa. Dan iya, kamu akan mendapatkan fitur Night Sight untuk foto dalam kondisi minim cahaya (low light).

Review Android Pie Zenfone Max Pro M1 | First Stable official release


Bloatware
Ada beberapa bloatware yang akan kamu jumpai pada OS ini, seperti GoPay dan beberapa apps ASUS Service Center. Kamu dapat meng-uninstall-nya menggunakan ADB command melalui PC. Dan tentu akan hadir juga banyak dari Google apps yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Tapi hadirnya bloatware apps dari Google ini pastinya bukanlah kesalahan ataupun pilihan yang bisa diambil oleh pihak Asus.


Dark Theme
Kamu dapat memilih antara Dark theme dan Light theme pada Quick Settings dan App drawer. Fitur ini berfungsi, tetapi tidak menjangkau seluruh sistem secara luas. Seperti app Dialer yang akan tetap hampil putih terang, app Gmail yang baru, dan beberapa app lainnya.


Night Light
Tanpa bisa dibantah, ini adalah salah satu cacat terburuk yang dihadirkan di dalam update Android Pie pada Zenfone Max Pro M1. Fitur ini hilang dan tidak tersedia secara default. Tetapi kamu dapat mengaktifkannya melalui Developer Options. Cari pengaturan Night Mode dan geser toogle kebagian aktif. Tapi anehnya, walaupun sudah diaktifkan, tetap saja fitur ini tidak akan aktif.


Video Calling
Tidak ada dukungan langsung untuk video call pada Android Pie. Jika tidak salah ingat, Asus juga menghilangkannya dari Android Oreo pada tahun lalu untuk alasan tertentu. Hal ini mungkin akan membuat beberapa pengguna kecewa.


Kesimpulan Review update Android Pie untuk Zenfone Max Pro M1

Kelebihan :
  • Ketahanan baterai yang luar biasa
  • Performa yang lebih cepat
  • Camera2API dapat diaktifkan (secara manual melalui Fastboot)
  • Fitur Dark Theme dari panel Quick Settings dan App drawer
  • Support Live Wallpaper (versi beta tidak memilikinya)
  • Adaptive brightness, double tap to wake, face unlock, fingerprint unlock, semua berfungsi dengan baik.
Kekurangan :
  • Output audio tidak sebagus Oreo
  • Icon home terus tampil pada lokasi nav bar (jika kamu meng-uninstall Google app)
  • Night Light tidak tersedia secara default (juga tidak berfungsi walaupun melalui Dev Options)
  • Tidak secara official mendukung digital wellbeing (tetap bisa dipasang, tapi karena bukan system app, maka tidak dapat mengakses logs, yang mungkin kedepannya dapat menampilkan report yang tidak akurat)
  • Tidak ada dukungan langsung untuk Video Call
Saya sendiri jarang bermain online game. Jadi saya tidak bisa berkomentar tentang performa PUBG mobile yang banyak dibicarakan setelah update ini. Tapi beberapa pengguna lain mengatakan settingan graphic PUBG mobile menjadi lebih rendah pada Pie. Seperti high frame rate yang tidak bisa digunakan.

Walaupun masih ada beberapa kekurangan, update pertama Pie versi stable ini dapat berjalan dengan baik untuk pemakaian sehari-hari.


~ Spekulasi Akira
Dari review di atas Akira menyimpulkan bahwa, kurang lebih kondisi Max Pro M1 setelah di-update ke Android Pie akan menjadi seperti awal perilisan Max Pro M1 yang pada saat itu OS-nya juga masih belum sempurna. Tapi kedepannya, pihak Asus tetap berkomitmen untuk tetap merilis update-update terbaru untuk memperbaiki bug dan menutup kekurangan yang ada.

Asus telah melewati jadwal deadline untuk perilisan update Pie. Setelah diundur pun, (untuk saat ini) hanya region India saja yang bisa mendapatkannya. Sepertinya masih banyak bug pada Android Pie untuk Max Pro M1 ini. Itu menjelaskan kenapa update Pie hanya bisa didapatkan oleh pengguna di region India. Sepertinya Asus belum pede 100% dengan update versi stable pertama yang dirilisnya.

Kenapa India? Mungkin karena banyak pengguna di India yang kritis dan termasuk advance dalam teknologi. Jadi mungkin saja Asus mengharapkan feedback dan laporan yang cukup detail untuk kekurangan yang ada pada update Pie versi stable ini. Dan pengguna di India mungkin dimanfaatkan sebagai "beta tester" untuk versi stable, sebelum Asus menghasilkan versi Android Pie yang lebih baik dan dirilis secara Internasional. Ini hanya spekulasi Akira saja ya... hhehe.. (btw Akira sendiri adalah pengguna Zenfone Max Pro M1 versi RAM 4GB)

references: androidpure.com
author: Akira Asayami

29 Comments

  1. Charger jadi lama setelah update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman ane agak aneh juga sih, gan. Kadang 2 jam. Kadang bisa 3 sampai 4 jam. Penyebab pastinya ane ga tau.

      Ane curiga sama kepala charger, kabel, atau banyaknya app yg berjalan di background. Antara itu kayaknya. Soalnya setelah atau sebelum update, ane ga nemu perubahan durasi waktu charge. Sama aja.

      Hapus
  2. Modal google translate copas dari site lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwkwk.. kalo modal google translate doang, susunan kata pasti acak2an, gan. Harus bisa bahasa inggris. Ini ane buat untuk referensi aja bagi orang2 yg kurang paham sama artikel aslinya yg berbahasa inggris.

      Btw updatetan pie sekarang sudah bisa didapatkan oleh pengguna lain di luar india. Cheers

      Hapus
  3. Main aov fitur High frame rate jadi gk ada di pie anjir banget. Gk bisa multitask juga ni os cacat bgt os yg 9 gw langsung reset gw balikin ke os 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo maksudnya split screen, emang pie agak beda cara aksesnya, gan. Baca di d sini...

      https://weakwings.blogspot.com/2019/06/cara-menggunakan-split-screen-pada-android-pie.html

      Hapus
    2. Kalau high frame hilang, coba install ulang gamenya. Soalnya saat update os, seluruh data game yg ada adalah data lama yg terinstall di os sebelumnya. Sehingga game tidak menyesuaikan datanya untuk os yg baru.

      Hapus
    3. Udh uninstal game nya trs dwld lg ttp gak bs pk high frame knp ya???

      Hapus
    4. Untuk aov ane baru coba install di max pro m1 punya ane yg udah pake pie. Di pengaturan, memang ane tidak menemukan opsi high frame rate. Ane sendiri sebenernya juga belum nyoba install aov saat masih oreo. Jadi, ane ga bisa pastiin itu opsi high fr ada apa nga sebelumnya.

      Tapi jika memang opsi itu ada di oreo, tapi hilang di pie, maka satu2nya cara aman adalah dengan menunggu patch pie berikutnya. Jika agan maksa, mungkin ada cara lain yg beresiko. Seperti dengan root atau sebagainya.

      Hapus
  4. Bagaimana dengan multitaskingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multitasking-nya bermasalah gimana, gan? Coba detailnya

      Hapus
  5. Artikel yg bagus, sngat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sankyuu.. btw saat ini update pie untuk max pro m1 sudah bisa didapatkan juga untuk pengguna di luar region india, dan sudah bisa didapatkan melalui fota. Cheers

      Hapus
  6. Gan cam2 apj udah enable otomatis atau tetep harus setting di PC ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sendiri belum di-enable saat masih oreo. Kemudian saat sudah update pie, statusnya pun masih belum di-enable juga. Tapi beberapa orang bilang saat update pie, cam2api sudah aktif otomatis.

      Kesimpulan ane sih yg update pie abis itu cam2api-nya aktif adalah yg cam2api-nya sudah diaktifkan saat masih pakai oreo. Jadi sepertinya yg belum pernah aktifin cam2api, harus aktifin sendiri dengan cara manual.

      Hapus
  7. thanks untuk infonya sangat bermanfa,at ..semoga anda sllu di berikan kesehatan agar trus bermanfa,at bagi orang banyak ..lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi terharu :') thanks berat, gan. Semoga agan juga dapat kebaikan..

      Hapus
  8. Multitaskingnya kok ga kayak oreo. Sekarang tiap buka aplikasi trus balik lagi aplikasi sebelumnya selalu mulai lagi dari awal pdhl wktu oreo multitaskingnya ga reset dri awl kayak skrg.

    Apa cuma max pro1 gw ya atw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah update ane sih ga pernah ngalamin.

      Kecuali kalau aplikasi yg dibuka sebelumnya termasuk aplikasi besar (game yg agak berat misalnya), dan sudah tertutup beberapa menit (relatif singkat).

      Atau kalau ane gunta-ganti beberapa aplikasi berat sekaligus.

      Diluar itu, ane ga pernah mengalami kendala seputar multitasking-nya si max pro m1.

      Hapus
  9. untuk bermain game mobile legend tahan berapa lama untuk di pie?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sekitar 7% untuk 1 match 30 menitan. Mungkin beda-beda pada pengguna lain.

      Hapus
  10. Sedih masih blm ada update an buat high frame rate nya ? 😪

    BalasHapus
  11. Bang kok di punya saya tidak ada update ya? Padahal hp baru, masih stuck di oreo pertama beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba update manual. Settings > System > System Update.

      Hapus
  12. Misi Gan, firmware saya build 318 oreo juli 2018, bisa ga langsung update manual ke pie build 059 yg terbaru. Apa harus urutan dulu update ny. Thxs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane bisa langsung, gan. Coba aja auto update langsung lewat fota

      Hapus
  13. Saya baru aja beli mpm1. FW terakhirnya 339. Dan saya baru update manual ke 340 (oreo terakhir). Untuk update ke pie, apa harus ke 053 dulu atau bisa langsung ke 059 (latest update okt 2019) ?
    Jujur saya masih ragu, karena masi banyak yg bilang pie banyak kekurangannya, dan masih stay di / balik lagi ke FW 340.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba langsung auto update dari fota. Setahu ane ga harus update bertahap.

      Tenang aja, gan. Pie max pro m1 sudah di-update sekitar 3 kali lebih. Pie pertama memang banyak bug. Tapi setelah update-an kedua keluar, semua langsung stabil.

      Hapus