April 25, 2019

Perbedaan tab Discussion & Community pada channel Youtube

perbedaan tab diskusi dan komunitas, youtube channel, bedanya, beda, apa itu, penjelasan, adalah

Selain melalui upload video dan live streaming, Youtube juga memiliki fitur lain yang memungkinkan interaksi antara pengelola channel dan subscriber-nya. Fitur ini ditampilkan sebagai tab pada masing-masing channel Youtube. Tapi ternyata, untuk fitur ini, Youtube menyediakan 2 jenis tab yang berbeda. Yaitu tab Discussion (Diskusi) dan tab Community (Komunitas). Kedua tab ini serupa tapi tak sama. Apa saja perbedaannya? Baca selengkapnya di bawah!


Apa itu tab Discussion (Diskusi)?
Tab Discussion adalah fitur yang dapat digunakan pada semua channel Youtube dari semenjak awal channel dibuat. Tab Discussion (Diskusi) ini memungkinkan pengelola channel, subscriber, maupun pengunjung lainnya untuk membuat status atau postingan, serta membalas/reply postingan yang sudah dibuat. Hampir serupa dengan fitur wall pada akun Facebook. Pengelola channel dan pengunjung dapat membahas berbagai hal pada tab ini. Informasi lain juga dapat di-share melalui tab Discussion. Misalnya saja jadwal live streaming. info konten yang akan datang, dan lain sebagainya, agar dapat diketahui oleh para subscriber.

Tab Discussion (Diskusi) hanya berbasis teks. Sehingga pengelola channel, subscriber, dan pengunjung lainnya tidak dapat membuat postingan berisi gambar, gif, dan video. Di luar itu, ada juga pengaturan yang dapat mengatur agar postingan dari subscriber dan pengunjung lainnya, melewati proses moderasi. Hal ini untuk mencegah munculnya postingan spam ataupun postingan yang tidak layak ditampilkan.


Apa itu tab Community (Komunitas)?
Tab Community adalah fitur yang lebih baik dari pada tab Discussion. Tapi, hanya channel yang sudah terverifikasi saja yang dapat menggunakan fitur ini (channel yang sudah memiliki 1000 subscriber dengan total jam tayang 4000 jam).

Tab Community memungkinkan pengelola channel untuk membuat postingan berbasis teks, gambar, gif, video, bahkan membuat polling. Sedangkan subscriber dan pengunjung lain hanya dapat membalas/reply dengan teks, dan tidak bisa membuat postingan pada tab ini. Fitur moderasi komentar juga tersedia sebagai filter untuk mencegah komentar-komentar yang tidak layak ditampilkan.


Kesimpulan
Kedua tab yang disediakan Youtube ini, yaitu tab Discussion (Diskusi) dan tab Community (Komunitas), adalah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga channel Youtube agar tetap terlihat hidup dan aktif bagi para pengunjungnya, tanpa perlu terus-menerus mengupload video. Berbagai diskusi juga dapat dilakukan pada kedua tab ini sehingga hubungan antara channel dan subscribernya tetap terjaga.

Temukan juga artikel informatif lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga :
author: Akira Asayami