Februari 11, 2019

Solusi Asus Smart Gesture Yang Tidak Berfungsi

cara mengatasi error, touchpad, trackpad, asus, laptop, notebook, netbook, zenbook, ultrabook, driver

Umumnya produk laptop Asus akan dipersenjatai dengan Asus Smart Gesture yang merupakan driver khusus untuk touchpad yang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Dengan Asus Smart Gesture kita dapat melakukan banyak perintah yang variatif pada touchpad. Seperti tap dengan 2 jari, 3 jari, scroll dengan swipe 2 jari, dan lain sebagainya. Bahkan dengan memanfaatkan Asus Smart Gesture kita akan sangat jarang melakukan klik dengan menekan tombol fisik yang ada pada touchpad.

Namun ada potensi dimana Asus Smart Gesture mengalami error. Misalnya saja ketika software ini tiba-tiba tidak aktif dan menghilang dari system tray. Saat hal ini terjadi, sebenarnya kita masih dapat menggunakan touchpad. Tapi, gesture tambahan seperti tap 2 jari, swipe, dan lain sebagainya menjadi tidak berfungsi. Bererapa hal penyebabnya adalah driver yang butuh diupdate, virus, driver yang corrupt, atau sistem operasi yang tidak berjalan normal karena faktor lain. Misalnya saja laptop di-force shutdown karena hang, mati karena baterai habis, dan lain-lain.


Cara mengatasi Asus Smart Gesture yang tidak berfungsi
  1. Buka Control Panel.
  2. Klik Programs.
  3. Klik Programs and Features.
  4. Pada list program yang terinstall, cari Asus Smart Gesture.
  5. Klik kanan, kemudian pilih repair. Kamu mungkin membutuhkan CD driver jika diminta.
  6. Tunggu beberapa saat sampai selesai.
  7. Setelah selesai, maka sistem akan meminta untuk melakukan restart.
  8. Lakukan restart.
  9. Setelah kembali menyala maka Asus Smart Gesture akan kembali berfungsi dengan normal. Icon-nya juga akan kembali muncul pada system tray.
  10. Selesai!
Jika cara di atas tidak berfungsi, mungkin kamu butuh untuk mengupdate driver. Driver bisa kamu dapatkan langsung di website official Asus. Sebelum menginstall driver yang baru, jangan lupa untuk meng-uninstall terlebih dulu driver yang lama. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi error akibat konflik pada 2 versi driver yang berbeda.

Artikel ini informatif? Baca juga artikel informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga :
author: Akira Asayami