November 16, 2018

Solusi Keyboard Laptop "ERROR" Ketik Huruf Keluar Angka

eror, rusak, aneh, notebook, netbook, ultrabook, number pad, numb pad, numpad, num pad

Kenapa keyboard laptop mengeluarkan karakter yang berbeda dengan tombol yang diketik? Perhatikan judul postingan ini! Kenapa Akira menggunakan kara error di dalam tanda kutip, adalah karena hal ini sebenarnya bukanlah kerusakan. Sebenarnya hal ini adalah salah satu fitur laptop yang sudah umum. Namun, beberapa pengguna yang masih awam tidak mengetahui hal ini dengan baik.

Keyboard laptop memiliki beberapa perbedaan dengan keyboard pada komputer desktop (PC) pada umumnya. Salah satunya adalah bagian numpad (number pad) yang umumnya ada dan berlokasi pada sisi kanan keyboard komputer desktop (PC). Karena laptop memiliki keterbatasan luas permukaan dimana keyboard diletakan, maka produsen laptop berinvonasi untuk menggabungkan numpad dengan tombol lain di bagian tengah keyboard. Hal ini dilakukan agar fitur numpad tetap dapat digunakan walaupun tanpa menyertai tombol-tombol numpad yang akan memakan tempat.


Fitur ini memungkinkan penggunaan numpad menggunakan beberapa tombol yang ada pada bagian tengah keyboard, dengan cara menekan terlebih dulu tombol "num lock" pada keyboard laptop. Bagian numpad akan berlokasi pada tombol U, J, M, O, L dan tombol-tombol lain disekitarnya. Tombol yang termasuk juga ke dalam numpad, akan memiliki petunjuk pada tombolnya. Misalnya saja tombol "J" yang bertuliskan juga angka "1", dan tombol "U" yang bertuliskan juga angka "4". Angka yang tertera pada tombol-tombol huruf ini adalah petunjuk alternatif dari fungsi tombol saat diketik ketika numpad mode aktif.

Solusi Keyboard Laptop "ERROR" Ketik Huruf Keluar Angka, eror, rusak, aneh, notebook, netbook, ultrabook, number pad, numb pad, numpad, num pad
Numpad pada keyboard laptop (contoh pada Asus Vivobook)


• SOLUSI
Jika tombol yang kamu ketik mengeluarkan karakter yang tidak sesuai (misalnya saja ketik huruf keluar angka), maka bisa dipastikan fitur numpad pada keyboard laptop dalam kondisi aktif. Cara untuk mengembalikannya ke kondisi normal adalah dengan cara menekan tombol "num lock" yang ada pada keyboard laptop. Untuk lokasi tombol "num lock" ini akan berbeda tergantung model, jenis, atau tipe laptop yang digunakan. Coba kamu perhatikan tombol-tombol yang ada dengan seksama, dan temukan tombol bertuliskan "num lock" atau "num lk" atau yang lainnya yang serupa. Lansung tekan tombol "num lock" dan keyboard akan kembali normal. Jika tidak bekerja, maka kombinasikan tombol fn + "num lock".

Semoga artikel ini membatu bagi kamu yang membutuhkan. Sebagai menutup, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu..

Baca juga :
author: Akira Asayami