November 16, 2018

Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

notebook, netbook, ultrabook, komputer, troubleshoot, kompatibel, mouse, kursor, cursor, tidak bisa digerakan, mouse, memperbaiki, cara, touchpad, rusak

Mengapa trackpad atau touchpad laptop tiba-tiba mati? Bagaimana cara kita memperbaikinya? Mungkin masalah ini pernah terjadi pada kalian para pengguna laptop. Padahal awalnya laptop dalam kondisi baik, namun entah kenapa bagian trackpad-nya menjadi tidak merespon sentuhan, sehingga kursor tidak bisa digerakan. Bahkan tombolnya kliknya (jika ada) juga ikut tidak berfungsi. Masalah ini umumnya terjadi akibat ketidaksengajaan ataupun ketidaktahuan penggunanya. Beberapa penyebab dan solusinya adalah sebagai berikut.



1. Tidak sengaja mengaktifkan mode disable trackpad
Tidak banyak basa-basi, penyebab yang paling sering terjadi adalah mode disable trackpad yang aktif secara tidak sengaja, karena tertekannya shortcut pada keyboard. Saat mode ini aktif, maka trackpad yang ada di-laptop benar-benar tidak akan berfungsi, sampai kita menonaktifkan kembali mode ini.

Mudah! Solusi Trackpad Laptop Yang Tidak Berfungsi, notebook, netbook, ultrabook,komputer, troubleshoot, kompatibel, mouse, kursor, cursor, tidak bisa digerakan, mouse, memperbaiki, cara, touchpad, rusak

Solusi - Jika kita perhatikan, keyboard pada laptop sedikit berbeda dengan keyboard pada komputer desktop (PC) pada umumnya. Keyboard laptop memiliki tombol shortcut tambahan, yaitu tombol "fn" yang dapat dikombinasikan dengan tombol lain, f1 sampai dengan f12. Bisa dipastikan terdapat shortcut untuk mendisable trackpad di sana. Kamu hanya butuh menekan shortcut itu kembali. Antara f1 sampai f12, carilah tombol yang memiliki gambar trackpad yang dicoret/silang. Kemudian tekan fn + (tombol tersebut).

Laptop juga memiliki settingan/pengaturan trackpad yang dapat diatur sedemikian rupa. Kamu dapat secara manual mendisable trackpad, atau secara otomatis mendisable trackpad di saat kamu memasangkan mouse pada laptop. Mungkin saja ada temanmu yang meminjam laptop, dan merubah settingannya. Dan dia lupa untuk merubahnya kembali.


2. Driver belum di-install atau tidak kompatible
Hal ini sangat jarang terjadi pada OS atau laptop keluaran terbaru. Namun kemungkinan masalah ini muncul, masih tetap ada. Apa lagi jika proses instalasi driver pada laptop tidak sempurna, atau menggunakan driver yang didapatkan dari website non-official.

Solusi - Untuk penginstalan driver, usahakan kamu menggunakan driver dari dalam CD installer yang kamu dapatkan dari pembelian laptop. Atau kamu bisa mendownloadnya dari website resmi dari brand laptop milikmu. Pastikan saat mendownload, kamu memilih driver dari produk yang sama dengan jenis produk atau tipe laptop yang kamu gunakan.


3. OS bermasalah
Hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan OS yang digunakan. Mungkin saja laptopmu sangat jarang di tune-up menggunakan software utilities, atau parahnya terjangkit virus. Hal ini bisa menyebabkan beberapa bagian operating system menjadi rusak atau korup. Dan, jika bagian driver pada OS sudah mengalami kerusakan, maka dampaknya pasti akan sangat jelas dan terasa bagi penggunanya. Beberapa fitur atau bagian laptop menjadi tidak bisa digunakan, contohnya saja bagian trackpad, bluetooth, WiFi, dan lainnya.

Solusi - Cara tercepat dan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah install ulang OS. Karena jika kerusakan sudah mencapai bagian driver atau bagian registry, bisa dipastikan kerusakan yang terjadi sudah sangat parah. Dari pada mencari cara satu per satu untuk masalah yang terus atau akan muncul, lebih baik kamu meng-install ulang OS agar laptop yang kamu gunakan kembali ke kondisi fresh. Jangan lupa untuk mem-backup data sebelum laptop di install ulang.


4. Trackpad rusak secara fisik
Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan kerusakan fisik pada trackpad laptop adalah cacat produksi, benturan atau guncangan, tersiram air, dan laptop yang sudah tua. Kesurakan fisik termasuk kerusakan yang parah, dan kamu membutuhkan biaya yang relatif mahal untuk memperbaikinya.

Solusi - Kamu bisa memperbaiki kerusakan ini di service center, namun biayanya relatif mahal dan memerlukan waktu. Alternatifnya, kamu dapat dengan mudah menggunakan mouse usb sebagai pengganti trackpad, jika dirasa tidak merepotkan. Jika kerusakan seperti ini kamu jumpai pada laptop baru, kamu bisa langsung melakukan klaim garansi.


5. BIOS yang bermasalah atau trackpad ter-disable dari BIOS
BIOS sebagai sistem pengatur dasar bagi setiap hardware yang ada, tentu dapat menjadi salah satu alasan bagi trackpad yang tidak berfungsi. Mungkin kamu melakukan kesalahan saat membuka BIOS, atau ada temanmu yang cukup iseng untuk melakukan hal ini. Karena, faktor perubahan pengaturan pada BIOS tidak mungkin terjadi dengan sendirinya.

Solusi - Buka BIOS dan ubah ulang pengaturan yang ada. Jika kamu benar-benar tidak tahu bagian mana yang harus diubah, maka pilih saja reset to default untuk kembali ke pengaturan awal/pabrik. Namun jika kamu tahu secara lebih spesifik untuk bagian mana yang harus diubah, itu akan lebih baik. Karena tidak akan mengganggu pengaturan lainnya.


Kesimpulan
Kemungkinan yang sangat sering terjadi adalah nomor 1, nomor 2, dan nomor 3. Dan dari ketiga kemungkinan ini, nomor 1 lah yang paling sering menjadi penyebab utama masalah ini. Shortcut pada keyboard laptop untuk mendisable trackpad memang terdengar sepele. Namun kenyataannya, banyak dari pengguna laptop yang awam tidak mengetahui tentang hal ini. Jika solusi di atas tidak ada yang bekerja, maka bawalah laptopmu ke service center atau jasa reparasi laptop untuk bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini membantu mengatasi masalahmu. Dan, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu..

author: Akira Asayami