September 27, 2018

6 Perbedaan One by Wacom Versi Baru dan Versi Lama, Desainer harus Tahu!

pembeda, persamaan, pen tablet, desain grafis, design, ctl, cth, 472, 672, terbaru, 2018
Hai, para calon desainer dan illustrator! Mungkin diantara kamu ada melirik brand Wacom sebagai pen tablet grafis pertamanya. Karena memang brand ini cukup populer. Wacom terkenal dengan kualitas material yang digunakan pada produk-produknya. Sehingga produk buatan Wacom ini sangat awet, bahkan untuk pemakaian yang cukup lama.

Diantara pen tablet grafis produksi Wacom ini, One by Wacom atau biasa disebut juga Wacom One adalah pilihan yang sangat baik untuk kelas pemula sampai kelas menengah. One by Wacom memiliki harga yang sangat terjangkau. Dibawah satu juta rupiah kamu sudah dapat memiliki pen tablet grafis ini.

Namun harus kamu tahu, Wacom sudah beberapa kali memperbaharui produk-produknya. Salah satu produk yang perbaharui adalah One by Wacom. Dulu One by Wacom memiliki kode produk CTL-471 (ukuran small) dan CTL-671 (ukuran medium). Namun saat ini, Wacom sudah memproduksi versi terbarunya yang memiliki kode produk CTL-472 (ukuran small) dan CTL-672 (ukuran medium). Apa saja perbedaan antara Wacom One versi lama dan versi terbaru ini? Baca selengkapnya di bawah..



1. Desain Produk
Wacom One versi lama tidak memiliki dot (titik-titik) pada active surface-nya. Terdapat juga ciri khas berupa lapisan plastik mengkilap (glossy) di sisi kiri dari permukaan tablet. Sedangkan pada Wacom One versi terbaru memiliki dot (titik-titik) di bagian active surface-nya. Dot ini akan membantu menambahkan akurasi dalam proses desain. Lapisan mengkilap pada sisi kiri pun dihilangkan. Kini, material yang digunakan pada active surface, menutup seluruh bagian permukaan tablet. Sehingga tampilannya lebih minimalis dan elegan.

pembeda, persamaan, pen tablet, desain grafis, design, ctl, cth, 472, 672, terbaru, 2018

2. Warna
Wacom One versi lama memiliki satu pilihan warna. Yaitu black lime. Black pada bagian permukaan dan lime pada bagian bawah tablet. Sedangkan, Wacom One versi terbaru, memiliki warna black red. Black pada bagian permukaan dan red pada bagian bawah tablet. Versi terbaru ini juga datang dengan satu pilihan warna saja.

pembeda, persamaan, pen tablet, desain grafis, design, ctl, cth, 472, 672, terbaru, 2018

3. Pen
Wacom One versi lama menggunakan pen khusus yang hanya dapat digunakan pada produk One by Wacom (lama) dan produk Bamboo (CTL-470) yang memiliki pen pressure level 1024. Jika pen rusak atau hilang, kamu dapat membeli One by Wacom Spare Pen sebagai penggantinya.

Sedangkan pada Wacom One versi terbaru, telah menggunakan pen model LP-190k yang digunakan pada produk One by Wacom (baru) dan produk Wacom Intuos versi terbaru. Pen pressure level-nya pun sekarang telah mengalami peningkatan menjadi  2048. Wacom juga menjual pen model LP-190k ini, sebagai pengganti pen yang rusak atau hilang.

Walaupun berbeda di pen pressure level, namun kedua produk ini masih menggunakan pen dengan teknologi yang sama. Cordless (tanpa kabel) dan battery-free (tanpa baterai).


4. System Requirement
Wacom One versi lama membutuhkan setidaknya perangkat dengan OS Windows XP SP3 atau di atasnya, untuk bisa berjalan. Atau Mac OS versi 6, 8, 10 atau di atasnya, untuk bisa berjalan. Sedangkan Wacom One versi terbaru membutuhkan setidaknya perangkat dengan OS Windows 7 atau yang di atasnya, untuk bisa berjalan. Atau Mac OS versi 10, X 10 atau di atasnya, untuk bisa berjalan.



5. Kelengkapan Produk
Wacom One versi baru menambahkan nib removal tool, untuk mempermudah melepaskan nib yang sudah lama terpakai dari ujung pen. Paket Wacom One versi terbaru juga sudah tidak menyertakan lagi disk driver seperti pada paket Wacom One versi lama. Untuk mendapatkan driver Wacom One versi baru ini, kamu dapat mendownloadnya secara langsung dari website resmi Wacom.


6. Harga


New One by Wacom
Old One by Wacom
Medium Size
Rp. 1,100,000,-
Rp. 900,000,- 
Small Size
Rp. 750,000,- 
 -

Harga di atas adalah harga rata-rata pasaran online. Pasti harga yang ditemukan akan berbeda-beda. Untuk produk lama Wacom One ukuran small sudah mulai susah dicari. Mungkin karena produk baru Wacom One sangat menjanjikan dan berhasil menggantikan posisi pendahulunya.


KESIMPULAN
Kedua produk Wacom di atas tidak memiliki perbedaan fitur. Namun dari performa, One by Wacom versi terbaru memiliki pen pressure level yang 2x lebih baik dari versi lama. Hal ini akan menambah kualitas design experience-mu.

Bentuk desain dari produk One by Wacom versi baru juga terlihat lebih simple dan elegan. Dari segi harga, One by Wacom versi lama dan versi baru, kira-kira memiliki selisih harga 200 ribu rupiah.

Namun dengan segala pertimbangan, One by Wacom versi terbaru masih lebih unggul dan layak kamu pilih, daripada versi lama. Walaupun harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi.

Baca Juga:
author: Akira Asayami