September 04, 2016

15 Game Ringan Tapi Seru Untuk Komputer atau Laptop Spec Rendah, Yang Harus Kamu Tahu! (part 2/2)

15 Game Ringan Tapi Seru Untuk Komputer atau Laptop Spec Rendah, Yang Harus Kamu Tahu! (part 2/2) Jika kamu bosan dan muak dengan komputer jangkrik di kantor, sekolah (hhehehe), ataupun di rumah, maka kamu harus mencoba untuk menginstall game-game dibawah ini. Game yang akan Akira bahas di sini adalah game ringan tapi seru yang tidak membutuhkan spec kompi dewa untuk menjalankannya. Jadi jika kamu masih mempunyai komputer jadul dengan processor Intel Pentium 4, ataupun notebook yang tidak didesain untuk menjalankan game berat, maka kamu harus tahu bahwa game dibawah ini akan cukup lancar untuk kamu mainkan di hardware berkarat milik kamu itu :)

Game di bawah ini adalah game yang pernah Akira mainkan secara langsung. Beberapa dari game ini adalah game jadoel yang sangat terkenal dimasanya. Dan menurut Akira sendiri, untuk kelas game ringan game-game ini cukup seru untuk membunuh rasa bosan ataupun hanya sekedar mengisi waktu luang.


Inilah Daftar dari 15 game ringan tapi seru versi Akira, yang akan sedikit kita bahas:

Part 1 (click here...)
1. Burger Shop (Time-Management)
2. Stand O' Food (Time-Management)
3. Insaniquarium (Arcade, Fish)
4. Feeding Frenzy (Arcade, Fish)
5. Feeding Frenzy 2 (Arcade, Fish)
6. Neighbour From Hell (Comedy, Puzzle)
7. The Sims (Life Simulation)

Part 2
8. Typer Shark Deluxe (Arcade, Typing)
9. Little Fighter 2 (Fighting, Beat 'em Up)
10. Counter Strike: Condition Zero (FPS)
11. Red Alert 2 (RTS)
12. Age of Empire II (RTS)
13. Fate The Traitor Soul (Action RPG, Dungeon Crawler)
14. Battle Realms (RTS)
15. Warcraft III: Frozen Throne (RTS)

*Akira hanya membahas dan memberikan informasi tentang game tanpa memberikan link download apapun.





8. Typer Shark Deluxe


category: Single Player, Arcade, Typing, Education
durasi bermain: Singkat (Kamu tidak akan menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk menyelesaikan mode Adventure. Namun kamu tidak akan merasa bosan untuk memainkan mode Adventure berulang kali.)

         Game ini adalah salah satu game tertua yang pernah Akira mainkan. Game ini sangat ringan sampai-sampai komputer dengan processor Intel Pentium 2 pun dapat menjalankannya. Jadi kamu bisa menginstall game ini hampir dimana pun tanpa perlu peduli pada spesifikasi komputer / laptop.

         Sebenarnya Typer Shark Deluxe ini adalah salah satu game edukasi. Mohon, jangan langsung ilfeel saat mendengar kata edukasi. Game ini dibuat untuk melatih jari-jari tangan kita untuk mengetik dan menghafal tata letak tombol pada keyboard. Tapi game edukasi ini dikemas menjadi sesuatu yang menarik, yang lebih terkesan sebagai game dari pada software edukasi.

         Di sini kita akan menjadi seorang pemburu harta karun di bawah laut. Kita akan menyelam ke dasar laut untuk menemukan harta karun. Namun saat kita sedang menyelam, akan muncul para hiu yang akan berusaha menyerang character yang kita gunakan. Disetiap badan hiu akan terdapat satu buah kata (word), yang jika kita ketik kata tersebut maka si hiu akan lumpuh terkena sengatan listrik. Kita harus mengetik setiap kata yang muncul pada badan hiu yang berdatangan, sebelum para hiu tersebut mendekat dan menyerang si character yang kita gunakan.


         Terdapat 6 jenis hiu, 4 Boss, 2 jenis piranha, dan hal menarik lainnya yang akan menemani kamu sepanjang perjalan berburu harta karun. Terdapat juga 3 mode di dalam game Typer Shark, yaitu; Adventure, Abyss, dan Typing Tutor.

         Game ini sangat cocok untuk diinstall di komputer kantor ataupun sekolah yang umumnya mempunyai spec yang sangat rendah. Disela-sela waktu luang, kamu dapat bermain game sambil melatih jari-jari kamu agar lebih garang saat mengetik menggunakan keyboard.

*         *         *         *         *


9. Little Fighter 2


category: Single Player, Multiplayer, Fighting, Beat 'em Up
durasi bermain: Singkat (Seperti game fighter lain, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu arena.)

         Game ini adalah salah satu game jadul terfavorit untuk Akira. Game ini bisa kamu mainkan bersama teman-teman kamu sampai dengan 4 player hanya dengan menggunakan satu komputer / laptop. Kamu bisa menggunakan keyboard dan joystick sebagai controller-nya. Gameplay-nya cukup simple dengan animasi 2D. Namun game yang terbilang sederhana ini sangat seru untuk kamu mainkan.

         Little Fighter 2 mempunyai 5 game mode yang dapat kamu mainkan. Bermain sendiri di Stage Mode, rusuh di VS Mode, team-based fight di Battle Mode, tournamen di Championship Mode, dan Demo Mode. Semuanya sangat seru untuk kamu mainkan. Walaupun jumlah (human) player maksimalnya dalam satu game adalah 4 player, namun total keseluruhan player untuk sekali main adalah 8 player jika semua slot yang tersedia kamu isi dengan npc. Jumlah character yang dapat kamu gunakan juga cukup beragam, dengan masing-masing jurus uniknya.


         Salah satu alasan yang membuat game ini masuk ke dalam daftar favorite Akira adalah kemudahannya untuk memasang mod. Banyak mod hasil buatan para pemain Little Fighter 2 yang bisa kamu temukan di Internet. Kebanyakan adalah penambahan character dan mod untuk mengedit jurus. Ada juga beberapa character keren (contohnya Julian, si boss terakhir di stage mode) yang hanya bisa kamu unlock jika kamu sedikit memodifikasi file yang berada di source folder Little Fighter 2.

         Jika kamu berkumpul beramai-ramai di kos-an teman kamu, pasti akan seru untuk rusuh rame-rame di game Little Fighter 2 ini. Kamu bisa memainkan mode Turnamen dan menjadi King of  The Hill. Pasti akan banyak kejadian seru dan lucu :D


*         *         *         *         *


10. Counter Strike: Condition Zero


category: Single Player, Multiplayer, FPS
durasi bermain: Medium (kamu mungkin akan butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan semua ronde dalam satu map. Tapi apa kamu puas hanya bermain di satu map saja?)

         Komputer dengan processor 500mhz pun sanggup menjalankan game ini. Game ini seru untuk kamu mainnya bersama teman-teman kamu via LAN ataupun online. Bukan hanya itu, kamu juga dapat bermain single player ditemani oleh bot (istilah untuk npc). Berbeda dengan versi pendahulunya, Counter Strike: Condition Zero mempuyai mode single player offline dengan beragam misi yang dapat kamu mainkan sendiri ditemani oleh bot.

         Untuk game kelas ringan, Counter Strike: Condition Zero ini mempunyai graphic dan gameplay yang termasuk excellent di kelasnya. Dan bot (npc) di game ini sudah termasuk advanced. Kamu dapat melihatnya langsung dari cara para bot ini bermain. Bahkan setiap bot mempunyai 'kepribadian' masing-masing. Ada yang akan menuruti ataupun menolak perintah. Ada yang pemberani, ada juga yang penakut (tidak berani maju ke depan saat baku tembak). Jadi walaupun bermain offline, kamu tidak akan merasa kesepian.


         Terdapat lebih dari 25 jenis senjata, belum termasuk item-item lainnya. Tersedia juga banyak map (arena) yang menarik dan seru untuk kamu berbaku tembak dengan musuh. Ada 2 jenis map berdasarkan cara yang harus dilakukan untuk memenangkan permainan. Bomb defusal, team Terroris harus meledakan tempat yang sudah ditentukan, team CT harus mencegahnya. Hostage recue, team CT harus melepaskan sandera yang berada di markas Terroris, sedangkan team Terrorist harus mencegah team CT menyelamatkan para sandra.

         Curhat* Kejadian saat Akira sedang maintenance kompi-kompi di lab sekolah (rutinitas anak TKJ). Setelah selesai, beberapa kompi kita (Akira & friends) install CS:CZ secara diam-diam untuk bermain multiplayer-nya via lan. Dan ternyata.. (badumtess) SERU BANGET ASLI!!! I'm The King of The Kill. Show your head! I'll put a bullet in it. Asal jangan sampe ketauan guru aja hhehehe..


*         *         *         *         *


11. Red Alert 2


category: Single Player, RTS (Real-Time Strategy)
durasi bermain: Medium (Untuk menyelesaikan satu game mode skirmish, mungkin kamu akan membutuhkan waktu sekitar 30 ~ 45 menit sebelum kamu akhirnya berniat untuk melibas semua musuh.)

         Red Alert 2 adalah salah satu game RTS tua yang sangat terkenal pada masa-nya. Game ini masih menggunakan animasi 2D yang akan sangat ringan walaupun menggunakan komputer dengan processor Intel Pentium III. Game ini sebenarnya memiliki fitur multiplayer, namun (hampir) semua LAN card yang ada sekarang sudah tidak compatible lagi dengan game Red Alert 2. Walau demikian mode single player untuk game ini sangat seru untuk kamu mainkan. Game ini mempunyai Campaign Mode single player. Kamu dapat memilih salah satu dari 2 faksi yang hadir di dalam game Red Alert 2. Faksi Alliance (blue team) dan faksi Soviet (red team). Untuk mode campaign ini kamu akan menjalankan misi-misi yang seru dengan jalan cerita yang menarik.

         Terdapat beberapa negara yang yang akan membentuk 2 faksi. Setiap negara akan mempunyai secret weapon yang tidak dimiliki negara lain. Kamu juga dapat menggunakan superweapon yang berbeda sesuai dengan faksi yang kamu gunakan. Soviet memiliki Nuklir dan Iron Curtain. Alliance memiliki Weather Control dan Chronosphere.


         Untuk game RTS tua ini, gameplay dan sistemnya sangat ketinggalan zaman. Contohnya adalah, setiap team tidak memiliki batasan jumlah unit (limit) yang bisa mereka buat, sehinga kamu dapat membuat unit sebanyak yang kamu mau untuk menyerang. Sedangkan setiap musuh (computer) sudah ditentukan pola serangnya tergantung dengan difficult yang kita pilih. Jadi kamu akan sangat mudah membaca gerakan musuh. Namun letak keseruannya adalah disaat kamu 'bermain-main' dengan musuh sebelum kamu mengambil kemenangan mutlak. Dengan gameplay-nya yang cenderung mudah dan simple, kamu dapat menjadikan game Red Alert 2 menjadi langkah awal yang bagus untuk mengenal game RTS lebih dalam. Karena jika kamu seorang pemula untuk game RTS, pasti kamu akan sangat bingung jika memainkan game RTS yang complex.

         Walaupun game ini termasuk ringan dan gameplay-nya ketinggalan zaman, tetapi kamu dapat menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan 1 game di Skirmish Mode. Bukan karena kesulitannya, tetapi karena keseruannya. Oh iya, game ini juga memiliki expansion dengan nama Yuri Revenge yang akan menambah keseruan game ini secara signifikan. Dari penambahan unit, gameplay, faksi (Yuri), maupun cerita baru di Campaign Mode.

*         *         *         *         *


12. Age of Empire II: Age of Kings


category: Single Player, Multiplayer, RTS
durasi bermain: Lama (untuk bermain di satu map mungkin kamu akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, karena game RTS ini sudah lumayan complex)

         Game legend ini adalah salah satu game terlaris dari tahun 1999 yang mendapatkan banyak respon positif dari kalangan gamer. Game ini sudah menyajikan gameplay yang advenced dan cukup complex untuk kelas game RTS walaupun hanya bermodalkan grahic 2D. Gameplay-nya meliputi pembuatan bangunan (barrack, ladang, bentang, dan lain-lain), mengumpulkan sumber daya, melatih pasukan, tradingpertarungan yang dapat kamu menangkan lebih dari satu cara, dan juga sudah terdapat batas (limit) pasukan yang dapat kamu buat. Game RTS ini juga dapat kamu mainkan secara multiplayer via LAN ataupun online. Karena game ini banyak mendapatkan respon positif, maka game ini telah diremake ke dalam versi HD pada tahun 2013. Tersedia di Steam.

         Game ini medapatkan nilai review yang tinggi dari AllGame, CVG, Edge, Eurogamer, GamePro, Gamespot, Gamespy, IGN, PC Zone, dan lainnya. Rata-rata score yang didapat adalah 9. Score yang cukup untuk menjadi indikator kualitas dari game ini.


         Game ini berlatar di abad pertengahan. Kamu dapat memilih satu dari 13 peradaban yang dapat kamu gunakan. Setiap peradaban akan mempunyai keunikan yang tidak dimiliki peradaban lain. Misalnya dari pasukan khusus ataupun teknologi. Kamu akan mulai bermain dari Dark Age (optional), yang kemudian peradaban kamu akan berkembang secara bertahap, menjadi lebih maju. Kamu dapat membuka pasukan baru yang lebih elit ataupun meng-upgrade pasukan lama kamu seiring dengan berkembangnya peradaban dan teknologi.

         Terdapat juga 5 campaingn single player yang dapat kamu mainkan. Kelima campaign ini dibuat berdasarkan skenario sejarah dari beberapa tokoh terkenal. William Wallace, Joan of Arc, Saladin, Genghis Khan, & Barbarossa.

         Game ini memiliki spec requirement yang rendah. Processor Intel Pentium 3 saja sudah cukup untuk menjalankan game ini. Namun spec requirement-nya meningkat untuk Age of Empire II versi HD. Kamu membutuhkan setidaknya processor dengan CPU speed 1,2GHZ, 1GB RAM, Direct X 9,0c, & free space 2GB.

*         *         *         *         *


13. Fate The Traitor Soul


category: Single Player, Action RPG, Roguelike, Dungeon Crawler, Loot
dusari bermain: Medium ~ Lama (kamu dapat bermain dan berhenti dengan mudah, karena kamu dapat melakukan Save game bebas dimana saja sebagai checkpoint. Sehingga durasi bermainnya kamu yang mengatur sendiri.)

Game classic yang satu ini cukup lancar untuk berjalan di komputer dengan processor Intel Pentium dengan CPU Speed 800Mhz, RAM 350MB, dan free space 400MB saja.

         Fate The Traitor Soul adalah game bergenre dungeon crawler yang menerapkan sistem looting, dimana kamu dapat menjelajahi dungeon dengan jumlah yang hampir tidak terbatas dan mendapatkan berbagai macam item/equipment dari musuh yang mati (item drop). Game ini mempunyai jalan cerita walaupun jalan ceritanya tidak cukup kuat, karena Fate The Traitor Soul ini lebih berfocus pada Dungeon raid dan looting. Graphicnya 3D juga termasuk excellent untuk kelas game ringan.

         Terdapat 4 race (human, shadow elf, cogger, dan dark elf) dengan masing-masing kemampuan uniknya, yang dapat kamu gunakan untuk bermain. Kamu juga dapat merubah tampilan hero yang akan kamu gunakan saat tahap pertama pembuatan character baru. Hero kamu juga akan ditemani  oleh pet yang akan membatu sepanjang perjalanan. Game ini juga menerapkan sistem looting, dimana kamu akan mendapatkan item/equipment yang akan keluar dari monster yang mati. Maka jika kamu membatai semua musuh di dalam suatu dungeon maka kemungkinan kamu mendapatkan item/equipment langka akan lebih tinggi. Character yang kamu gunakan juga dilengkapi dengan skill, level, attribute, dan spell yang dapat kamu sesuaikan dengan class/job character yang kamu kehendaki. Fitur yang cukup lengkap untuk game RPG.


         Terdapat main quest dan side quest yang bisa kamu dapatkan dari npc yang berada di sekitar town. Jika kamu menjalankan main quest, maka portal-portal baru akan terbuka dan kamu dapat mendatangi kota-kota baru. Untuk bagian side quest, bisa kamu dapatkan dari npc di town manapun dan jumlahnya hampir tidak terbatas. Kamu bisa menjalankan side quest yang diberikan oleh para npc untuk mendapatkan reward yang menarik. Game ini juga memiliki community yang sudah menciptakan berbagai macam mod yang akan menambah keseruan game ini.

         Game ini layak kamu miliki jika kamu memiliki banyak waktu luang untuk gaming, tetapi hanya bermodalkan PC dengan spec pas2an. Hal yang menurut Akira cukup menyenangkan adalah proses berburu (looting) item/equipment legendary yang langka. Mungkin kamu akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk levelup (jika level kamu sudah lumayan tinggi) dan looting item, tetapi kamu tidak akan merasa bosan untuk itu.

*         *         *         *         *


 14. Battle Realms


category: Single Player, Multiplayer, RTS
durasi bermain: Medium ~ Lama (Seperti game RTS lain, Battle Realms mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 30 ~ 60 menit atau mungkin lebih, untuk menyelesaikan satu map.)

         Kompi dengan processor Intel Pentium III 750Mhz, 128MB RAM, dan DirectX 8 sudah sangat layak untuk game ini. Spec tersebut adalah recommended spec, bukan minimum spec requirement. Bisa kamu bayangkan betapa ringannya game tersebut jika kita bandingkan dengan rata-rata spec komputer yang ada sekarang.

         Battle Realms sudah meggunakan menggunakan animasi dan model 3D, walaupun modelnya tidak sebagus dan sedetail game yang ada sekarang ini. Namun modelnya sudah cukup baik menggambarkan character-character yang ada di game ini. Gameplay-nya cukup unik dan agak berbeda jika dibandingkan dengan game RTS lain. Mungkin karena hal-hal tersebut game ini mendapatkan review positive dari Gameranking yang memberikan score 82.04%, dan Metacritic yang memberikan score 82 dari 100.


          Terdapat 4 faksi yang akan saling bertarung di Battle Realms. Dragon, Serpent, Lotus, & Wolf. Setiap faksi mempunyai keunikan dan kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki faksi lain. Setiap faksi juga mempunyai beberapa hero yang kuat dengan skill yang powerful, yang bisa kamu summon menggunakan point Yin ataupun Yang. Point Yin dan Yang akan kamu dapatkan saat pasukan kamu bertarung dengan pasukan musuh. Game ini hanya memiliki 2 jenis resource, yaitu Rice dan Water.

Yang unik dari gameplay-nya adalah:

1. Terdapat sejenis hut disetiap faksi yang akan mengeluarkan peasant (sejenis babu) secara terus menerus. Terdapat limit unit yang dapat kamu miliki. Semakin jumlah unit mendekati limit, maka peasant akan membutuh waktu yang lebih lama untuk spawn. Peasant ini adalah basic unit yang berfungsi mengumpulkan Rice dan Water, dan dapat dilatih menjadi pasukan yang lebih kuat.

2. Kamu tidak bisa membeli pasukan sesuka kamu. Melainkan kamu harus melatih peasant untuk menjadi unit yang lebih kuat. Kamu harus mengarahkan peasant untuk masuk kebangunan tertentu (misalnya barrack) agar peasant berubah menjadi unit petarung. Proses training membutuhkan waktu.

3. Setiap unit mempunyai serangan tipe melee (jarak dekat) walaupun unit tersebut adalah tipe range (serangan jarak jauh). Jika unit tipe range berhadapan langsung (jarak dekat) dengan musuh tipe melee, maka unit tipe range tersebut juga akan melakukan serangan melee walaupun damagenya akan jauh lebih kecil. Jadi sebisa mungkin letakan unit tipe range pada posisi aman di belakang unit lain saat terjadi pertempuran.

*         *         *         *         *


15. Warcraft 3: Frozen Throne


category: Single Player, Multiplayer, RTS
durasi bermain: Medium ~ Lama (Untuk menyelesaikan 1 map mungkin kamu akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit ~ 1 jam lebih. Namun untuk beberapa custom map ataupun campaign, kamu akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.)

         Warcraft 3 Frozen Throne adalah expansion dari Warcraft 3 Reign of Chaos. Kenapa Akira tidak mencantumkan game basicnya, yaitu Reign of Chaos? Karena memang fitur, gameplay, dan story pada campaign pada Frozen Throne jauh lebih seru dari pada Reign of Chaos. Dan salah satu alasanya utamanya adalah karena banyak custom map non-official terbaru (yang lebih seru) yang hanya compatible dengan versi Frozen Throne.

         Jangan kaget melihat recommended requirement yang dibutuhkan oleh salah satu game RTS terbaik sepanjang sejarah ini. Windows 98/XP/newer, Intel Pentium III, 256MB RAM, 550MB free space, dan DirectX 8.1. Bagaimana? Spec yang sangat ringan untuk salah satu game terbaik yang bisa kamu dapatkan, bukan begitu? Ingat, itu adalah recommend spec, bukan minimum spec.


         Walaupun Warcraft III tidak menghadirkan sesuatu yang sangat inovatif untuk game RTS, tetapi tidak bisa dipungkiri, game ini memang muncul dengan fitur, gameplay, dan story-line yang sangat sangat baik. Tidak heran jika Warcraft III mendapatkan review yang sangat positive. GamePro 5 / 5, Gamespot 9.3 / 10, IGN 9.3 / 10, PC Gamer (US) 94%.

         Game ini juga hadir dengan world editor. dimana kamu dapat membuat custom map sendiri dan membagikannya kepada player lain. Kamu juga dapat membuat custom map multiplayer yang dapat kamu mainkan bersama teman-teman kamu via LAN maupun online. Terdapat beberapa custom map non-official terkenal yang unik dan sangat seru untuk kamu mainkan. Salah satunya adalah DoTA.

         Secara umum, terdapat 4 race dengan masing-masing hero uniknya yang tersedia dan dapat kamu gunakan di custom game (official) dan Campaign, yaitu Elf, Human, Orc, dan Undead. Namun di dalam  Campaign mode, terdapat beberapa race tambahan yang hadir dan sebenarnya tidak dapat kamu gunakan di dalam game, seperti race Naga. Tapi sebenarnya kamu dapat menggunakan race tambahan tersebut jika kamu membuat custom map sendiri menggunakan world editor. Bahkan kamu dapat membuat dan menambahkan beberapa model buatanmu sendiri yang menciptakan race baru. Untuk official custom game/map, disediakan beberapa map dengan gameplay yang mirip dengan mode Skirmish pada game RTS lain. Dimana kamu harus membatai setiap musuh.

*         *         *         *         *


 Jadi kata siapa gaming mutlak harus memerlukan kopi dengan spec tinggi? Kamu dapat mencoba sendiri beberapa game ringan yang sudah Akira bahas untuk membuktikan jika kita juga dapat merasakan serunya sensasi gaming walaupun menggunakan komputer / laptop spec rendah, tua, dan berkarat :)