Agustus 30, 2016

15 Game Ringan Tapi Seru Untuk Komputer atau Laptop Spec Rendah, Yang Harus Kamu Tahu! (part 1/2)

15 Game Ringan Tapi Seru Untuk Komputer atau Laptop Spec Rendah, Yang Harus Kamu Tahu! (part 1/2)
Jika kamu bosan dan muak dengan komputer jangkrik di kantor, sekolah (hhehehe), ataupun di rumah, maka kamu harus mencoba untuk menginstall game-game dibawah ini. Game yang akan Akira bahas di sini adalah game ringan tapi seru yang tidak membutuhkan spec kompi dewa untuk menjalankannya. Jadi jika kamu masih mempunyai komputer jadul dengan processor Intel Pentium 4, ataupun notebook yang tidak didesain untuk menjalankan game berat, maka kamu harus tahu bahwa game dibawah ini akan cukup lancar untuk kamu mainkan di hardware berkarat milik kamu itu :)

Game di bawah ini adalah game yang pernah Akira mainkan secara langsung. Beberapa dari game ini adalah game jadoel yang sangat terkenal dimasanya. Dan menurut Akira sendiri, untuk kelas game ringan game-game ini cukup seru untuk membunuh rasa bosan ataupun hanya sekedar mengisi waktu luang.


Inilah Daftar dari 15 game ringan tapi seru versi Akira, yang akan sedikit kita bahas:

Part 1
1. Burger Shop (Time-Management)
2. Stand O' Food (Time-Management)
3. Insaniquarium (Arcade, Fish)
4. Feeding Frenzy (Arcade, Fish)
5. Feeding Frenzy 2 (Arcade, Fish)
6. Neighbour From Hell (Comedy, Puzzle)
7. The Sims (Life Simulation)

Part 2 (click here...)
8. Typer Shark Deluxe (Arcade, Typing)
9. Little Fighter 2 (Fighting, Beat 'em Up)
10. Counter Strike: Condition Zero (FPS)
11. Red Alert 2 (RTS)
12. Age of Empire II (RTS)
13. Fate The Traitor Soul (Action RPG, Dungeon Crawler)
14. Battle Realms (RTS)
15. Warcraft III: Frozen Throne (RTS)

*Akira hanya membahas dan memberikan informasi tentang game tanpa memberikan link download apapun.




1. Burger Shop

Burger Shop

category: Single Player, Time-Management
durasi bermain: Singkat (Jika kita hitung per levelnya akan membutuhkan waktu kurang lebih 5  menit. Namun akan membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikan semua level di Story mode.)

         Menurut Akira, ini adalah salah satu game restaurant terbaik yang pernah Akira mainkan. Gamenya sangat ringan dengan file installer kurang dari 50 MB, tetapi yang menjadi kekuatannya adalah graphic, gambar, dan animasinya. Tampilan dan animasi pada makanan minuman saat sedang dibuat / disajikan, terlihat sangat realistis. Mungkin kamu akan lapar saat melihat makanan-makanan di game ini.

         Untuk game Burger Shop, kamu akan menjadi pelayan sekaligus pemilik restaurant fast food. Setiap bahan pada makanan sudah tersedia secara otomatis dan tidak perlu kamu masak lagi. Terdapat robot yang akan menyediakan bahan makanan siap saji. Tugas kamu hanya menyusun setiap makanan sesuai dengan pesanan para customer.

         Terdapat berbagai jenis customer unik yang ada di Burger Shop ini. Dari pelanggan biasa, pekerja kantoran, sampai alien. Setiap customer memiliki tingkat kesabaran dan keunikan masing-masing terutama untuk makanan yang akan mereka pesan. Misalnya sumo yang akan selalu memesan makan porsi besar yang selalu berbeda-beda, sedangkan pekerja kantoran hanya akan memesan cola, burger, dan kentang goreng saja.

Burger Shop Gameplay

         Game ini memiliki 4 game mode yang dapat kamu mainkan. Story mode, relax mode, challenge mode, dan expert mode. Seetelah kamu menyelesaikan seluruh level di Story mode, maka kamu baru akan membuka Expert mode. Di dalam Expert mode gameplay-nya hampir sama dengan Story mode, tetapi alien akan datang sebagai customer dan akan selalu memesan burger ukuran besar yang akan cukup sulit untuk kamu sajikan.

*         *         *         *         *


2. Stand O' Food

Stand O' Food

category: Single Player, Time-Management
durasi bermain: Singkat (Untuk satu level rata-rata kamu akan memerlukan waktu kurang lebih 5 menit. Namun butuh waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan semua level)

         Hampir sama dengan game Burger Shop, di sini kita akan menjadi pemilik dan pelayan restaurant fast food. Kamu akan memulai dari restaurant kecil, sampai akhirnya kamu akan pindah ke restaurant yang lebih besar dan menu makan yang kamu sediakan juga akan semakin bertambah. Kamu akan mendapatkan reward berupa uang setiap menyelesaikan satu level. Uang yang kamu kumpulkan nantinya bisa kamu gunakan untuk meng-upgrade restautant kamu.

Stand O' Food Gameplay

Terdapat 100 level lebih dengan restaurant yang berbeda-beda, 80 jenis lebih sandwitch yang dapat kamu buat, dan 20 macam upgrade yang dapat kamu lakukan pada restaurant kamu.

         Graphic game ini tidak dibuat realistis seperti game Burger Shop. Tampilan Stand O' Food cenderung lebih simple, imut-imut, dan terkesan ringan.  Jadi sangat cocok untuk sekedar menghilangkan jenuh dan mengisi sedikit waktu luang.

*         *         *         *         *


3. Insaniquarim Deluxe

Insaniquarium

category: Single Player, Arcade, Pet Simulation, Relaxing
durasi bermain: Singkat (sekitar 5 ~ 15 menit untuk satu level pada mode Adventure dan Challenge. Virtual Tank dan Time Trial tidak mempunyai batas waktu tertentu.)

         Game ini adalah salah satu game terbaik untuk komputer / laptop spec rendah versi Akira. Di dalam game ini kita diharuskan memelihara ikan yang ada di aquarium. Hanya itu? Tidak. Game ini lebih seru dari yang kamu bayangkan.

         Bukan hanya merawat dan memelihara ikan yang ada di aquarium, tetapi kita juga harus mempertahankan dan melindungi ikan yang kita punya dari serangan alien yang akan datang. Ada berbagai jenis alien dengan kemampuan unik yang berbeda-beda. Alien-alien ini akan berusaha untuk memakan ikan yang kita pelihara.

Insaniquarium Gameplay

         Insaniquarium juga memiliki soundtrack yang berbeda untuk masing-masing aquariumnya. Dan soundtrack-nya ini yang akan menyebabkan kita betah untuk memainkan game Insaniquarium. Soundtrack yang dimainkan akan sangat membuat kamu relax. Soundtrack yang indah dibarengi dengan memberi makan ikan-ikan yang lucu, adalah kombinasi sempurna untuk menghilangkan rasa jenuh. Soundtrack mungkin akan sangat berkesan untuk kamu.

         Game ini hadir dengan 4 game mode. Adventure, Time Trial, Challenge, dan Virtual Tank. Dan kamu dapat meng-unlock Pet lucu dan unik yang akan membantu kamu untuk merawat ikan yang kamu pelihara. Untuk meng-unlock Pet, kamu harus bermain Adventure mode. Ada 20 pet yang dapat kamu koleksi dan 4 Secret Pet yang dapat kamu unlock kemudian. Total 24 Pet.

*         *         *         *         *


4.  Feeding Frenzy

Feeding Frenzy

category: Single Player, Arcade, Fish
durasi bermain: Singkat (rata-rata sekitar 5 ~ 10 menit setiap satu level)

         Di game ini kamu akan menjadi ikan kecil yang akan mencari dan memakan ikan kecil lainnya, sehingga ikan yang kamu gunakan tumbuh menjadi ikan yang lebih besar dan dapat memakan ikan yang lebih besar juga. Kamu juga harus menghindari ikan-ikan lain yang ukurannya lebih besar dari ikan yang kamu gunakan jika kamu tidak mau termakan.


Feeding Frenzy Gameplay

Feeding Frenzy termasuk game ringan yang mampu kamu jalankan di komputer spec rendah. Karena basis graphicnya masih menggunakan animasi 2D. Control-nya pun sangat simple. Kamu hanya memerlukan mouse.

         Game ini menyugukan 40 level dengan 5 ikan berbeda yang dapat kamu gunakan. Kamu tidak dapat memilih ikan yang kamu gunakan, karena setiap ikan sudah ditentukan tempat dan levelnya masing-masing. Saat kamu mencapai level yang lebih tinggi dan berganti tempat, maka ikan yang kamu gunakan pun akan berbeda.

*         *         *         *         *


5. Feeding Frenzy 2

Feeding Frenzy 2

category: Single Player, Arcade, Fish
durasi bermain: Singkat (Sekitar 10 menit setiap satu level)

         Jika kamu cukup puas dengan game Feeding Frenzy, maka kamu akan sangat menyukai game Feeding Frenzy 2. Di dalam game ini level yang disediakan dan character ikan yang dapat kita gunakan lebih banyak dari game pendahulunya. Event yang terjadi dan fitur di dalam game ini juga jauh lebih banyak dan menarik. Bahkan dibeberapa level, ikan yang kita gunakan dapat melompat ke atas permukaan air. Dan perbedaan yang paling mencolok dari game pendahulunya adalah graphic, animasi, dan model yang jauh terlihat lebih baik.


Feeding Frenzy 2 Gameplay

         Level yang disediakan di Feeding Frenzy 2 ini adalah 60 level dengan berbagai tempat yang indah dan unik. Terumbu karang, gua bawah laut, dermaga, dan lain-lain. Terdapat 7 ikan yang dapat kita gunakan, termasuk juga *(spoiler  ikan alien yang akan terbuka dilevel terakhir.

         Untuk player biasa (not a hardcore gamer) game ini termasuk seru dan ringan dari segi gameplay-nya. Game ini juga sangat cocok untuk sekedar mengisi waktu luang. Karena setiap levelnya tidak memakan waktu yang lama. Dan tidak akan masalah jika kamu berhenti ditengah permainan, karena kamu dapat melanjutkan langsung ke level terakhir dimana kamu berada.

*         *         *         *         *


6. Neighbour From Hell

Neighbour From Hell

category: Single Player, Puzzle, Strategy, Comedy
durasi bermain: Singkat (mungkin kamu akan butuh waktu sekitar 10 ~ 15 menit untuk menyelesaikan satu level yang cukup 'sulit' )

         Game bergenre comedy mungkin akan jarang kamu temukan sekarang ini. Untuk merasakan bagaimana rasanya genre comedy pada dunia game, kamu harus mencoba game ini. Game ini cukup koplak untuk membuat kamu tertawa.

         Di game Neighbour From Hell ini kamu akan menggunakan character bernama Woody yang ingin balas dendam kepada tentangganya Mr. Rottweiler yang cukup meyebalkan. Woody masuk ke dalam salah satu acara televisi, dan si Woody ini nantinya akan memasang jebakan-jebakan untuk mengerjai si Mr. Rottwailer. Semua kejadian akan direkam kamera untuk nantinya ditampilkan di televesi. Namun Woody ini harus memasang jebakan secara sembunyi-sembunyi karena Mr. Rottweiler akan sangat murka saat melihat orang lain mengusik kediamannya.

Neighbour From Hell Gameplay

         Untuk menyelesaikan satu level, kamu diharuskan memasang jebakan dalam jumlah yang sudah ditentukan. Dan setiap kamu menyelesaikan beberapa level, maka ruangan baru akan terbuka, dan jumlah jebakan yang harus kamu pasang pun akan bertambah. Jika Mr. Rottweiler terkena jebakan secara beruntun dalam satu level maka kamu akan mendapatkan score tertinggi.

         Neighbour From Hell ini mempunyai sequel yaitu Neighbour From Hell 2: On Vacation. Kisahnya akan berlanjut sampai, Mr. Rottweiler merasa jenuh dan kesal atas kejadian yang menimpa dirinya. Kemudian dia menutuskan untuk berlibur bersama ibu-nya. Namun si Woody terus mengikuti mereka sampai ke tempat liburan, dengan beragam jebakan-jebakan baru untuk mengerjai si Mr. Rottweiler.

         Sayangnya game ini hanya memiliki satu jalan cerita yang lurus tanpa fitur yang dapat kamu unlock. Jadi game ini rasanya akan kurang seru saat dimainkan untuk yang kedua kalinya, setelah kamu menyelesaikan semua level. Meski demikian, game ini cukup menyenangkan untuk dimainkan, dan dapat menambah gaming experience kamu.

*         *         *         *         *


7. The Sims

The Sims

category: Single Player, Life Simulation
durasi bermain: Medium ~ Lama (30 menit ~ seterusnya. game ini tidak memiliki check point ataupun target apapun. Semua tergantung para player masing-masing. Yang jelas untuk membangun rumah yang indah, kamu membutuhkan waktu yang lama. Kamu tidak akan puas jika memainkan game ini sebentar-sebentar.)

Game buatan Maxis ini cukup lancar untuk dijalankan dikomputer dengan spec rendah bahkan untuk processor Intel Pentium 4. Game ini menggunakan kombinasi graphic 2D dan 3D.

         Game ini cukup detail untuk menggambarkan simulasi kehidupan sehari-hari. Dari membangun rumah, mencari pekerjaan, sekolah, bersosialisasi dengan tetangga, menikah, memiliki anak, dan lain-lain. Kamu juga dapat menciptakan sifat yang berbeda-beda untuk masing-masing character. Game ini juga tidak memiliki tujuan khusus yang harus kamu capai. Kamu bebas melakukan apa saja.

The Sims Gameplay

         Terdapat lebih dari 150 item lebih yang akan melengkapi game ini, dari furniture sampai dengan elemen arsitektur. Kamu dapat membangun rumah sesuai dengan yang kamu inginkan. Dari membuat tembok dan mewarnainya, memilih atap, membuat kolam renang, membuat bangunan bertingkat, menanam pohon, dan masih banyak lagi. Itulah yang menjadi bagian terseru menurut Akira. Game ini juga menyediakan expansion yang beragam yang akan menambahkan beberapa item dan fitur baru di dalam game.

         Kesimpulannya, game ini layak untuk kamu miliki jika kamu masih mempunyai komputer dengan spec rendah. Dengan minimum requirement yang rendah, game ini sudah termasuk game yang advanced dengan berbagai fitur yang menarik. Tidak hanya sekedar game, kamu juga dapat melatih kreatifitas kamu di dunia The Sims ini.

*           *          *          *          *

( CONTINUE TO PART 2 )