Agustus 27, 2016

15 Daedric Artifact Unik yang Ada di Skyrim dan Cara Mendapatkannya (part 1/2)

15 Daedric Artifactt Unik yang ada di Skyim dan Cara Mendapatkannya

Daedric adalah mahluk dari dimensi lain yang ada di Skyrim. Ada beberapa Daedric terkuat yang dianggap sebagai dewa, yang biasa disebut Daedric Prince. Terdapat 15 Daedric Quest yang akan mewakili dari setiap masing-masing Daedric Prince. Jika kita menyelesaikan questnya maka kita akan mendapatkan Daedric Artifact (bisa berupa senjata, armor, atau yang lainnya), yang akan 'diberikan' oleh masing-masing Daedric Princes.

Di sini Akira akan membahas tentang 15 Daedric Artifact yang bisa kamu dapatkan di Skyrim dan cara untuk mendapatkannya.



Daftar 15 Daedric Artifact

part1
1. Azura's Star / Black Star (Soul Gem)
2. Dawnbreaker (One-Handed Sword)
3. Ebony Blade (Two-Handed Sword)
4. Ebony Mail (Heavy Armor - Body)
5. Mace of Molag Bal (One-Handed Mace)
6. Masque of Clavicus Vile (Heavy Armor - Head)
7. Mehrune's Razor (Dagger)
8. Oghma Infinium (Book)

part2  (click here...)
9. Ring of Namira (Ring)
10. Sanguine Rose (Staff)
11. Savior's Hide (Light Armor)
12. Skull of Corruption (Staff)
13. Spellbreaker (Shield)
14. Volendrung (Two-Handed Hammer)
15. Wabbajack (Staff)

16. Skeleton Key* (Lockpick)




1. Azura's Star / Black Star

Skyrim Azura's Star
Azura's Star

         Azura's Star adalah Daedric Artifact dari God Azura. Sebenarnya cara kerjanya sama seperti Soul Gem, tetapi item ini tidak akan hancur setelah digunakan seperti Soul Gem pada umumnya. Kamu hanya dapat memasukan jiwa dari binatang ataupun jiwa mahluk lain yang ada di Skyrim (White Soul). Sedangkan Black Soul (jiwa manusia ataupun humanoid lainnya) tidak bisa kamu tangkap dengan ini.

Skyrim - Black Star
Black Star

         Black Star adalah bentuk dari Azura's Star jika kamu memberikan Azura's Broken Star kepada Nelacar untuk diperbaiki. Berbeda dengan Azura's Star, Black Star ini dapat menangkap White Soul, dan juga Black Soul yang bersumber dari jiwa manusia (ataupun race humanoid yang lainnya). Yang pastinya Black Soul sendiri lebih kuat dari pada White Soul, karena semua Black Soul berkualitas Grand Soul. Black Star juga tidak akan pernah hancur setelah digunakan.

         Kamu akan mendapatkan sedikit informasi tentang Azura melalui barkeeper di Bannered Mare. Kemudian kamu akan mendapatkan miscellanous task untuk mengunjungi Shrine of Azura. Tempatnya adalah di arah selatan dari Winterhold. Kamu akan bertemu dengan Aranea Lenith di Shrine of Azura. Kamu akan mendapatkan quest ini jika berbicara kepadanya.

         Setelah kamu mendapatkan Azure's Broken Star, Kamu hanya dapat memilih salah satu antara Azura's Star dan Black Star. Tergantung kepada siapa kamu akan memberikan Azura's Broken Star. Aranea Lenith atau Nelacar. Pilihlah dengan bijak.

         Jika kamu memberikan Azure's Broken Star pada Aranea Lenith dan mendapatkan Azura's Star, maka kamu dapat menjadikan si Arenea ini menjadi salah satu follower kamu. Sedangkan Nelacar tidak. Namun menurut Akira pribadi, lebih baik kamu mengambil Black Star, Karena kualitas soul yang dapat ditangkap jauh lebih baik, dan juga karena NPC sebagai follower tidak akan terlalu berguna, karena jika NPC mati maka dia tidak akan respawn (mungkin 'iya' kalau menggunakan cheat. noob!).

Jangan memikirkan "Bagaimana cara membunuh NPC untuk mengumpulkan Black Soul, sedangkan NPC yang mati tidak akan pernah respawn?". Banyak jenis dungeon berupa maskas para bandit. Kamu dapat mengumpulkan Black Soul sebanyak-banyaknya di sana. Bandit di setiap dungeon akan selalu respawn dalam hitungan waktu tertentu. Yang tidak akan respawn ketika mati, hanyalah NPC tertentu, seperti penduduk desa, follower, dan sebagainya.



2. Dawnbreaker

Skyrim - Dawnbreaker
Dawnbreaker

 Type
One-Handed Sword
 Weight
10
 Damage
25
 Effects
Burns for 12 points, and when killing undead, a chance to cause a fiery explosion that turns or destroys nearby undead.

Addtionally, when power swung, it increases the damage of itself and other weapons for a short period of time, bows, two handers, etc.


         Daedric Artifact yang satu ini bisa kamu dapatkan melalui quest The Break of Dawn. Weapon yang satu ini sangat cocok dibawa untuk crawling dungeon, terutama yang banyak terdapat Draugrs. Efek Fire Explosion akan sering terjadi saat melawan musuh undead dengan jumlah yang banyak. Bahkan terkadang efeknya akan menjadikan beberapa undead berpihak pada character kamu.

Item ini bisa kamu updrade dengan Smithting menggunakan Ebony Ignot.

         Untuk mengambil quest The Break of Dawn setidaknya kamu harus mencapai level 12., dan kamu juga harus mengumpulkan Meridia's Beacon. Kemudian untuk memulai quest, kamu harus mengunjungi Statue of Meridia. Tempat Statue of Meridia ada di pegunungan sebelah barat dari Solitude.



3. Ebony Blade

Skyrim - Ebony Blade
Ebony Blade


 Type
 Two-Handed Sword
 Weight
 10
 Damage
 14
 Effects
 Steal life


         Daedric Artifact ini bisa kamu dapatkan melalui quest The Wishpering Door. Ebony Blade memiliki base steal life 10 point, tapi nantinya dapat kamu levelup dengan cara membunuh NPC yang sudah kamu jadikan teman, atapun NPC yang sudah pernah kamu tolong di Skyrim. Dari setiap 2 character yang terbunuh, kamu akan menambah perk sebanyak 2 point sampai dengan maksimum 30.

Ebony Blade ini adalah salah satu dari beberapa Enchanted Weapon yang memiliki charge yang tidak terbatas. Sehingga tidak membutuhkan Soul Gem.

         Quest The Wishpering Door tidak akan tersedia sampai character kamu telah mencapai level 20, dan setelah kamu menyelesaikan quest Dragon Rising. Untuk mendapatkan quest ini, pertama kamu harus mengumpulkan informasi dari Barkeeper di Bannered Mare yang berlokasi di Whiterun. Kemudian temui Jarl dan tanyakan tentang anaknya.



4. Ebony Mail

Skyrim - Ebony Mail
Ebony Mail

 Type
 Heavy armor
 Base Armor
 45
 Weight
 28
 Effects
 Muffle and Poison Cloack in combat


         Ebony Mail adalah Daedric Artifact yang akan kamu dapatkan diakhir quest Boethiah's Calling. Ketika character kamu menggunakan armor ini dan melakukan posisi mengendap-endap (crouching), maka akan terdengar sound effect seperti saat menggunakan spell. Kemudian character kamu akan terlihat seperti tertutup bayangan dengan dilapisi asap berwarna hijau tua dari efek poison. Efek dari poison ini akan menghasilkan damage sebanyak 5 point per detik kepada setiap musuh yang berada cukup dekat, tetapi hanya akan mengenai musuh yang sudah melihat character kamu (jadi jika kamu mengendap-endap dengan baik sampai di belakang musuh tanpa terdeteksi, maka efek poison tidak akan mengenai musuh tersebut. Sehingga kamu bisa meneruskan mengendap-endap tanpa menggangu siapapun). 

Muffle sendiri adalah spell Illusion yang akan mempermudah kamu untuk mengendap-endap (agar lebih sulit terdeteksi oleh musuh). Sedangkan Poison Cloak adalah salah satu dari Destruction Spell level Adept.

         Kamu dapat menemukan quest Boethiah's Calling dengan cara membaca buku bernama Boethiah's Proving, atapun jika kamu menemui salah satu Boethiah's Follower. Jika kamu menemukan dan membunuh salah satu dari Boethiah's Follower, maka kamu akan mendapatkan miscellanous objective "Investigate Boethiah Cultist". Berikutnya cari, bunuh dan ambil buku dari si pemuja Boethiah itu untuk menyelesaikan miscellanous objective. Untuk mendapatkan questnya, kamu harus membaca buku yang sudah kamu ambil tadi. Syaratnya kamu harus sudah mencapai level 30.



5. Mace of Molag Bal

Skyrim - Mace of Molag Bal
Mace of Molag Bal

 Type
One-Handed Mace
 Weight
18
 Damage
16
 Effects
Damage to Stamina 25 pts, damage to Magicka 25 pts, Soul Trap 3 secs


         Mace of Molag Bal bisa kamu dapatkan setelah kamu menyelesaikan quest The House of Horror, yang juga bagian dari Daedric Quest. Weapon ini bisa kamu improve menggunakan Ebony Ignot. Walaupun weapon ini tidak termasuk salah satu dari Ebony Weapon. Bahkan weapon ini juga tidak mempunyai klasifikasi dari salah satu material tertentu. Jadi segala skill dari Smithing Perk tidak akan berpengaruh kepada Mace of Molag Bal.

         Telah dilaporkan bahwa Enchantment dari weapon ini dipengaruhi secara langsung dari perk Argumented Flame dari skill tree Destruction Spell, dan akan meningkat ke 31 untuk satu perk, dan 37 untuk perk yang selanjutnya. Tetapi tidak akan berpengaruh sama sekali untuk efek Soul Trap-nya.

Weapon ini sangat unik dan berdeda dari weapon lain. Weapon ini juga bisa menjadi salah satu dari weapon terkuat di Skyrim (diluar dari kelas Two-Handed weapon).

         Quest ini akan kamu mulai di depan Abandoned House (rumah kosong) di Markarth. Salah seorang Vigilant bernama Tyranus akan bertanya kepada kamu tentang informasi rumah kosong tersebut. Jika kamu memberikan pertolongan kepada Tyranus untuk menyelidiki rumah kosong itu, maka questpun dimulai.



6. Masque of Clavius Vile

Skyrim - Masque of Clavius Vile
Masque of Clavius Vile

Type
Heavy Armor (head)
 Base Armor
23
 Weight
7
 Effect
Prices -20%, Speechcraft +10, Magicka regen +5%


         Daedric Artifact yang satu ini sepertinya kurang cocok jika digunakan di dalam pertarungan. Tetapi seperti yang tertera pada effect, kamu akan mendapatkan potongan harga sebanyak 20% jika kamu sedang membeli item/weapon (dimana saja) sambil menggunakan Masque of Clavius Vile ini. Kamu juga mendapatkan perk Speechcraft sebanyak 10 point selama kamu memakai helm ini. Tapi sayangnya bonus Magicka regen sebanyak 5% tidak akan berpengaruh besar pada character kamu.

         Quest untuk Daedric Artifact yang satu ini adalah salah satu dari 15 Daedric quest lain bernama Daedra's Best Friend. Kamu akan mendapatkan Masque of Clavius Vile jika nantinya kamu memilih untuk tidak membunuh Barbas the dog.

         Quest ini akan melibatkan Clavius Vile. Quest ini dapat kamu temukan jika kamu mengunjungi Falkrearth. Cari character bernama Lod di Falkrearth. Kemudian Lod akan memberitahu kamu bahwa ada seekor anjing yang sangat mengganggu dan kita akan dimintai tolong untuk mengurusnya. Kemudian kita bisa menemukan anjing itu disekitar The Dark Brotherhood Sactuary. Saat kamu menemukan anjing itu, anehnya si anjing dapat berbicara dan memberitahu bahwa namanya adalah Barbas. Barbas akan meminta pertolongan pada kamu dan quest pun dimulai.


Diakhir quest kamu akan diberikan 2 pilihan. Bunuh Barbas the dog menggunakan Rueful Axe dan kamu akan mendapatkan Rueful Axe. Atau serahkan Rueful Axe, kemudian kamu akan mendapatkan Masque of Clavius Vile sebagai reward.

Ada lagi satu pilihan yang bisa kamu ambil, yaitu dengan tidak menyelesaikan quest. Ambil Rueful Axe dan jadikan Barbas the dog sebagai salah satu follower kamu.

Jika kamu membunuh Barbas maka kesempatan kamu untuk mendapatkan achievement/thropy Oblivion Walker tertutup rapat, karena kamu gagal mendapatkan salah satu Daedric Artifact.



7. Mehrune's Razor

Skyrim - Mehrune's Razor
Mehrune's Razor

Type
 One-Handed Dagger
 Damage
 11
 Weight
 3
 Effect
 Hits have a small chance to instantly kill


         Daedric Artifact yang satu ini cukup unik. Weapon class Dagger ini memiliki kesempatan untuk melakukan instant kill saat sedang digunakan untuk menyerang musuh. Kesempatan untuk melakukan intant kill-nya adalah 1,98%. Weapon ini juga salah satu weapon yang mempunyai charge tidak terbatas. Jadi kamu tidak memerlukan Soul Gem untuk me-refill weapon ini.

Weapon ini bisa diupgrade menggunakan Ebony Ignot, tetapi tidak akan mendapatkan keuntungan apapun dari Smithing Skill perk.

         Dagger yang termasuk Daedric Artifact ini bisa kamu dapatkan dengan cara menyelesaikan quest Pieces of the Past. Setelah kamu mencapai level 20, seorang kurir akan mengunjungi kamu membawakan undangan dari Silus Vesuius. Atau alternatif lainnya, kamu bisa berjalan menelusuri Dawnstar disaat warganya sedang banyak membahas mengenai museum. Setelah kamu bertemu dan berbicara dengan Silus di Dawnstar, kamu dapat memulai questnya dengan cara menyetujui permintaannya untuk mencari artifact.



8. Oghma Infinium

Skyrim - Oghma Infinium
Oghma Infinium

         Oghma Infinium merupakan salah satu item paling unik yang ada di Skyrim. Oghma Infinium ini berbentuk buku (Book). Bentuknya hampir sama dengan buku lain, namun cover bukunya terlihat seperti berbagai jenis macam kulit yang dijahit menjadi satu, dan isinya didominasi oleh simbol-simbol. Oghma Infinium ini adalah item sekali pakai yang akan kamu dapatkan setelah menyelesaikan quest Discrening the Transmundane

Setelah membaca buku ini, character kamu akan naik 3 level dan mendapatkan 5 skill point secara permanen. Kamu akan diberi 3 pilihan saat kamu membaca buku ini, yaitu:

1. Combat
One-Handed, Two-Handed, Blocking, Heavy Armor, Archery (masing-masing 5 skill point)

2. Stealth
Sneaking, Pickpocket, Lockpicking, Speech, Light Armor (masing-masing 5 skill point)

3. Magic
Destruction, Illusion, Conjuration, Restoration, Alteration, Enchanting (masing-masing 5 skill point)

Ingat! item ini hanya untuk satu kali pakai. Pilihlah yang sesuai dengan perkembangan character kamu di Skyrim. Combat, Stealth, ataupun Magic, kamu bebas memilih.

         Quest ini bisa kamu dapatkan saat kamu sedang berkunjung ke Winterhold. Tepatnya saat kamu sedang menjalankan quest Elder Knowledge (misi untuk mengambil Elder scroll dari Dwarven City) yang diberikan oleh Urag (Orc yang menjadi penjaga perpustakaan di Winterhold).

         Quest ini bisa kamu dapatkan dengan cara menanyakan tentang Insane Book kepada Urag di perpustakaan Winterhold, mencari Septimus Signus, sampai nantinya kamu akan diminta untuk mengumpulkan sampel darah dari beberapa race/bangsa yang ada di Skyrim.