Juni 04, 2019

Cara Membuat ads.txt Untuk Blogger | Blogging Tutorial

blogspot, adsense, mengaktifkan, ads, adstxt, blog tutorial, google, Earnings at risk - One or more of your sites does not have an ads.txt file. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.

Pada saat tertentu, Google akan meminta pemilik akun adsense untuk menyematkan file ads.txt ke dalam website ataupun blog yang mereka kelola. Dengan ini, website atau blog dapat teridentifikasi resmi oleh para calon pemasang iklan. Alasan Google merekomendasikan penyematan ads.txt ke dalam website atau blog adalah untuk menekan potensi kerugian bagi para pengiklan dan pemasang iklan yang disebabkan oleh oknum. Misalnya saja pengiklan palsu dan pelaku boom click.

Pelaku boom click bisa saja memasang code penayang adsense milik orang lain ke dalam blog atau website milik mereka untuk melakukan aksinya. Pengiklan palsu juga bisa menyebar code penayang adsense miliknya ke beberapa web palsu untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan penayangan iklan yang sangat banyak. Di sini lah ads.txt menjadi penting bagi calon pemasang iklan untuk menyeleksi website atau blog yang sudah teridentifikasi.


Pemasangan ads.txt tidaklah wajib terpasang, tapi sangat direkomendasikan oleh Google. Selain menangkal pengiklan palsu, pemasangan ads.txt juga dapat meningkatkan penayangan iklan bagi pemilik website atau blog. Karena calon pemasang iklan yang selektif pasti akan lebih memilih website atau blog yang sudah teridentifikasi resmi.

Earnings at risk - One or more of your sites does not have an ads.txt file. Fix this now to avoid severe impact to your revenue
pesan yang muncul pada akun adsense


Cara Membuat ads.txt untuk blogger / blogspot

Pemasangan ads.txt pada blogger sangat mudah untuk dilakukan karena blogger sendiri menyediakan fitur ini pada pengaturannya. Sedangkan publisher non-google mungkin butuh menghubungi SSP-nya untuk mendapatkan bantuan. Cara membuat/memasang ads.txt pada blogger adalah sebagai berikut :

  1. Buka blogger dan log in.
  2. Pada dashboard, klik Settings.
  3. Kemudian klik Search preferences.
  4. Di bawah Monetization terdapat pengaturan Custom ads.txt yang secara default dalam posisi ter-disable. Klik Edit.
  5. Masukan teks berikut ke dalamnya :

    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Bagian pub-0000000000000000 diganti dengan publisher ID dari akun adsense milikmu. Bisa dilihat dengan cara log in adsense, klik Account > Settings > Account information. Sedangkan f08c47fec0942fa0 adalah Thrustworthy Accountability Group (TAG) milik Google yang tidak perlu diubah. Bisa kamu cek Di sini.
     
  6. Klik save changes.
  7. Selesai!

Butuh waktu 24 jam sampai dengan satu minggu agar ads.txt terbaca oleh Google, dan kedepannya akan di-crawl setiap 24 jam. Untuk memastikan ads.txt sudah berhasil disematkan ke dalam website atau blog, kamu bisa membuka link blog-mu dengan ditambah "/ads.txt" di belakangnya. Contoh: namablog.blogspot.com/ads.txt

Tidak perlu menambahkan "www" pada address bar. Tapi tidak masalah jika link ter-redirect dan "www" muncul secara otomatis. Coba juga buka link versi http dan https untuk memastikan ads.txt muncul dan dapat diakses dengan baik pada keduanya. Contoh: http://namablog.blogspot.com dan https://namablog.blogspot.com

Artikel ini informatif? Jangan lupa tinggalkan komentar. Temukan juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia teknologi dan game di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga:
author: Akira Asayami

2 Comments