Mei 13, 2019

Solusi Zenfone Max Pro M1 slow Charging | Pengalaman Pribadi

lambat cas, lama charge, lemot, kabel charger, asus zenfone max pro m1, cara memperbaiki, how to fix, smartphone, cas 4 jam, 5 jam, 3 jam

Apa yang terjadi jika tiba-tiba smartphone Asus Zenfone Max Pro M1, si baterai monster, membutuhkan waktu cas (charge) yang lebih lama? Untuk yang baru mengalaminya pasti akan binggung, panik, atau bahkan stress. Sebenarnya apa yang terjadi? Dimana letak kerusakannya? Dan, bagaimana cara memperbaikinya? Akira sebagai pengguna Max Pro M1 varian RAM 4GB pun pernah mengalaminya. Dan ini yang terjadi pada smartphone yang Akira gunakan...


Max Pro M1 yang Akira gunakan sudah berumur sekitar satu tahun. Tiba-tiba ada yang aneh saat smartphone di-cas. Dalam 6 menit, persentase baterai tidak bertambah 1% pun. Padahal lampu indikator orange sudah menyala. Saat Akira menggunakan smartphone sambil di-cas, baterai malah turun. Seakan daya yang masuk lebih sedikit dari daya yang keluar. Waktu full charge pun sangat-sangat lama. Bisa mencapai 4 sampai 5 jam, yang pada awalnya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit saja. Akira secara bertahap melakukan penelitian. (wwkwk..)


Percobaan cas ke-2 dari baterai 20% sampai penuh
Akira melakukan penge-cas-an ke-2 setelah baterai Max Pro M1 sudah tersisa 20%. Hal ini Akira coba untuk memastikan, karena kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ternyata waktu untuk full charge memang memakan waktu yang sangat lama. Sekitar 4 jam.


Mungkin colokan (socket) listrik yang rusak
Akira sering menggunakan smartphone sambil dalam kondisi di-cas. Jadi Akira menggunakan kabel roll agar lebih bebas bergerak dan tidak terlalu lama mepet dengan tembok (wwkwk..). Akira mengira kabel roll telah rusak. Jadi Akira coba melakukan cas menggunakan colokan (socket) listrik lain. Tapi hasilnya sama saja. Butuh waktu 4 jam untuk melakukan full charge.


Mungkin chip smartphone atau baterai yang sudah rusak
Langsung terbesit juga perkiraan kalau kerusakan terjadi pada baterai ataupun chip di dalam smartphone Asus ini. "Kalau rusak daleman, pasti biaya service-nya lumayan nih". Tapi pikiran ini secara ragu-ragu Akira tepis, karena masih ada beberapa hal yang belum dipastikan.


Menggunakan charger smartphone lain
Akira coba meminjam charger dari smarphone lain. Untuk saat itu, Akira menggunakan charger smartphone Xiaomi yang entah apa tipe-nya (lupa). Yang jelas harganya 2 jutaan hhehe.. Dan hasilnya.. hm... waktu untuk full charge hanya berkisar 2 jam lebih. Apa kerusakan terletak pada charger?


Charger? Tapi dimananya? Kepala charger, kabel, atau seluruhnya?
Akira sudah berniat membeli charger original langsung dari Service Center Asus jika memang charger yang Akira pakai sudah rusak. Tapi tunggu dulu! Coba kita teliti lagi lebih jauh. Dimana letak kerusakannya? Akira mempunyai stock kabel merek Aukey tipe CB-AM1 B Ik yang harganya Rp. 120.000 namun Akira beli dengan harga Rp. 5000 saja (kalau tidak salah), karena mendapat promo Flash Sale dari Bukalapak (wwkk.. bukan promo ya.. belum di-endorse).

Akira coba menggunakan kabel tersebut, tapi dengan kepala charger yang lama (ori dari box). Dan ternyata semua kembali normal. Waktu full charge hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kerusakan terletak pada kabelnya. Memang Akira sering menggunakan kabel lama (yang ori bawaan box) untuk melakukan cas dari powerbank, dan diletakan di dalam kantung jaket dengan kondisi kabel yang digulung. Kadang bagian ujung kabelnya tertekan/tertekuk. Mungkin itu penyebabnya.


KESIMPULAN
Dalam kasus ini, Akira mendapati kerusakan pada bagian kabel dari charger bawaan smartphone Asus Zenfone Max Pro M1, yang menyebabkan kurang optimalnya daya listrik yang masuk saat melakukan charge. Akira hanya butuh mengganti kabel tanpa membeli charger baru.

Akira membagi pengalaman ini sebagai referensi bagi pengguna lain yang mengalami hal serupa. Tapi perlu diingat juga kalau masalah kabel ini bukan lah faktor satu-satunnya penyebab lambatnya proses cas. Jika kabel bisa dipastikan masih dalam kondisi bagus, tapi proses cas membutuhkan waktu yang lama, artinya kerusakannya ada pada bagian lain.

Artikel ini membantu? Jangan lupa komen dan baca juga artikel-artikel informatif lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga:
author: Akira Asayami

39 Comments

  1. Oke gan, ane coba ganti kabel juga ya. Sama nih permasalahannya. Malah punya saya, charger waktu ditinggal tidur malem pun gak full 100%. Cuma 71% an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu hal lagi, gan. Saat di-cas, kalau agan terhubung ke wifi, coba nonaktifkan paket data. Kalau agan pakai paket data dan tidak berniat terhubung ke wifi, fitur wifi juga lebih baik dimatikan.

      Soalnya bisa jadi slow charge terjadi akibat bug battery drain. Cirinya, hape jadi panas saat dicharge, walaupun tidak sedang digunakan. Ini hanya perkiraan saja ya.. semoga cepat teratasi masalahnya.

      Hapus
    2. Punya saya malah di tinggl tidur cuma 48% dan bisa kadang connect kadang gk, saya coba charger oppo ori temen saya ttp lama itu gimana ya gan?

      Hapus
    3. Kalo kadang konek kadang enggak, dan masih tetap sama walaupun sudah coba charger lain, saya curiga sama port-nya. Apa port-nya sudah longgar parah? Kalau iya, langsung ke tempat servis aja gan minta ganti port.

      Hapus
  2. Gan, beli charger ori asus zenfone max p m1 dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat yg udah pasti terjamin ori-nya, yaitu asus service center.

      Toko online juga pasti ada yg ori, tapi susah carinya karena pasti banyak yg ngibul.

      Konter di mall juga bisa jadi pilihan mencari barang ori, tapi kita harus tetap jeli. Cari yg penjualnya muka2 orang jujur hhehe..

      Hapus
    2. Nah itu gan mau beli online ada tulisan ori tapi tetep ragu hehe. Thank gan atas tipsnya.

      Hapus
  3. tapi gan punya saya 1 jam hanya sekitar 10 % tapi pas dipindahin ke stopkontak lain br cepat itu gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma dicolokan itu saja, mungkin colokannya yg bermasalah. Atau ga sempurna nyolokinnya.

      Coba berikutnya agan nge-cas hp lagi, cas sambil aktifkan airplane mode atau minimal mematikan wifi. Kalau cas jadi cepat, maka mungkin penyebabnya adalah batery drain dari beberapa background app. Atau bisa juga bug wifi yg juga menyebabkan batery drain.

      Ciri khas batery drain sedang terjadi, suhu si max pro m1 akan naik walaupun tidak sedang digunakan. Coba juga untuk uninstall app yg tidak dipakai agar background process-nya lebih ringan

      Hapus
  4. iya setju, emang kabel nya yang rusak, ini buat ngecas hp lain juga lama banget pake kabel ori, kalau ganti kabel baru kembali normal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga barang, gan. Pasti ada umurnya. Tapi untuk awet ngga-nya tergantung pemakaian masing2. Kalau udah tanda2 rusak, mending ganti. Dari pada rusaknya ngerembet

      Hapus
    2. oh iya, untuk cek apakah charger/kabel nya rusak atau tidak bisa pake aplikasi Ampere donlot di Playstore, itu buat ngecek apa arus yg masuk udah sesuai sama yg tertulis di charger atau tidak

      Hapus
    3. Bisa, gan. Tapi ane sendiri belum pernah dan belum tau pasti cara pakainya. Tapi untuk kabel rusak yang dipakai untuk charge, pasti daya yang dialirkan lebih kecil.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Ganti charger coba. Kalo ga works, mungkin sudah kena baterai. Servis aja ganti baterai. Paling kena 200 ribuan (ga tau pastinya)

      Hapus
  6. Saya ngecas dari 20% sampe 100% sekitar 6jam lebihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dulu. Apa masalah ada pada chargernya, battery drain, atau lainnya. Karena solusinya juga akan berbeda.

      Hapus
  7. Gan hp saya sama kk saya sama,kalo saya pakai charger hp saya fast charging tidak nyala, tapi kalo pakai charger hp kk saya kok fast charging ya nyala ya?padahal hp nya sama² m1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya "Rapid Charging". Ane sebenarnya agak kurang paham pastinya kapan fitur ini aktif.

      Tapi menurut pemgalaman ane, fitur rapid charge si M1 ini akan aktif kalau hape dicharge dalam kondisi idle / tidak digunakan. Coba agan charge pakai charger sendiri dalam kondisi idle. Kemudian cek setelah belasan menit.

      Hapus
  8. Apa karna charger dicolokin ke stopkontak terus2an tanpa dicabut bisa berpengaruh pada kabel ya?

    Kog kemarin ane baru cabut setelah sekian lama gak dicabut ,baru kemarin terus dipasang lagi buat cas kog jadi lama cas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasti berpengaruh. Tapi ane kurang yakin kalau sekali cabut colok, kerusakannya langsung secara instant.

      Coba aja cas di stopkontak yg lain. Jngan di situ lagi.

      Hapus
  9. Mbak akira, kok Yang aku udah Di Ganti Kabel Baru,Tetap Lama Juga Ngisinya Pakai kepala ori,kabel data baru nya aku beli cuman 15k,Solusi Nya Gmna Mbak, apa ada Orang Jual Kabel Asus Ori Nya Aja,Cuman Kabel Aja Gak usah Kk Palak, Soalnya Kantong tipis, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba dites 1 per 1 antara kepala charger dan kabelnya. Walaupun ori, harus diperiksa juga kondisinya.

      2. Kalau keduanya ga ada masalah, artinya masalah ada di zenfone-nya. Mungkin kena battery drain dari background app. Coba cas sambil dimatikan atau mode pesawat.

      3. Kalo charger ori kayaknya 1 paket (kabel & kepalanya). Sebenernya ga harus ori. Yg penting kualitas kabelnya bagus.

      Akira sendiri saat ini pakai kabel merek Aukey, karena kabel ori yg lama sudah bermasalah. Btw kabel Aukey yg Akira pakai cukup bagus. Lamanya waktu charge pun normal seperti pakai yg ori. Untuk kabel yg murah, Akira belum coba pakai. Jadi, belum tau performanya.

      Hapus
  10. Kak akira apakah kepala charger memengaruhi cepat daya baterai atau tidak?? Soalnya saya dah beli kabel yang mahal tapi kepalanya bukan original

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ngaruh. Tapi itu bukan satu2nya faktor. Kepala charger yg bukan original bawaan, tapi kalo merk atau kualitasnya bagus, waktu charge-nya bisa cepat kok.

      Hapus
  11. Kak,masalahnya sama,pake chrger ori lemot,trus pake chrgernya oppo F3 lumayan cepet,tpi setelah seminggu pake chrger oppo F3 itu jadi lemot lagi,kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape-nya mungkin. Coba saat di-charge, gunakan mode pesawat. Kalau waktu charge menjadi cepat/normal, artinya hape kamu kena battery-drain. Coba untuk menghapus aplikasi2 yg tidak produktif tapi memberatkan sistem secara background.

      Hapus
  12. kalo charging nya jadi slow abis kecemplung ke air gimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka chasing, angin2kan sampai kira2 setengah jam. Kalau tidak ada perubahan, mending agan bawa ke tempat service..

      Hapus
  13. Coba aja dulu download amperemeter, aku baru 4-6 bulanan tb tbtb nge-charge ya lama, setelah dicek pake ampere meter yg harusnya bisa sampe 1800mAh, ini cuma 600 mAh, yaudh karena masih garansi ya saya minta ganti kepala cadangnya, soalnya udh dibandingin sama punya temen itu normal

    BalasHapus
  14. Ada ga penyebabnya ketika asus zenfone max pro m1 di mainkan sambil ngecas .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hape yg di-cas sambil untuk main sebenarnya ga secara langsung akan merusak baterai. Tapi pasti akan memperpendek umur baterai secara berkala.

      Ane sendiri punya max pro m1 masih awet sampai saat ini. Baterai pun masih prima. Padahal lumayan hardcore untuk gaming. Juga sering dimainin sambil di-cas.

      Hapus
  15. Min klo kasusnya saya. charger di pake orang lain(hp beda merek) nah trus abis di pake sm hp orang pake ke hp saya lg carger langsung lemot yg awalnya 2jam an jd 4-6 jam g penuh2. Tp setelah beberapa hari/minggu kecepatan cargernya perlahan balik ke normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambungan kepala charger sama kabelnya kurang diteken kali,gan? Soalnya dulu gw pernah begitu. Tinggal dikencengin doang (diteken) biar masuk lagi. Kadang gw ga sadar itu kabel udah keluar gitu (kaya mau lepas). Jadi lama banget kalo buat cas.

      Kalo misal, lemot cas-nya terus menerus, artinya charger (kepala atau kabel) ada yg rusak. Mungkin akibat pemakaian. Tapi kan, sekarang normal lagi. Artinya bukan itu penyebabnya. Mungkin ada penyebab lain, tapi kebetulan aja kejadiannya setelah itu charger dipinjem sama temennya agan.

      Hapus
  16. Yang saya asus zf max pro m1 juga masalahnya sama solusinya jiga sama saya ganti kabelnya bnr lagi dan skarang kumat lagi lama lagi apa harus ganti kabel lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli kabelnya yg murah, kah? Tapi coba pastikan lagi. Coba cas lagi, tapi jangan colok cabut. Pakai seperti biasa, sampai baterainya tinggal belasan persen, baru di-cas.

      Kalo normal lagi, kemungkinan BUKAN kabelnya. Tapi kalo 3x cas, lemot terus, mungkin emang kabelnya jelek.

      Hapus
  17. Saya cas malah sampe 12 jam baru penuh

    Terima kasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Masama, gan. Derita barang elektronik, kalo ada kerusakan, bisa merembet. Jadi mendingan cepet2 diperbaiki, gan. Daripada-daripada hhehe..

      Hapus