Februari 06, 2019

Cara Memperbesar Ukuran Video Youtube pada Postingan Blog (manual)

merubah ukuran, membesarkan, mengecilkan, embed video, youtube, blogger, konten

Sebuah postingan blog yang hanya berisi teks akan lebih terlihat seperti novel. Dan tidak semua pengunjung blog menyukai novel. Maka objek tambahan seperti gambar dan video akan memberi "warna" pada konten. Hal ini akan menambah daya tarik bagi para pengunjung blog yang kurang suka membaca atau melihat sebuah postingan yang padat akan teks.


Bicara soal video, kamu harus tahu bahwa video memiliki ukuran default jika disematkan ke dalam postingan blog. Video Youtube akan tampil di dalam frame berukuran; tinggi (height) 266 & lebar (width) 320 jika kita memasukannya menggunakan fitur bawaan blogger "Insert video". Contohnya video di bawah ini:


*trivia: Video ini diambil dari channel Akira Nya. Yaitu channel Youtube milik Akira sendiri. Jadi, jangan lupa untuk di like & subscribe ya... hhehe...


Ukuran default video akan berbeda jika video dimasukan ke dalam sebuah postingan blog menggunakan embed code. Embed code adalah metode untuk memasukan video dengan cara mengcopy sebuah script kecil yang sudah jadi satu dengan link video, dan memasukan ke dalam sebuah postingan melalui mode HTML. Code ini umumnya bisa kamu dapatkan secara langsung dari sumber atau asal video. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan ukuran height 315 & width 560. Contohnya video di bawah ini:


Masih menggunakan video yang sama. Perbedaan ukuran dapat dilihat jika dibuka melalui browser desktop.


Pertanyaannya, bisakah kika merubah ukuran frame video menjadi lebih besar atau kecil? Karena kemungkinan setiap blog akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Dan umumnya kita ingin menyesuaikan ukuran frame video agar mempunyai besar yang sesuai dengan lebar area dari isi konten blog. Jika area isi kontennya besar, maka kita butuh ukuran frame video yang lebih besar. Dan juga sebaliknya. Jawabannya adalah, kita dapat merubah ukurannya. Kita dapat melakukan 2 cara untuk merubah ukuran frame video yang ada di dalam postingan blog, yaitu:
  1. Dengan cara cara manual (cara lengkapnya di bahas di bawah)
  2. Dengan cara otomatis / responsive size (tutorialnya klik di sini...)
Di sini Akira akan membahas tutorial untuk merubah ukuran video secara manual. Kelebihannya, kamu dapat mengatur ukuran video secara bebas. Kamu menentukan sendiri ukuran tinggi dan lebar dari frame video yang akan ditampilkan.


Cara Memperbesar / Mengecilkan Ukuran Video Youtube pada Postingan Blog Secara Manual
  1. Masukan video ke dalam sebuah postingan blog. Bisa lewat fitur "Insert video" atau dengan menyalin embed code-nya ke dalam postingan blog melalui mode HTML.
  2. Pastikan video masuk ke dalam postingan dengan baik tanpa masalah.
  3. Setelahnya, masuk ke mode HTML dan temukan code script dan link video (yang sudah menjadi satu). Codenya akan di awali dengan <iframe... dan diakhiri dengan </iframe>.
  4. Di tengah code yang kamu temukan, terdapat code height dan width. Ubah angka height untuk merubah ukuran tinggi frame, dan ubah angka width unruk merubah ukuran lebar frame.
  5. Setelah selesai, masuk ke mode Compose. Kamu dapat secara langsung melihat perubahan ukurannya di sini.
  6. Kamu dapat meralat sampai mendapatkan ukuran yang diinginkan.
  7. Selesai!
Penutup
Cara manual seperti di atas umumnya memberikan ukuran frame video yang fixed (tidak berubah), kecuali kamu menggunakan script khusus di dalam template blog. Artinya ukuran frame video akan selalu tampil dengan ukuran yang sama (yang sudah kita buat). Kekurangannya, frame video yang besar akan terlihat terpotong jika tampil di layar yang kecil (misalnya layar smartphone). Namun sekali lagi, semua tergantung dari template blog yang digunakan.

Jika kamu ingin membuat ukuran frame video yang responsive (dapat berubah-ubah dan menyesuaikan ukuran secara otomatis), maka tutorialnya dapat kamu baca di sini...

Artikel ini informatif? Temukan juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia game dan teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

author: Akira Asayami

8 Comments