Januari 05, 2019

Sudah punya game-nya, tapi mau beli bundle game di Steam? Apa yang terjadi?

beli game yang sama, steam, pc game, tips beli, summer sale, winter sale, beli game steam

Steam sebagai pasar digital terbesar untuk berbagai platform game, sering sekali mengadakan promo diskon pada event tertentu. Misalnya saja saat musim panas, natal, halloween, dan lain sebagainya. Sebelum sale, banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang sudah menabung dari jauh-jauh hari, untuk melibas game-game incarannya yang akan dibandrol dengan harga lebih murah dari harga aslinya.

Tidak jarang kita menemukan penjualan game yang didiskon, namun dalam bentuk bundle. Artinya, penjualan game dalam satu paket. Isi dari bundle ini, bisa terdiri dari beberapa game yang berbeda, ataupun game beserta DLC-nya. Harga yang ditawarkan pastinya akan jauh lebih murah ketimbang pembelian secara terpisah, walaupun masing-masing item mendapatkan potongan harga.

Jadi begini permasalahannya. Bagaimana jika kita ingin membeli bundle dari suatu game, padahal kita sudah membeli game tersebut sebelumnya? Apa alasan orang membeli bundle dari game yang sudah mereka miliki? Biasanya orang membeli game dalam bentuk bundle, untuk mendapatkan DLC ataupun game lain yang ada di dalamnya, dengan harga yang lebih murah.

Contoh kasusnya begini (based on true story hhehe...), Akira ingin membeli bundle game bernama Borderland: The Handsome Collection. Di dalamnya Akira akan mendapatkan game Borderland 2, game Borderland Pre Sequel, dan DLC yang sangat banyak. Tapi jauh-jauh hari sebelumnya, Akira sudah membeli game Borderland 2. Jadi apa yang akan terjadi? Apakah Akira akan mempunyai 2 copy game Borderland 2 ? Atau apa?



Jadi ini yang akan terjadi ...
Pertama dilaporkan oleh PCGamesN, pihak Valve telah menjelaskan tentang penerapan kebijakan pembelian kepada para developer game melalui email. "Untuk bundle di dalam Steam, jika seorang kustomer sudah memiliki beberapa item yang ada di dalamnya, maka mereka akan membayar dan mendapat hanya item yang belum dimiliki di dalam akunnya saja. Cara ini menjadikan para fans terbaik dari game series ataupun franchise milikmu, untuk mendapatkan "set lengkap" dengan melakukan pembelian dari beberapa item yang tersisa yang ada di dalam bundle." kata pihak Valve.

"Pembelian dalam satu paket, dulunya terkadang menjadi (bad deal) pembelian yang buruk bagi kustomer yang sudah memiliki satu atau lebih dari item yang ada di dalamnya." tambah Valve. "Hal itu menjadikan pembelian menjadi buruk secara ekonomi bagi para kustomer yang membeli bundle, atau mereka akan merasa buruk (rugi) saat melakukannya karena mereka seakan tetap harus membayar dari tiap produk atau item tertentu yang bahkan sudah mereka miliki. Namun, sistem bundle Steam yang baru sudah mengatasinya."

Kesimpulan
Jika kamu tetap ingin membeli bundle, namun sudah memiliki satu atau beberapa item yang ada di dalamnya, maka kamu dapat dengan mudah membeli bundle tersebut tanpa membeli kembali dari item yang sudah kamu punya. Harga tertera dan harga saat bundle sudah kamu masukan ke dalam cart sebelum dibayar, adalah harga awal bundle yang telah dikurangi dengan harga dari tiap item yang sudah kamu miliki atau beli sebelumnya. Dengan demikian, kamu tidak akan membayar dan tidak akan mendapatkan kembali item yang sudah kamu miliki.

Semoga informasi ini membantu bagi gamer-gamer yang masih bingung hhehe... Jangan lupa untuk komennya. Dan temukan juga artikel informatif lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu...

author: Akira Asayami

6 Comments

  1. Setau saya, harganya emang sudah beda kok, sebelum dimasukkan ke cart juga udah kena diskon

    BalasHapus
  2. Bang gimana ya cara beli item di steam tapi saya sudah punya game nya duluan tanpa beli di steam. Biar bisa di beli itu item bagaimana ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang jelas, gan. Maksud agan, item in-game atau DLC?

      Kalau mau beli item in-game, agan tidak perlu beli gamenya lagi.

      Kalau agan mau beli beli 1 bundle game + DLC-nya yg sedang di-diskon, agan tinggal masukin aja ke cart seperti biasa. Nanti kalau agan sudah punya game-nya, otomatis akan dikurangi dari harga. Kalau ada DLC yg sudah dimiliki, juga sama (akan dikurangi dari harga).

      Hapus
  3. gan mau nanya kalau misal saya sudah instal yg lite, kemudian saya beli full versionnya. apakah saya harus instal ulang game tersebut atau bagaimana ya? saya pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game-nya apa,gan? Kalo maksudnya agan install game yg versi demo, maka saat agan membeli yg full version, agan harus download lagi gamenya yg versi penuh. Soalnya kalo versi demo, yg di-install tidak semua file & asset game-nya secara keseluruhan.

      Hapus