November 01, 2018

[FAQ] Pertanyaan Umum Tentang Verifikasi Alamat Google AdSense

apa itu, pembayaran, penarikan uang, rupiah, dolar, dollar, threshold, minimal, address verification, nomor pin, pin number

AdSense kamu sudah di-approve pihak Google? Apa yang selanjutnya harus kamu lakukan? Jika kamu kira, kamu hanya perlu menambah jumlah artikel dan pengunjung sampai threshold penarikan uang pertama dicapai, maka kamu salah. Sebelum threshold penarikan uang yang umumnya sekitar 100 US dollar (dalam rupiah yaitu 1,3 juta), ada threshold yang lebih kecil yang harus kamu lalui terlebih dulu. Yaitu threshold untuk memulai proses verifikasi alamat, yang umumnya hanya membutuhkan saldo sekitar 10 US dollar saja (sekitar 130.000 sampai 150.000 rupiah). Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan umum & jawaban, seputar verifikasi alamat untuk akun Google AdSense :

# Apa itu verifikasi alamat untuk Google AdSense?
Verifikasi alamat adalah hal yang harus dilakukan oleh pemilik akun AdSense, untuk menegaskan bahwa akun AdSense miliknya bukanlah akun "bodong". Misalnya saja orang-orang yang sengaja membuat banyak akun AdSense untuk dijual kepihak lain, sehingga menciptakan blog duplikat yang minim konten, dan melakukan peningkatan pengunjung dengan cara yang non-organik maupun ilegal.

Pihak Google Adsense awalnya akan meminta data dari pemilik akun dalam bentuk form, sampai dengan foto atau hasil scan dari identity card pemiliknya (misalnya ktp, sim, atau passport). Semuanya dilakukan dihalaman web Google AdSense. Setelah saldo AdSense mencapai threshold pertama (yaitu sekitar 10 US dollar), maka AdSense akan melakukan proses verifikasi alamat fisik dari pemilik akun. Sebenarnya tidak harus tempat tinggal. Bisa saja kantor, rumah teman atau yang lainya. Namun agar proses berjalan lebih mulus, utamakan alamat yang tertera pada kpt, sim, atau passport yang kita gunakan untuk memverifikasi identitas.


# Berapa threshold yang diperlukan untuk lanjut ke proses verifikasi alamat?
Setiap negara atau mata uang, memiliki nilai threshold yang berbeda-beda. Namun umumnya sekitar 10 US dollar. Detail threshold untuk negara Indonesia sendiri tidak dicantumkan pada halaman Google Support. Cek di sini.... Namun kalau kita konfersi ke rupiah, munkin nilainya akan berada diantara 130,000 sampai 150,000 rupiah. Yang jelas tidak akan lebih dari 200,000 rupiah, Nantinya, Google AdSense akan mengkonfirmasikan bahwa kita sudah mencapai threshold untuk lanjut ke proses verifikasi alamat. Konfirmasi ini akan dikirim melalui e-mail dan juga notifikasi pada halaman utama Google AdSense.

# Bagaimana cara Google AdSense memverifikasi alamat?
Pihak Google akan mengirimkan nomor pin secara fisik melalui pos, menuju alamat yang kita input. Kita diharuskan memasukan nomor pin yang telah dikirimkan pihak Google, ke dalam kolom pin untuk verifikasi alamat, di halaman web Google AdSense.

# Apa yang terjadi jika kita tidak memverifikasi alamat untuk Google AdSense?
Setelah threshold untuk verifikasi alamat tercapai, maka hitungan mundur dimulai. Pihak Google memberikan waktu selama 4 bulan bagi pemilik akun, untuk memverifikasi alamat fisiknya. Jika lewat 4 bulan pemiliknya belum melakukan verifikasi alamat, maka Google AdSense akan menghentikan penayangan iklan untuk sementara. Sampai nantinya alamat diverifikasi. Penghentian penayangan iklan juga akan terjadi saat kamu salah dalam memasukan nomor pin sebanyak 3 kali.

# Berapa lama proses pengiriman nomor pin dari pihak Google?
Dari proses kita meng-klik button untuk request nomor pin, pihak Google membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 hari untuk membuat dan mengirimkannya melalui pos dalam bentuk surat (postcard). Setelah surat dari Google sudah dikirimkan melalui pos, pihak Google mengklaim bahwa selanjutnya proses pengiriman akan membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 minggu, tergantung dari pihak pos.

# Bagaimana jika nomor pin tidak kunjung sampai?
Jika kamu tidak menerima nomor pin setelah tanggal yang sudah ditentukan, maka akan muncul button untuk me-request ulang nomor pin di halaman Google AdSense. Nomor pin yang dikirimkan adalah sama, namun Google akan mengirimkan surat yang ke-2. Jadi entah surat pertama ataupun surat kedua yang datang terlebih dulu, kamu dapat dengan aman menggunakannya. Kamu mempunyai batas untuk me-request nomor pin sebanyak 3 kali.


# Bagaimana jika sudah mencapai limit request, namun nomor pin tidak datang juga?
Saat request pertama gagal (sudah lewat dari 4 atau 6 minggu, paling lambat), coba cek ulang alamat yang sudah kamu input. Jika alamat sudah pasti benar (nama jalan, nomor rumah, kode pos, dll), maka lakukan request nomor pin kedua (biasanya akan berhasil disini). Jika yang kedua tetap gagal, sebenarnya kamu bisa merubah alamat tujuannya. Coba gunakan alamat lain. Mungkin saja alamat mu bermasalah. Kemudian, lakukan request ketiga. Kalau kamu sudah mencapai limit untuk me-request nomor pin dan masih gagal, maka coba hubungi Google Support untuk bantuan teknis secara langsung dari pihak Google.

# Apa saja yang perlu diperhatikan disaat sebelum atau sudah merequest nomor pin?
Yang terpenting adalah alamat yang JELAS dan LENGKAP. Nama penerima sebenarnya bebas untuk diisi. Tidak harus nama dari identitas yang sudah terverifikasi. Jika alamat sudah pasti benar, maka yang kamu perlukan adalah kesabaran ekstra untuk menunggu datangnya surat dari google. Karena prosesnya sangat lama.

# Dari mana asal pengiriman surat berisi nomor pin ini?
Sebenarnya tidak ada keterangan resmi dari Google yang menjelaskan asal daerah pengirimannya. Mungkin saja beberapa orang menerima surat dari asal daerah yang berbeda. Hal ini hanya kemungkinan saja, karena Google sendiri tidak memberikan keterangan. Untuk lebih lengkapnya tentang asal daerah pengiriman, Akira akan menceritakan sedikit penglaman tentang verifikasi alamat Google AdSense, baca di artikel berikut... Pengalaman Menunggu Nomor PIN Google Adsense, Untuk Verifikasi Alamat (by Akira)

Penutup
Sekian info tentang verifikasi alamat untuk akun Google AdSense. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar. Akira akan coba membantu sebisanya. Baca juga artikel-artikel menarik dan informatif lainnya di weakwings.blogspot.com Sankyu..

author: Akira Asayami