September 17, 2018

Mudah! Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog

tag: url, address, setting
Mungkin beberapa dari blogger menganggap tambahan tahun dan bulan pada URL postingan blog akan mengurangi daya tarik dari calon pengunjung. Halnya, secara default (bawaan), tanggal dalam bentuk tahun dan bulan akan selalu disertakan dalam URL postingan setelah di-publish. Kita hanya akan mendapati 2 opsi pada kolom Permalink disaat kita sedang membuat postingan. Automatic Permalink dan Custom Permalink. Dari kedua opsi tersebut, mau tidak mau, tanggal disaat postingan di-publish akan selalu disertakan.

Postingan telah diupdate. Pembaruan bisa dibaca di bagian bawah postingan.

Sebenarnya terdapat cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya. Kamu tidak perlu bermain dengan javascript atau CSS. Karena, google sudah menyertakan pengaturan yang dapat memberikan kita kebebasan dalam menentukan atau membuat URL dari setiap postingan blog yang kita punya. Dimana letak pengaturannya? Dan, bagaimana cara kita menghilangkan tanggal bulan dan tahun pada alamat postingan blog? Simak tutorial di bawah ini!


1. Log in ke blogger dan masuk ke dashboard.
2. Klik menu Setting (gambar gear, deretan menu seebelah kiri).
Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog, url, address, setting

3. Setelah sub-menu keluar, klik Other.
Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog, url, address, setting

4. Cari Enable Title Links and Enclosure Links. Kemudian ubah dari No, ke Yes.
Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog, url, address, setting

5. Jangan lupa, setelah itu klik Save setting. Selesai! Hal ini akan menambahkan beberapa pengaturan tambahan disaat kita sedang membuat postingan.

Langkah-langkah di atas adalah cara untuk membuka tambahan pengaturan link disaat kita membuat postingan. Lalu, bagaimana cara membuat URL postingan tanpa tanggal? Simak langkah-langkah berikut!

1. Buat postingan baru. Klik New post.
2. Sekarang perhatikan menu di sebelah kiri. Opsi Permalink berubah menjadi Link. Klik.
Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog, url, address, setting

3. Ubah dari Automatic Permalink menjadi Custom Permalink.
Cara Menghilangkan Tanggal dari URL Postingan Blog, url, address, setting

4. Ketik URL postingan sesuai dengan keinginan kamu. Kosongkan saja bagian title link, enclosure link dan mime type, karena kamu tidak membutuhkannya. Selesai! Selamat, kamu berhasil! Mudah bukan?

Note : Saat secara default pengaturan berada pada Automatic permalink, maka URL postingan akan secara otomatis diambil dari judul postingan, dengan tanggal yang masih ikut disertakan pada URL. Namun, saat kamu memilih Custom permalink, kamu dapat membuat link sendiri secara bebas, tanpa ada tanggal yang disertakan. Untuk menggunakan pengaturan ini, awalnya kamu harus mengaktifkan dulu opsi Enable Title Link and Encloser Link pada settingan blog.


Note2 : Custom permalink tanpa tanggal ini hanya bisa dilakukan di postingan baru. Jika kamu mau menghilangkan tanggal dari URL postingan lama, maka kamu harus menarik postingan kamu ke dalam draft dengan cara klik Revert to draft. Setelah itu kamu baru dapat merubah linknya. Penting! Saat link postingan lama diubah, maka postingan tersebut akan berstatus sama dengan postingan baru. Rank dipencarian pun akan mulai lagi dari awal. Dan kamu perlu meng-index ulang memalui google, agar postinganmu bisa dengan cepat tampil di pencarian google.


Penutup
Tanggal pada URL pada dasarnya akan membantu pemilik blog ataupun para pengunjungnya untuk mengetahui info tanggal disaat postingan tersebut di-publish, hanya dengan melihat dari URL-nya. Pengurutan dan pengelompokan postingan berdasarkan waktu pun akan menjadi lebih mudah. Namun bila kamu ingin blog yang lebih profesional, dan sewaktu-waktu bertujuan untuk membeli nama domain untuk merubah blog-mu menjadi sebuah website, maka menghilangkan tanggal publish dari URL postingan adalah langkah awal yang baik. Blog kamu akan menjadi lebih profesional di mata pengunjung.


!! UPDATE !!
Setelah pembaruan. Cara ini sudah tidak berfungsi. Untuk menghilangkan tanggal dari url postingan blog, kamu dapat menggunakan alternatif lain. Seperti mengedit template (hati-hati! cari ini sangat beresiko, dan berdampak besar pada blog rank), atau kamu juga bisa memanfaatkan fungsi redirect. Sebagai info tambahan, kamu memiliki pilihan untuk menggunakan alternatif seperti wordpress dan squarespace, yang menyediakan fitur kostumisasi url secara lebih bebas.

author: Akira Asayami
 

31 Comments

  1. Balasan
    1. yosh. jangan lupa baca yang lain juga ya..

      Hapus
    2. Thanks min, tapi setelah dicoba gak bisa ya, customnya hanya untuk title postnya. untuk tanggal bulan tahun tetap default.
      kalo pakek script ada mohon di share .. trims and salam.

      Hapus
    3. Cara ini sudah tidak works lagi blogger, sist. Dan belum ada juga cara alternatifnya. Kecuali memakai platform lain selain blogger. Misalnya saja wordpress

      Hapus
  2. Balasan
    1. setelah pembaruan, cara ini sudah tidak berfungsi. postingan ini sudah diupdate. terimasih untuk feedback-nya..

      Hapus
  3. Aku sudah nyoba cara ini, udah keluar juga custom permalink di pilihan link, tapi ketika edit link tetap keluar tanggal bulan dan tahun. Sudah kucoba berkali-kali tetap sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah pembaruan, cara ini sudah tidak berfungsi. postingan ini sudah diupdate. terimasih untuk feedback-nya..

      Hapus
  4. Balasan
    1. Udah ga bisa gan setelah dulu blogger melakukan update

      Hapus
  5. Balasan
    1. iya, gan. setelah dulu update, cara ini sudah tidak bisa lagi. untuk alternatifnya, agan bisa pakai cara redirect. jika agan siap menanggung resiko yang besar, cara dengan melakukan editing pada template juga bisa dilakukan.

      Hapus
  6. kalau ganti url di halaman gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana nih? ganti url yang ada di dalam postingan gitu? kalau iya, agan bisa lakukan dengan melakukan edit post.

      Hapus
  7. Balasan
    1. 1. Beli domain
      2. Redirect

      Untuk saat ini baru itu aja yg ane tau. Mungkin di wordpress bisa, tapi ane belum coba sendiri.

      Hapus
  8. ah postingan kapan nih tahun 2018 kok emang dari dulu blogger kan ngga bisa ngilangin tahun bosku.. :D klo wordpress ada pengaturan permalink...

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Kebijakan blogger sudah berubah, gan. Untuk sementara ini agan bisa pakai alternatif yg ada untuk mengganti url postingan milik agan.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Iya, gan. Kalo terlalu kaku begini, jadi kurang nyaman. Tapi di sisi lain, ini ada positifnya juga kok. Jangan drop semangat hheehe..

      Hapus
  11. alternatif lainnya bagaimana ya? sudah cocok banget denggan blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya, untuk alternatif yang gw tau untuk saat ini, cuma; Menggunakan wordpress & Membuat website sendiri di luar blogger

      Hapus
    2. saya punya alternatif lainnya untuk mengedit permalink blogger /search/label/ menjadi /category/ dan /p/ menjadi /page/ tapi masih dalam pengembangan dan ada kendala dalam sitemapnya. anda bisa lihat contohnya seperti ini https://www.marwanto606.com/page/disqus

      Hapus
  12. Semoga kedepannya blogger menyediakan fitur hapus tanggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada cara lain untuk mencustom permalink yaitu dengan cloudflare workers, saya sudah mencobanya dan berhasil. namun itu ada batasan quota harian 100.000 request. saya masih penasaran dengan fitur lain CF transform rules yang bisa rewrite/ubah permalink namun saya tidak bisa caranya. saya mencoba beberapa kali belum berhasil sama sekali

      Hapus
    2. Referensi bagus. Cara kerjanya apakah dengan redirect link?

      Hapus
    3. ini bekerja secara server side jadi tidak ada jeda redirect.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus