September 19, 2018

2 Smartphone Gaming 2 Jutaan Terbaik 2018, Jangan Beli Yang Lain!

Punya budget 2 jutaan saja, namun mencari hape gaming yang powerful? Jangan terlalu banyak mencari referensi brand! Langsung saja pilih salah satu diantara 2 smartphone ini untuk mendapatkan gaming experience terbaik di kelas mid-end tahun 2018 ini. Main PUBG mobile, moba (AOV, Mobile Legend, Vainglory, dll), Asphalt Xtreme, Injustice 2 dan game berat lainnya dijamin tanpa lag. Semua game ini bisa berjalan dengan mulus bahkan di settingan grafis terbaiknya.



1. Asus Zenfone Max Pro (M1)
hape gaming, gamer, hp, handphone, 2 juta, 2 Smartphone Gaming 2 Jutaan Terbaik 2018, Jangan Beli Yang Lain!
img source: asus.com
Predikat smartphone gaming mid-end terbaik tahun 2018 ini jatuh pada Zenfone Max Pro M1 (versi Akira). Bahkan mayoritas reviewer berkata demikian. Smartphone ini dipersenjatai dengan processor kelas mid-end terbaik yang ada sampai pada saat ini, tahun 2018. Lebar layar 6 inchi dengan resolusi Full HD+. Dan yang paling luar biasa, baterai Super Jumbo 5000mAh. Kelancaran dalam bermain game, layar yang lebar, dan kapasitas baterai yang sangat amat besar, menjadi kombinasi sempurna untuk mendapatkan gaming experience terbaik. Sangat cocok dengan tagline yang digunakan pihak Asus. "Limitless gaming".


Processor Snapdragon 636 Octa-core 1,8 GHz Kryo 260 yang digunakan, merupakan upgrade dari processor Snapdragon 625. Processor ini digadang-gadang mempunyai performa 1,54x lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya (625). Dan performa processor ini lebih baik 2,71x dibanding Zenfone 4 Max Pro, menurut pihak Asus. Selain kemampuan processing-nya yang super, Snapdragon 636 juga berkerja sangat baik dalam mengatur konsumsi daya baterai. Sehingga baterai akan terasa jauh lebih hemat (Processor hemat baterai + baterai 5000 mAh. Bayangkan!). Untuk detailnya, GPU yang digunakan adalah Adreno 209.

Harga yang dibandrol juga tidak main-main murahnya. Mulai dari 2,3 juta saja (yang bisa ditemukan di pasaran saat ini), kamu sudah dapat memiliki Asus Zenfone Max Pro M1 ini. Smartphone ini direalease dalam 3 varian yang dibedakan berdasarkan kapasitas RAM dan memori internal. Daftar harganya sebagai berikut.

VARIAN
HARGA RESMI
 3GB/32GB
Rp. 2,499,000,-
 4GB/64GB
 Rp. 2,899,000,-
 6GB/64GB
Rp. 3,399,000,-
* Harga pasti akan berbeda di pasaran. Bisa lebih mahal atau lebih murah.

Saking besarnya hype yang didapatkan Zenfone Max Pro M1, banyak sekali dari kalangan youtuber yang mencoba untuk me-review salah satu produk buatan Asus ini. Dan hasilnya, Zenfone Max Pro M1 mendapat penilaian yang sangat positif. Terutama dalam performa gaming yang dirasa terlalu memuaskan jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan. Game seperti PUBG mobile, AOV, Vainglory, Asphalt Extreme, dan game lainnya yang cukup berat untuk dijalanlan, dapat berjalan dengan mulus di smartphone ini. Bahkan beberapa dengan setinggan grafik tertingginya (rata kanan). Jika kamu kira Zenfone Max Pro M1 termasuk dalam hape "setrikaan" (cepat panas), sayang sekali kamu salah besar. Suhu dari smartphone ini sangat terjaga dan jauh dari kata "setrika" walaupun saat dipakai untuk memainkan game berat. Hater gonna hate hhehe..


2. Xiaomi Redmi Note 5
hape gaming, gamer, hp, handphone, 2 juta, 2 Smartphone Gaming 2 Jutaan Terbaik 2018, Jangan Beli Yang Lain!
img source: mi.id
Setelah menjelaskan agak mendetail tentang Asus Zenfone Max Pro M1, sepertinya kita sudah mendapatkan gambaran yang sangat jelas tentang Xiaomi Redmi Note 5. Karena dasarnya kedua smartphone ini memiliki sangat banyak persamaan dalam segi desain, maupun beberapa komponen di dalamnya.

Seperti halnya processor yang sudah menggunakan Snapdragon 636. Layar 6 inchi dengan resolusi Full HD+. Desain body pun dapat dikatakan 95% mirip. Memang terdapat beberapa perbedaan fitur. Dan menurut para reviewer yang telah memberikan testimoninya, mereka menilai ada perbedaan performa dari kedua smartphone ini. Apa saja perbedaannya?

  • Zenfone memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, sedangkan Redmi Note 4000mAh.
  • Zenfone memiliki slot nano dual sim + memory, sedangkan Redmi Note masih slot hybrid.
  • Zenfone menggunakan Android Oreo (pure android), sedangkan Redmi Note menggunakan Android Nougat.
  • Redmi Note 5 memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan Zenfone.
VARIAN
HARGA RESMI
 3GB/32GB
Rp. 2,599,000,-
 4GB/64GB
Rp. 3,099,000,-
 6GB/64GB
 Rp. 3,399,000,-
* Harga pasti akan berbeda di pasaran. Bisa lebih mahal atau lebih murah.

Memang Asus sempat mengklaim produknya ini sebagai "Xiaomi Killer". Pasalnya, Max Pro M1 yang direlease tidak lama setelah Redmi Note 5 ini memiliki segala sesuatunya selangkah di depan. Bahkan dengan kelebihan yang dimilikinya, Asus masih berani membandrol murah produknya. Inilah salah satu hal yang sangat menarik perhatian banyak orang. Walaupun demikian, Redmi Note 5 juga memiliki kelebihan yang patut menjadi pertimbangan (dibahas di bawah).


Hasil Review
Ini adalah beberapa point penting yang Akira kumpulkan dari beberapa reviewer yang memberikan testimoni-nya.
  • Zenfone Max Pro M1 dan Redmi Note 5 tidak memiliki perbedaan performa yang signifikan. Dan keduanya sama-sama sangat baik dalam meng-handle game berat android. Sebagai catatan, Zenfone Max Pro M1 tetap lebih unggul sedikit dalam performa gaming.
  • Zenfone Max Pro M1 memang benar-benar smartphone yang diciptakan untuk para gamer. Dengan harga yang terbilang murah, berbagai game dengan grafik berat pun mampu dilibas. Sangat memuaskan. Untuk review gaming bisa langsung dilihat di youtube.
  • Zenfone Max Pro M1 dan Redmi Note 5 memiliki ketahanan yang sangat luar biasa dalam segi baterai. Dalam kondisi baterai full, keduanya sangat mampu digunakan untuk gaming atau streaming seharian. Ya, seharian. 1 kali charge (sekitar 2 jam saja), seharian main. Jika kamu hanya bermain game ringan atau bermain dalam beberapa jam saja dalam sehari, smartphone ini bisa tahan 2 sampai 3 hari tanpa charge. Apa lagi untuk waktu standby.
  • Walaupun Xiaomi kalah dari segi performa gaming dan harga, namun sampai saat ini kualitas kamera Redmi Note 5 ini lebih unggul dibanding Max Pro M1. Walau demikian, masih ada kemungkinan kualitas kamera Zenfone Max Pro M1 akan meningkat seiring update OS yang diberikan. Seperti halnya fitur face unlock dan peningkatan performa sensor fingerprint, yang baru datang melalui update OS yang diberikan. Update untuk meningkatkan performa kamera juga sempat datang beberapa kali. Sebagai catatan tambahan, kedua smatphone ini sudah menggunakan kamera dual bokeh.

Kesimpulan
Jika kamu gamer garis keras, pilihlah Zenfone Max Pro M1. Dijamin puas dan tidak menyesal. Banyak reviewer yang sudah membuktikan. Akira sendiri sudah meminang smartphone ini. Kombinasi sempurna antara baterai yang super duper jumbo, dengan performa gaming yang luar biasa. Benar-benar, smartphone kelas mid-end yang sempurna untuk para gamer, dengan harga 2 jutaan saja.

Namun jika kamu melihat ke sisi lain, Redmi Note 5 memiliki hasil jempretan kamera dan perekaman video yang lebih baik. Kalau kebutuhan kamu agak balance antara gaming dan fotografi (atau segala hal yang membutuhkan performa kamera yang baik), maka kamu dapat menjatuhkan pilihanmu pada smartphone ini. Walaupun performa gamingnya dinilai sedikit dibawah Zenfone Max Pro M1. Harga Redmi Note 5 ini juga sedikit lebih mahal beberapa ratus ribu rupiah.

Official Link Zenfone Max Pro M1 : https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-Pro-ZB602KL/

Official Link Xiaomi Redmi Note 5 : https://www.mi.co.id/id/redmi-note-5/

author: Akira Asayami