Desember 21, 2017

Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim

leveling, grinding, guide, tips tricks
Smithing adalah skill yang diperlukan untuk membuat & meng-upgrade senjata ataupun armor menggunakan raw material. Semakin tinggi skill Smithing yang dimiliki, maka akan semakin kuat juga senjata atau armor yang bisa dibuat. Upgrade pada weapon dan armor pun akan menjadi lebih kuat, karena untuk meng-upgrade senjata pada tingkat tertinggi memerlukan skill Smithing yang juga tinggi. Mungkin kamu tidak membutuhkan skill Smithing di awal sampai pertengahan game di Skyrim. Namun di late-game saat Dragonborn sudah berlevel tinggi, kamu akan mulai sadar bahwa skill Smithing sangat kamu butuhkan. Karena kamu membutuhkan senjata yang powerful untuk melawan musuh-musuh yang juga powerful.

Di sini Akira akan membahas bagaimana cara grinding skill Smithing yang cukup efektif dan cepat. Kenapa grinding? Karena cheat hanya untuk orang lemah.. BWAHHHAHA..

Untuk Skyrim patch awal, exp yang didapatkan dari proses smithing adalah flat. Jadi apapun jenis senjata atau armor yang kamu buat, exp yang didapatkan tetaplah sama. Sehingga banyak player yang menggunakan cara spamming iron dagger, karena iron dagger adalah item termudah yang dapat dibuat dengan material yang juga mudah untuk dicari. Dan dulu cara ini sangat efektif. Tapi setelah update patch terbaru, cara ini sudah tidak berguna lagi untuk grinding skill Smithing ke level 100. Yang awalnya kamu hanya perlu membuat sekitar 400 iron dagger, sekarang kamu harus membuat sekitar 2400 iron dagger untuk mencapai level 100 Smithing. Wew.. Karena exp yang didapatkan akan bergantung dengan value (nilai barang) dari item yang kamu buat. Semakin mahal, maka semakin tinggi exp yang kamu dapatkan.


Cara tercepat meningkatkan Smithing Ke Level 100

Boost Exp
Sangat amat disarankan untuk melakukan boost exp, agar proses leveling menjadi lebih cepat. Material yang dibutuhkan untuk smithing pun akan lebih sedikit. Beberapa cara untuk melakukan boost exp, diantaranya:
  1.  Aktifkan Warrior's Stone untuk mendapatkan boost exp Smithing (dan beberapa skill lainnya) sebanyak 20%.
  2.  Jika sudah memiliki Aetherial Crown, aktifkan juga Lover Stone untuk boost exp 15%.
  3. Tidur (di atas tempat tidur) untuk mendapatkan boost exp antara 5% sapai 15%. Kasur orang lain, rested 5%. Kasur di rumah sendiri atau Inn, Well Rested 10%. Kasur di tempat yang sama dengan pasangan (jika sudah menikah), Lover's Comfort 15%.
  4. Dan beberapa cara lainnya yang mungkin tidak disebutkan di sini...
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Warrior's Stone


Level 1 ~ 30
  1.  Kunjungi bandit camp bernama Halted Stream Camp di arah utara dari Whiterun.
  2.  Dapatkan spell tome bernama Transmute Mineral Ore (atau nama lain yang serupa). Lokasinya ada ruang utama. Di atas meja, sebelah Boss chest.
  3.  Saat berada di tempat ini, tambang semua ore vein menggunakan pickaxe (lebih baik menggunakan 2 pickaxe secara dual-weilding).
  4.  Setelah iron ore terkumpul, gunakan transmute spell yang kamu dapatkan tadi untuk merubah iron ore menjadi silver ore, kemudian menjadi gold ore (cara ini akan meningkatkan juga skill magic Alteration). Jika magika telah habis, percepat waktu selama 1 jam. Terdapat juga sebuah tambang bernama Kolskeggr Mine, di sana kamu dapat menambang gold ore yang banyak.
  5.  Setelah gold ore terkumpul, cari smelter untuk merubah gold ore menjadi gold ingot.
  6.  Buatlah gold ring, sampai kamu mencapai level 30. Exp dari pembuatan gold ring lumayan besar. Optional, lakukan enchant pada gold ring untuk meningkatkan juga skill Enchanting. Jual gold ring setelahnya. Kamu juga akan mendapatkan gold yang cukup banyak.
  7.  Jika kamu memerlukan lebih banyak gold ore, pergi ke Iron-breaker Mine di Dawnstar. Di sana kamu akan mendapatkannya iron ore yang banyak. Kemudian gunakan lagi transmute spell untuk merubahnya ke silver ore, kemudian ke gold ore.
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Halted Stream Camp
Cara Tercepat Meningkatkan Skill Smithing ke Level 100 Di Skyrim
Lokasi Kolskeggr Mine


Level 30+

Selamat kamu sudah mencapai level 30. Walaupun kamu tetap bisa melanjutkan grinding dengan cara membuat gold ring yang banyak, namun ada cara lebih cepat untuk yang dapat kamu lakukan setelah mencapai titik ini. Tapi pastikan kamu mengambil perk Dwarven Smithing di sini.
  1.  Sekarang mulailah menjelajah Dwarven ruin untuk mengumpulkan Dwermer scrap metal, yang nantinya akan kamu ubah menjadi Dwarven ingot. Ajak juga follower untuk membawa lebih banyak Dwermer scrap metal karena item ini cukup berat.
  2.  Cari smelter untuk merubah Dwermer scrap metal menjadi Dwarven ingot.
  3.  Buatlah Dwarven bow sebanyak mungkin. Kamu hanya membutuhkan 2x Dwaraven ingot & 1x Iron ingot. Kenapa Dwarven Bow? Karena item ini adalah item paling valuable diantara Dwarven item lainnya. Artinya, lebih banyak exp.
  4.  Jangan lupa untuk meng-upgrade setiap Dwarven bow yang kamu buat menggunakan grindstone, untuk mendapatkan lebih banyak exp. Kamu hanya membutuhkan 1x Dwarven ingot untuk meng-upgrade. Total exp yang kamu dapatkan akan lebih banyak, dan harga jualnya juga akan semakin mahal.
* Kamu bisa meneruskan cara ini sampai level 100 Smithing. Cara ini termasuk cepat.
* Direkomendasikan untuk menjalankan quest Lost to the Ages (quest dari dlc Dawnguard) setelah Smithing sudah mencapai level 30.



Alternatif High Level

Jika kamu sudah mencapai level Smithing yang lebih tinggi, kamu dapat meng-upgrade setiap armor (menggunakan wokrbench) atau weapon (menggunakan grindstone) yang mahal untuk mendapatkan exp lebih banyak. Harganya akan naik 50% saat di-upgrade ke Exquisite (level 40 dengan perk). Dan nilainya akan digandakan jika di-upgrade mencapai Legendary. Efek ini akan berlipat ganda jika kamu menggunakan Fortify Smithing potion atau kamu memakai equipment yang memiliki Fortify Smithing enchatment.

Kamu bisa meng-upgrade setiap unique weapon atau armor yang kamu punya, dan tentunya kamu juga harus membuka perk yang diperlukan. Kamu juga bisa membeli setiap armor atau weapon yang mahal, meng-upgrade-nya, kemudian menjualnya kembali.

*         *         *         *         *


Ingat, Boost exp sangatlah penting untuk memangkas waktu grinding secara signifikan. Sehingga kamu tidak perlu mencari lebih banyak material yang dibutuhkan. Dan, untuk boost exp yang didapatkan dari tidur, hanyalah bersifat sementara. Jadi pastikan ability ini masih aktif sebelum kamu melakukan proses smithing.

Author: Akira Asayami