Desember 08, 2017

5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya

5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim dan Cara Mendapatkannya
Bow (Panah) adalah salah satu ranged weapon yang ada di Skyrim. Bow sendiri adalah senjata yang fleksibel, sehingga sangat cocok digunakan pada character dengan job apapun. Terutama pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya saja untuk membunuh musuh dari kejauhan ataupun hanya untuk memancing musuh agar mendekat. Weapon class bow sangat cocok jika dikombinasikan dengan perk dari skill tree Sneak. Dengan perk yang sudah mumpuni,weapon class bow menjadi sangat mematikan untuk membunuh musuh dari kejauhan tanpa memulai pertarungan.

Perlu diketahui juga, berat (weight) bow akan berpengaruh pada fire rate dan kecepatan anak panah. Semakin berat, maka akan semakin rendah fire rate-nya, namun semakin tinggi kecepatan anak panahnya. Semakin ringan, maka akan semakin tinggi fire rate-nya, namun semakin rendah kecepatan anak panahnya.

Di bawah ini adalah daftar 5 panah (bow) terbaik di Skyrim, dan cara mendapatkannya;

Weapon
Damage
Weight
Upgrade Material
Effect
Enchantable
20
10
Dragon Bone
None
Yes
13
11
Refined Moonstone
20 Sun Damage, tripled if target is Undead. Can use Sunhallowed and Bloodcursed Arrows
No
12
10
Dwarven Metal Ingot
Arrow 30% faster
No
19
18
Ebony Ingot
None
Yes
19
18
Ebony Ingot
Frost damage 30
Shock damage 15
No




5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya
1. Dragonbone Bow

Dragonbone bow adalah bow terbaik yang ada di Skyrim. Namun seperti halnya Dragonbone weapon lainnya, senjata ini adalah bagian dari DLC Dawnguard. Untuk weapon class Bow, Dragonbone bow menduduki peringkat pertama pemilik damage tertinggi. Bukan hanya itu, Dragonbone bow juga termasuk senjata yang dapat di-enchant, karena bukan termasuk dalam Unique Weapon. Sehingga potensi echantment terbaik dapat diterapkan pada senjata ini. Salah satu Keeper di Soul Cairn (questline Dawnguard) akan menggunakan Dragonbone bow untuk bertarung, yang nantinya dapat kamu miliki setelah mengalahkannya. Tapi, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan cara forging menggunakan blacksmith's forge. Material yang dibutuhkan hanyalah 2x Dragon Bones & 1x Ebony Ingot. Syaratnya kamu harus sudah mencapai level 100 dalam skill tree Smithing, dengan perk Dragon Armor yang sudah aktif.


5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya

2. Auriel's Bow

Auriel's bow termasuk bagian terpenting dari main quest DLC Dawnguard. Kamu akan mendapatkan senjata ini setelah mengalahkan Arch-Curate Vyrthur dalam quest "Touching the Sky". Auriel's Bow termasuk dalam Unique Weapon, sehingga weapon ini tidak dapat di-enchant ataupun di-disenchant. Senjata ini memiliki base damage yang standar namun dipersenjatai dengan enchantment yang sangat powerful. Setiap anak panah yang melesat dari Auriel's bow akan menghasilkan base damage ditambah dengan 20 sun damage. Dan sun damage ini akan dikalikan tiga jika mengenai sasaran undead. 2 anak panah special, Bloodcursed Arrow & Sunhallowed Arrow, juga akan memiliki efek khusus jika melesat dari Auriel's bow dengan diarahkan langsung ke matahari.

Bloodcursed arrow yang ditembakan ke arah matahari, akan mengakibatkan gernaha selama 1 hari penuh. Saat gerhana maka waktu siang akan terhitung sama seperti malam, sehingga Dragonborn akan mendapatkan kekuatan vampire-nya (jika sudah menjadi vampire) secara penuh walaupun berjalan di area terbuka. Para vampire dan gargoyle juga akan berkeliaran dan menyerang siapapun yang ada dihadapannya, termasuk neutral npc. Sedangkan, Sunhallowed arrow yang ditembakan ke arah matahari, akan mengakibatkan berjatuhannya sun beam dari langit ke arah musuh.


5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya

3. Zephyr

Satu lagi panah terbaik yang berasal dari DLC Dawnguard. Zephyr termasuk dalam Unique Weapon, namun bentuknya serupa dengan Dwarven bow pada umumnya. Seperti hal-nya Unique Weapon lain, Zephyr tidak dapat di-enchant ataupun di-disenchant. Base damage dari Zephyr tidaklah besar, namun senjata ini memiliki enchantment khusus. Arrow 30% faster, yang menjadikan Zephyr weapon class bow pemiliki fire rate tertinggi. Dan berkat fire rate yang tinggu itu, secara teori menjadikan Zephyr weapon class bow dengan dps (damage per second) tertinggi. Itupun jika serangan dilakukan secara membabi-buta dengan setiap anak panah yang mengenai sasaran. Namun sepertinya senjata ini kurang cocok untuk character berlevel tinggi ataupun late game, yang umumnya akan mengandalkan kombinasi sneak attack dengan damage bow yang tinggi dalam 1x tembakan, ketimbang mengandalkan fire rate dan bertarung face-to-face. Diluar itu semua, Zephyr masih termasuk senjata yang kuat.

Zephyr bisa kamu dapatkan dari quest "Lost to the Ages", yang merupakan sub quest dari DLC Dawnguard. Untuk mendapatkan quest ini kamu bisa mengunjungi Arkngthamz. Sebuah Dwemer Ruin (bangunan reruntuhan Dwemer) yang berlokasi di pedalaman Jerall Mountains. Di sana Dragonborn akan mendapatkan quest dari Katria (ghost).



5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya
4. Daedric Bow

Daedric Bow adalah weapon non Unique Weapon terbaik yang bisa kamu dapatkan, dibawah Dragonbone bow. Base damagenya tinggi. Dan, seperti halnya Dragonbone bow, Daedric bow adalah senjata yang dapat di-enchant, dan akan mendapatkan predikat bow terbaik setelah diterapkannya potensi enchatment terbaik. Daedric bow mulai muncul sebagai item loot setelah Dragonborn mencapai level 46, sedangkan untuk Enchanted Daedric bow akan muncul pada level 47, namun langka. Beberapa merchant tertentu juga kemungkinan akan menjualnya. Kamu juga bisa membuat Daedric bow dengan cara forging menggunakan blacksmith's forge. Materialnya adalah 1x Daedra Heart & 3x Ebony Ingot. Syaratnya adalah Smithing level 90 dengan perk Daedric Smithing yang sudah aktif.



5 Panah (Bow) Terbaik di Skyrim & Cara Mendapatkannya
5. Nightingale Bow
 
Nightingale bow termasuk dalam Unique Weapon. Sebelumnya bow ini merupakan senjata milik Karliah, namun kamu dapat memilikinya setelah quest "Blindsighted", yang merupakan questline dari Thieves Guild. Enchantment yang tersemat di Nightingale bow disebut dengan "Nightingale Storm", yang akan memberikan efek frost damage & shock damage secara bersamaan. Ada satu lagi hal unik dari Nightingale bow dan tidak terjadi pada senjata lainnya. Yaitu damage, kekuatan enchantment, weight (berat), bahkan harga jual weapon ini akan bergantung pada level Dragonborn saat mendapatkannya. Setelah didapatkan, stat Nightingale bow menjadi fixed, tidak bisa berubah lagi. Jadi, semakin tinggi level Dragonborn saat mendapatkan Nightingale bow, maka weapon ini juga akan semakin kuat. Semakin mahal juga.

Level
Damage
Weight
Value
Effect
1 – 18
12
9
420
Frost damage 10 points, shock damage 5 points
19 – 26
13
11
877
Frost damage 15 points, shock damage 7 points
27 – 35
15
13
1620
Frost damage 20 points, shock damage 10 points
36 – 45
17
15
2655
Frost damage 25 points, shock damage 12 points
46+
19
18
3700
Frost damage 30 points, shock damage 15 points

* Nightingale bow akan memiliki base damage dan berat yang sama dengan Daedric bow, jika Dragonborn sudah mencapai setidaknya level 46 saat mendapatkannya.

author : Akira Asayami