November 04, 2016

Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta Yang Harus Kamu Tahu!


Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta Yang Harus Kamu Tahu!

Sebenarnya apa perbedaan antara biji kopi arabika dan biji kopi robusta? Sebagai orang biasa (bukan penikmat kopi), umumnya kita tidak terlalu menganggap penting hal ini. Tapi tidak ada salahnya kita sedikit menambah ilmu. Mungkin saja nantinya kamu akan menjadi barista terkemuka :) atau juga menjadi pemilik kedai kopi besar yang laris manis :D


Terdapat sangat banyak varietas biji kopi yang berada di pasaran. Semuanya memiliki keunikan masing-masing, dari cita rasa, aroma, kualitas, dan lain sebagainya. Harganya pun berbeda-beda, dari yang sangat murah, sampai yang sangat amat mahal. Dari sekian banyak jenis biji kopi yang ada, secara garis besar biji kopi dikelompokan menjadi 2 jenis, yaitu biji kopi arabika dan robusta. Jadi apa perbedaannya?


Biji Kopi Arabika


         Dari zaman dulu, biji kopi ini sudah menjadi bahan dasar pembuatan kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sampai saat ini pun, biji kopi inilah yang sangat umum digunakan sebagai bahan dasar berbagai olahan jenis kopi modern yang ada. Biji kopi ini berasal dari Ethiopia, tapi sekarang sudah dibudidayakan diberbagai belahan dunia, seperti Amerika Latin, Afrika Timur, Afrika Tengah, India, Indonesia, dan negara-negara lain yang umumnya beriklim tropis atau subtropis.


Ciri & Karakteristik

> Cita rasanya adalah yang terbaik (walaupun masih terbagi lagi ke dalam berbagai varietas).
> Cita rasa olahan kopi yang lembut, kaya akan rasa dan aroma.
> Bentuk buahnya kecil-kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.
> Pohonnya tumbuh diketinggian 600 ~ 2000 m di atas permukaan laut.
> Suhu optimal pertumbuhan pohonnya adalah 18 ~ 26'C.
> Dalam kondisi lingkungan yang baik, pohonnya dapat tumbuh hingga tinggi 3 meter.
> Pertumbuhan pohonnya cenderung lambat. Mencapai tahap dewasa saat berumur 5 tahun.
> Buah kopi dapat dipanen 2 kali dalam setahun.


*   *   *   *   *


Biji Kopi Robusta


         Kopi yang pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898 ini, bisa dikatakan adalah kualitas kopi kelas 2, di bawah kualitas kopi arabika. Olahan dari biji kopi robusta memiliki cita rasa yang pahit, sedikit asam, dan memiliki kandungan cafein yang lebih tinggi dibandingankan dengan kopi arabika. Pohonnya pun lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, dengan cakupan daerah tumbuh yang lebih luas dari pada pohon kopi arabika yang membutuhkan ketinggian tertentu. Karena itu, harga biji kopi robusta menjadi lebih murah. Pohon kopi robusta ini banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.


Ciri & Karakteristik

> Seperti yang dibahas di atas, kopi robusta akan memiliki cita rasa yang pahit dan sedikit asam.
> Kandungan cafein-nya jauh lebih tinggi dari pada kopi arabika.
> Biji kopi robusta umumnya terlihat lebih bulat.
> Pohonnya dapat tumbuh diketinggian 400 ~ 800 m di atas permukaan laut.
> Suhu optimal pertumbukan pohonnya 24 ~ 30'C.
> Pertumbuhan pohonnya terbilang cepat. Mencapai tahap dewasa dan mulai berbunga saat berumur 2 tahun.
> Buah kopi dapat dipanen 4 kali dalam setahun.


*   *   *   *   *


Kesimpulan



Biji kopi arabika adalah biji kopi yang menghasilkan kopi dengan kualitas, cita rasa, dan aroma terbaik, sedangkan biji kopi robusta terkenal dengan cita rasanya yang 'kuat' dengan kandungan cafein yang tinggi. Untuk kamu yang butuh terjaga semalaman, cobalah sesekali meneguk kopi robusta ini. Dan untuk kamu yang sekedar ingin menikmati kopi, kopi arabika siap menemani kamu kapan pun waktunya.


Sebenarnya masih banyak lagi varietas biji kopi dari masing-masing biji kopi arabika ataupun robusta. Namun yang Akira bahas di atas adalah hal pokok yang sudah sangat jelas menggambarkan perbedaan antara biji kopi arabika dan robusta secara umum. Dan sebagai info tambahan...



DEATH WISH COFFEE

kopi terpahit di dunia, terkuat, kandungan cafein tertinggi


Produk kopi yang mengklaim dirinya sebagai "The Strongest Coffee In The World". Produk kopi dengan nama Death Wish Coffee ini mulai diperkenalkan di Saratoga Springs, New York. Perusahaan kopi ini menggaransikan uang kembali jika segelas kopi ini bukanlah kopi dengan cita rasa terkuat yang pernah kamu coba. Kopi ini memiliki kandungan cafein 2 kali lebih banyak dibandingkan produk kopi lain pada umumnya. Biji kopi yang digunakan adalah biji kopi robusta. Berbeda dengan produk kopi lain yang umumnya menggunakan biji kopi arabika untuk mendapatkan cita rasa yang lebih baik dilidah khalayak umum. "Hati-hati untuk yang ingin mencobanya! Mungkin kamu akan sulit tidur untuk beberapa hari kedepan." Wow.

author: Akira Asayami
reference:
wikipedia.com
dewa-barista.blogspot.com
therichest.com