Oktober 09, 2016

Penyebab dan Solusi Script Pada Halaman Statis Di Blogger Tidak Berfungsi?



Daftar Isi (sitemap) Menghilang


Pernahkah halaman statis pada blog kalian yang tadinya baik-baik saja, namun tiba-tiba berhenti berfungsi? Akibatnya, beberapa ataupun seluruh konten pada halaman tersebut menghilang. Baca artikel singkat ini.


- Contoh Kasus -


"Daftar Isi Otomatis Yang Kalian Buat Menggunakan Sitemap Blog, Hilang, Kosong, Tidak Tampil Apapun!"


Misalnya saja jika kalian membuat halaman statis (page) sebagai 'Daftar Isi' blog. Kalian nantinya akan membutuhkan beberapa script untuk menampilkan sitemap, yang akan tempatkan di suatu halaman (page) dalam mode compose.

Jika kalian perhatikan baik-baik, script untuk membuat menampilkan sitemap blog sebagai daftar isi otomatis, terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Code script penggaya, letaknya di bagian atas. Berfungsi untuk merubah tampilan (teks, penambahan elemen tertentu, warna, dan lain-lain) agar hasilnya menjadi lebih menarik.
2. Code script untuk menampilkan sitemap, letaknya di bagian bawah. Ciri-ciri script ini dimulai dengan <script src=.....

Jika kita lihat code script bagian bawah, maka kita akan tahu bahwa script yang kita gunakan bukanlah keseluruhan code secara langsung. Melainkan kita mengambil code script dari address tertentu. Contoh:

<div align="center">
<span style="font-size: large;"><strong><span style="color: black;">Daftar Isi</span></strong></span></div>

<script src="http://my-sitemap-dbb.googlecode.com/files/dbbsitemap.js">
</script>
<script src="http://weakwings.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>


code warna orange adalah penggaya. Warna font, ukuran font, title, dan lain-lain.
code warna biru adalah script yang berfungsi untuk menampilkan sitemap

kita lihat bahwa script yang berfungsi menampilkan sitemap, mengambil script dari address tertentu.

Pertama, http://my-sitemap-dbb.googlecode.com/files/dbbsitemap.js
Inilah script utama yang berfungsi menampilkan sitemap.

Kedua, http://weaksing.blogspot.com/feeds/posts/default?max.... (dan seterusnya)
Ini adalah alamat blog atau web yang sitemapnya mau kita tampilan. Untuk weakwings dot blogspot, hanyalah sebagai contoh. Alamat yang digunakan sebenarnya adalah alamat blog masing-masing.


--------------------------------------------------------------------------------------------


"Jadi Apa Penyebabnya Isi Halaman Statis 'Daftar Isi' Otomatis Blog Tiba-Tiba Menghilang?"


Penyebab utama yang kemungkinan besar terjadi adalah, karena sumber script yang kita tuju sudah tidak valid lagi. Jika memang script tersebut bekerja dengan baik, kemudian tiba-tiba tidak berfungsi, maka bisa dipastikan terjadi seseatu pada sumber script yang kita gunakan. Mungkin server down, maintenance, atau situs di tutup.

Contohnya googlecode, yang baru-baru ini sudah dihentikan (tahun 2016). Hal ini berpengaruh langsung pada blogger. Setiap code script ataupun widget pada blog yang merujuk pada googlecode.com menjadi tidak berfungsi.

Kita lihat code script untuk membuat Daftar Isi otomatis yang ada di atas. Sebenarnya dahulu, script tersebut berfungsi dengan baik. Tapi jika kalian perhatikan, script merujuk pada googlecode.com, dan karena google code sudah non-aktif maka script di atas tidak akan berfunsi. Maka halaman statis yang tadinya berisikan Daftar Isi yang berasal dari sitemap, sekarang tidak akan menampilkan apa-apa, karena script yang tadinya kita gunakan sudah tidak valid lagi.



--------------------------------------------------------------------------------------------


"Jadi Apa Solusinya?"


Solusinya adalah, menggunakan code script yang bersumber dari situs lain. Ada banyak situs yang menyediakan script untuk digunakan pada website ataupun blog, selain dari google code. Jadi, jika sebelumnya script kalian merujuk pada googlecode.com, sekarang mau tidak kamu kalian harus menggantinya dan mencari alternatif script lain.

* Jika kalian menggunakan script diluar dari google code, namun juga tidak berfungsi, artinya kalian harus mencari sumber lain. Karena script yang kalian pakai itu juga sudah tidak valid.

Untuk alternatif script, kalian bisa cari sendiri. Browsing di google. Kalian bisa mencari alternatif script apa yang kalian butuh masing-masing.


--------------------------------------------------------------------------------------------


Akira juga agak bingung ketika menemukan Daftar Isi pada blog ini tiba-tiba menghilang. Setelah browsing cukup lama (sampe pusing-pusing), ternyata penyebabnya adalah hal yang Akira bahas di atas. Semoga artikel singkat ini membantu kalian yang mempunyai masalah sama :)


author: Akira Asayami