Untuk yang baru saja ingin membeli sepeda, kamu harus tahu beberapa
hal penting mengenai sepeda agar kamu tidak salah membeli jenis sepeda yang akan kamu gunakan.
Salah satunya adalah mengetahui jenis material pada frame sepeda. Pastinya kamu akan menyesal jika membeli sepeda yang ternyata berat, hanya untuk bersepeda santai ataupun jarak jauh, karena akan menguras banyak energi.
Frame atau bahasa gampangnya 'kerangka' sepeda adalah salah satu bagian terpenting yang menjadi pusat dari sepeda, dimana semua komponen saling berhubungan. Tapi tahukah kamu jika frame sepeda terbuat dari material yang berbeda-beda yang akan berdampak besar pada sepeda yang kita gunakan. Kita harus memilih material yang tepat untuk sepeda kita, sesuai dengan kebutuhkan masing-masing. Jangan sampai asal beli. Butuh sepeda yang kuat, tahan banting, flex untuk meredam hentakan keras, ringan, atau yang berumur pajang.
Akira akan membahas 5 jenis material yang paling umum dan sering digunakan untuk menjadi bahan dasar pembuatan frame sepeda. Kelima material yang akan Akira bahas ini sangat banyak dan sering digunakan pada sepeda dari kelas low-end sampai dengan high-end. Dari biker amatir sampai dengan professional.
Akira akan membahas 5 jenis material yang paling umum dan sering digunakan untuk menjadi bahan dasar pembuatan frame sepeda. Kelima material yang akan Akira bahas ini sangat banyak dan sering digunakan pada sepeda dari kelas low-end sampai dengan high-end. Dari biker amatir sampai dengan professional.
1. HI-TEN STEEL (Baja)
Hi-Ten Steel adalah kepanjangan dari High-Tensile Steel. Frame ini berbahan dasar steel (baja), dan umum digunakan pada sepeda kelas low-end, kelas menengah (mid), sampai dengan sepeda sport amatir. Material ini termasuk durable (kuat) dan paling murah jika dibandingkan dengan semua material jenis lain. Dan karena bahan dasarnya adalah baja, maka bobotnya pasti akan berat.
Kelebihan:
(+) Murah (Paling murah dibandingan jenis material lain)
(+) Durable (Kuat. Tahan banting)
(+) Lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan (bengkok atau penyok)
Kekurangan:
(-) Sangat rentan terhadap korosi (karat)
(-) Berat
Ciri Fisik:
> Memiliki warna asli abu-abu gelap (warna besi) jika belum di cat
> Bisa berkarat jika tidak dilapisi cat
> Material cenderung tebal
2. ALUMUNIUM ALLOY
Atau biasa disebut Alloy. Untuk frame alloy adalah frame yang menggunakan material metal campuran alumunium. Frame dengan material alloy adalah frame yang paling populer dan banyak digunakan pada hampir semua kelas sepeda. Ciri-cirinya adalah ringan (jauh lebih ringan dibanding steel), kuat, dan lebih tahan korosi. Frame tipe ini termasuk durable (kuat), walaupun tidak sekuat frame Hi-Ten Steel. Jika frame mengalami penyok ataupun bengkok akibat benturan, maka akan sulit untuk diperbaiki.
Kelebihan:
(+) Ringan, sehingga mudah untuk diangkat dan tidak menguras tenaga (jauh lebih ringan dari frame Hi-Ten Steel)
(+) Sangat tahan terhadap korosi (karat)
(+) Harganya cukup terjangkau dan bervariasi (tergantung jenis bahan Alloy dan kualitas frame)
Kekurangan:
(-) Kualitas dan kekuatan frame dapat menurun seiring waktu (saat frame berumur sekitar 15 tahun, akan terasa perbedaannya)
(-) Lebih rentan rusak jika terkena benturan keras (misalnya saat terjatuh dari lompatan tinggi)
(-) Sulit untuk diperbaiki (terutama jika bengok atau penyok)
Ciri Fisik:
> Warna asli tanpa cat, silver namun tidak mengkilat
> Tidak berkarat, walaupun dapat timbul kerak
> Sambungan las terlihat besar & tebal
3. CHROMOLY (CrMo)
Chromoly berbahan dasar steel (baja) dengan campuran chromium dan molybdenum. Frame chromoly karakternya hampir mirip dengan Hi-Ten Steel, namun lebih baik. Biasa dibilang, next level nya dari material Hi-Ten Steel. Frame chromoly termasuk berat namun agak lebih ringan dari pada Hi-Ten Steel. Daya tahannya juga lebih baik dari Hi-Ten Steel. Jenis frame ini cocok untuk MTB yang digunakan untuk melintasi track extreme. Contohnya MTB All Mountain dan Dirt Jump, dimana frame sepeda akan banyak menerima hentakan keras. Untuk daya tahannya terhadap korosi hanya sedikit lebih baik dari steel.
Kelebihan:
(+) Sangat Durable (lebih kuat dari frame Hi-Ten Steel)
(+) Tahan Lama
(+) Kaku namun flex
(+) Termasuk murah
Kekurangan:
(-) Tetap rentan terhadap korosi (hanya sedikit lebih baik dari pada steel)
(-) Berat (hanya sedikit lebih ringan dari Hi-Ten Steel)
Ciri Fisik:
* mirip dengan Hi-Ten Steel, namun dibuat agak lebih tipis
4. CARBON FIBER
Hampir serupa dengan fiberglass, namun yang ini menggunakan serat karbon yang dicampur epoxy resin. Sebenarnya material carbon fiber tidak harus lebih ringan dari material Alumunium Alloy. Berat, ringan, kaku, lentur, semua bisa dibentuk tergantung pada produsen frame carbon fiber masing-masing. Namun kebanyakan produsen menetapkan frame carbon buatannya haruslah ringan. Dengan bahan yang fleksibel, frame carbon fiber akan didesain kaku, lentur, ringan, ataupun berat pada sisi-sisi tertentu pada frame sehingga menghasilkan kombinasi unik pada frame, dan menciptakan frame kualitas terbaik yang sangat nyaman untuk dugunakan.
Kelebihan:
(+) Bentuk frame umumnya didesain unik, keren, dan eksotis (karena materialnya mudah dibentuk)
(+) Tidak akan berkarat
(+) Bisa menentukan sendiri jenis frame carbon yang paling cocok untuk masing-masing biker. Berat, ringan, kaku, atapun lentur
(+) (umumnya didesain) Sangat Ringan
Kekurangan:
(-) Mahal
(-) Tidak tahan panas
(-) Mudah rusak (relatif), karena material carbon fiber tidak 'tahan banting'
(-) Jika patah akan sangat sulit untuk diperbaiki
Ciri Fisik:
> Tanpa cat, akan terlihat serat-serat carbon berbentuk pola seperti karung beras
> Tidak ada sambungan las, karena proses pembentukannya dicetak ataupun dilem
> Bisa terbakar habis
> Kerusakan akibat benturan keras adalah patah. Tidak bengkok seperti pada material metal / logam
5. TITANIUM
Yang ini kita beri julukan 'The Mother of Bicycle Frame'. Material Titanium memiliki ciri sangat keras, kaku, namun ringan. Titanium adalah material terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk frame sepeda. Bobot yang ringan dan daya tahan yang tinggi adalah kombinasi yang sempurna untuk frame sepeda. Walaupun ringan, tetapi frame titanium sangat tahan banting, dan dapat mengangkat beban yang sangat berat sekalipun. Frame ini juga tidak akan berkarat. Biasanya frame titanium ini digunakan para biker professional.
Kelebihan:
(+) Ringan
(+) Kuat (seperti material Hi-Ten Steel)
(+) Kualitas frame tidak akan tergerus oleh waktu, seperti pada kasus material alloy
(+) Tahan lama
(+) Tidak akan berkarat (bahkan tanpa dilapisi cat sekalipun)
Kekuranan:
(-) Mahal
(-) Walaupun kaku, tetapi tidak se-kaku Hi-Ten Steel
(-) Jika rusak, akan sulit untuk diperbaiki
Ciri Fisik:
> Ringan
> Tidak berkarat
> Warna asli tanpa cat adalah abu-abu gelap
> Sambungan las, kecil-kecil seperti pada besi
* * * * *
ini adalah contoh frame carbon fiber yang patah |
ini adalah ekspresi pemiliknya ;p |
hhahaha. Bagaimana? ilmu kalian mulai bertambahkan? Jadilah biker yang cerdas. Jangan mengira kalau sepeda itu hanya sekedar sepeda saja. Sepeda juga memiliki spesifikasi layaknya pada komputer ataupun smartphone. Tunggu artikel berikutnya dari Akira yang akan membahas lebih banyak tentang sepeda. Mungkin nantinya kegiatan bersepeda akan menjadi hobby kamu yang baru yang akan membawa banyak dampak positive. Dari mengurangi polusi kendaraan bermotor, kesehatan meningkat, ataupun memperbanyak kenalan baru melalui komunitas sepeda :) see ya
#akira_asayami :D
author: Akira Asayami
references:
unitedbike.com
sites.google.com
pacificbikerider.com
sungexngex.blogspot.com
Mantul infoy gan...
BalasHapusThanks for the comment :D hhahay..
Hapusmakasi info nya gan. mantap nambah pengetahuan
BalasHapusmasama, gan. baca juga artikel menarik dan informatif lainnya juga ya...
Hapusmantul dan sgt mnambh wawasan
BalasHapusTerimakasih untuk komentarnya, gan. Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com ya...
HapusKalo united sama polygon untuk jenis balapnya dari apa y gan
BalasHapusTergantung tipe sepedanya, gan. Tapi umumnya sepeda balap terbaru sudah menggunakan frame carbon yg ringan.
HapusMantap detail,,,cermat saya,cuma sepeda ontel yg sudah teruji tahan banting,,he,he😂
BalasHapusSepeda ontel mah jangan dibanting-banting, gan. Wwkwkkw jual aja.. lumayan
HapusTrims infonya. Sangat berguna..
BalasHapusYosh.. masama, gan.
HapusInfonya manfaat banget
BalasHapusMakasih, gan :) liat2 juga postingan ane yg lain yak hhehe..
HapusYg di karawaci dimana gan kt nya ada toko sepeda yg lengkap mohon info
BalasHapusMaaf, gan. Ane belum tahu informasinya.
HapusThanks infonya bang, next bikin artikel tentang jenis ban sepeda juga dong
BalasHapusYosh.. masama, gan :D artikel2 lainnya akan menyusul ya.. ;)
Hapus