Agustus 11, 2016

20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu! (Page 1/2)

20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu!
 

Para newbie dan calon Trainer harap merapat. Akira Asayami here. Sekarang saatnya share kecil-kecilan seperti biasa. Aku akan share tentang basic-basic Pokemon Go untuk yang kamu yang belum paham ataupun kamu yang baru berniat untuk memainkan game ini.


Sayangnya game yang mengguncang dunia ini tidak hadir dengan fitur help ataupun hint secara official. Jadi untuk saat ini kamu hanya dapat mencari tahu tentang panduan Pokemon Go dari berbagai web ataupun blog non-official yang berbaik hati berbagi tentang panduan dasar game Pokemon Go.


Apalagi banyak dari kalangan non-gamer yang baru mencicipi rasanya game yang sesungguhnya di gadget android masing-masing, setelah Pokemon Go di-release. Jadi untuk para pemula yang dulunya jarang bermain game, pasti akan sangat bingung dengan berbagai fitur yang disugukan oleh game Pokemon Go. Tapi tidak perlu khawatir. Hanya dengan mengetahui 20 istiah dan fitur dasar yang disediakan Pokemon Go di bawah ini, kamu akan mengetahui dan mengusai hampir dari seluruh bagian dari game Pokemon Go.


Inilah 20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu!



1. COMBAT POINT (CP) 

Ninetales

CP atau singkatan dari 'Combat Point' di dalam game Pokemon Go  adalah suatu point indikator yang menentukan nilai kekuatan pada Pokemon. Maka, semakin tinggi CP dari seekor Pokemon maka akan lebih mudah untuk Pokemon tersebut untuk mengalahkan Pokemon lain di dalam sebuah pertarungan Battle Gym. Maka CP ini adalah salah satu elemen penting yang harus kamu ketahui.


Cara mengingkatkan CP di Pokemon Go:

         Nilai CP akan sangat berpengaruh pada kekuatan sebuah team untuk nantinya digunakan untuk menguasai atapun melindungi Gym. Kamu dapat secara langsung melihat nilai CP dari masing-masing Pokemon di Menu Pokemon. Ada nilai maksimal CP dari setiap masing-masing Pokemon yang dapat kamu tingkatkan. Inilah cara-cara untuk meningkatkan CP:

a. Menggunakan Candy dan Stardust

         Kamu akan mendapatkan Stardust saat berhasil menangkap Pokemon apapun. Kamu juga akan mendapatkan Stardust setelah naik Level. Fungsi satu-satunya Stardust di Pokemon Go adalah untuk meningkatkan CP Pokemon. Stardust akan dengan mudah ditemukan, tetapi berbeda dengan Candy. Setiap Pokemon memiliki Candy masing-masing. Untuk mendapatkan Candy kamu harus menangkap Pokemon jenis tertentu yang kamu mau Candy-nya, kemudian menukar Pokemon tersebut ke Professor Willow untuk mendapatkan Candy. Nantinya Candy dapat digunakan untuk menaikan CP Pokemon dan Evolve Pokemon.

         Untuk menaikkan CP Pokemon yang kamu miliki, kamu akan butuh 1 Candy dari Pokemon tersebut dan 200 - 800 Stardust. Dengan cara ini kamu dapat menambahkan nilai CP dari 20 - 80. Caranya, masuk ke menu salah satu Pokemon, kemudian pilih Power Up. Garis Putih di atas Pokemon adalah batas maksimal CP yang dapat kamu capai.


b. Melakukan Evolve
         Cara lain untuk menambah CP adalah dengan melakukan Evolve pada Pokemon yang kamu miliki. Namun proses Evolve ini memerlukan Candy dalam jumlah yang lumayan tergantung dengan tingkat evolusinya. Candy yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Setelah Pokemon berevolusi, dia akan berubah menjadi bentuk baru dengan nilai HP dan CP yang lebih kuat dari bentuk sebelumnya. Cara untuk Evolve, masuk ke menu Pokemon, kemudian pilih Evolve.


*         *         *         *         *



2. CANDY

Pidgey Candy

         Kita sudah bahas sedikit tentang penggunaan Candy tadi. Candy akan dibutuhkan untuk meningkatkan CP Pokemon dan untuk melakukan Evolve pada Pokemon. Kamu akan membutuhkan Candy dalam jumlah yang lumayan untuk melakukan Evolve pada Pokemon.

         Kamu dapat menemukan Candy dari Pokemon yang kamu tangkap, dan juga dengan cara menetaskan Pokemon Egg. Kamu akan mendapatkan Candy lebih banyak dengan cara menetaskan Pokemon Egg. Biasanya Pokemon di alam liar akan memiliki sekitar 3 Candy. Tapi kamu juga dapat mentransfer Pokemon tersebut ke Proffesor Willow untuk 1 buah Candy.

         Setiap Candy akan memiliki nama depan dari Pokemon pemiliknya. Dan selalu menggunakan nama Pokemon bentuk pertama sebelum Evolve. Misalnya Pidgey, Pigeotto, dan Pigeot memiliki Candy yang bernama Pidgey Candy.

Jadi jika kamu ingin melakukan evolve pada Pidgey, Pigeotto, atapun Pigeot, kamu harus menangkap Pidgey sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan Pidgey Candy.

Berapa Candy yang dibutuhkan untuk melakukan Evolve pada Pokemon?

Sangat tergantung dari jenis, tahap perubahan, dan berapa banyak tahap perubahannya. Contohnya Pidgey menjadi Pigeotto membutukan 12 Pidgey Candy. Untuk menjadi Pigeot butuh 50 Pidgey Candy. Sedangkan dari Pikachu menjadi Raichu langsung membutuhkan 50 Pikachu Candy.


*         *         *         *         *


 3. STARDUST

bonus stardust
bonus stardust setelah menangkap Pokemon

Di dalam seri Pokemon, Stardust (debu bintang) adalah benda bernilai tinggi yang berasal dari Staryu dan Starmie. Namun di Pokemon Go, Stardust adalah item yang digunakan untuk meningkatkan CP Pokemon seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Ada 3 cara untuk mendapatkan Stardust di Pokemon Go, yaitu:

1. Menangkap Pokemon
Setiap kamu berhasil menangkap Pokemon, maka kamu juga akan mendapatkan beberapa Stardust.

2. Naik Level
Saat kamu naik level, maka kamu akan mendapatkan reward. Salah satunya adalah Stardust.

3. Menguasai Gym
Jika kamu dapat menguasai Gym, kamu akan mendapatkan reward harian (selama Gym masih kamu kuasai). Kamu akan mendapatkan beberapa reward menarik. Salah satunya adalah Stardust.


*         *         *         *         *



 4. POKEBALL

PokeBall pada item Shop
Pokeball pada item Shop

PokeBall adalah alat yang digunakan untuk menangkap Pokemon liar yang kamu temui. Saat kamu bertemu dengan Pokemon Liar, kamu dapat melemparnya dengan PokeBall untuk menangkap Pokemon tersebut. Namun tidak sesimpel itu. Pokemon akan berusaha untuk menghindari PokeBall yang kamu lemparkan. Dan setelah Pokemon Go update, Pokemon akan memilki kesempatan untuk lepas dari dalam PokeBall sebelum akhirnya Pokemon tersebut benar-benar tertangkap.

PokeBall yang gagal digunakan untuk menangkap Pokemon akan hilang secara permanen, sehingga kamu memerlukan untuk mencari PokeBall yang baru.

Ketika level kamu sudah cukup tinggi, maka kamu akan berkesempatan mendapatkan jenis PokeBall yang lebih kuat. Yaitu Great Ball & Ultra Ball. Dengan PokeBall jenis ini, kamu akan mendapatkan persentase keberhasilan yang lebih tinggi untuk menangkap Pokemon. Dan akan mempermudah kamu untuk menangkap beberapa Pokemon langka yang cukup sulit untuk ditangkap.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan PokeBall, yaitu:

1. Awal Bermain
Diawal saat kamu baru mulai bermain Pokemon Go, kamu akan mendapatkan beberapa PokeBall. Mungkin saat awal game, PokeBall terasa sangat banyak. Namun nantinya kamu akan membutuhkan PokeBall lebih banyak lagi karena cukup sulitnya menangkap beberapa jenis Pokemon tertentu.

2. Berkunjung ke PokeStop
Cara ini adalah yang paling mudah. Kamu hanya perlu berjalan dan mencari beberapa PokeStop. Disetiap PokeStop yang kamu kunjungi, kamu akan mendapatkan sekitar 3  PokeBall secara gratis. PokeStop yang sudah kamu kunjungi dapat kamu kunjungi kembali pada beberapa menit berikutnya untuk mendapatkan PokeBall yang baru. Jika Bag kamu sudah penuh, kamu tidak dapat mengambil item apapun.

3. Membelinya di item Store
Kamu dapat membeli langsung PokeBall di item Store. Jika kamu tidak punya waktu untuk mengunjungi PokeStop, ataupun kamu ingin yang lebih jauh lebih simpel dari pada harus berjalan jauh. Ini adalah pilihan yang paling tepat.


*         *         *         *         *



5. POKESTOP

PokeStop di Hotel Arnes Lampung

PokeStop adalah lokasi-lokasi dimana kamu dapat mendapatkan banyak jenis item secara gratis. Dari item common seperti PokeBall & Potion, sampai dengan item langka seperti Master Ball, Pokemon Egg, dan Incense. Setiap 5 menit PokeStop akan menyediakan item baru yang dapat kita ambil.


PokeStop biasa berpusat pada bangunan atapun benda-benda unik yang kira-kira layak dijadikan hotspot yang bagus. Umumnya disetiap Masjid, Taman, dan bangunan unik lainnya. Kadang juga agak lucu dan mungkin nyeleneh. Seperti air mancur rusak, bangku taman, tiang listrik, dll.


Total item yang didapatkan dari PokeStop berbeda-beda tergantung dari lokasi PokeStopnya. Umumnya semakin ramai dan unik suatu tempat yang dijadikan PokeStop, maka akan semakin banyak item yang bisa kamu dapatkan di sana.


*         *         *         *         *



 6. GYM

Pokemon Go Gym
Gym


Gym adalah suatu lokasi yang diperebutkan untuk dikuasai oleh 3 team yang ada di Pokemon Go. Kita dapat bertarung dengan trainer lain, baik itu teman satu team sebagai latihan, ataupun trainer dari team lain saat berada di dalam area Gym. 3 team yang ada di Pokemon Go akan memperebutkan setiap Gym yg ada. Karena team yg mengusai Gym akan mendapatkatkan banyak reward harian yang menarik. Dan untuk team lawan, misinya adalah melawan setiap Pokemon yang ada di Gym yang sudah dikuasai untuk mengambil alih Gym tersebut. Kamu dapat berpartisipasi dalam Battle Gym saat kamu sudah mencapai level 5.

Jika kamu menemukan Gym yang satu team dengan kamu, kamu dapat menambahkan 'Pretige' untuk memperhatankan Gym tersebut, dengan cara menempatkan Pokemon milik kamu di Gym tersebut. Dan jika kamu menemukan Gym dari team rival kamu, kamu dapat mengalahkan Pokemon yang ditempatkan disana sampai 'Prestige' Gym tersebut habis. Saat 'Pretige' sudah habis maka Gym akan kembali netral, sehingga Gym tersebut dapat kamu ambil alih atas nama team kamu. Untuk menurunkan 'Prestige' yang tinggi akan cukup sulit jika dilakukan sendiri. Akan lebih mudah jika kamu datang beramai-ramai dengan anggota satu team.

Saat Gym kembali netral kamu dapat menempatkan Pokemon kamu di sana untuk bertahan. Trainer lain dari team yang sama juga dapat menempatkan Pokemon mereka di sana, sehingga nilai 'Prestige' Gym tersebut menjadi lebih tinggi. 'Prestige' yang tinggi akan menyulitkan team lain untuk mengambil alih, karena mereka diharuskan bertarung lebih banyak sampai 'Prestige' mencapai titik nol. Perlu diingat, Pokemon yang kamu tinggalkan di Gym untuk bertahan akan tetap tinggal di sana, jadi kamu tidak dapat membawa Pokemon tersebut. Jika tiba-tiba Pokemon kamu kembali, bisa dipastikan Gym kamu sudah terbantai habis oleh team lawan.

Untuk kamu yang tinggal di daerah terpencil yang jarang pemain Pokemon Go, mungkin kamu menemukan banyak Gym yang netral yang belum pernah tersentuh trainer lain. Kamu dapat mengambil alih Gym tersebut secara cuma-cuma tanpa melakukan pertarungan.


*         *         *         *         *



 7. BATTLE

Gym Battle
Gym Battle

         Battle atau Battle Gym adalah pertarungan yang dilakukan antar Trainer untuk memperebutkan Gym seperti yang sudah disebutkan di atas. Disetiap Battle Gym, Pokemon akan bertarung 1 vs 1. Walaupun demikian kamu diharuskan melawan setiap Pokemon yang ditempatkan oleh team lawan di Gym tersebut. Di game Pokemon Go kamu dapat membawa sampai 6 Pokemon yang dapat kamu ajak untuk bertarung secara bergilir. Menang atau Kalah, semuanya akan mempengaruhi 'Prestige' dari Gym tersebut.

         Battle ini akan sangat dipengaruhi oleh nilai CP dari masing-masing Pokemon. Semakin tinggi CP-nya maka akan semakin mudah untuk menang. Tapi tidak hanya itu. Setiap Pokemon dilengkapi dengan masing-masing atribut yang mempunyai kelemahan ataupun keunggulan dibanding dengan atribut yang lain. Contoh: Serangan Type Grass akan mendapatkan bonus Damage ke Pokemon Type Water.


*         *         *         *         *



 8. Hit Point (HP)

HP
Hit / Heatlh Point

Hit / Health Point atau biasanya kita sebut dengan 'darah' di dalam dunia game, adalah suatu point yang menentukan seberapa banyak Pokemon dapat menerima damage dari serangan Pokemon lain. Semakin tinggi HP suatu Pokemon maka Pokemon tersebut akan lebih sulit untuk dikalahkan karena dapat menerima damage dalam jumlah yang besar.

HP akan mengingkat setelah Pokemon di-Power Up ataupun di-Evolve. Nilai HP akan meningkat berbarengan dengan nilai CP. Indikator HP digambarkan dengan bar berwana hijau.


*         *         *         *         *


 
9. DEFENDER BONUS

Bonus


Setelah kamu berhasil menempati suatu Gym, kamu akan mendapatkan reward / hadiah setiap harinya selama Gym tersebut masih ada ditangan kamu dan team kamu. Reward itulah yang disebut dengan Defender Bonus, yang akan didapatkan oleh trainer yang berhasil meletakan Pokemonnya di Gym untuk bertahan.

Kamu dapat menerima PokeCoin & Stardust sebagai reward harian dari Gym. Nantinya reward akan dapat kamu claim di Shop.


*         *         *         *         *



 10. Evolution & Power Up

Pokemon Go Evolve
Evolution - Pidgey to Pigeotto


         Evolution adalah salah satu fitur yang sudah menjadi salah satu ciri khas game Pokemon. Evolution ini dapat dilakukan oleh hampir semua jenis Pokemon. Pokemon dapat berevolusi menjadi bentuk baru yang lebih kuat. Segala stat-nya pun (CP & HP) akan lebih tinggi dari pada bentuk awal Pokemon tersebut sebelum berevolusi. Beberapa jenis Pokemon bahkan ada yang mengalami perubahan atribut setelah melakukan evolusi. Contohnya Magikarp yang type Water akan berubah menjadi Gyarados yang type Fly & Water.

Di dalam dunia Pokemon Go, kamu memerlukan Candy untuk melakukan evolusi pada Pokemon. Pokemon tidak akan berevolusi sendiri secara otomatis.

Power Up adalah cara meningkatkan HP dan CP Pokemon sampai batas yang sudah ditentukan pada masing-masing Pokemon. Proses Power Up membutuhkan Candy dan Stardust dalam jumlah tertentu yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya kamu dapat membaca kembali beberapa penjelasan di bagian tentang CP di atas. Bagian 1.


 *         *         *         *         *



( continue to part 2 )


next: 20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu! (Page 2/2)